8 Fakta Menarik Thai Tea: Minuman Khas Thailand

8 fakta menarik thai tea minuman khas thailand

Thai tea atau teh thailand saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang unik membuat kita ketagihan untuk mencobanya. Teh ini populer di wilayah Asia Tenggara. Mulainya thai tea menjadi terkenal karena banyaknya food vloggers atau food bloggers yang mereview minuman ini. Mereka semua mengatakan teh ini memiliki rasa yang unik dan canggih. Menggabungkan manis, asam, pahit menjadi satu.

Thai tea ternyata terbuat dari teh Ceylon (asal thailand) yang banyak tumbuh di kota Bai Miang, Thailand. Warna thai tea yang cenderung oranye ini, membuatnya menjadi menarik perhatian. Pada dasarnya minuman teh cenderung berwarna hijau tua, dan coklat tua, tetapi pada thai tea menghadirkan warna yang berbeda dan cerah.

Awalnya teh Thailand ini tidak terlalu populer, namun setelah banyak imigran Tiongkok yang datang dan menanam teh untuk dijual, barulah ketenarannya semakin menjadi. Buat kamu yang sedang mencari tentang fakta dari thai tea, berikut 8 fakta menarik Thai tea, minuman khas Thailand.

Sejarah Thai Tea

8 fakta menarik thai tea minuman khas thailand sejarah thai tea

Dahulu Thailand adalah lokasi strategis transit perdagangan antar negara. Baik dari China, Asia Selatan, Arab, dan Turki dianggap telah memiliki pengaruh terhadap tradisi dan budaya di Thailand. Mulai dari karakteristik bangunan, suku, agama mencerminkan berbagai pengaruh dari negara-negara yang pernah transit di Thailand. Selain tradisi dan budaya, kuliner Thailand juga dipengaruhi oleh tempat transitnya berbagai negara. Salah satunya hasil kuliner yang memiliki pengaruh dari negara China adalah thai tea ini.

Sebenarnya teh pertama kali diperkenalkan dari China, mengingat sejarah panjang perdagangan kedua negara. Para imigran Tiongkok awalnya menetap di sekitar pelabuhan perdagangan Thailand dan secara bertahap berintegrasi ke dalam masyarakat Thailand, menyertakan budaya minum teh mereka. Pada saat itu budaya teh di Thailand masih tabu, namun seiring berjalannya waktu minuman teh ini mulai dikenal. Saat itu mereka membutuhkan rasa yang kuat dari hanya sekedar teh, akhirnya dicampur lah dengan tambahan susu dan es yang dihancurkan, Cha Yen (ชา เย็น) atau es dan teh. Proses dicampurnya es ke dalam teh lebih cenderung berakar di Eropa atau Amerika daripada di China. Di Eropa penggunaan es pada minuman sudah tidak menjadi hal yang tak lazim.

Berwarna Oranye

8 fakta menarik thai tea minuman khas thailand berwarna oranye

Sebagian besar thai tea yang kamu temui memiliki warna oranye, betul bukan? Dilansir melalui lionbrand.com asal muasal warna oranye dapat dijelaskan dari beberapa teori yang mungkin memaparkan adanya proses pengenalan negara Thailand dengan teh.

Minuman teh diperkenalkan ke Thailand pada masa pemerintahan Raja Rama IV dan Raja Rama V pada awal abad kesembilan belas (1804-1854). Selama ini orang Inggris dan orang asing lainnya yang tinggal di Thailand juga membawa jenis teh mereka sendiri. Setelah teh diseduh dan disajikan kepada para tuannya, para pekerja rumah akan menyimpan daun teh di dalam tempat tertutup dan tidak mudah terpapar bakteri dan sinar matahari. Biasanya disimpan dalam kendi yang kemudian ditutup dan dilapisi kain.

Bila ada pertemuan kembali (saat itu pertemuan-pertemuan penting sangat padat) para pekerja menyeduh lagi daun teh yang sama, yang tidak dibuang. Saat itu memang teh dapat diolah berulang kali, dan tidak langsung dibuang. Hal ini memang murni disebabkan oleh budaya pada zaman tersebut. Ketika rasa dan warna teh akan memudar, pewarna makanan oranye dan perasa (campuran rempah-rempah, asam jawa) ditambahkan untuk memperpanjang umur teh dan juga membuatnya lebih menarik. Inilah sebabnya, teh Thailand berwarna oranye. Menakjubkan, ya

Kaya Rempah

Sebagai negara yang menjadi tempat transit wilayah Arab, Thailand akan memberikan kesan istimewa pada rempahnya. Berbagai macam kuliner di Thailand, tak akan pernah luput dari rempah yang berlimpah. Seperti contohnya pada tom yum, sop udang dan lainnya. Selain pada makanan, rempah juga terdapat pada suatu minuman, yaitu Thai tea. Inilah yang membuat thai tea berbeda dari teh yang lain. Campuran rempah yang cukup banyak membuat teh ini diincar banyak orang. Dalam satu gelas teh Thailand, rempah yang dimasukkan diantaranya berupa kayu manis, kapulaga dan adas manis atau bunga lawang (star anise). Inilah mengapa teh tersebut juga terasa segar diminum.

Rasa kaya rempah ini menyatu dalam satu kesegaran minuman. Dalam satu gelas teh kamu akan merasakan sensasi manis, asam, gurih dan sedikit pahit menjadi satu. Tanpa pikir panjang, thai tea ini memang cocok dijuluki sebagai minuman teh yang kaya rempah.

Alasan banyak restoran Thailand menyediakan minuman ini, salah satu keunggulannya adalah kaya akan rempah. Alasan ini memang dapat membantu nama restoran naik dan unggul. Dengan banyaknya turis yang sering datang ke satu restoran dan menikmati teh unik ini, maka secara tak langsung para turis juga akan merekomendasikan minuman teh Thailand pada teman-temannya. Sebab, para turis ini tentu akan merasakan sensasi berbeda saat meminum teh. Begitulah teh Thailand ini dapat meluas ke seluruh penjuru dunia.

Proses Pembuatan (Waktu Perebusan)

Bila kamu akan menyediakan teh, maka kamu hanya perlu menyeduhnya. Masukan daun teh ke dalam wadah, lalu tuangkan seduhan air panas. Maka teh siap dihidangkan. Nah ini tentu berbeda dengan proses pembuatan thai tea.

Proses pembuatan thai tea membutuhkan 7 menit dalam pembuatannya. Semua bahan bermulai dari teh ceylon, kapulaga, adas manis, kayu manis, pewarna oranye direbus bersamaan selama tujuh menit. Alasan mengapa harus 7 menit karena teh thailand harus mengeluarkan rasa dan aroma yang kuat. Pada zaman dahulu untuk memperkenalkan thai tea pada para pendatang, diwajibkan dengan teh yang memiliki aroma kuat. Aroma ini dipercaya membantu memberikan ketenangan pada dua belah pihak jika terkait kerjasama. Maka dari itu teh Thailand ini memiliki syarat utama, yaitu beraroma kuat.

Alasan lainnya mengapa harus 7 menit, karena di Thailand angka 7 melambangkan keberuntungan yang baik dan berlimpah. Jadi dengan pengolahan selama 7 menit ini, masyarakat Thailand percaya akan memberikan keberuntungan baik yang memihak diri pribadi. Selain itu mereka percaya juga, bila dimasak 7 menit, akan menambah kelezatannya. Kedua alasan antara poin beraroma kuat dan keberuntungan baik memiliki korelasi yang cukup tinggi. Jika dihubungkan, teh Thailand ini dapat memberi harapan baik pada negara Thailand dalam proses memajukan negara dan kedaulatan bersama dengan adanya perjanjian dari dua pihak. Siapa nih yang baru mengetahuinya?

Wajib Bersama Susu Kental Manis

Condensed milk (susu kental manis) dipilih bukan tanpa alasan. Susu kental manis dinilai lebih kaya rasa dalam minuman dibanding susu bubuk. Selain itu, gula juga perlu ditambahkan sebagai pemanisnya. Susu kental manis dalam thai tea ini menjadi sangat wajib untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan zaman dahulu penggunaan susu kental manis dengan teh dapat menjadi bentuk olahan yang berbeda dari negeri Tiongkok. Untuk membedakan diri dari negara-negara transit, Thailand membuat teh ini sebagai ciri khasnya sendiri. Jadi, bukan tanpa alasan teh thailand menggunakan susu di dalamnya.

Penggunaan Gelas Besar

Zaman dahulu thai tea juga disajikan dalam gelas besar. Hal ini disebabkan karena adanya rasa bangga pada ciri khas thai tea ini. Pemberian thai tea kepada orang-orang penting haruslah menggunakan gelas besar agar dapat dinikmati dengan baik oleh pemiliknya. Selain itu, zaman dahulu saat adanya pertemuan dengan penjabat berbagai negara, mereka akan mendiskusikan hal-hal yang penting selama pertemuan. Pertemuan-pertemuan pribadi, biasanya tidak mengizinkan orang masuk dan keluar semaunya. Saat itu, bila ada pertemuan penjabat penting, mereka hanya duduk berdua ditemani dengan teh thailand ini. Untuk meminimalisir adanya orang yang masuk saat pertemuan (bahkan pekerja di rumah sendiri), teh yang disajikan dalam ukuran besar, agar pekerja rumah tidak keluar masuk selama pertemuan.

8 fakta menarik thai tea minuman khas thailand penggunaan gelas besar

Pertemuan bagi mereka sangat crucial, tidak ada satu orang pun yang bisa mendengar percakapan mereka. Nah, dari situlah thai tea selalu disajikan dalam rupa yang besar. Namun ada teori juga yang mengatakan, bahwa pada zaman tersebut masih belum terpengaruh budaya Amerika (pemberian es). Jadi disajikan dalam bentuk segelas hangat. Mulai lah saat Amerika masuk dan menjadikan Thailand tempat transit, pertemuan dengan petinggi penting Amerika mulai menyediakan es di dalam thai tea ini. Seiring berubahnya zaman, thai tea banyak dijual dengan menggunakan es.

Modifikasi dan Varian

Wah, kalau satu ini fakta yang sudah banyak diketahui banyak orang, ya. Di berbagai negara, penjualan thai tea dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat diterima oleh masyakarat dengan baik. Penyajian thai tea kini diolah menjadi berbagai rasa, diantaranya strawberry, coklat, alpukat, dan lainnya.

Tak lupa juga, jenis es yang disajikan juga berbeda. Ada yang menggunakan es serut dan ada juga yang menggunakan es batu balok biasa. Modifikasi dan varian ini tentunya menyesuaikan setiap lokasi daerah mereka. Setiap negara tentu memiliki pemasaran sendiri dalam mengenalkan thai tea di pasaran. Selain itu, modifikasi dan varian ini juga bisa disebabkan atas permintaan dari customernya sendiri, dengan menggabungkan dua rasa sekaligus, misalnya Thai tea dan coklat. Tentunya secara tidak langsung, terdapat dua gabungan negara, Thailand dengan thai teanya, dan Amerika (budaya barat) dengan coklatnya. Menarik bukan?

Antioksidan Tinggi

Dalam thai tea terdapat zat antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan ini berupa flavonoid yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Flavonoid ini bekerja untuk menangkal segala radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri dan virus. Bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh bisa diakibatkan dari makanan yang sudah terkontaminasi radikal bebas. Bila daya tahan tubuh kuat, maka penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh. Segala bentuk bakteri dan virus akan pergi.

Selain itu, zat antioksidan tinggi ini juga bagus untuk memelihara kesehatan kulit wajah. Zat antioksidan akan meningkatkan produksi kolagen dalam kulit wajah, sehingga wajah akan tampak lebih cerah. Antioksidan ini juga membantu kulit wajah dari polusi udara yang menghampiri. Kulit wajah akan memberikan pertahanan maksimal untuk memproteksi kulit agar kesehatan tetap terjaga.

Pastinya thai tea tidak akan pernah terlepas dari negara Thailand. Sejarah panjang negara ini akan menjadi saksi telah terciptanya minuman istimewa bernama Thai tea. Dan kini semua orang telah mengenal dan mencicipi rasa teh khas Thailand satu ini. Demikianlah informasi mengenai 8 fakta menarik Thai tea, minuman khas Thailand. Semoga bermanfaat.

8 fakta menarik thai tea minuman khas thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *