Memasak Dengan Kayu Bakar vs Gas, Mana Lebih Baik?

Memasak Dengan Kayu Bakar vs Gas, Mana Lebih Baik?
Memasak Dengan Kayu Bakar vs Gas, Mana Lebih Baik?

Memasak merupakan proses menyiapkan hidangan makanan agar dapat dikonsumsi. Memasak memiliki berbagai metode serta menggunakan peralatan yang berbeda. Saat ini, kebanyakan orang mengggunakan kompor gas untuk proses memasak mereka. Akan tetapi, masih ada sebagian orang yang masih menggunakan kayu bakar untuk memasak. Namun tahukah anda, mana yang lebih baik, menggunakan kayu bakar atau kompor gas untuk memasak?

Di era modern saat ini, kehadiran dari kompor gas menggantikan proses memasak dengan kayu bakar, karena dianggap lebih simple dan memudahkan banyak orang karena tidak harus membuang waktu dengan mencari kayu bakar terlebih dahulu, sehingga proses memasak pun menjadi lebih cepat dan efisien. Namun, masih banyak yang belum mengetahui mana yang lebih baik, apakah menggunakan kayu bakar untuk memasak lebih baik, atau malah sebaliknya. Di sini kita akan mencari tahu metode memasak yang mana yang lebih baik.

Kayu Bakar Dapat Menghemat Biaya

Tungku Kayu Bakar
Tungku Kayu Bakar

Di tengah mahalnya harga dan kelangkaan gas LPG, memasak dengan menggunakan kayu bakar dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin menghemat pengeluaran. Penduduk yang tinggal di perkampungan akan dengan mudah mendapatkan kayu bakar secara gratis, dimana hal tersebut tentunya tidak akan membuat anda mengeluarkan biaya tambahan untuk memasak sehari-hari.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Menjadi Solusi Bagi yang Takut Kompor Meledak

Penggunaan kompor gas yang tidak hati-hati dapat menyebabkan terjadinya fenomena kompor meledak. Bagi anda yang khawatir akan hal tersebut, memasak dengan menggunakan kayu bakar menjadi lebih aman bagi anda. Pasalnya, penggunaan kayu bakar dalam memasak tidak akan menimbulkan ledakan seperti halnya kompor gas.

Menggunakan Kayu Bakar Membuat Masakan Lebih Nikmat

Rasa yang dihasilkan dari memasak menggunakan kayu bakar memiliki karakteristik yang unik. Asap yang dikeluarkan oleh kayu bakar pada saat memasak menggunakan kayu bakar diyakini dapat mempengaruhi rasa makanan, yang tentunya akan menambah selera kita dalam menyantap makanan. Hal ini berbeda dengan penggunaan kompor gas.

Memasak Di Tungku Kayu Bakar
Memasak Di Tungku Kayu Bakar

Kayu Bakar Tidak Praktis

Memasak dengan kayu bakar menjadi pilihan yang dianggap tidak praktis bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan orang yang ingin memasak harus mencari kayu bakar terlebih dahulu yang tentunya akan membuang waktu dan memperlambat proses memasak mereka. Selain itu, kayu bakar hanya dapat dengan mudah oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan, namun bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, memasak dengan kayu bakar bukanlah pilihan yang baik, karena sulitnya mencari kayu bakar di sana. Bahkan jika warga perkotaan ingin memasak menggunakan kayu bakar, mereka akan mengeluarkan biaya yang sama dengan minyak tanah.

Kayu Bakar Menyebabkan Berbagai Masalah Pernapasan

Penggunaan kayu bakar menimbulkan asap yang lebih banyak, berbeda dengan penggunaan kompor gas. Asap yang ditimbulkan dari kayu bakar sangatlah buruk bagi pernapasan, bahkan jika asap tersebut membumbung di dalam rumah terus-menerus, asap tersebut akan menjadi beracun dan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti pneumonia, bronchitis, kanker paru-paru, dan penyakit kardiovaskuler. Selain itu, asap yang dikeluarkan kayu bakar tentunya akan menyebabkan polusi udara, dan akan merugikan orang banyak.

Api yang Dihasilkan Kayu Bakar Tidak Stabil

Saat memasak tentunya kita ingin masakan cepat matang agar dapat segera disantap, namun apabila anda memasak dengan menggunakan kayu bakar, api yang dihasilkan tidak dapat diatur dan tidak stabil. Jika api yang dihasilkan tidak stabil, tentulah akan membuat proses memasak menjadi lebih lama. Hal ini juga yang menyebabkan penggunaan kayu bakar bukan menjadi pilihan yang tepat jika ingin masakan lebih cepat matang

Dengan Kompor Gas, Kita Dapat Mengatur Besar Kecilnya Api

Kompor Gas
Kompor Gas

Hal yang tidak dimiliki dari kayu bakar adalah kita tidak dapat mengatur volume api yang dihasilkan oleh kayu bakar. Namun dengan adanya kompor gas, kita dapat mengatur dan menjaga kestabilan api sesuai dengan kebutuhan kita. Sehingga tidak ada lagi permasalahan seperti masakan yang tidak matang, atau menjadi gosong.

Kompor Gas Lebih Praktis

Memasak menggunakan kompor gas menjadi lebih cepat dan juga praktis, ini dikarenakan kita tidak harus mencari kayu bakar sebelum mulai memasak. Di samping itu, kehadiran kompor gas juga memudahkan warga perkotaan karena jarangnya kayu bakar di sekitar mereka.

Resiko Kompor Meleduk

Kompor gas dapat meledak jika ada kebocoran gas dan regulator yang tidak terpasang dengan baik, tentunya ini akan menimbulkan masalah yang lebih besar seperti kebakaran. Karena jika hal itu terjadi, kebakaran yang diakibatkan oleh kecerobohan dalam penggunaan kompor gas akan merugikan orang banyak.

Pengeluaran Lebih Untuk Kompor Gas

Seperti yang kita ketahui, memasak dengan menggunakan kompor gas memerlukan gas yang harganya tidaklah murah untuk sebagian orang dan harganya pun terus meningkat tergantung dari kelangkaan gas LPG. Memasak dengan kompor gas bukan menjadi alternatif bagi anda yang ingin menghemat pengeluaran.

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Segala sesuatunya memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk metode memasak yang digunakan. Di beberapa tempat, masyarakat merasa lebih nyaman menggunakan kompor gas, namun ada juga yang sebaliknya. Jika anda tinggal di daerah pedesaan, ingin menghemat pengeluaran, takut menggunakan kompor gas, dan juga memiliki banyak waktu untuk memasak, maka penggunaan kayu bakar merupakan pilihan yang tepat. Namun anda juga harus bersiap dengan resiko dari penggunaan kayu bakar tersebut, karena anda harus menyisihkan waktu dan tenaga lebih banyak karena sebelum memasak anda harus mencari kayu bakar terlebih dahulu.

Menggunakan kayu bakar juga akan memperlambat proses memasak anda, karena ketidakstabilan api yang dihasilkan oleh kayu bakar membuat masakan menjadi lebih lama matang. Di samping itu, anda juga memiliki resiko terkena paparan asap yang beracun bagi anda, hal tersebut akan mengakibatkan berbagai penyakit pernapasan yang serius. Jika terjadi secara terus-menerus, tidak hanya anda yang beresiko terkena penyakit berbahaya, tetapi keluarga anda di rumah juga memiliki resiko yang sama.

Memasak Di Kompor Gas
Memasak Di Kompor Gas

Sebaliknya, bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan, ingin sesuatu yang praktis dan menghemat waktu, memiliki dana yang lebih banyak untuk pembelian gas LPG, maka jawabannya adalah kompor gas. Kompor gas dapat menghemat waktu anda dalam memasak, karena anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari kayu bakar sebelum memasak. Api yang dihasilkan kompor gas dapat kita atur besar kecilnya, sehingga masakan akan lebih cepat matang.

Di sisi lain, kompor gas juga memiliki resiko, misalnya kompor meleduk yang diakibatkan dari kecerobohan penggunanya dapat menyebabkan kebakaran, yang tentunya akan sangat berbahaya dan merugikan, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Selain itu, menggunakan kompor gas membuat penggunanya harus mengeluarkan biaya lebih untuk pembelian gas. Bahkan kadang terjadi kelangkaan gas LPG yang akan menyulitkan masyarakat yang ingin memasak, dan membuat harga gas LPG bertambah naik.

Infografis Memasak Dengan Kayu Bakar vs Gas, Mana Lebih Baik?
Infografis Memasak Dengan Kayu Bakar vs Gas, Mana Lebih Baik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *