Manfaat Garam Himalaya - Cairo Food - All Arabian & Indian Food

Manfaat Garam Himalaya

Pepatah tua yang berbunyi “Bagai sayur tanpa garam” sebenarnya ditunjukan untuk menggambarkan suatu kondisi yang tidak ideal karna kehilangan suatu elemen penting. Namun, jika di artikan secara harfiah sayur tanpa garam juga dapat membuat makanan menjadi kurang sedap. Untuk itu dalam setiap hidangan apapun, penggunaan garam pasti sangat dibutuhkan.

Namun garam yang biasa kita gunakan dikehidupan sehari-hari biasanya mengandung natrium tinggi, yang artinya jika dikonsumsi secara berlebihan dalam pengunaan jangka panjang dapat memicu tekanan darah tinggi. Lantas, apa solusi yang tepat untuk menghindari hal tersebut? Tentu saja dengan mengurangi penggunaan garam, atau menggantinya dengan garam yang lebih sehat, yakni Garam Himalaya.

APA ITU GARAM HIMALAYA?

Garam Himalaya Close Up

Garam Himalaya adalah salah satu garam termurni di dunia, bahkan ia diberi julukan ‘white gold’ karena memiliki nilai yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan garam pink Himalaya tidak melewati banyak proses sehingga kemurniannya masih terjaga.

Menurut sejarah Himalayan pink salt pertama kali ditemukan oleh kuda milik Alexander the Great pada tahun 326 sebelum Masehi. Kisah ini berlangsung saat pasukan Alexander the Great melewati wilayah utara Pakistan dan kuda-kuda mereka terus menjilati dinding-dinding batu yang dilalui. Wilayah itulah kemudian yang menjadi tempat ditemukannya kandungan garam murni dan hanya ada 6 wilayah pertambangan yang memproduksi Garam Himalaya ini. Setiap tambang memproduksi jenis garam yang berbeda. Namun saat ini tambang Garam Himalaya terbesar di Dunia terletak di Khewra yang disebut mengandung sekitar 6.7 miliar ton garam (setiap tahunnya 400.000 ton garam ditambang).

Garam Himalaya ditemukan dengan kondisi yang bersih dari polutan dan diproses tanpa ditambahkan zat kimia buatan. Karena itu, 100% kandungan mineral garam himalaya, seperti iodine termasuk ke dalam kandungan organik. Apa bedanya dengan iodin di garam dapur? Nah, garam dapur sendiri tidak memiliki kandungan iodin. Beberapa merek garam dapur menambahkan zat tersebut dalam proses pembuatannya, namun bahan tersebut bukanlah hasil yang natural. Iodin sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid yang berfungsi mengatur keseimbangan metabolisme dan hormon tubuh.

MANFAAT GARAM HIMALAYA

Mengurangi Tekanan Darah

Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel tentang makanan yang dapat memicu darah tinggi, garam dapur termasuk ke dalam salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan garam tersebut mengandung natrium yang sangat tinggi yakni sekitar 2.300 mg per sendok makan, Berbeda dengan Garam Himalaya yang hanya mengandung 420 mg Natrium per sendok makan. Maka tentu saja dengan mengganti garam dapur dengan Garam Himalaya dalam makanan sehari-hari akan membantu mengurangi tekanan darah.

Menjaga Keseimbangan pH Tubuh

Kebanyakan orang memiliki pH tubuh yang rendah atau keasaman yang tinggi, Garam Himalaya dapat mengatasi hal tersebut dan membantu menyeimbangkan pH tubuh karna kandungan elektrolit yang ada ada di dalamnya. Hal itu bagus karna tubuh dengan tingkat keasaman atau kebasaan (pH) yang tidak seimbang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan kerusakan organ ginjal.

Mengatasi Masalah Insomnia

Penelitian pada tahun 1980 menemukan bahwa kekurangan sodium (dibawah 500 mg per hari) bisa menjadi pemicu insomnia di malam hari. Mungkin saja hal itu dikarenakan elektrolit yang ada di dalam tubuh tidak seimbang. Sebab itu untuk mengatasi insomnia kamu bisa mulai dengan menyeimbangi kadar elektrolit, dan Garam Himalaya dapat membantu mu untuk menyeimbanginya.

Detoksifikasi

Berendam di air hangat dengan campuran garam himalaya merupakan tradisi Barat dan Timur. Saat berendam, tubuh kita menarik mineral penting dalam garam dan sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, berendam di air hangat merangsang sistem saraf parasimpatis yang membuat tubuh kita jadi rileks.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan tubuh kita terdiri dari berbagai enzim penting yang membantu memproses makanan. Mengonsumsi garam himalaya dalam olahan masakan, bisa merangsang asam klorida dan enzim tertentu untuk memperbaiki fungsi sistem pencernaan kita. Selain itu, nutrisi yang kita konsumsi dari makanan pun akan diserap lebih sempurna.

Membersihkan Udara

salt-lamp

Selain menjadi hiasan, lampu yang terbuat dari kristal garam himalaya dapat berfungsi sebagai pembersih udara disekitarnya, karna lampu ini dapat melepaskan ion-ion yang menangkap partikel kuman, allergen dan debu sehingga tidak terhirup oleh tubuh. Ion dari lampu kristal ini sering juga digunakan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh dan mengurangi stres.

Mencegah Penuaan

Salah satu khasiat garam Himalaya untuk kecantikan ialah dapat mencegah efek samping penuaan, seperti keriput, wajah kering dan kusam. Hal itu dikarenakan Mineral dalam garam himalaya dapat diserap oleh kulit dan menghasilkan wajah yang lebih cerah serta kencang. Mengaplikasikannya pun mudah, cukup campurkan air dan garam ini lalu balurkan ke wajah. Tapi, kamu harus berhati-hati jangan sampai mengenai mata.

Menghilangkan Jerawat

Sebum atau minyak yang berlebihan pada wajah dapat menyebabkan jerawat ataupun komedo. Untuk menghilangkan atau mencegah timbulnya jerawat pada wajah tentu kamu harus rajin merawat kulit wajah mu. Atau kamu juga bisa menggunakan cara alami untuk mendetoksifikasi sel kulit mati serta minyak yang berlebihan di wajah. Caranya cukup campurkan garam Himalaya dengan essential oil ataupun madu murni sampai teksturnya menyerupai pasta dengan tingkat kekentalan yang kamu inginkan, setelah itu kamu bisa gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah yang dapat kamu gunakan satu minggu sekali.

Menyamarkan Selulit

Garam Himalaya juga sangat populer untuk dijadikan scrub untuk membersihkan tubuh. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa scrub garam himalaya ini dapat menyamarkan selulit yang timbul karena timbunan lemak di bawah kulit. Menggosokkan scrub garam ini dengan gerakan melingkar dapat memperlancar dan mengurangi timbunan lemak.

Kamu juga bisa membuat sendiri scrub garam Himalaya dengan mencampurkan garam tersebut dengan minyak yang akan menyatukan butiran garam serta melembapkan kulit, kamu bisa menggunakan minyak almond, minyak zaitun, ataupun minyak kelapa. Untuk menambah nutrisi kamu bisa campurkan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti kiwi, jeruk, lemon, tomat ataupun stroberi.

Jadi itu dia beberapa manfaat garam himalaya, baik untuk kesehatan ataupun untuk perawatan tubuh. Kamu bisa memulai mengonsumsi garam himalaya untuk mendapatkan banyak manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs web ini menggunakan cookie
Kami menggunakan cookie untuk mempersonalisasi konten dan iklan, untuk menyediakan fitur media sosial dan untuk menganalisis lalu lintas kami. Kami juga membagikan informasi tentang penggunaan Anda atas situs kami dengan mitra media sosial, periklanan, dan analitik kami yang mungkin menggabungkannya dengan informasi lain yang Anda berikan kepada mereka atau yang mereka kumpulkan dari penggunaan Anda atas layanan mereka.