11 Manfaat Teh Hitam Yang Bagus Untuk Kesehatanmu

kenali 11 manfaat teh hitam yang bagus untuk kesehatanmu

Teh hitam (black tea) atau disebut juga teh merah adalah jenis teh yang dalam prosesnya memerlukan fermentasi, inilah yang menyebabkan teh ini berwarna hitam. Kafein dalam teh hitam cenderung lebih tinggi dibanding teh hijau. Namun, tetap lebih rendah dari kafein kopi.

Larutan teh hitam sebenarnya cenderung agak coklat atau kemerahan tua, namun karena daun teh ini berwarna hitam, maka orang-orang lebih banyak menyebutnya sebagai teh hitam. Rasa dari teh hitam cenderung lebih kuat dari teh lainnya. Saat pertama kali mencobanya kamu akan merasakan tingkat asam yang cukup kuat.

Pada teh hitam yang mengalami proses fermentasi, ternyata tidak memerlukan mikroba atau bantuan senyawa lain dalam prosesnya, melainkan dilakukan oleh enzim fenolase yang ada pada daun teh itu sendiri. Enzim fenolase ini bekerja di dalam proses oksidasi untuk menstimulasi senyawa agar lebih tinggi.

Tahukah kamu bahwa teh hitam ini ternyata merupakan teh yang mengalami fermentasi penuh? Fermentasi penuh ini dikarenakan teh hitam memiliki dua kali proses dalam oksidasinya.

Pertama, setelah daun teh kering, daun teh akan dibiarkan saja sampai layu. Berbeda dengan teh lainnya yang biasanya dijemur terik matahari. Kedua, setelah layu, barulah daun teh yang masih berwarna hijau ini digulung sampai kecil dengan tujuan mengeluarkan enzim alami yang meningkatkan senyawa aktif. Proses selanjutnya ialah dengan menempatkan daun pada tempat dingin, lembab, dan teduh. Disinilah terjadi fermentasi kedua yang terjadi antara oksigen dan enzim yang membuatnya berubah warna menjadi hitam. Proses fermentasi ini akan memberikan warna dan rasa pada teh hitam menjadi lebih kuat. Setelah itu, daun teh akan dikeringkan guna menghentikan proses oksidasinya.

Proses pembuatan teh ini tentu memerlukan waktu yang lama, sebab dalam satu proses fermentasi sudah memerlukan 5-7 hari penanganan. Lamanya waktu fermentasi sangat menentukan hasil akhir dari warna dan rasa. Proses inilah yang membuat black tea banyak digemari banyak orang. Berbagai macam prosesnya tentu akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk itu, kamu perlu kenali 11 manfaat teh hitam yang bagus untuk kesehatanmu.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Bila daya tahan tubuh lemah, maka akan sangat mudah terserang penyakit. Bagi kamu yang memiliki aktivitas harian, rasanya kamu perlu untuk mengonsumsi teh hitam ini.

Pada teh ini terdapat zat antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini bekerja untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang terpapar polusi. Radikal yang masuk ke dalam tubuh dapat berupa bakteri atau virus yang dapat merusak sel tubuh. Untuk itu dengan mengonsumsi teh hitam ini akan bermanfaat melindungi metabolisme tubuhmu dan daya tahan tubuh akan tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Usus

kenali 11 manfaat teh hitam yang bagus untuk kesehatanmu mengurangi resiko stroke

Di dalam usus terjadi proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi feses. Pada tahap ini, tentunya pada usus terdapat banyak bakteri yang berasal dari pembusukkan makanan. Pembusukkan juga memerlukan bakteri, yakni bakteri baik.

Tahukah kamu, bahwa dalam usus ternyata mengandung triliunan bakteri hingga 70-80% dari sistem kekebalan tubuh. Bakteri ini merupakan bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat untuk merusak tubuh.

Teh hitam mengandung polifenol yang baik untuk memberikan kekuatan bagi bakteri baik usus, untuk membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Sifat antimikroba teh hitam juga tidak main-main. Sifat antimikroba ini membantu mematikan zat berbahaya dalam usus sehingga dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan usus.

Membantu Kurangi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi adalah suatu kondisi ketika kadar tekanan darah 140 / 90 mmHg atau lebih. Hal ini disebabkan ketika sejumlah darah yang dipompakan ke jantung ternyata melebih kapasitas daya tampung pembuluh darah besar (arteri), sehingga terjadi penekanan tinggi pada dinding arteri yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan inilah yang membuat kamu merasa nyeri, pusing, atau sakit yang cukup hebat. Bila tak kunjung diobati, hipertensi dapat memicu terjadinya stroke.

Kandungan flavonoid yang cukup tinggi dalam teh hitam dapat membantu melancarkan aliran darah ke jantung. Flavonoid dipercaya dapat mengurangi kadar tekanan darah tubuh. Flavonoid ini bekerja melalui pengatur tekanan darah yang membuat kadar tampungan darah di pembuluh nadi besar memiliki rongga dan besar. Lambat laun aliran darah akan dibantu dilancarkan dengan meminum black tea ini.

Mengurangi Risiko Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak berkurang akibat suatu penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Bila pasokan darah dalam otak berkurang, terjadilah kondisi sel otak mati, yang menyebabkan otak tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk kegiatan motorik. Misalnya saja salah satu lengan sulit digerakkan, atau bisa saja kesulitan berbicara. Penyebab stroke bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Seperti yang sudah dijelaskan pada manfaat sebelumnya, teh hitam mampu mengurangi kadar tekanan tinggi. Sehingga risiko terjadinya stroke akan berkurang. Dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin setiap harinya, dapat menurunkan risiko terkena stroke hingga 32%.

Bila kamu menginginkan teh hitam sebagai obat penanganan stroke, konsumsi teh hitam tanpa gula di pagi dan malam hari. Opsi lain kamu bisa jadikan teh hitam sebagai air putih. Hal ini tentu dapat membantu penyumbatan tekanan darah pada pembuluh nadi besar berkurang.

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Kesehatan mulut tentu penting untuk dijaga. Bila tak sehat, kerusakan pada rongga mulut seperti gigi berlubang, sariawan, serta peradangan akan terjadi. Rongga mulut paling mudah dihinggapi bakteri karena aktivitasnya berhubungan dengan makanan. Sisa-sisa makanan pada rongga mulut dimungkinkan masih menempel dan menjadi bakteri.

Teh hitam memiliki zat polifenol yang baik untuk membunuh bakteri. Zat polifenol bekerja untuk menghancurkan bakteri dalam rongga mulut, sehingga rongga mulut dapat terbebas dari bakteri. Selain itu zat antioksidan pada teh hitam juga baik untuk mencegah infeksi yang terjadi dalam rongga mulut.

Merangsang Daya Fokus

Tingkat fokus diperlukan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Misalnya saja untuk meningkatkan konsentrasi saat kerja. Konsentrasi sangat dibutuhkan untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Belum lagi konsentrasi akan membantu cepatnya daya tangkap dan penyerapan memori yang membantu kamu lebih waspada dan kontemplasi meningkat.

Dengan minum teh hitam kamu akan terasa lebih fokus dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada teh hitam mengandung kafein dan juga asam amino berupa L-tanin yang dapat merangsang daya fokus pada otak. Kedua kandungan tersebut akan mengalir ke dalam darah yang menuju otak, sehingga otak akan meningkatkan konsentrasi melalui saraf motorik mata dan memori.

Kamu juga akan merasakan sensasi segar, karena zat antioksidan di dalamnya membantu melancarkan aliran darah. Tubuh terkadang terasa pegal dan sakit karena tingginya tingkat aktivitas. Dengan meminum teh hitam, membantu rasa pegal dan sakit berkurang sehingga daya konsentrasi mu tidak terganggu.

Mengatasi Jerawat

Teh hitam dapat membantu mengatasi jerawat di wajah karena di dalamnya mengandung sifat anti-bakteri. Jerawat sendiri merupakan kondisi dimana sel kulit mati menumpuk, kemudian timbul lah bakteri yang memicu peradangan di wajah. Maka dari itu jerawat di wajah sering terasa nyeri.

kenali 11 manfaat teh hitam yang bagus untuk kesehatanmu menurunkan kolesterol

Sifat anti-bakteri teh hitam membantu membunuh pertumbuhan bakteri dalam jerawat, sehingga perlahan-lahan bakteri akan hilang dan jerawat sembuh. Selain itu, sifat anti-inflamasi pada black tea juga dapat mengurangi dan mengobati peradangan yang terjadi dalam lapisan kulit jerawat. Peradangan akan diredakan oleh zat tanin yang menyerap ke dalam lapisan kulit.

Kamu bisa jadikan seduhan teh hitam sebagai step terakhir cuci wajah. Opsi lainnya dapat gunakan ampas teh hitam sebagai masker. Cukup tempatkan ampas teh hitam yang sudah dibuka pada suatu wadah, berikan sedikit air agar teksturnya kental. Lalu oleskan pada wajah hingga merata. Diamkan 10-15 menit. Setelah itu kamu bisa menggosok-gosok perlahan masker tersebut guna mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Kemudian bilas hingga bersih. Kamu akan merasakan sensasi kulit halus, lembut, dan cerah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk menjalankan organ vital tubuh. Hanya jantung lah yang dapat mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Bila jantung tak sehat, maka bisa dipastikan organ vital lainnya tidak berfungsi baik. Seperti contohnya jantung akan mengalirkan oksigen ke dalam usus untuk proses pembusukkan. Bila kadar oksigen kurang karena proses pompa jantung tidak sempurna, maka proses oksidasi untuk pembusukkan akan melambat dan memungkinkan terjadinya infeksi.

Teh hitam dapat dikonsumsi bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung. Di dalam teh hitam mengandung senyawa flavonoid (bagian dari antioksidan) yang baik untuk melancarkan aliran oksigen pada tubuh. Flavonoid pada teh ini membantu pompa jantung menjadi stabil dan konstan, sehingga pembagian dalam mengatur laju aliran darah ke organ lain akan lancar. Bila laju aliran lancar, organ tentu akan menjalankan fungsinya dengan baik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bila meminum tiga cangkir teh hitam per hari memiliki risiko 11% lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal itu tentu disebabkan karena aliran darah yang mengandung oksigen tidak terhambat. Bila meminum teh hitam cukup sering, sangat disarankan untuk tidak menambahkan gula ke dalamnya. Hal ini berguna untuk menjaga kadar gula darah.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah suatu lemak yang sebenarnya berguna bagi tubuh. Namun, bila terlalu tinggi kolesterol dapat menumpuk dan menyumbat di pembuluh darah, yang menyebabkan aliran darah yang tidak lancar. Dilansir melalui klikdokter kadar kolesterol total yang baik ialah <200 (lebih kecil dari 200), untuk kadar kolesterol total diambang batas ialah 200 – 339, dan untuk kolesterol total tinggi ialah >240 (lebih besar dari 240). Sebaiknya kadar ini mulai untuk kamu perhatikan.

Perlu kamu ketahui, bahwa sebenarnya kolesterol tidak dapat larut dalam darah. Oleh karena itu hati memproduksi zat yang bernama lipoprotein untuk menyalurkan kolesterol ke aliran darah seluruh tubuh. Lipoprotein juga membantu mengangkut trigliserida untuk dialirkan dalam darah. Tentunya, ini dapat menurunkan kadar lemak (lipid) yang mengganggu organ tubuh.

Flavonoid pada teh ini ternyata berguna untuk meningkatkan lipoprotein dalam hati. Bila lipoprotein lancar, maka kolesterol akan cepat mengalir pada aliran darah dan dapat mengubahnya menjadi energi. Dengan begitu kolesterol kamu akan dapat kembali normal. Mulai dari sekarang, kamu tidak perlu ragu untuk mengonsumsi teh ini.

Menurunkan Risiko Diabetes

kenali 11 manfaat teh hitam yang bagus untuk kesehatanmu merangsang daya fokus

Di dalam black tea terdapat senyawa katekin dan teaflavin yang baik untuk menjaga kadar gula darah tubuh. Zat ini bekerja untuk meningkatkan hormon insulin tubuh agar dapat mengolah glukosa menjadi energi. Jika hormon insulin lancar dikeluarkan oleh tubuh maka gula darah akan terjaga. Perubahan hormon insulin haruslah sering dan setiap waktu agar setiap makanan yang menjadi glukosa segera diubah menjadi energi.

Diabetes sendiri ialah suatu keadaan pada pankreas yang sulit memproduksi hormon insulin. Dengan begitu glukosa juga sulit untuk berubah menjadi energi. Mengonsumsi teh ini tanpa gula, baik untuk meningkatkan produksi hormon insulin. Pankreas terbantu dan tidak berusaha keras lagi untuk mengubah glukosa menjadi energi, sehingga kadar gula darah dapat menjadi normal kembali. Jadi kamu akan terhindar dari risiko diabetes.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini didapatkan dari kandungan fitokimia pada teh hitam. Kandungan fitokima digunakan untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang. Selain itu fitokimia juga bagus untuk menghindari karies pada gigi. Pada gigi berlubang, zat fitokimia ini membantu meningkatan penangkal bakteri, sedangkan pada karies gigi zat fitokima bekerja untuk mengemulsi dinding luar gigi agar tidak mudah rusak.

Kandungan kalsium pada black tea juga terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kamu, sehingga sangat dimungkinkan pertumbuhan tulang dan gigi menjadi lancar. Kalsium yang cukup akan menjaga kepadatan tulang agar tidak mudah keropos. Kalsium pada teh hitam ini juga baik untuk meningkatkan sirkulasi oksigen dan vitamin D yang juga membantu pembentukkan dalam tulang. Semakin baik sirkulasi, makan pembentukkan tulang akan semakin sempurna. Untuk itu, kamu bisa gunakan teh satu ini sebagai manifestasi tulang yang kuat di usia tua.

Manfaat teh hitam memang sudah tidak diragukan lagi. Kalian dapat mengonsumsinya setiap hari, ya. Disarankan untuk tidak menambahkan gula untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

kenali 11 manfaat teh hitam yang bagus untuk kesehatanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *