18 Jenis Varietas Buah Mangga beserta Keunggulannya

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya

Buah mangga merupakan salah satu buah yang sangat populer di masyarakat. Buah yang mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A, kalsium, vitamin D, B12, serat, vitamin C, zat besi, vitamin B6 dan magnesium. Mangga juga sangat mudah untuk diolah menjadi makanan atau pun minuman. Namun begitu ternyata terdapat banyak varietas mangga yang ada sehingga karakter dari buah ini juga berbeda. Di Indonesia sendiri banyak varietas yang sudah dikenal bahkan menjadi sebuah ikon daerah, lalu apa saja varietas buah mangga yang ada? Simak berikut ini:

Mangga Arumanis

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya arumanis

Varietas Mangga Arumanis, ada juga yang menyebutnya mangga Harumanis, merupakan buah asli dari Indonesia dan juga tumbuh di sebagian wilayah Malaysia. Aroma manis dan khas membuat mangga ini diberi nama Arumanis atau Harumanis. Warna kulitnya hijau bahkan sampai matang, bentuknya lebih lonjong dan besar, daging buahnya berwarna kuning dengan aroma yang sangat khas dari mangga, rasanya juga manis dengan aftertaste sedikit pahit.

Mangga Gedong

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga gedong

Mangga Gedong Gincu merupakan salah satu mangga yang memiliki banyak penggemar, tidak heran karena ketika mangga ini matang rasanya sangat manis sehingga sangat nikmat untuk dimakan secara langsung ataupun dijadikan olahan lainnya. Ukurannya tidak terlalu besar dengan bentuk yang hampir bulat dengan sedikit lonjong. Warna kulit buah ini hijau dan berganti kekuningan ketika sudah masak, biasanya petani memanen Mangga Gedung Gincu ketika kematangan 80% sehingga masih tersisa warna hijau pada kulitnya.

Mangga Manalagi

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga manalagi

Buah Mangga Manalagi ini juga disebut mangga madu dan banyak sekali berasal dari daerah Jawa Timur tepatnya Probolinggo dengan ukuran yang kecil sampai sedang. Kulit hijaunya tebal dengan bintik-bintik putih yang banyak, buah ini memiliki daging buah yang tebal dengan rasa manis yang lekat hampir tanpa rasa asam yang biasanya menyertai buah mangga. Hal tersebut yang membuat mangga ini sangat disukai masyarakat serta banyak membudidayakan buah Mangga Manalagi ini.

Mangga Apel

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya apel

Mangga Apel merupakan salah satu varietas mangga yang menjadi unggulan di Indonesia. Bentuk buahnya bulat seperti apel dengan warna kulit hijau, hijau kemerahan atau bahkan merah. Memiliki dua jenis yaitu mangga apel hijau yang berwarna kekuningan ketika matang serta mangga apel merah yang berwarna merah ketika matang. Daging buah mangga Apel lebih tebal, jenis Mangga merah lebih manis dibanding hijau. Buah Mangga ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman dalam pot atau tambulampot.

Mangga Golek

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga golek

Jenis Mangga Golek ini merupakan salah satu jenis mangga yang menjadi unggulan para petani buah mangga lokal. Hal tersebut karena karakteristik buah yang unggul seperti daging buah yang tebal, lunak, tidak berserat, dan tidak mengeluarkan air ketika diiris atau potong. Kulitnya berwarna hijau ketika muda dan berubah kuning ketika sudah matang, selain itu ukuran buahnya yang besar dan panjang menjadi favorit banyak orang dengan rasa manis dan wangi mangga yang sangat khas.

Mangga Kweni

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga kweni

Mangga Kweni termasuk buah mangga yang banyak di konsumsi masyarakat dan telah banyak budidaya nya sehingga mudah ditemui. Mangga kweni ini memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga akan sangat mudah dikenali. Selain itu ukurannya lebih kecil dengan daging buah yang halus dan lembut. Rasa buah kweni lebih asam dan rasa manis yang mengikuti, hal ini yang membuat Mangga Kweni juga terkadang menjadi campuran masakan untuk menambah rasa segar dari masakan.

Mangga Cengkir

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga cengkir

Buah Mangga Cengkir sangat terkenal dari daerah Indramayu sehingga terkadang mangga ini disebut mangga indramayu. Berukuran besar dan memiliki daging buah yang tebal mangga sehingga mangga ini menjadi sangat terkenal, selain itu salah satu kelebihan mangga ini adalah rasanya yang manis dan sedikit rasa asam. Hal tersebut membuat buah ini bahkan sudah dapat di konsumsi sebelum matang dengan sempurna atau masih mengkal.

Mangga Emperor

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga emperor

Varietas buah mangga yang satu ini berasal dari Taiwan dan kemudian banyak di budidayakan di Thailand. Dengan kulit berwarna ungu kehijauan ketika masih muda dan berubah menjadi merah saat sudah matang, daging buahnya manis, lembut serta mengandung air yang banyak. Ukuran buahnya bisa dibilang lebih besar dari buah mangga kebanyakan dimana satu buahnya dapat mencapai berat 3 kg serta daging buahnya yang tebal menjadikan keunggulan dari buah mangga Emperor ini.

Mangga Garifta

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga garifta

Mangga Garifta merupakan varietas baru hasil dari penelitian yang dilakukan para ahli di desa Cukurgondang, Pasuruan. Mangga ini memiliki empat jenis yaitu Garifta Merah, Garifta Kuning, Garifta Orange dan Garifta Gading. Disebut kualitas unggul karena diklaim lebih manis dibandingkan dengan jenis mangga lain, selain itu tampilan luarnya cukup menggoda dengan warna sesuai jenisnya. Untuk saat ini, varietas mangga ini hanya dapat di budidayakan di desa asalnya untuk tetap menjaga kualitas tersebut karena karakteristik tanah dan cuaca yang dapat mempengaruhi rasa dari buah mangga ini.

Mangga Gandaria

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga gandaria

Buah Gandaria masih termasuk dalam famili buah Mangga walaupun terkadang tidak memakai mangga pada penyebutannya. Buah ini banyak tumbuh di daerah ASEAN, berwarna hijau ketika muda dan berubah kuning oranye ketika sudah matang. rasa manis dan asam menjadikan buah ini sangat segar untuk langsung dimakan seperti di rujak atau di olah terlebih dahulu seperti di jus. Buah Gandaria juga dapat langsung dimakan bersama kulitnya ketika sudah matang dan dibersihkan terlebih dahulu.

Mangga Kiojay

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga kiojay

Mangga Kiojay ini adalah varietas baru dari Thailand yang memiliki ukuran jumbo karena satu buah mangga bisa mencapai 2 kg. Rasa daging buah yang manis dan wangi harum mangga yang semerbak terkadang disangkutkan dengan mangga Arumanis, padahal keduanya merupakan varietas yang berbeda. Mangga ini juga sering berbuah dan juga dapat di tanam dalam pot sehingga sangat mudah untuk di budidayakan secara luas.

Mangga Budiraja

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga budiraja

Mangga Budiraja terkadang dikenal juga dengan Mangga Raja, buah mangga ini banyak dihasilkan oleh daerah Jawa Timur. Ukuran mangga yang panjang dan lonjong serta aroma manis dan harum membuat mangga ini menjadi salah satu favorit masyarakat di Indonesia khususnya. Dengan kulit buah berwarna hijau dan juga daging buah yang tebal dan padat, tidak salah buah ini menjadi salah satu jenis buah favorit masyarakat Indonesia khususnya.

Mangga Saigon

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga saigon

Mangga Saigon adalah salah satu varietas yang dijadikan untuk persilangan dengan jenis lainnya, hal tersebut karena pohon dari Mangga Saigon ini kuat dan tidak mudah terkena penyakit. Ukuran dari buah mangga ini besar dengan cenderung bulat dan sedikit bengkok di ujungnya, kulitnya hijau dan berubah kekuningan ketika matang. Daging buah mangga Saigon tebal dan tidak terlalu mengeluarkan aroma mangga yang menyengat, hal ini menjadi salah satu alasan mangga ini banyak dikawinkan atau disilangkan dengan varietas lain sehingga menghasilkan varietas mangga yang baru.

Mangga Alpukat

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya alpuket

Walaupun nama buah ini adalah Mangga Alpukat namun bukan berarti mangga ini hasil silang dengan Alpukat. Pemberian nama Alpukat pada mangga ini dikarenakan mangga ini dapat dimakan seperti Alpukat ketika sudah matang, dengan cara membelah jadi dua dan memisahkan biji dengan dagingnya. Mangga alpukat ini termasuk varietas Arumanis sehingga memiliki rasa manis dan harum yang menggoda. Untuk mengkonsumsi seperti Alpukat harus menunggu sampai mangga ini matang kemudian dibelah menjadi dua dan di putar hingga terpisah, dimana biji akan lepas dari salah satu sisinya.

Mangga Chokanan

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga chokanan

Mangga Chokanan ini berasal dari Thailand dengan karakteristik rasa yang manis seperti madu, bentuk lonjong dengan kulit yang berwarna kuning. Buah mangga ini dapat di makan baik ketika matang ataupun masih mentah karena rasa manisnya sudah dapat dirasakan bahkan ketika belum matang sempurna. Pemeliharaannya juga termasuk mudah karena dapat di tanam dalam pot asalkan mendapat cukup asupan sinar matahari.

Mangga Irwin

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya irwin

Mangga Irwin adalah hasil persilangan bibit yang dibawa dari Darwin, Australia dan jenis mangga lokal. Persilangan ini berhasil dan memunculkan varietas baru dengan keunikan yang dapat dilihat dari warna kulit buah yang merah keunguan dan rasa daging buah yang manis serta agak asam. Varietas mangga ini dapat diterima dipasaran dan memilki harga jual yang tinggi karena keunggulannya tersebut.

Mangga Mahatir

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga mahatir

Mangga yang berasal dari Malaysia ini banyak menjadi primadona karena ukurannya yang termasuk jumbo dengan berat hingga mencapai 3 kg satu buahnya. Daging buahnya lembut, manis serta daging buahnya yang tebal dengan biji yang kecil membuat buah mangga ini banyak digemari masyarakat. Pohonnya yang tidak tinggi namun dapat menghasilkan buah yang besar dan banyak membuat varietas mangga ini menjadi salah satu tanaman buah yang ditanam di kebun atau halaman rumah.

Mangga Yuwen

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya mangga yuwen

Mangga Yuwen adalah salah satu varietas yang masih baru sehingga belum banyak di budidayakan, hal inilah yang membuat harga mangga ini tergolong tinggi. Berasal dari Taiwan, warna kulitnya yang merah menjadi daya tarik tersendiri selain itu daging buah yang tebal dengan biji yang kecil serta rasa manis asam membuat mangga ini sangat pas untuk nikmati baik secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Walaupun sudah banyak bibit, namun penanaman secara luas seperti dikebun belum banyak di lakukan di Indonesia.

Buah Mangga merupakan buah yang berasal dari India yang kemudian banyak tumbuh di berbagai belahan dunia khususnya daerah tropis. Di Indonesia sendiri, Mangga tumbuh di hampir semua wilayah dengan berbagai varietas yang berbeda. Banyaknya varietas mangga baik secara alami ataupun hasil dari penelitian dan budidaya tidak menampikkan bahwa buah mangga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Sehingga tidak heran jika buah ini masih menjadi primadona untuk dikonsumsi di berbagai kesempatan.

18 jenis varietas buah mangga beserta keunggulannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *