Kelebihan Bawang Putih Tunggal Dibanding yang Lain

Kelebihan Bawang Putih Tunggal Dibanding Yang Lain
Kelebihan Bawang Putih Tunggal Dibanding Yang Lain

Bawang putih merupakan salah satu komponen penting pada bumbu masakan, dan dimanfaatkan dengan baik pula sebagai obat. Keberadaan bawang putih dalam masakan menghasilkan citarasa serta aroma yang gurih. Bawang putih (Allium sativum) atau garlic dalam Bahasa Inggris merupakan tanaman yang berasal dari daerah beriklim subtropis di Asia Tengah, seperti Jepang dan Cina.

Hingga saat ini, peranan bawang putih, terhadap masakan tak dapat tergantikan, baik dalam bentuk basah maupun berupa bubuk. Pasalnya, kenikmatan dari bawang putih dapat tercium bahkan pada saat proses pengolahan. Seperti misalnya saat bawang putih ditumis, aromanya akan langsung keluar dalam waktu singkat. Aneka masakan berkuah yang menggunakan bawang putih pun rasanya akan lebih gurih.

Bawang putih juga kerap digunakan sebagai bahan marinasi, seperti daging. Daging yang dimarinasi dengan bawang putih, teksturnya akan lebih empuk, dan rasa yang dihasilkan pun akan lezat. Itu sebabnya, penggunaan bawang putih dalam masakan tak dapat tergantikan.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Bawang putih memiliki beberapa varietas, salah satunya seperti bawang putih tunggal. Bawang jenis varietas ini memiliki beberapa kelebihan dibanding jenis bawang lainnya. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui bedanya.

Mengenal Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal atau bawang lanang (Allium sativum L.) merupakan jenis varietas bawang putih yang terjadi secara tidak sengaja akibat lingkungan penanaman yang tidak cocok, umbi dari bawang putih tunggal tidak menyatu dengan biji bawang lainnya. Bawang lanang hanya memiliki satu suing (single bulb garlic). Bawang ini dapat ditemukan di daerah pegunungan dengan sinar matahari yang cukup.

Gambar Bawang Putih Tunggal
Gambar Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal memiliki beberapa nama di berbagai daerah di Indonesia, diantaranya adalah kasuna (Bali), dasun putih (Minang), bawang bodas (Sunda), bhabang pote (Madura), dan masih banyak lagi. Bawang ini memiliki bentuk bulat dan warna yang lebih putih dibandingkan dengan bawang putih biasa. Warna bawang ini adalah warna krim kuning keputihan, dengan rasa yang kuat dan tajam.

Bawang putih tunggal jarang dan bahkan hampir tidak digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, bawang putih tunggal memiliki banyak khasiat sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal, seperti bagian umbi bawang, yang telah diketahui memiliki kandungan senyawa flavonoid, alkaloid, dan saponin.

Kandungan

Bawang putih tunggal memiliki sekitar 33 komponen sulfur, 17 asam amino, enzim, dan memiliki banyak kandungan mineral. Komponen sulfur dari bawang putih tunggal jauh lebih tinggi daripada bawang putih biasa. Komponen-komponen tersebut menghasilkan bau yang khas dan memberikan berbagai efek obat dari bawang ini.

Morfologi Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal merupakan tanaman herbal semusim berumpun dengan ketinggian sekitar 60cm. Daunnya berbentuk seperti pita, yaitu pipih memanjang, bertepi rata dengan ujung runcing yang beralur, dan lebar 1,5cm. Bunganya berwarna putih dan bertangkai panjang.

Manfaat Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal atau bawang lanang sudah terbukti baik untuk pengobatan herbal, karena khasiat yang dimilikinya. Berikut beberapa manfaat dari bawang lanang.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Agar tak mudah terserang oleh penyakit yang mengintai, ada baiknya kita mengonsumsi makanan sehat atau bawang putih tunggal untuk menjaga kekebalan tubuh. Kombinasi senyawa allicin dan scordonin yang terdapat pada bawang putih lanang ini berfungsi sebagai antibiotik alami, serta kandungan scordinin lainnya memiliki kemampuan dalam menjaga daya tahan tubuh. Anda tak perlu lagi mengonsumsi obat-obatan modern untuk menjaga kebugaran tubuh anda, karena bawang putih tunggal ini mampu menjaganya.

Mengatasi Flu

Bawang putih tunggal diyakini dapat mengatasi flu. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfur pada bawang ini memiliki aroma yang khas dan kuat. Kandungan sulfur inilah yang membantu mengatasi hidung tersumbat saat flu, dan mampu mengencerkan dahak. Selain itu, kandungan phytochemical mampu membunuh sejumlah bakteri dan virus.

Mengatasi Flu Dengan Bawang Putih
Mengatasi Flu Dengan Bawang Putih

Untuk mendapatkan manfaatnya, anda dapat mencoba dengan merebus segenggam bawang putih tunggal, yang dicampurkan beberapa bahan lain seperti gula dan cuka, kemudian minum satu sendok setiap pagi. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin hingga benar-benar sembuh.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih tunggal lainnya yaitu dapat mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Bagi penderita hipertensi, disarankan mengonsumsi bawang putih tunggal karena bawang ini dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan nitrit oksida pada bawang ini dapat membantu relaksasi otot dinding pembuluh darah untuk mencegah meningkatnya tekanan darah. Tidak hanya itu, manfaat bawang putih tunggal yang bisa anda rasakan yakni dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Menurunkan Kolestrol

Bawang putih tunggal dapat mengatasi kolestrol, khasiat ini berasal dari kandungan senyawa allicin pada bawang putih tunggal. Berdasarkan penelitian, bawang lanang ini mampu menurunkan kadar trigliserida dan menekan kolestrol hingga 20mg/dl. Dengan mengonsumsi bawang putih tunggal secara rutin selama 4 minggu, kadar kolestrol dapat menurun hingga 12%.

Mengurangi Resiko Penyakit Metabolik

Penyakit metabolik seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung, dan kolestrol tinggi disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti makanan tinggi lemak. Kandungan antioksidan serta antiradang yang dimiliki bawang putih tunggal lebih tinggi daripada bawang putih biasa. Untuk mengatasinya, anda dapat mengonsumsi bawang putih tunggal dalam bentuk obat herbal.

Melindungi Kesehatan Hati

Senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan dari bawang putih tunggal lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa. Kandungan antioksidan ini dipercaya dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan hati. Tidak hanya itu, obat herbal yang terbuat dari bawang putih lanang mampu melawan toksisitas hati karena oksidatif akut.

Mengobat Sakit Gigi

Wanita Sedang Sakit Gigi
Wanita Sedang Sakit Gigi

Senyawa allicin pada bawang putih tunggal memiliki sifat antiseptik, yang diyakini dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi serta mengatasi nyeri pada gigi. Cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan mengunyah bawang putih tunggal pada saat sakit gigi.

Mengurangi Efek Samping Obat Asam Urat

Manfaat selanjutnya yaitu mengurangi efek samping dari obat asam urat. Obat asam urat biasanya memiliki efek samping bagi tubuh, seperti masalah lambung. Dengan mengonsumsi bawang putih tunggal secara teratur, dapat mengurangi efek samping obat tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan sulfur yang terdapat pada bawang putih tunggal mampu menekan sitokin pro-inflamasi serta meningkatkan produksi lendir dalam lambung.

Mencegah Kanker

Dari indonesia untuk dunia

Manfaat dari bawang putih lainnya adalah mencegah kanker. Kandungan organosulfida mampu membantu kinerja hati dalam mengeluarkan racun pada tubuh, termasuk racun penyebab kanker perut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang tunggal terhindar dari kanker usus, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi bawang ini.

Bawang putih dan bawang putih tunggal memiliki fungsinya masing-masing. Dalam bumbu masakan, bawang putih biasalah yang digunakan. Sedangkan untuk pengobatan, bawang putih tunggal jauh lebih bermanfaat dibandingkan bawang putih biasa. Hal ini disebabkan oleh sifat terapi serta kandungan lainnya seperti senyawa allicin yang lebih tinggi daripada bawang putih biasa.

Kandungan bioaktif khusus pada bawang putih tunggal dan bawang putih biasa sama-sama memiliki fungsi sebagai anti jamur, antioksidan, anti bakteri, anti kolestrol, anti kanker, anti hipertensi, dll. Akan tetapi, bawang putih tunggal memiliki kandungan yang lebih banyak. Kandungan satu suing bawang putih tunggal setara dengan 5-6 bawang putih biasa. Inilah yang menjadikan bawang putih tunggal lebih banyak digunakan dalam dunia medis daripada bawang putih biasa.

Untuk merasakan berbagai manfaat serta kegunaan dalam masakan dari bawang putih, anda dapat membeli bawang putih bubuk yang tersedia di Cairo Food.

 

Infografis Kelebihan Bawang Putih Tunggal Dibanding Yang Lain
Infografis Kelebihan Bawang Putih Tunggal Dibanding Yang Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *