9 Hidangan yang Pakai Rosemary

Menggunakan rosemary sebagai bumbu masakan membantu meningkatkan cita rasa suatu hidangan, terutama jika digunakan dengan benar. Penggunaan kuliner rosemary hampir tidak terbatas, baik untuk membumbui hidangan daging atau sayuran, tetapi umumnya rosemary digunakan pada hidangan yang dipanggang. Untuk mengetahui lebih lanjut, baca selengkapnya hidangan yang pakai rosemary di bawah ini.

Frittata

Rosemary bisa berpadu dengan banyak hidangan, misalnya dengan frittata. Dalam bahasa Italia, frittata secara kasar diterjemahkan menjadi “digoreng”. Ini adalah hidangan khas Italia yang mirip dengan telur dadar atau omelet dan bahkan dianggap sebagai “omelet” hingga setidaknya pertengahan tahun 1950-an.

Frittata berbahan dasar telur, yang secara tampilan mirip dengan telur dadar atau quiche tanpa kulit. Selain telur, frittata juga dibuat dengan bahan tambahan lainnya, seperti daging, sayuran, atau keju. Bahan tradisional Italia untuk frittata termasuk sosis atau ham Italia, paprika, keju fontina, bawang putih, bawang bombay, garam, merica, dan pala. Beberapa variasi resep frittata tidak digoreng, melainkan dipanggang. Rosemary dapat ditambahkan pada hidangan frittata yang dipanggang untuk memperkaya rasa.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Frittata termasuk hidangan yang diadopsi oleh banyak budaya, sehingga menyebabkan resep yang bervariasi untuk hidangan ini. Sebagai contoh, frittata barat daya disajikan dengan cabai, keju pepper jack, dan daging babi panggang sangat populer. Sementara variasi Kosher menggunakan campuran telur, keju, dan matzaball. Isian untuk frittata lainnya juga bisa termasuk sayuran seperti kentang, zucchini, jamur, dan wortel yang dicincang halus atau diparut.

Karena dalam proses pembuatannya cukup sederhana, frittata terasa sangat lezat dan bisa dinikmati sebagai menu makan siang atau makan malam. Ini biasanya disajikan pada suhu ruangan, berbeda halnya dengan telur dadar. Frittata yang dipanggang umumnya berukuran besar dalam loyang kaca, yang artinya bisa dinikmati oleh banyak orang.

Potato Wedges

Potato wedges adalah salah satu hidangan yang pakai rosemary, karena rempah tersebut sangat cocok untuk hidangan yang dipanggang. Dalam bahasa Indonesia, potato wedges disebut dengan baji kentang. Ini adalah irisan kentang dengan bentuk irisan yang tidak beraturan. Potato wedges bisa dipanggang maupun digoreng, dan seringkali berukuran besar tanpa dikupas.

Bumbu yang paling umum digunakan pada potato wedges adalah garam, merica, dan paprika, namun rosemary juga dapat digunakan untuk potato wedges yang dipanggang. Hidangan berupa irisan kentang ini begitu populer hingga mancanegara, termasuk Indonesia, yang bisa ditemukan di restoran cepat saji. Di Australia, potato wedges hampir selalu disajikan dengan berbagai jenis saus, misalnya krim asam, saus cabai manis, saus tomat, ranch dressing, dan moster madu.

Kari Domba

Hidangan kari terkait erat dengan masakan India, yang merupakan hidangan berkuah kental yang disajikan dengan berbagai macam bahan, seperti daging, sayuran, dan lainnya. Kari memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, yang dapat ditemukan di banyak negara, termasuk Indonesia dengan menyesuaikan selera lokal.

Daging yang digunakan pada hidangan kari bisa termasuk daging kambing, domba, dan lainnya. Ini adalah hidangan kari dengan daging domba, yang banyak dinikmati di india, yang dibuat dengan bawang bombay, tomat, dan rempah-rempah termasuk rosemary. Keseluruhan bumbu dan rempah menjadikan kari yang kaya dan lezat, yang dapat dinikmati oleh siapa pun.

Kari domba dengan rosemary jika dimasak dengan benar, daging dombanya akan sangat empuk, dengan kuah yang beraroma dan harum. Hidangan ini bisa dinikmati dengan nasi basmati kukus, salad mentimun India, dan raita. Sementara roti chapati yang baru dibuat juga bisa melengkapi hidangan ini, terutama jika konsistensi kuahnya kental.

Ayam Tikka

Ayam tikka, sesuai dengan namanya, ini adalah hidangan ayam, yang berasal dari anak subbenua India. Meski berasal dari India, hidangan ayam ini juga sangat populer di Bangladesh, Pakistan, dan juga banyak disajikan dalam hidangan Punjabi. Kata tikka (Tike dalam bahasa Turki, dan Tikə dalam bahasa Azerbaijan) adalah kata Turki dan berarti “bit” atau “potongan”, yang mengacu pada ayam tikka yang berupa potongan ayam.

Secara tradisional, ayam tikka terbuat dari potongan kecil ayam tanpa tulang, yang direndam dalam rempah-rempah khas India seperti cabai rawit, garam masala, jahe, dan kunyit. Garam masala juga bisa digantikan dengan kombinasi rempah dari cengkeh, daun salam, jahe, jintan, kapulaga, kayu manis, ketumbar, lada hitam, paprika, dan pala.

Selain direndam dalam rempah-rempah, ayam tikka yang dipotong kecil-kecil juga direndam dalam saus yogurt (dahi), beserta bumbu jus lemon atau jeruk nipis. Proses perendaman bisa berlangsung mulai dari 4 jam hingga 24 jam. Potongan kecil ayam tanpa tulang yang sudah direndam bisa dipanggang atau dibakar di atas bara api panas menggunakan tusuk sate yang disebut angeethi. Dalam hal pemanggangan atau pembakaran ayam tikka, rosemary bisa digunakan untuk memperkaya cita rasa.

Biasanya, selama dipanggang atau dibakar, daging ayam akan dibaluri dengan ghee (mentega yang diklarifikasi) untuk meningkatkan rasa. Hasilnya, potongan ayam yang empuk dan lembut tanpa tulang, dengan rasa yang kaya rempah. Pada dasarnya, ayam tikka adalah versi ayam tandoori tanpa tulang.

Ayam tikka adalah hidangan yang seringkali dibuat untuk acara-acara khusus. Ini biasa disajikan dengan asam chutney dan ketumbar hijau, yang disajikan dengan onion ring dan lemon. Ayam tikka juga bisa disajikan dengan raita, terutama pada hidangan ayam tikka yang bercita rasa pedas untuk menyamarkan rasa pedas di mulut.

Ayam Tandoori

Terkait dengan ayam tikka, yang merupakan ayam tanpa tulang, ayam tandoori juga merupakan hidangan ayam khas India, yang juga direndam dalam rempah-rempah dan dahi (yogurt), serta dipanggang dalam oven atau panggangan tanah liat yang disebut tandoor. Dalam pembuatannya, ayam tandoori direndam dalam campuran dahi (yogurt), dan bumbu tandoori masala. Hidangan ayam ini dibumbui dan diwarnai dengan cabai rawit, cabai merah bubuk, cabai merah Kashmir, kunyit, atau pewarna makanan. Untuk alasan ini, ayam tandoori bercita rasa sangat pedas dan berwarna merah mencolok.

Setelah direndam, daging ayam ditusukkan menggunakan tusuk sate, dan dipanggang dengan suhu tinggi dalam oven tandoor, dengan arang atau kayu, sehingga menambah rasa berasap. Di sini, rosemary bisa digunakan sebelum proses pemanggangan ayam. Meski secara tradisional hidangan ini dipanggang dalam oven tandoor, tetapi ayam tandoori juga bisa dimasak dalam oven standar, dan bisa menggunakan tusuk sate atau rotisserie.

Kelezatan ayam tandoori membuatnya bisa dinikmati sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama. Dalam penyajiannya, roti pipih naan atau roti pita seringkali disertakan. Ayam tandoori juga hadir sebagai bahan dasar hidangan kari berbahan dasar krim, misalnya ayam mentega. Saat ini, ayam tandoori telah populer dan dinikmati di seluruh dunia. Anda bisa menggunakan Bumbu Tandoori Masala cairo food untuk membuatnya.

Roti Pipih

Hidangan yang pakai rosemary selanjutnya adalah roti pipih, atau yang disebut juga dengan flatbread dalam bahasa Inggris. Pada dasarnya, ini adalah roti berbentuk pipih, yang adonannya terbuat dari tepung, air, susu, yogurt, atau cairan lainnya, dan juga garam. Adonan roti pipih digulung hingga rata dan menjadi adonan pipih. Roti pipih biasanya ada yang terbuat dengan ragi, seperti roti pita, maupun yang tidak beragi.

Secara umum, roti pipih memiliki ketebalan kurang dari satu milimeter hingga beberapa sentimeter. Ukuran tersebut memungkinkan roti pipih dinikmati tanpa diiris. Roti pipih bisa dimasak dengan apa saja, baik itu dipanggang dalam oven, dipanggang di atas bara panas, digoreng dalam minyak panas, atau di atas wajan, dan lainnya. Rosemary bisa digunakan dalam hidangan roti ini sebelum dipanggang.

Roti pipih tersebar luas di banyak negara dengan variasi nama dan resep yang berbeda, termasuk di pizza (Italia), injera (Afrika), khubz (Semenanjung Arab), chapati (pesisir Swahili, Uganda), pita (Mediterania dan Timur Tengah), naan (Pakistan, Asia Selatan, Asia Tengah), roti canai (Indonesia dan Malaysia), dan masih banyak lagi.

Pita Chips

Pita chips atau keripik pita juga merupakan hidangan yang pakai rosemary. Ini adalah makanan ringan yang terbuat dari roti pita kering. Roti pita sendiri adalah roti piph yang dipanggang dan umumnya berbentuk bulat, yang dapat ditemukan dalam masakan Timur Tengah dan Mediterania. Keripik yang terbuat dari roti pita biasanya dibuat dengan mengiris roti menjadi irisan atau kotak, dan kemudian dipanggang atau digoreng sebentar.

Para juru masak sering kali membalurkan minyak dan rempah-rempah di atas permukaan roti pita sebelum memotongnya menjadi keripik, yang bertujuan untuk menambah rasa. Minyak dan rempah-rempah yang digunakan akan meresap ke dalam roti, sehingga menghasilkan rasa keripik yang lebih lezat. Pita chips yang bertekstur renyah begitu serbaguna seperti halnya roti pita, dan akan sangat cocok untuk dinikmati dengan berbagai saus, atau disajikan dengan hummus sebagai hidangan pembuka. Beberapa pita chips sudah dikemas sebelumnya sebagai kerupuk, ada pula aneka pita chips yang sudah dibumbui atau diasinkan, dan Anda bisa menemukan Pita Chips di Cairo Food.

Tavuk Shish

Tavuk Shish, atau dikenal sebagai kebab ayam Turki, adalah kebab khas Turki yang menjadi favorit di seluruh dunia, dan kebab Turki klasik juga ditemukan di seluruh Timur Tengah, yaitu Chicken Shish (Şiş Tavuk) yang berasal dari Suriah dan Kekaisaran Persia. Tavuk Sis Kebabi adalah Shish Kebab Turki. ‘Tavuk’ artinya ayam dalam bahasa Turki, ‘Kak Kebabi’ artinya ‘tusuk sate kebab atau kabob.’ Dalam bahasa Indonesia, tavuk shish berarti “sate ayam”.

Tavuk shis adalah kebab Turki yang mengutamakan rasa ayam dan bumbunya. Meski hanya terbuat dari bahan yang sederhana, tetapi untuk menghasilkan kebab Turki yang otentik dan lezat harus dimulai dengan memilih daging ayam berkualitas dan rasa yang berasal dari bumbu yang digunakan.

Bumbu marinasi utama yang digunakan untuk memarinasi daging ayam begitu sederhana, yaitu bawang putih dan perasan jeruk nipis. Kedua bahan tersebur memainkan peran penting dalam menciptakan rasa lezat dan melunakkan daging. Bumbu lainnya yang bisa digunakan termasuk yogurt plain (tawar), dan rempah-rempah termasuk rosemary sebelum dipanggang.

Di Turki, terkadang tomat segar juga digunakan sebagai bumbu, di mana tomat diperas ke dalam bumbu, dan rasa asam dari tomat membantu melunakkan ayam. Anda juga bisa menggunakan pasta tomat untuk bereksplorasi. Gula juga bisa digunakan karena membantu dalam karamelisasi dan memberikan warna emas yang indah saat dimasak.

Tavuk shish menghadirkan rasa yang begitu lezat, dan memastikan dagingnya harus sangat empuk, juicy, hangus sempurna, dan dibumbui dengan baik. Hidangan lezat ini bisa dinikmati dengan mezze lain seperti hummus, roti pita, labneh, shakshouka, dan masih banyak lagi. Anda bisa membuat hidangan sate ayam ala Turki ini dengan Bumbu Tavuk Sis yang tersedia di Cairo Food.

Shish Kebab

Hidangan serupa, yaitu shish kebab yang merupakan hidangan khas Timur Tengah. Secara sederhana, shish kebab terdiri dari potongan daging berbumbu yang ditusuk dengan tusukan. Shish kebab bisa dibakar maupun dipanggang, sehingga rasa dagingnya bisa menyatu dengan rosemary. Dalam bahasa Indonesia, shish artinya sate, yang mengacu pada hidangan shish kebab yang seperti sate.

Shish kebab sangat terkenal, yang disiapkan dengan menggunakan berbagai jenis daging dan sayuran, yang disusun secara bergantian. Kombinasi daging dan sayuran tersebut akan membuatnya lebih menarik secara visual. Namun, sayuran dan daging juga bisa dipanggang secara terpisah agar keduanya matang dalam jangka waktu yang tepat.

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Daging yang digunakan umumnya adalah daging domba, ayam, sapi, dan bahkan makanan laut seperti ikan dan kerang. dan menggunakan sayuran berupa bawang bombay, jamur, tomat, terong, dan paprika. Bagi vegan dan vegetarian, shish kebab bisa dinikmati hanya dengan memanggang sayuran.

Sebelum dipanggang, daging biasanya dibumbui dengan kombinasi allspice, kayu manis, susu, minyak zaitun, jus lemon, yogurt, dan berbagai bumbu lainnya. Bumbu yang digunakan menciptakan rasa sekaligus melunakkan dan menghilangkan rasa gamey pada daging. Proses pemanggangan shish kebab adalah dipanggang di atas api terbuka, atau di beberapa bagian dunia, barbeque atau panggangan.

Untuk melengkapi hidangan, shish kebab bisa dinikmati dengan saus celup untuk memberikan ekstra rasa. Shish kebab bisa dipadukan dengan saus apa pun, termasuk barbeque, tahini, tzatziki, hingga saus kacang. Anda juga bisa menikmati hidangan ini dengan nasi putih atau salad. Buat shish kebab sendiri di rumah dengan Bumbu Shish Kebab Cairo Food.

Hidangan yang pakai rosemary sebagai bumbunya akan menambahkan sentuhan pinus dan profil rasa yang kuat. Herba aromatik yang berasal dari Mediterania ini banyak digunakan di seluruh dunia pada hidangan manis dan gurih. Anda bisa membuat berbagai hidangan dengan membeli Rosemary di Cairo Food, dan ketahui beragam koleksi bumbunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *