10 Teh Herbal Enak Legakan Tenggorokan

Sakit tenggorokan atau tenggorokan gatal menjadi masalah yang membuat tubuh sangat tak nyaman, karena kondisi kesehatan tersebut bisa menyebabkan masalah lainnya, seperti nyeri saat menelan, demam, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Dalam hal ini, terdapat banyak cara untuk mengatasinya, yaitu dengan minum teh herbal. Simak selengkapnya teh herbal enak legakan tenggorokan di bawah ini.

Jahe

Teh herbal dengan jahe adalah salah satu teh herbal yang paling terkenal dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Pasalnya, jahe memiliki rasa manis dengan sentuhan pedas dan hangat, yang bisa melegakan tenggorokan serta mengatasi flu atau pilek, dan sakit tenggorokan. Pertama, jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogoals, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi sakit tenggorokan.

Teh jahe juga memiliki aktivitas antimikroba, yang membuatnya efektif dalam melawan infeksi virus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Rasanya yang pedas juga memiliki sifat menenangkan dan menghangatkan tubuh. Teh herbal dengan jahe membantu memulihkan tenggorokan dalam waktu yang singkat karena mengandung bahan aktif yang membantu melawan bakteri dan virus.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Selain itu, teh jahe juga membantu menyembuhkan sistem pernafasan, mengatasi masalah hidung tersumbat, sehingga memungkinkan tubuh lebih cepat pulih. Ini juga membantu menjaga kekebalan tubuh, sehingga Anda tak hanya pulih lebih cepat, tetapi juga menjadikan tubuh lebih bugar dan sehat.

Di luar manfaatnya tersebut, teh jahe memiliki manfaat yang jauh lebih luas, seperti mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan penyebab banyak penyakit termasuk migrain berkat sifat anti-inflamasinya. Meminum teh jahe juga membantu menambah berat badan, dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan jantung, serta membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.

Kandungan jahe yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah, yang artinya – tubuh pun menjadi lebih bebas dari racun. Sebuah penelitian kecil juga menemukan bahwa jahe efektif mengurangi risiko terkena tonsilitis. Dengan demikian, jahe adalah pengobatan rumahan alami yang dapat mengobati sekaligus menjaga tubuh tetap sehat berkat khasiat obatnya.

Kayu Manis

Kayu manis terkenal sebagai rempah yang dapat digunakan pada banyak kuliner di seluruh dunia dan dikenal akan manfaatnya terutama dalam menurunkan kadar gula darah. Rempah dari genus Cinnamomum ini memiliki rasa yang cenderung manis, dengan nada pahit dan pedas yang beraroma kuat.

Rempah ini dapat dengan mudah melegakan tenggorokan, dengan menikmatinya sebagai teh herbal. Secara alami, kayu manis memiliki aktivitas antibakteri, sehingga merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi pilek serta melawan infeksi tenggorokan. Kayu manis dikemas dengan sifat antioksidan yang kaya polifenol, yang mana dapat menjadi obat alami yang efektif dalam melawan peradangan.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dari teh dengan kayu manis juga mengandung antioksidan memberikan efek analgesik dan anti-inflamasi ringan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Dalam hal ini, teh kayu manis membantu mengatasi sakit tenggorokan, serta meredakan flu dan batuk.

Saat dicampur dalam teh, kayu manis dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas, sehingga membuat Anda tetap sehat. Kayu manis juga sangat populer dalam membantu menurunkan tekanan darah, yang juga dapat melindungi kesehatan jantung. Teh kayu manis memiliki efek menghangatkan bagi tubuh, sehingga menjadikannya sempurna untuk melegakan tenggorokan. Teh kayu manis juga bisa dikombinasikan dengan jahe, dan diminum saat musim dingin agar dapat menghangatkan tubuh.

Akar Manis

Teh herbal enak legakan tenggorokan lainnya adalah akar manis. Akar manis atau yang disebut juga dengan licorice adalah sebuah tanaman dan rempah dari famili Fabaceae, yang digunakan di seluruh dunia untuk banyak kegunaan. Dalam dunia kuliner, akar manis dibuat dalam bentuk permen, yaitu Liquorice allsorts, yaitu permen khas Inggris yang sangat terkenal. Selain dalam hal kuliner, akar manis juga digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti melegakan tenggorokan yang efektif.

Akar manis dikenal sebagai rempah yang dapat memberikan rasa manis, dan telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan herbal, dan bahkan akar manis banyak ditemukan dalam sirup obat batuk komersial. Hal ini dikarenakan komponen aktif dalam licorice yang membantu melawan virus, dan dapat bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Akar manis juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu meredakan nyeri.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal, akar manis dianggap obat penenang bersama ramuan lainnya untuk membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan sakit tenggorokan hingga 30 menit. Namun, perlu sering dikonsumsi untuk membantu meredakan nyeri untuk mendapatkan khasiat dari sifat anti-inflamasi.

Dalam sebuah penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa teh akar manis memiliki aktivitas antibakteri bersama dengan anti-inflamasi, yang membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan sakit tenggorokan. Bagian terbaik lainnya adalah teh akar manis juga memiliki sifat antivirus dan antimikroba, sehingga membantu meringankan sakit tenggorokan secara optimal.

Teh akar manis yang hangat dapat diminum untuk melegakan tenggorokan secara alami. Namun, penting untuk memperhatikan aturan minum, karena jika dinimum secara berlebihan, teh akar manis dapat mengeluarkan zat toksik, terutama bagi individu yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda minum jenis teh ini.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur, campuran teh, dan susu kunyit seperti haldi doodh. Rempah dari keluarga jahe ini juga telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda, terutama karena sifat anti-inflamasinya yang membuat kunyit semakin dikenal akan khasiatnya, dan dipercaya hingga saat ini.

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh adalah dapat melegakan tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa yang terdapat pada kunyit, yaitu curcumin, yang merupakan konstituen dalam memberikan warna kuning cerah pada apa pun yang ditambahkannya. Senyawa curcumin, memiliki banyak kandungan, termasuk antioksidan yang kuat, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa curcumin juga mengandung sifat antimikroba, bersama dengan sifat antioksidan, dapat membantu tubuh melawan infeksi dan pulih lebih cepat. Kandungan lainnya yang ditemukan pada senyawa curcumin adalah sifat antiradang, dan antiseptik, yang membantu meringankan gejala radang dan iritasi di tenggorokan, serta meredakan gejala flu biasa.

Berkat kandungannya yang beragam, kunyit bisa digunakan untuk mengurangi iritasi, meredakan nyeri sendi dan nyeri kulit, dan bahkan berkontribusi terhadap kesehatan jantung setelah operasi jantung. Anda bisa memperoleh manfaatnya dengan meminum teh kunyit, dan tambahkan sesendok madu yang berguna sebagai pemanis.

Tulsi

Tulsi merupakan salah satu varietas basil (Ocimum basilicum), yang dapat dijadikan teh herbal untuk melegakan tenggorokan. Disebut juga dengan holy basil atau basil suci, ini adalah sebuah tanaman yang memiliki sejarah panjang dalam penggunaan obat, terutama di Asia Tenggara. Tulsi juga menjadi tanaman penting dalam pengobatan Ayurveda yang kaya manfaat.

Tulsi begitu populer terutama di India, yang dikenal sebagai “ratu tumbuhan” berkat manfaatnya yang luar biasa, yang dapat mengobati segala hal mulai dari bronkitis hingga malaria. Varietas basil ini juga dapat membantu mencegah penyakit mata, mengatasi sakit perut, mencegah gejala seperti muntah dan diare, dan bahkan membantu melancarkan pencernaan.

Di luar manfaatnya yang luas, tulsi atau holy basil juga dapat meredakan demam, dan melegakan hidung tersumbat. Ia juga bisa digunakan untuk melawan virus dan bakteri, yang terkait dengan sakit tenggorokan, seperti nyeri saat menelan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Tulsi bertindak sebagai infus herbal yang mengatasi kondisi tersebut.

‘Ratu tumbuhan’ ini juga dapat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kerusakan paru-paru akibat asap. Untuk melindungi paru-paru, tulsi akan menjaga kesehatan pernafasan dengan mengurangi kemacetan dan penyumbatan di saluran udara dan paru-paru. Teh tulsi dapat dibuat dengan berbagai cara, namun untuk sakit tenggorokan, disarankan untuk membuat secangkir teh tulsi dengan madu. Obat ini paling efektif jika Anda menyeduh teh sendiri dan langsung mengonsumsinya, dan minum sebanyak dua lembar setiap pagi untuk merasakan manfaatnya.

Peppermint

Mint memiliki banyak varietas, dan salah satu varietas mint yang populer adalah peppermint. Peppermint telah lama dipelajari untuk kegunaan pengobatannya, berkat potensi efek antioksidan, antimikroba, antikanker, dan antivirusnya pada tubuh manusia. Ini adalah varietas mint yang bisa dinikmati sebagai teh herbal yang akan membantu melegakan tenggorokan.

Peppermint adalah tanaman yang memiliki rasa yang sedikit manis dan juga menyegarkan serta efek pendinginan berkat kandungan mentol, yang dapat melegakan tenggorokan. Bagi penderita sinus atau hidung tersumbat, teh peppermint membantu meredakan peradangan pada selaput lendir dan meredakannya.

Khasiat peppermint yang menyegarkan dan menenangkan tersebut juga memiliki manfaat utama yang membantu mengatasi bau mulut, dan yang paling penting adalah dapat menghilangkan stress, membantu pencernaan dan menenangkan perut, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan gejala flu biasa.

Teh herbal dengan peppermint ini juga dapat mengobati Irritable Bowel Syndrome (IBS), dan sakit kepala, karena teh herbal ini bekerja layaknya ibuprofen yang membuka pembuluh darah otak yang menyempit. Ketika menghirup uapnya, teh peppermint berfungsi sebagai dekongestan alami.

Namun, khasiatnya tersebut masih perlu diteliti lebih jauh terkait efektifitasnya. Meski demikian, sebuah studi tahun 2006 di Phytotherapy Research menunjukkan bahwa meskipun penelitian yang dilakukan pada manusia terbatas, manfaat antimikroba, antivirus, dan antioksidan teh peppermint cukup menjanjikan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Thyme

Thyme berasal dari Mediterania, dan merupakan herba yang termasuk dalam keluarga mint. Herba aromatik ini banyak digunakan di seluruh dunia, baik itu dalam kuliner maupun pengobatan. Thyme juga dapat dijadikan teh herbal yang enak untuk legakan tenggorokan, terutama karena sifat antibakteri-nya. Herba yang berasal dari Mediterania ini mengandung senyawa yang disebut thymol dan carvacrol, yang diketahui memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaaat untuk meredakan radang serta sakit tenggorokan.

Thyme menjadi obat tradisional yang efektif untuk mengatasi batuk. Ia juga membantu melawan kuman dan peradangan yang menyebabkan batuk berkat aktivitas antimikroba yang ditemukan pada thyme. Penelitian menunjukkan bahwa thyme dapat digunakan sebagai obat batuk, dan meredakan gejala batuk yang parah secara signifikan.

Ektrak thyme juga terbukti mampu mengurangi serangan batuk lebih dari sekedar plasebo pada penderita bronkitis. Bagian terbaiknya adalah teh thyme memiliki aroma dan rasa yang sangat enak, sehingga menjadikannya obat alami yang tak hanya efektif, tetapi juga dapat dinikmati dengan cara yang menyenangkan. Dalam hal ini, Anda bisa meminum teh thyme baik itu dari thyme segar atau kering, dan rendam dalam air panas selama beberapa menit, kemudian saring dan nikmati teh thyme yang berkhasiat.

Bunga Lawang

Secara historis, bunga lawang merupakan rempah yang banyak digunakan dalam industri parfum dan farmasi, terutama bagian minyak atsiri. Rempah khas yang berbentuk seperti bintang ini juga bisa menjadi teh herbal enak untuk melegakan tenggorokan, dengan mengurangi gejalanya akibat flu dan pilek.

Bunga lawang memiliki sifat antivirus karena asam kimia, yang dapat digunakan untuk melawan flu dan masalah terkait lainnya. Selain itu, bunga lawang juga kaya akan senyawa fenolik dengan aktivitas antioksidannya yang kuat, sehingga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menangkal radikal bebas yang mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Adas Manis

Adas manis juga merupakan rempah yang secara tradisional banyak digunakan sebagai obat alami yang dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan pernapasan dan pencernaan. Teh adas manis juga bisa dijadikan teh herbal yang dapat melegakan tenggorokan, yang terkait dengan masalah pernapasan. Ini juga membantu meningkatkan nafsu makan, yang secara tidak langsung dapat memperkuat imunitas tubuh.

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Manfaat teh adas sangat beragam, ia juga diketahui dapat digunakan untuk mengobati penyakit Crohn, dan kejang otot pada beberapa orang. Adas manis memiliki khasiat lainnya, yang membuatnya sangat dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak pada beberapa orang, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang suka begadang. Terlebih lagi, teh adas juga berperan dalam merangsang produksi ASI dan memperlancar proses laktasi, sehingga akan sangat berguna bagi ibu menyusui.

Serai

Serai atau sereh, merupakan sebuah bumbu dapur yang berasal dari Asia Tenggara dan Sri Lanka. Tanaman dengan nama latin Cymbopogon citrates ini banyak digunakan sebagai bahan dasar beragam minuman seperti koktail, susu, teh, dan lainnya. Di India, sereh dijadikan sebuah minuman yang disebut Lemongrass Chai.

Sereh memiliki banyak ragam manfaat karena diperkaya dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membantu meredakan sistem pernapasan Anda, yang juga melegakan tenggorokan. Terlebih lagi, teh serai memiliki wangi yang semerbak, yang seperti lemon dan juga menyegarkan. Minum teh herbal serai menjadikan minuman yang berkhasiat dan lezat.

Penyakit umum seperti sakit tenggorokan sangat membuat seseorang tidak nyaman. Untungnya, banyak teh herbal yang dapat meredakan rasa sakit tersebut. Teh herbal di atas juga menjadi cara alami yang tak hanya efektif dalam melawan sakit tenggorokan, tetapi juga menghasilkan rasa yang enak. Terlebih lagi, banyak teh herbal yang bisa mengatasi masalah terkait lainnya, sehingga menjadi pengobatan alami yang efektif. Cari tahu artikel menarik lainnya tentang rempah pelepas dahaga setelah berpuasa di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *