10 Tips Memilih Mangga, Anti Salah Pilih!

Mangga adalah salah satu buah tropis yang sangat populer di dunia. Buah ini beraroma harum dengan rasa yang manis dan segar. Dalam hal konsumsi, mangga bisa dimakan langsung, atau pun diolah dalam berbagai resep, mulai dari sambal, makanan penutup seperti pudding, es krim, mango sticky rice, hingga jus mangga.

Selain itu, manfaat mangga pun beragam, misalnya kaya akan kandungan vitamin C yang baik bagi tubuh. Saat memilih buah mangga, kendala yang paling umum terjadi adalah kesulitan memilih mangga yang manis dan matang. Namun, Anda tak perlu khawatir lagi, karena di bawah ini akan dijelaskan tips memilih mangga yang manis dan matang.

Tips Memilih Mangga yang Manis dan Matang

Cek Batang Buah Mangga

Untuk memilih buah mangga yang manis, cek bagian batangnya. Mangga yang terlalu matang atau sudah tua biasanya mengeluarkan sedikit getah pada bagian batangnya. Mangga tersebut pun biasanya memiliki lubang di bagian dalam batang. Sebaliknya, untuk mangga yang belum matang atau masih muda, terdapat bagian yang tampak seperti digunting dan terdapat banyak bekas getah. Akan tetapi, cara ini hanya berlaku jika Anda memanen buah mangga sendiri, bukan diperuntukkan bagi Anda yang ingin memilih mangga di pasar atau toko buah.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Lihat Warnanya

Tips memilih mangga selanjutnya ialah dengan indikator dari tampilan warnanya. Warna mangga matang dan yang belum matang tentu akan berbeda. Untuk mangga matang, warnanya cenderung berwarna cerah dan tidak terlalu gelap. Banyak orang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa mangga yang sudah matang warnanya sangat pekat dan menunjukkan bintik-bintik oranye atau merah muda, namun, hal itu tidaklah benar.

Dalam hal pemeriksaan visual dari segi tampilan warna, hal yang haru diingat adalah bahwa terdapat banyak sekali varietas mangga yang masing-masing menampilkan warna yang berbeda. Tidak semua varietas mangga menunjukkan tanda-tanda kematangan yang sama. Terdapat varietas mangga yang pada dasarnya cenderung berwarna gelap.

Perhatikan Beratnya

Tips memilih mangga selanjutnya ialah memperhatikan beratnya. Saat memilih mangga di toko buah atau pasar, Anda tentu akan menimbang berat mereka. Ini juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan sebab berat mangga seringkali menunjukkan seberapa banyak daging buah tersebut. Buah mangga yang sudah matang dan segar umumnya memiliki daging buah yang lebih banyak daripada mangga yang belum matang atau yang hampir membusuk. Oleh karena itu, mangga yang semakin berat dapat menjadi ciri bahwa mangga tersebut telah matang dan segar.

Namun, semua kembali lagi pada jenis mangga yang ingin dipilih. Beberapa varietas mangga mungkin saja berukuran lebih kecil, namun tetap memiliki daging buah yang banyak, sehingga meskipun terasa ringan karena ukurannya yang kecil, tetap ada kemungkinan bahwa mangga tersebut telah matang. Di sisi lain, mangga yang besar dan berat tidak selalu menunjukkan bahwa mangga lebih matang, atau terasa lebih enak. Oleh sebab itu, memilih mangga yang manis dan matang dapat ditentukan oleh beberapa faktor.

Lakukan Tes Penciuman

Dalam tips memilih mangga, tes penciuman adalah salah satu cara termudah untuk mengetahui tingkat kematangan mangga. Mangga yang matang biasanya beraroma cukup kuat, yang berkisar antara perpaduan aroma buah dan aroma manis. Sebaliknya, mangga mentah cenderung memiliki aroma yang sangat sedikit.

Di sisi lain, mangga yang terlalu matang dapat memengaruhi keseluruhan bau, beberapa mungkin berbau manis, beberapa basi, asam, dan beberapa bahkan berbau seperti alkohol karena fermentasi alami yang terjadi saat mangga menjadi busuk. Namun, Anda sering kali tidak menemukan aroma apa pun di tumpukan mangga supermarket.

Ujung batang juga dapat menjadi penentu apakah mangga telah matang atau tidak. Cobalah untuk menghirup ujung batang mangga, jika Anda mencium aroma manis, maka itu dapat menunjukkan bahwa mangga telah matang. Jika ujung batang berbau pinus, maka kemungkinan mangga tersebut masih belum matang.

Perhatikan Tekstur

Untuk menguji kematangan mangga, tips memilih mangga selanjutnya ialah perhatikan tekstur mangga. Caranya adalah dengan memegang mangga dengan tangan, dan beri sedikit tekanan. Lakukan dengan lembut dan jangan terlalu keras atau itu dapat merusak mangga. Jika Anda menemukan tekstur yang cenderung keras, itu menunjukkan bahwa mangga belum matang.

Mangga yang terlalu matang biasanya akan terasa sangat licin. Mangga yang matang sempurna dan yang manis biasanya memiliki tekstur yang cukup lunak untuk ditekan oleh jari. Bagian penting untuk diingat lainnya adalah Anda harus menghindari buah mangga yang berkulit keriput karena buah ini justru terlalu matang.

Mengenai tekstur mangga, buah mangga yang telah matang sempurna harus memiliki tekstur yang halus dan lembut dengan sedikit ketahanan dari serat yang serupa dengan buah persik, nektarin, atau aprikot. Jika Anda menemukan mangga yang lembek, berbutir, berpasir, dan seperti buah pir, maka mangga itu dipetik terlalu cepat dan dimatangkan secara paksa. Dengan kata lain, itu bukanlah mangga dengan rasa yang pas untuk mangga matang.

Perhatikan Bentuk Buah Mangga

Tips memilih mangga yang matang dan manis selanjutnya adalah dengan memperhatikan bentuk buah mangga. Bentuk yang ideal untuk buah mangga adalah harus montok, penuh dan cenderung bulat, terutama pada area sekitar batang. Dalam hal ini, jangan memilih mangga dengan bentuk pipih atau tipis, karena buah tersebut biasanya berserat.

Lihat Bagian Kulit Mangga

Faktor lainnya yang dapat menjadi penentu bahwa mangga telah matang dan terasa manis adalah dengan melihat bagian kulit. Anda harus memilih mangga dengan kulit yang cenderung tipis dibandingkan mangga yang belum matang, karena hal tersebut menunjukkan bahwa mangga sudah matang dan manis.

Selain itu, warna kulit mangga yang matang cenderung berwarna hijau pekat, kuning terang, atau kemerahan (tergantung pada varietas mangga) menunjukkan bahwa mangga tersebut telah matang dan terasa manis. Lihat pula apakah terdapat bercak hitam pada mangga, karena jika ada, itu berarti mangga sudah matang. Sementara jika kulit mangga mulai berkerut, maka itu menjadi pertanda bahwa mangga telah matang dan akan sgera melewati puncak pematangan.

Cek Tekstur Daging Buah Mangga

Untuk menguji tingkat kematangan mangga selanjutnya adalah dengan melihat tekstur daging buah. Mangga yang telah matang sempurna di pohonnya dan yang manis biasanya cenderung berserat. Bagian bijinya pun basanya cenderung keras dan memiliki cukup banyak serabut. Sementara itu, mangga yang masih muda cenderung sedikit berserat, dan bijinya pun tidak banyak serabut. Perlu diingat untuk melakukan cara ini hanya jika Anda memanen pohon mangga.

Potong Mangga

Jika Anda masih tampak ragu apakah mangga telah matang atau belum, atau justru mungkin terlalu matang, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti tingkat kematangan mangga adalah dengan memotongnya. Namun, hal ini hanya berlaku jika Anda sudah membelinya di supermarket, toko buah, dan pasar. Anda juga bisa melakukan ini setelah memetik mangga dari pohonnya.

Cara yang dapat dilakukan adalah letakkan mangga di atas talenan dan gunakan pisau tajam untuk mengiris satu bagian. Daging bagian dalam mangga yang dipotong harus berwarna jingga cerah. Daging mangga pucat biasanya berarti terlalu matang. Daging oranye atau coklat yang sangat gelap menunjukkan bahwa mangga terlalu matang atau mulai membusuk.

Pelajari tentang Varietas Mangga yang Berbeda

Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat cukup banyak varietas mangga, dan beberapa cara di atas mungkin hanya berlaku untuk sebagian mangga saja. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara mengidentifikasi jenis mangga tertentu agar Anda dapat memahami lebih jauh mengenai cara memilih mangga yang tepat.

Cara Mematangkan Mangga

Memilih mangga yang belum matang adalah kesalahan yang umum terjadi, dan ini hanya memerlukan waktu beberapa saat agar mangga dapat matang dengan sempurna untuk langsung dikonsumsi atau pun diolah ke dalam berbagai resep. Berikut cara mematangkan mangga.

Tempatkan di Kantong Kertas atau Koran

Masak Enak Jadi Mudah

Mangga yang belum matang mungkin membutuhkan beberapa hari agar bisa matang, dan menunggunya tanpa melakukan apa pun mungkin akan membosankan. Terdapat cara untuk mematangkan mangga dengan cepat. Caranya cukup masukkan ke dalam kantong kertas dan biarkan di meja dapur semalaman. Cara ini akan melepaskan gas etilen, atau gas pematangan buah, dan mangga yang matang dan manis pun akan siap disantap. Jika Anda tidak memiliki kantong kertas di rumah, gunakan koran sebagai penggantinya.

Letakkan dalam Beras atau Biji Popcorn

Untuk mempercepat proses pematangan mangga, Anda bisa meletakkannya di dalam wadah berisi beras atau biji popcorn. Namun, jika Anda terlalu lama membiarkannya di dalam wadah tersebut, hal itu akan membuat mangga terlalu matang. Untuk itu, selalu perhatikan dengan seksama.

Tempatkan Mangga di samping Seikat Pisang Matang

Cara ini mirip dengan mendiamkan mangga pada suhu ruangan, tetapi Anda akan mendapatkan hasil yang lebih cepat. Mengapa demikian? Pasalnya, pisang memiliki banyak gas etilen yang dapat mempercepat pematangan buah mangga. Pastikan bahwa Anda meletakkannya di samping pisang matang, bukan yang belum matang. Mangga juga akan mendapat manfaat dari gas yang dipancarkan oleh pisang matang jika Anda meletakkannya di samping satu sama lain.

Sebagai kesimpulan, cara memilih mangga yang manis dan matang sangatlah beragam, mulai dari tampilan visual, tes penciuman, hingga dengan memotong mangga. Selain cara memilih mangga, hal yang tak kalah penting adalah dengan mempelajari varietas mangga, karena itu dapat mempermudah Anda dalam memilihnya. Pelajari varietas buah mangga dan keunggulannya dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *