Fakta Menarik tentang Tahini

Jika Anda menyukai hummus atau baba ganoush, mungkin Anda dibuat penasaran tentang apa yang membuatnya lezat. Salah satu bahan utamanya – tahini, menjadi pasta makanan yang selain digunakan pada hummus atau baba ganoush, juga popular untuk menyempurnakan suatu hidangan di berbagai negara.

Kegunaannya yang tak terbatas pada hidangan tertentu, membuat tahini banyak digemari. Tak hanya perihal rasanya yang lezat, tahini juga konon menawarkan manfaat Kesehatan dari mengonsumsinya. Berikut segala hal serta fakta menarik tentang tahini – sebagai bahan utama hummus dan baba ganoush.

Mengenal Tahini

Tahini adalah biji wijen yang dihaluskan hingga membentuk pasta. Berasal dari Bahasa Arab, tahini sangat mirip dengan selai kacang dengan permukaan yang berminyak. Tahini dapat disajikan sebagai saus atau sebagai komponen hidangan lainnya. Beberapa masakan Afrika Utara, Yunani, Iran, Turki, dan Timur Tengah, hidangan mereka menggunakan tahini. Tahini, pada dasarnya, merupakan bahan utama dalam pembuatan hummus dan baba ganoush, atau saus yang dibuat dengan terong, bukan buncis. Penggunaan popular tahini lainnya adalah halva.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Selain digunakan dalam dunia kuliner, tahini juga menawarkan beragam manfaat kesehatan. Masukkan tahini dalam jumlah besar ke dalam makanan, maka Anda dapat mendapatkan manfaat Kesehatan serta mengurangi resiko berbagai macam penyakit.

Tahini berbahan dasar biji wijen yang dihancurkan, dan terkadang dicampurkan bahan lain seperti minyak dan garam hingga teksturnya lembut dan creamy. Resep lainnya divariasikan dengan menambahkan cairan lain seperti jus lemon atau bahkan ditambahkan penyedap rasa seperti bawang putih.

Pasta makanan yang terbuat dari biji wijen ini memiliki rasa kacang. Ini juga merupakan pasta yang serbaguna, yang kerap kali digunakan untuk hidangan manis atau saus gurih. Umumnya, tahini mudah ditemukan dan biasanya memiliki rasa tawar atau original, namun terkadang tahini juga tersedia dengan rasa vanilla atau barbekyu.

Sejarah Tahini

Referensi ke tahini dapat ditemukan sejauh abad ke-13 di mana ada referensi sebagai pasta wijen. Tahini ditemukan di berbagai masakan Israel, Timur Tengah, Afrika, Cina, Jepang, Iran, Turki, Korea, dan masih banyak lagi. Tahini mulai muncul di Amerika Serikat pada tahun 1940-an di toko makanan kesehatan.

Tahini, produk biji wijen panggang berasal dari Persia yang disebut “ardeh”. Dari sana ia pindah ke Israel. Selama berabad-abad hanya bangsawan dan orang kaya yang bisa mendapatkan bahan untuk membuat tahini. Di beberapa budaya, tahini digunakan sebagai mata uang.

Orang Yunani kuno menggunakan wijen sebagai obat dan juga makanan. Dokter asli, Hippocrates, dikatakan telah merekomendasikan wijen untuk nilai gizinya. Pengobatan tradisional India menggunakan biji wijen untuk menyehatkan tubuh. Pilot Turki dalam Perang Dunia II dianggap lebih besar, lebih kuat, dan lebih pintar daripada rekan mereka di negara lain. Para ilmuwan mengira bahwa memasukkan tahini ke dalam makanan sehari-hari bisa menjadi sumber kemampuan superior mereka.

Cara Terbaik Menggunakan Pasta Tahini

Pada restoran Timur Tengah, tahini tak hanya digunakan sebagai saus, tetapi bisa juga mencampurnya dengan bahan lain untuk membuat saus dan hidangan lainnya. tahini seringkali dihiasi dengan bawang putih dan jus lemon. Hummus atau saus populer lainnya dibuat dengan tahini. Saus Tahini juga digunakan untuk melengkapi hidangan utama Timur Tengah.

Banyak negara lain menggunakan tahini dalam berbagai bentuk. Di Turki, tahini dicampur dengan bahan lain untuk membuat hidangan sarapan kaya yang disebut tahin-pekmez. Di Irak, tahini dipadukan dengan sirup kurma untuk membuat hidangan penutup manis yang luar biasa. Di Iran, hidangan populer mereka, yaitu halva, dibuat dengan tahini. Tahini digunakan sebagai pengganti tzatziki untuk souvlaki di Siprus. Sementara di Yunani, tahini dioleskan di atas roti terkadang dengan madu atau selai. Anda bisa membeli toples tahini dengan coklat atau madu di toko grosir Yunani.

Tahini juga popular untuk beberapa resep lainnya. Misalnya, resep fudge tahini, sup yang dibuat dengan tahini, hidangan utama, saus, roti wortel tahini, ayam, shawarma, makanan penutup, mie, dan saus salad. Dengan tekstur seperti selai kacang dan rasa wijen, tidak mengherankan jika tahini sangat serbaguna dan cocok untuk banyak resep.

Fakta Menarik tentang Tahini

  • Tahini adalah bumbu masakan Timur Tengah.
  • Tahini juga dikenal sebagai tahina.
  • Nama Tahini berasal dari bahasa Arab. Lebih khusus lagi itu berasal dari pengucapan Bahasa Arab Levantine sehari-hari dari ṭaḥīna atau lebih tepatnya ṭaḥīniyya, dalam bahasa Inggris disebut tahina.
  • Nama tahini berasal dari kata kerja bahasa Arab (ṭaḥana) yang berarti “menggiling”. Itu juga menghasilkan kata ṭaḥīn, yang berarti “tepung” dalam beberapa dialek.
  • Kata Tahini adalah kata pinjaman dari bahasa Yunani modern tachíni.
  • Kata tahini muncul dalam bahasa Inggris pada akhir 1930-an.
  • Penyebutan wijen tertua ada dalam dokumen berhuruf paku yang ditulis 4000 tahun yang lalu yang menggambarkan kebiasaan menyajikan anggur wijen kepada dewa oleh sejarawan Herodotus yang menulis tentang penanaman wijen 3500 tahun yang lalu di wilayah Tigris dan Efrat di Mesopotamia.
  • Pasta wijen ini terbuat dari wijen panggang yang dikuliti.
  • Tahini biasa disajikan sendiri (sebagai saus) atau sebagai bahan utama dalam hummus, baba ghanoush, dan halva.
  • Tahini digunakan dalam masakan Levant dan Mediterania Timur, Kaukasus Selatan, serta sebagian Afrika Utara.
  • Pasta wijen (meskipun tidak disebut tahini) juga digunakan di beberapa masakan Asia Timur.
  • Funsi utama tahini adalah digunakan sebagai sumber minyak.
  • Tahini disebutkan sebagai bahan utama hummus, yang terdapat dalam resep yang ditranskripsikan dalam buku Arab abad ke-13 tanpa nama, pada Kitab Wasf al-Atima al-Mutada.
  • Pasta wijen adalah bahan dalam beberapa masakan Cina dan Jepang. Masakan Sichuan menggunakannya dalam beberapa resep mie dandan.
  • Pasta wijen juga digunakan dalam masakan India.
  • Di Amerika Utara, pasta tahini bersama dengan selai kacang mentah lainnya, tersedia pada tahun 1940 di toko makanan kesehatan.
  • Sekitar 1 sendok makan atau 15gram tahini, memberikan lebih dari 10% dari Nilai Harian (DV) untuk beberapa nutrisi.
  • Tahini mengandung antioksidan yang disebut lignan, yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh Anda dan dapat mengurangi risiko penyakit.
  • Tahini merupakan makanan padat kalori dengan kandungan 89 kalori dan 8gram lemak dalam satu sendok makan.
  • Tahini meningkatkan kandungan lemak dan kalori hummus, tetapi sebagian besar kandungan lemaknya (kira-kira 7 dari 8 gram) adalah jenis tak jenuh.
  • Karena kandungan minyak tahini yang tinggi, sehingga untuk menjaganya lebih awet, beberapa produsen merekomendasikan pendinginan untuk mencegah pembusukan. Sementara yang lain tidak merekomendasikan pendinginan, karena membuat produk lebih kental dan lebih sulit disajikan.
  • Tahini mengandung antioksidan kuat, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih kecil. Selain itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya bagaimana biji wijen memengaruhi peradangan pada manusia, tetapi hal itu tentu saja memengaruhi.
  • Tahini mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan otak.
  • Senyawa yang sama dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit neurodegeneratif seperti demensia.
  • Biji wijen juga sedang diteliti potensi efek antikankernya, jadi tahini mungkin bisa membantu.
  • Tahini membantu melindungi fungsi hati dan ginjal.

Kandungan Nutrisi Tahini

Satu sendok makan (15 gram) tahini mengandung:

  • Kalori: 90 kalori
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 8 gram
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tiamin: 13% dari DV
  • Vitamin B6: 11% dari DV
  • Fosfor: 11% dari DV
  • Mangan: 11% dari DV

Manfaat Mengejutkan dari Tahini

Tahini adalah pasta yang terbuat dari biji wijen yang disangrai. Ini memiliki rasa yang ringan dan pedas dan seperti kacang. Penggunaan populer tahini adalah sebagai bahan utama hummus tetapi banyak digunakan di banyak hidangan di seluruh dunia, terutama masakan Mediterania dan Asia.

Bergizi Tinggi

Tahini penuh dengan lemak sehat, vitamin, dan mineral. Bahkan, hanya 1 sendok makan (15 gram) memberikan lebih dari 10% dari Nilai Harian (DV) untuk beberapa nutrisi. Selain itu, tahini adalah sumber fosfor dan mangan yang bagus, keduanya memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Diketahui sekitar 50% lemak dalam tahini berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis. Ini juga tinggi tiamin (vitamin B1) dan vitamin B6, yang penting untuk produksi energi

Kaya Antioksidan

Radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil. Ketika hadir dalam kadar tinggi di tubuh Anda, mereka dapat merusak jaringan dan berkontribusi pada perkembangan penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Mengonsumsi tahini yang kaya akan antioksidan, yang disebut lignan, membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan juga dapat mengurangi resiko penyakit.

Tahini sangat tinggi dalam sesamin lignan, senyawa yang telah menunjukkan potensi antioksidan yang menjanjikan dalam beberapa penelitian tabung dan hewan. Misalnya, itu dapat menurunkan risiko kanker dan melindungi hati Anda dari kerusakan akibat radikal. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk memahami sepenuhnya efek ini.

Memiliki Sifat Antibakteri

Biji wijen pada tahini mungkin memiliki sifat antibakteri karena antioksidan kuat yang dikandungnya. Faktanya, di beberapa negara Eropa Tengah dan Timur Tengah, minyak wijen digunakan sebagai obat rumahan untuk luka kaki yang berhubungan dengan diabetes.

Dalam satu studi tentang kapasitas antibakteri ekstrak biji wijen, para peneliti menemukan bahwa itu efektif melawan 77% sampel bakteri yang resistan terhadap obat yang diuji. Selanjutnya, satu penelitian pada tikus mengamati bahwa minyak wijen membantu menyembuhkan luka. Peneliti menghubungkan ini dengan lemak dan antioksidan dalam minyak. Namun, ini adalah bidang penelitian yang sedang berkembang, dan diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Dapat Memperkuat Sistem Saraf Pusat

Tahini mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti demensia. Dalam penelitian tabung reaksi, komponen biji wijen telah terbukti melindungi sel otak dan saraf manusia dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan biji wijen dapat melewati penghalang darah-otak, artinya mereka dapat meninggalkan aliran darah Anda dan secara langsung memengaruhi otak dan sistem saraf pusat Anda.

Dapat Menawarkan Efek Antikanker

Biji wijen juga sedang diteliti untuk potensi efek antikankernya. Beberapa penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa antioksidan biji wijen meningkatkan kematian sel kanker usus besar, paru-paru, hati, dan payudara. Sesamin dan sesamol merupakan dua antioksidan utama dalam biji wijen yang telah dipelajari secara ekstensif untuk potensi antikankernya. Keduanya dapat meningkatkan kematian sel kanker dan memperlambat laju pertumbuhan tumor. Selain itu, mereka dianggap melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, yang menjadi penyebab penyakit kanker.

Membantu Melindungi Hati dan Ginjal

Organ-organ ini bertanggung jawab untuk membuang racun dan limbah dari tubuh Anda. Pada kandungan yang terdapat pada tahini, ditemukan senyawa yang dapat melindungi organ seperti hati dan ginjal dari kerusakan. Satu studi pada 46 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minyak wijen selama 90 hari mengalami peningkatan fungsi ginjal dan hati, dibandingkan dengan kelompok control.

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Selain itu, sebuah penelitian tabung mengamati bahwa ekstrak biji wijen melindungi sel hati tikus dari logam beracun yang disebut vanadium. Terlebih lagi, penelitian pada hewan pengerat menemukan bahwa konsumsi biji wijen meningkatkan fungsi hati yang lebih baik. Ini meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan produksi lemak di hati, sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit hati berlemak.

Tahini menjadi pasta wijen yang banyak digunakan pada berbagai jenis masakan di beberapa negara. Rasanya yang lezat yang mirip dengan selai kacang membuat pasta ini dapat dimakan langsung dari stoples, dicampur dengan buncis untuk membuat hummus, atau dituangkan ke dalam adonan untuk suguhan manis.

Nutrisi yang terdapat pada tahini sangat baik bagi tubuh. Bahkan, kandungan nutrisinya dapat dijadikan menu diet Anda. Pasta yang serbaguna ini menjadi kegemaran banyak orang sebab fungsinya yang tak terbatas. Setelah mengetahui faktanya, apakah Anda ingin mencicipi kelezatan tahini?

Cobalah pasta tahini yang lezat yang tersedia di Cairo Food yang bisa Anda temukan melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *