Bukan Hanya Gula, Makanan Ini Juga Dapat Mengundang Semut!

Bukan Hanya Gula, Makanan Ini Juga Dapat Mengundang Semut!

bujan hanya gula, makanan ini juga dapat mengundang semut

Menemukan makanan yang banyak dihinggapi semut pasti sangat menyebalkan. Terlebih semut-semut tersebut selalu datang bergerombol untuk menyantap makanan kita. Terkedang setelah selesai menyantap makanan semut-semut ini tidak langsung pergi, melainkan akan terus berada disana, membuat barisan yang Panjang, bahkan merambat ke tempat-tempat lain seperti meja, tembok dan lain-lain.
Ini tentu saja merugikan, sebab selain mengotori makanan, semut juga kerap kali menggigit bagian-bagian tubuh kita yang akan menyebabkan rasa perih dan gatal.

Tapi pernahkah kamu memperhatikan bahwa semut tidak hanya memakan-makanan manis, melainkan semua jenis makanan, bahkan saat kita menemukan bangkai hewan, semut pun ada disana!
Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan semut adalah hewan omnivora yang sangat oportunis. Ia akan memakan apa saja untuk menjaga keberlangsungan hidupnya.
Namun, berikut beberapa makanan yang paling disukai semut yang mampu mengundangnya untuk datang

Makanan manis

makanan manis

Hampir semua orang tau bahwa semut sangat menyukai makanan manis, dan hal itu memanglah benar. Karena semut memiliki radar yang mampu mendeteksi keberadaan dari suatu konsentrat yang memiliki kandungan glukosa atau fruktosa. Maka mudah baginya menemukan makanan-makanan manis seperti gula, kue, jus, buah dan lain-lain. Terlebih makanan yang tergeletak begitu saja diruangan terbuka. Selain karna radarnya, semut juga di ketahui hewan yang sangat aktif sebab itu ia membutuhkan gula untuk dirubah menjadi energi agar mereka kuat untuk beraktifitas.

Makanan berprotein

Tetapi tidak hanya makanan manis, semut juga membutuhkan makanan-makanan yang berprotein tinggi seperti selai kacang, daging, telur dan makanan gurih berprotein lainnya. Mereka juga akan memakan makanan ini untuk memcukupi kebutuhan nutrisnya. Itulah sebabnya kenapa semut suka memakan bangkai hewan lain, hal itu di karenakan dalam bangkai tersebut terdapat protein yang juga dibutuhkan oleh semut.

Fungi atau jamur

Selain makanan diatas, ada beberapa spesies semut yang gemar memakan jamur yang telah mereka budidayakan di tempat-tempat yang lembab. Ia hanya memakan jamur ini untuk berkembang biak dan menjaga nutrisi mereka.

makanan yang dapat mengundang semut

Lalu bagaimana agar semut tidak mengerubungi makanan kita ataupun bersarang di rumah kita? Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk terhindar dari semut :

 

TIPS MENCEGAH SEMUT DATANG

Jangan meletakan makanan atau minuman sembarangan

jangan letakkan makanan sembarangan

Simpanlah makanan ataupun minuman mu di dalam tempat tertutup yang aman, jika perlu kamu dapat meletakannya dalam wadah yang memiliki tutup yang rapat, atau simpan di dalam kulkas, atau lemari makanan.

Bersihkan sisa makanan

bersihkan sisa makanan

Jangan biarkan ada sisa-sisa makanan yang jatuh atau berceceran di meja ataupun di lantai, karna hal ini akan mengundang semut untuk datang. Terlebih jika makanan atau minuman milik mu tumpah, segera lah bersihkan tumpahan itu, dan jangan menundanya.

Bersihkan rumah setiap hari

bersihkan rumah setiap hari

Bersihkanlah rumah setiap hari secara rutin, pastikan tidak ada bangkai serangga atau hewan lain yang dapat mengundang kehadiran semut. Disamping itu membersihkan rumah setiap hari juga penting untuk menjaga kesehatan mu, sebab rumah yang kotor dan berantakan akan menjadi sumber penyakit, juga mengundang hadirnya semut atau serangga lain.

Gunakan kapur ajaib

kapur ajaib

Kamu juga bisa menggunakan kapur ajaib untuk mencegah atau mengusir semut yang ada di rumah mu dengan membuat garis dari kapur tersebut di sepanjang tempat yang di lalui oleh semut semut.

Gunakan semprotan anti serangga

gunakan semprotan serangga

Selain kapur ajaib, kamu juga bisa menggunakan penyemprot serangga untuk membasmi semut-semut yang ada di rumah mu, namun pastikan tidak ada makanan ataupun minuman di area yang hendak kamu semprot. Setelah itu simpan kembali alat tersebut dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Itu dia beberapa makanan yang dapat mengundang kehadiran semut, dan bagaimana cara mengatasinya, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk mu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *