9 Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Daun ketumbar memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Daun ini seringkali menjadi campuran jamu untuk menyehatkan badan. Namum memang manfaat daun ini belum seterkenal daun sirih.

Daun ini memiliki nama latin Coriandrum sativium L,  dan juga dikenal sebagai cilantro atau coriander. Daun ketumbar ini sering digunakan untuk menambah cita rasa suatu masakan. Bila menggunakan daun ini, rasa makanan akan lebih gurih dan sedikit asam.

Daun ketumbar ternyata seringkali dibilang mirip dengan daun seledri. Pasalnya lembaran daun yang banyak juga kecil, kerap kali dapat membuat orang terkecoh. Tetapi, kedua daun ini sebenarnya berbeda, lho.

Daun ketumbar memiliki ukuran lebih kecil dibanding daun seledri. Lalu, daun ketumbar memiliki aroma yang lebih tajam daun seledri. Lokasi asal kedua daun ini juga berbeda. Daun ketumbar berasal Eropa Selatan dan daun seledri berasal dari Inggris dan Prancis.

Nutrisi pada daun ketumbar juga cukup tinggi. Tentunya, ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Dilansir melalui klikdokter, dalam satu cangkir atau sekitar 16 gram daun ketumbar, setidaknya mengandung: 3,68 kalori, 0,083 gram (g), lemak 0,587 gram karbohidrat, dan 0,341 gram protein. Inilah yang membuat daun ini memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Berikut penjelasan 9 manfaat daun ketumbar yang harus kamu ketahui!

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes. Diabetes atau yang sering disebut kencing manis terjadi karena pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin untuk diubah menjadi energi. Untuk itu dapat gunakan daun ketumbar guna merangsang pertumbuhan insulin dan kadar gula dapat menurun.

Pada daun ketumbar terdapat zat aktif yang dapat meningkatkan aktivitas enzim glikogen sintase, juga enzim-enzim glukoneogenik. Enzim-enzim tersebut bekerja untuk merangsang pengeluaran gula berlebih dari aliran darah. Gula kemudian disimpan dalam sel-sel hati dan jaringan otot sebagai cadangan energi. Sehingga lambat laun kadar gula darah kamu dapat menurun.

Kamu dapat mengonsumsi daun ketumbar ini sebagai jus. Opsi lain, kamu bisa rebus daun ketumbar dengan secangkir air. Lalu minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari.

Meredakan Sakit Kepala atau Migrain

Dalam pengobatan tradisional daun ketumbar memang sering dijadikan obat untuk mengatasi sakit kepala. Sebab daun ini dapat mengurangi tingkat keparahan, dan durasi dari sakit kepala atau migrain.

Migrain sendiri bisa dipicu karena adanya penyempitan pembuluh darah, sampai pada gangguan pensinyalan syaraf. Dengan mengonsumsi daun ketumbar, rasa nyeri akan hilang. Hal ini disebabkan karena daun ketumbar memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-radang.

Kamu bisa gunakan air rebusan daun ketumbar. Caranya hampir sama dengan sebelumnya. Cukup rebus daun ketumbar dengan secangkir air, lalu minumlah air rebusan tersebut saat sakit kepala dan migrain datang.

Melawan Infeksi Jamur dan Bakteri

Sudah banyak penelitian tentang daun ketumbar untuk melawan bakteri. Ternyata terdapat beberapa produk minyak yang berasal dari daun ketumbar untuk melawan bakteri akibat infeksi jamur. Dengan begitu daun ketumbar ini memang banyak digunakan untuk melawan jamur dan bakteri.

Cara yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan menumbuk halus daun ketumbar bersama dengan bawang merah. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena infeksi jamur atau bakteri. Mudah bukan?

Mencegah Epilepsi

Epilepsi atau lebih sering disebut ayan merupakan suatu kondisi aktivitas sel saraf di otak terganggu, yang menyebabkan kejang. Hal ini biasanya dipicu oleh panas berlebih atau bawaan lahir.

Dengan mengonsumsi daun ketumbar dapat mengurangi durasi kambuhnya kejang epilepsi. Komponen daun ketumbar yang bernama dodecanal terikat pada saluran kalium tubuh sehingga membuatnya tetap terbuka dan mengurangi terjepitnya syaraf yang menyebabkan epilepsi terjadi.

Caranya cukup mudah. siapkan 4 lembar daun ketumbar dengan secangkir air. Blender dua bahan tersebut sampai halus. Minumlah jus tersebut satu minggu tiga kali. Dengan mengonsumsi jus campuran daun ketumbar kamu akan tetap terjaga dari kambuhnya epilepsi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam suatu kondisi tubuh diperlukan daya tahan yang kuat untuk menjaga metabolisme tubuh dengan baik. Tubuh yang sehat ialah tubuh dengan metabolisme yang kuat.

Dengan meminum daun ketumbar ini kamu mendapat zat antioksidan di dalamnya. Zat antioksidan ialah suatu zat yang baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas seperti debu ataupun polusi udara dapat dibasmi dengan zat antioksidan ini. Bila antioksidan dalam tubuh tercukupi maka bakteri dan virus tidak dapat masuk.

Caranya, rutin konsumsi air rebusan daun ketumbar setiap hari. Opsi lain, konsumsi daun ketumbar bersama jus harian kamu untuk menambah energi serta kandungan zat antioksidan dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Banyak terjadinya penyakit jantung karena kolesterol yang tinggi. Bila kolesterol tinggi maka jantung akan sulit untuk meneruskan darah pada tubuh. Mengonsumsi daun ketumbar dapat menjadi solusinya.

Dalam daun ketumbar terdapat senyawa polifenol yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol atau trigliserida. Dengan begitu kesehatan jantung akan tetap terjaga.

Selain itu polifenol juga berfungsi untuk mencegah kerusakan oksidatif yang secara khusus dikaitkan dengan kerusakan jantung.

Untuk mengonsumsi daun ketumbar ini, cukup dengan menjadikannya sebagai jus harian kamu. Minum setiap pagi setiap hari untuk menjaga diri dari penyakit jantung.

Mengurangi Risiko Kanker

Kanker sendiri merupakan suatu kondisi sel abnormal masuk ke dalam tubuh sehingga merusak sel normal pada tubuh. Sel abnormal tersebut bekerja cukup signifikan dan cepat.

Untuk mengurangi kecepatan pertumbuhan sel abnormal tersebut, dapat dengan mengonsumsi daun ketumbar.

Pada ekstrak daun ketumbar, dapat membuat sel kanker prostat menjadi kurang agresif. Dengan begitu sel-sel tersebut tidak lagi menyebar dengan cepat dan secara langsung tidak menumpuk untuk menjadi jaringan yang lebih besar.

Selain itu juga, adanya sifat anti-kanker pada daun ketumbar, memberikan efek pereda terhadap sel kanker payudara dan menghambat kerusakan sel karena adanya stres. Hebat bukan?

Detoksifikasi Tubuh

Setiap orang dapat terkena racun baik dari dalam maupun dari luar. Namun, racun paling banyak ditemui ialah pada sumber lingkungan, seperti limbah industri, knalpot mobil, polusi udara dan air, pestisida, herbisida dan radiasi.

Racun di atas bila menjadi senyawa akan berupa arsenik, kadmium, aluminium, timbal dan bahkan merkuri. Dengan mengonsumsi daun ketumbar dipercaya dapat menghilangkan senyawa racun tersebut, karena daun ketumbar dapat mengikat senyawa logam dan mengeliminasinya dari tubuh. Dengan seringnya mengonsumsi duan ketumbar, tentu akan mengeluarkan logam berat dalam tubuh kamu. Logam yang terikat ini, akan dikeluarkan melalui feses.

Untuk mengonsumsinya, disarankan dengan cara di jus. Karena saripati daun ketumbar akan benar-benar masuk ke dalam tubuh. Konsumsi satu minggu 2 kali untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Bagi kalian yang sedang sakit perut atau susah BAB (Buang Air Besar), sebaiknya segera meminum rebusan daun ini.

Pada daun ketumbar memiliki zat anti-radang yang dapat mengeliminasi bakteri penyebab sakit perut. Selain itu juga, membantu pencernaan yang lancar dengan menghasilkan enzim pencernaan yang dapat mempercepat pemecahan makanan. Sehingga makanan dengan lancar diproses dan feses tidak tertahan di dalam tubuh.

Daun ketumbar ini juga bisa digunakan bagi kalian yang sedang mengalami perut mual, pencegah gas, dan kembung. Kamu juga bisa memanfaatkan daun ketumbar sebagai tambahan pada hidangan pedas untuk menetralisir rasa panas yang menyebabkan mulas. Bermanfaat bukan?

Perlu diketahui, beberapa orang memiliki alergi pada daun ketumbar. Maka dari itu disarankan uji alergi dengan menumbuk daun ketumbar, lalu oleskan pada bagian belakang telinga. Jika terjadi kemerahan, sebaiknya tidak dikonsumsi atau digunakan. Namun bila tidak terjadi apapun, kamu dapat menggunakannya.

Selain itu bila jus ketumbar atau air rebusan ketumbar tidak nyaman pada area mulut, seperti memberikan efek terbakar atau panas, hentikan saat itu juga, ya.

9 manfaat daun ketumbar yang harus kamu ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *