14 Obat Batuk Alami Orang Dewasa, Bahan Yang Mudah Didapat

14 obat batuk alami dari bahan yang mudah didapat

Obat batuk alami seringkali menjadi pilihan bagi para ibu untuk meredakan batuk pada anaknya. Dengan cara menggunakan obat batuk alami tentu kamu memerlukan bahan yang mudah didapat. Penggunaan obat batuk alami dianggap tindakan pertama untuk mengobati batuk agar tidak menjadi lebih parah.

Namun, tak hanya anak saja yang dapat mengalami sakit batuk, orang dewasa juga bisa terkena sakit batuk. Orang dewasa memiliki aktivitas yang tinggi dibandingkan pada anak, sehingga cenderung membuat batuk susah hilang. Belum lagi waktu istirahat yang kurang saat batuk dapat membuat pertahanan tubuh berkurang.

Batuk dianggap sebagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Bakteri dan virus tersebut bisa masuk lewat makanan dan asap dari luar lewat saluran pernapasan. Namun, batuk ternyata respon alami tubuh untuk mengeluarkan partikel yang masuk ke saluran pernapasan. Batuk juga merupakan tindakan pencegahan dengan memberikan dorongan kuat agar benda asing tidak masuk ke saluran pernapasan bawah.

Perlu diperhatikan, bila batuk sesekali karena adanya benda asing yang masuk, itu termasuk normal, ya. Tetapi bila batuk sudah disertai sakit tenggorokan, tidak enak badan, demam, atau berdahak sebaiknya perlu diobati.

Obat alami yang berasal dari bahan makanan rumah ternyata juga dapat mengobati batuk. Bagi kamu yang mencari bahan obat batuk alami orang dewasa yang mudah didapat, berikut informasi dan penjelasannya.

Berkumur Air Garam

Cara ini dianggap menjadi cara jitu untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Batuk yang gatal perlu diatasi dengan bahan anti-bakteri, seperti garam.

Garam merupakan gabungan asam basa yang bersifat netral. Garam sendiri memiliki sifat anti-bakteri yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Karena sifatnya anti-bakteri, garam bekerja melawan dan membunuh bakteri dalam tenggorokan penyebab batuk.

Untuk menjadi obat batuk alami, cukup dengan mencampur setengah sendok makan garam pada segelas cangkir, lalu kumur air garam hingga mengenai batang tenggorok. Tipsnya, kamu dapat dorong kepala ke belakang dan menengadah ke atas, agar air garam mengenai batang tenggorok. Kamu bisa ulangi beberapa kali untuk hasil yang optimal.

Daun Sirih

Daun sirih mengandung zat antiseptik dan anti-inflamasi yang cukup tinggi. Sehingga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Diantaranya menurunkan kadar gula darah, mengatasi kencing manis dan lainnya. Kamu bisa lihat manfaat lain daun sirih pada judul artikel 11 Manfaat Daun Sirih yang Harus Kamu Ketahui.

Senyawa tannin dan saponin pada herbal sirih dapat dipakai sebagai antimikroba (bakteri dan virus). Kedua senyawa ini lah yang akan membunuh bakteri penyebab batuk. Selain itu juga terdapat vitamin B, C, dan alkaloid yang bagus untuk meredakan peradangan karena batuk.

Kamu hanya perlu merebus daun sirih. Siapkan 5 lembar daun sirih dan campurkan dengan satu cangkir gelas. Rebus sampai mengeluarkan sedikit warna kehijauan. Lalu kumur air tersebut seperti cara berkumur dengan air garam. Opsi lain kamu bisa meminumnya 3 kali sehari sebagai obat batuk kamu.

Jahe

Siapa sih yang tak kenal dengan jahe? Aroma yang khas membuat rimpang satu ini menjadi bahan masakan favorit. Selain itu, jahe kerap digunakan dalam mengobati luka. Hanya dengan menempelkan jahe pada kulit terluka atau sobek, maka dengan cepat akan terlihat rapat dan darah tak banyak muncul kembali.

Nah, untuk menjadi obat batuk alami, jahe sangat baik melawan dan membunuh bakteri penyebab peradangan. Kandungan gingerol yang merupakan senyawa anti-inflamasi akan membatu mencegah bakteri tumbuh kembali.

Caranya, cukup dengan mengiris beberapa jahe lalu rebus dalam satu cangkir air selama 10 menit. Minum air rebusan tersebut di pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur. Selain dapat mengobati batuk, jahe ini juga bagus untuk atasi mual.

Daun Afrika

14 obat batuk alami dari bahan yang mudah didapat daun afrika

Siapa nih yang belum kenal dengan daun afrika? Memang masih belum banyak yang mengetahui tentang fakta dari daun afrika ini. Daun afrika dapat mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh, tetapi belum seterkenal daun sirih atau jahe.

Daun afrika memiliki zat anti-oksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Sehingga mampu melawan peradangan dan gatal dari batuk. Senyawa flavonoid dalam daun afrika juga bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh, guna memberikan kekuatan pada tubuhmu untuk melawan bakteri dan virus yang tumbuh.

Untuk menjadi obat batuk alami, caranya hampir sama dengan daun sirih, cukup ambil 4-5 daun afrika lalu rebus dengan segelas air sampai warnanya kuning kehijauan. Diamkan hingga hangat. Lalu kamu minum setiap hari 3 kali sehari.

Kencur

Rimpang kencur banyak mengandung senyawa penting bagi tubuh. Diantaranya sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, yang termasuk ke dalam minyak-minyak atsiri.

Dalam minyak atsiri terkenal dapat menenangkan peradangan dan mengobati infeksi, seperti pada batuk. Bila kamu sedang alami batuk berdahak kencur ini menjadi solusi terbaiknya.

14 obat batuk alami dari bahan yang mudah didapat kencur

Caranya cukup dengan menjadikan minuman kencur atau jamu kencur. Kupas kulit kencur, lalu blender dengan air secukupnya sampai merata dan halus. Minum jamu tersebut di pagi dan malam hari untuk dapat meredakan batuk kamu. Kencur ini mampu mengencerkan dahak, sehingga dahak akan mudah keluar dan batuk perlahan menghilang.

Jeruk nipis

Yap, jeruk nipis banyak digunakan untuk obati batuk alami. Pasalnya pada jeruk nipis terdapat zat yang mampu mematikan bakteri sekejap. Selain itu juga, asam dari jeruk nipis berfungsi melumatkan dahak yang menempel di tenggorokan.

Kamu hanya perlu mencampurkan jeruk nipis dengan kecap dalam satu sendok makan, lalu minum satu hari 3 kali. Obat batuk alami ini dipercaya banyak orang sebagai obat alami yang manjur. Bila kamu batuk, sepertinya kamu perlu mencobanya sekarang juga.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu masakan yang populer. Pasalnya bawang putih memiliki penyedap rasa gurih yang membuat masakan menjadi lebih nikmat.

Selain untuk bumbu masakan, bawang putih sangat baik sebagai antiseptik dan antivirus alami, sehingga bawang putih ini dapat dijadikan obat batuk alami.

Cara buatnya cukup mudah, namun kamu memerlukan madu untuk pencampuran bawang putih agar tidak terlalu pedas. Campurkan 3 siung bawang putih dengan segelas air, serta 2 sendok makan madu ke dalam blender. Haluskan sampai merata. Lalu kamu dapat meminumnya di pagi dan malam hari. Kamu akan merasakan sensasi segar setelah meminum campuran obat batuk alami ini.

Kunyit

Kunyit juga tentunya berguna dalam suatu masakan. Kunyit memiliki kandungan kurkumin, pati, dan tanin yang baik untuk aliran darah manusia.

Pada kunyit terdapat minyak atsiri 3 sampai 5 persen. Tentunya kandungan tersebut sangat baik untuk meredakan peradangan batuk. Kegunaannya ialah untuk mengencerkan dahak dan membunuh bakteri dalam batang tenggorok.

Caranya, parut beberapa kunyit lalu lakukan penyaringan untuk mendapatkan saripati kunyit tersebut. Minumlah saripatinya 2 sampai 3 kali sehari. Dalam seminggu kamu akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan. Keren bukan?

Mengkudu

14 obat batuk alami dari bahan yang mudah didapat mengkudu

Mengkudu terkenal memiliki banyak khasiat bagi manusia. Mulai dari daun, buah, dan tangkainya dapat dijadikan obat herbal bagi penderita diabetes.

Pada mengkudu terdapat sifat astringen, yang dapat menghilangkan lembab, peluruh kencing, peluruh haid, dan pembersih darah. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bersifat antiradang, antibakteri, dan antiseptik. Sehingga untuk mengobati batuk, mengkudu dapat meluruhkan dahak dan membunuh bakteri di dalamnya. Lengkap banget!

Jadikan mengkudu sebagai jus, namun tidak dicampur dengan gula, ya. Kamu cukup campur dengan garam secukupnya untuk menetralisir rasa pahit. Minum 3 kali sehari untuk hasil maksimal. Opsi lain, bila kamu inginkan yang simple, bisa langsung makan buah mengkudu ini bersama garam.

Daun Pegagan

14 obat batuk alami dari bahan yang mudah didapat daun pegangan

Daun pegagan atau sering disebut dengan Centella asiatica termasuk tanaman yang mudah dijumpai. Era modern saat ini, daun Centella asiatica banyak dijadikan salah satu bahan baku untuk produk skincare. Pastinya, kamu sudah tidak asing lagi bukan?

Pegagan atau Centella asiatica ini memiliki sifat anti-radang dan anti inflamasi yang baik untuk meredakan peradangan pada wajah seperti pada jerawat. Sehingga daun ini cukup dikenal di kalangan beauty expert dan skincare expert.

Sebagai pengobatan untuk melawan batuk, daun ini bermanfaat untuk mematikan bakteri penyebab batuk dan meredakan peradangan yang terjadi pada batang tenggorok. Dengan obat batuk alami ini, kamu akan mendapatkan sensasi lega setelah minum campuran daun pegagan.

Cukup seduh 11 lembar daun pegagan dengan segelas air. Rebus hingga 10-15 menit. Minumlah air rebusan tersebut di pagi dan malam hari untuk membantu meredakan batuk kamu.

Belimbing Wuluh

14 obat batuk alami dari bahan yang mudah didapat belimbing wuluh

Selain digunakan untuk menambah rasa pada sebuah masakan, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk melawan batuk. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) memiliki zat antipiretik yang biasa dijadikan sebagai obat penurun suhu tubuh. Bila batuk disertai dengan demam, belimbing wuluh menjadi salah satu opsi terbaik untuk menurunkan demam tubuh kamu.

Selain itu, belimbing wuluh juga memiliki zat saponin untuk meningkatkan aktivasi epitel silia, yaitu suatu peristiwa yang membangkitkan batuk mengeluarkan dahak. Pengeluaran dahak yang banyak dipicu dengan zat saponin belimbing wuluh. Sehingga tidak ada lagi dahak dan bakteri dalam tenggorok perlahan menghilang. Kamu akan terasa lebih lega dan lebih segar ketika dahak keluar dalam batang tenggorok. Jadi, tak perlu ragu untuk jadikan belimbing wuluh sebagai obat batuk alami kamu.

Caranya mudah, kamu bisa makan langsung belimbing wuluh setelah dicuci. Konsumsi sesering mungkin akan membuat batuk kamu lebih cepat menghilang. Disarankan memakan 5 butir belimbing wuluh di pagi dan malam hari untuk meringankan dahak pada batuk kamu.

Madu

Selain sebagai pemanis dalam suatu hidangan ataupun minuman, madu juga dapat berfungsi melawan peradangan batuk. Madu bekerja untuk melegakan tenggorokan dari bakteri dan peradangan yang terjadi.

Cukup campurkan 3 sendok makan madu dengan segelas air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas agar tidak merusak kandungan di dalam madu. Minumlah satu hari 3 kali untuk membuat peradangan pada batang tenggorok kamu menghilang dan kamu akan merasakan lebih lega dari sebelumnya.

Nanas

Siapa yang tidak kenal dengan buah nanas? Nanas merupakan buah yang baik untuk kesehatan manusia. Buah nanas memiliki cita rasa khas yaitu asam dan manis bersamaan, sehingga membuat orang banyak menyukainya.

Nanas dianggap menjadi penyebab batuk Namun ternyata nanas dapat mengobati batuk secara alami. nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki khasiat antiperadangan serta bisa memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh. Tentunya, akan membuat kamu sering melakukan dorongan- dorongan batuk untuk mengeluarkan dahak.

Dalam memanfaatkan buah nanas sebagai obat batuk alami, gunakan bagian daging nanas. Buatlah jus nanas dengan dicampur 2 siung bawang putih. Minumlah 2 kali sehari untuk melegakan rasa gatal batuk dan dahak cepat menghilang.

Perlu diperhatikan, bila kamu tengah mengonsumsi obat pengencer darah dan antibiotik tertentu sebaiknya tidak meminum jus nanas ini. Ditakutkan akan memicu efek samping kurang baik bagi tubuhmu.

Daun Peppermint

14 obat batuk alami dari bahan yang mudah didapat

Daun peppermint mengandung mentol yang dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan atau pemecah lendir. Banyak dari beberapa obat batuk menggunakan peppermint sebagai bahan utama untuk menyembuhkan batuk.

Daun peppermint biasanya banyak ditemukan pada supermarket. Selain untuk batuk, daun pepermint ini bermanfaat untuk menambah sensasi dingin pada minuman atau makanan.

Promo Diskon Cairo Food

Untuk menjadikan peppermint sebagai obat batuk alami, daun tanaman ini dapat disajikan dalam bentuk minuman teh peppermint. Rebus peppermint dengan secangkir gelas, lalu minumlah air rebusan tersebut setiap hari.

14 obat batuk alami dari bahan yang mudah didapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *