10 Manfaat Buah Raspberry Untuk Kesehatan

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan

Buah Raspberry atau Rasberi menjadi buah favorit dalam setiap hidangan fruit cake. Rasanya yang manis dan asam, membuatnya cocok dijadikan topping hidangan kue. Raspberry juga dikenal karena banyaknya kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Salah satunya, vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.

Buah raspberry dikenal dengan sebutan istilah nama latin yaitu Rubus idaeus. Buah ini merupakan buah yang memiliki warna menarik perhatian mata. Kamu pastinya sering menemukan raspberry berwarna merah ataupun ungu. Raspberry berasal dari Amerika Utara dan cocok tumbuh di area sub-tropis. Buah ini tersebar luas di berbagai wilayah Eropa, Asia, dan Amerika. Raspberry memiliki bentuk segitiga tumpul yang dipenuhi dengan bulatan-bulatan kecil berwarna merah yang bergerombol dan berongga di bagian tengahnya. Inilah yang menjadi ciri khas buah raspberry dibanding buah beri lainnya. Manfaat raspberry sebagai kesehatan dan produk makanan cepat berkembang di masyarakat. Selain dimakan sebagai buah segar, buah raspberry banyak juga dapat dibuat berbagai olahan seperti selai, jeli, sirup, dan minuman beralkohol, layaknya anggur.

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan melancarkan pencernaan

Raspberry asal kata nama berasal dari raspise, yang artinya “anggur berwarna (seperti) mawar yang manis”, yang penyebutannya sekitar pertengahan abad ke-15, dari Anglo-Latin vinum raspeys, atau dari raspoie, yang berarti “belukar”, yang berawal dari Jerman. Nama tersebut mungkin dipengaruhi oleh penampilannya yang memiliki permukaan kasar dan bertekstur, juga tanamannya yang tumbuh seperti belukar, terkait dengan rasp Inggris Kuno atau “beri kasar”.

Kandungan raspberry ialah antioksidan dengan kandungan aktif seperti polifenol, flavonoid, antosianin, asam organik, vitamin, dan mineral. Semua kandungan ini tentunya bermanfaat bagi manusia untuk melawan partikel sel parasit dari luar. Buah raspberry merupakan golongan buah berry sama seperti strawberry dan blueberry yang memiliki kandungan aktif sebagai antioksidan.

Kandungan penting yang merupakan karakteristik pada buah raspberry adalah tiliroside. Tiliroside adalah senyawa alami pada flavonoid yang merupakan turunan kaemferol. Kaemferol ini telah diketahui sebagai ‘inhibitor tyrosinase‘ (senyawa perbaikan kulit) yang memiliki kemampuan mengikat tembaga dalam aktivitas untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Tiliroside ditemukan dapat menghambat aktivitas pembentukan jamur dan bakteri. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari pertumbuhan spora jamur maupun bakteri.

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan meredakan peradangan

Olahan beragam dari buah raspberry bisa kamu temukan dengan mudah, di antaranya jus raspberry, yang tentunya bisa kamu buat sendiri di rumah. Lalu ada minuman keras bernama chambord yang diolah dari raspberry. Minuman ini banyak kamu temui di Prancis. Selanjutnya framboise yang merupakan bir yang berasal dari Belgia. Minuman ini menggunakan fermentasi buah raspberry. Ini adalah salah satu dari banyak jenis bir buah modern yang terinspirasi oleh bir yang lebih tradisional, yang dibuat menggunakan beri berjenis asam. Satu lagi, yang paling umum kamu temui adalah pai raspberry.

Selain buahnya, daun raspberry merah juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Daun raspberry merah diproduksi saat daun raspberry gugur dan digunakan dalam obat tradisional yang biasanya disarankan bagi ibu hamil. Pengetahuan tradisional menyarankan agar ibu hamil menggunakan teh daun raspberry, terutama sebagai alat bantu persalinan.

Menjaga Sistem Imun

Sistem imun sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Imunitas yang akan menjaga daya tahan tubuh kamu tetap terjaga. Sistem imun memiliki sifat selalu siap dan memiliki respon langsung serta cepat terhadap adanya patogen (bakteri jahat) yang masuk ke dalam tubuh. Patogen dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernafasan dan makanan yang kamu santap. Partikel-partikel dari luar dapat menempel pada makanan sehingga nantinya masuk ke dalam tubuh dan merusak jaringan normal sel tubuh.

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan menjaga sistem imun

Dalam buah raspberry terdapat antioksidan tinggi yang dapat melawan patogen di dalam tubuh. Antioksidan yang berupa vitamin C ini untuk melawan dan membunuh perkembangbiakan dari patogen dalam tubuh. Vitamin C nantinya akan memberikan perlawanan terhadap patogen yang menggerogoti sel tubuh dengan mengemulsi dan melarutkannya. Selain vitamin C, pada raspberry juga terdapat flavonoid yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari virus dan bakteri dengan begitu tubuh tidak akan mudah terserah penyakit dan imunitas terjaga.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada raspberry sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Per satu cangkir, raspberry menyediakan 21 dan 32 persen serat harian untuk pria dan wanita. Seperti yang kita ketahui, bahwa jumlah serat yang lebih tinggi dalam makanan berarti dapat membantu pencernaan yang lebih baik. Individu yang mengonsumsi asupan serat yang dapat mengurangi risiko wasir, kanker saluran cerna, dan kondisi lain yang memengaruhi kesehatan pencernaan. Salah satu alasan raspberry memiliki kandungan serat yang lebih tinggi adalah struktur internalnya. Buah ini terdiri dari beberapa bagian, masing-masing memiliki biji sendiri yang mengelilingi inti pusat. Struktur agregat (bulir) inilah yang meningkatkan kandungan serat buah.

Serat sudah terkenal untuk melancarkan pencernaan sebab dapat mengikat air dan membuat feses lunak. Daya ikat air pada serat nantinya bergerak melalui usus halus menuju usus besar, yang nantinya akan masuk ke sistem pembuangan. Serat juga dapat mengemulsi lemak agar mudah dikeluarkan. Sehingga kamu terhindar dari sembelit yang menyebabkan perut terasa sakit juga susahnya BAB (Buang Air Besar). Satu cangkir raspberry jus mengandung sekitar 8 sampai 10 gram serat.

Selain buah raspberry yang bermanfaat, daun raspberry juga digunakan untuk mengobati masalah pencernaan yang sejak lama. Daun buahnya dibuat menjadi teh, dengan merebusnya sampai ekstrak dari daun keluar. Air rebusan tersebut lah yang digunakan untuk penyembuhan pencernaan dan penyakit terkait lainnya, seperti infeksi usus atau diare.

Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan memperlambat penuaan

Manfaat buah raspberry satu ini dikaitkan dengan serat dan mineral berupa mangan dalam buahnya. Serat, seperti yang telah kita ketahui, membuat kamu terasa kenyang lebih lama dan membuat mu enggan makan berlebihan. Serat dalam satu porsi raspberry yang dicampur sereal, sebenarnya sudah mencukupi kadar serat tubuh. Serat juga hanya menambahkan kalori rendah ke makanan, sehingga ini nantinya akan mengurangi dan menjaga berat badan kamu.

Jumlah kalori dalam raspberry rendah, dan bebas lemak, sehingga bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet penurunan berat badan. Buah raspberry juga rendah indeks glikemik (naiknya jumlah gula setelah makan). Makanan rendah indeks glikemik berdampak kecil pada gula darah, dengan begitu gula darah pada tubuh mu tidak melonjak. Tentunya ini bagus menjaga berat badan dan juga gula darah.

Kandungan keton buah raspberry juga bisa meningkatkan pemecahan lemak, yang akhirnya mungkin berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Ini dicapai dengan meningkatkan metabolisme lipid, yaitu pemecahan atau penyimpanan lemak yang diubah menjadi energi. Dengan begitu penyeybab ini dapat mengurangi kadar lemak tubuh mu. Keton pada raspberry juga meningkatkan kadar adiponektin. Protein adiponektin terbukti mempercepat pemecahan lemak tubuh. Selain itu, senyawa mangan dalam raspberry juga dapat meningkatkan metabolisme mu dalam membantu membakar lemak lebih cepat. Dengan begitu raspberry memberikan manfaat untuk menjaga dan menurunkan berat badan.

Pencegahan Kanker

Sel kanker adalah suatu sel yang masuk ke dalam tubuh dari luar dan tumbuh secara abrasif yang nantinya menggerogoti sel normal tubuh. Sel kanker tentunya akan berbahaya bila hidup dalam tubuh. Diketahui pada raspberry kaya akan asam ellagic, yang telah menunjukkan kemampuan untuk mencegah berbagai jenis kanker. Asam ellagic Ini termasuk kanker kulit, paru-paru, kandung kemih, payudara, dan kerongkongan. Ini karena asam ellagic telah ditemukan untuk memanfaatkan berbagai metode melawan kanker sekaligus. Asam ellagic bertindak sebagai antioksidan, menonaktifkan karsinogen tertentu, dan memperlambat reproduksi sel kanker dengan merusak pertumbuhan sel kanker.

Pada raspberry tertentu (seperti raspberry hitam) ditemukan pengubah gen dan mengembalikannya ke keadaan normal. Ini membantu dalam pengobatan sel kanker esophagus yang terdapat di saluran memanjang dari tenggorokan ke perut. Kanker esophagus disebabkan karena merokok dan asam lambung yang kurang terkontrol merupakan faktor risiko yang signifikan terjadinya kanker ini. Raspberry hitam, dipercaya bagus untuk mengembalikan aktivitas penekan sel kanker esophagus untuk tidak memproduksi sel baru, sehingga membantu pengobatan kanker.

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan olahan buah raspberry

Diketahui, raspberry memiliki kandungan antioksidan 40% lebih banyak daripada blueberry dan strawberry (buah-buahan yang dianggap baik untuk pencegahan kanker). Studi juga menunjukkan bahwa ekstrak raspberry dapat mencegah migrasi tumor ke sistem getah bening. Sehingga nantinya getah bening tidak tumbuh menjadi sel kanker.

Sifat anti-karsinogenik raspberry sebagian besar dapat dikaitkan dengan adanya antosianin. Antosianin ini adalah senyawa alami yang menawarkan pigmen berwarna pada buah dan sayuran. Mereka menghambat transformasi sel, menekan peradangan, dan menginduksi fungsi normal dalam sel kanker. Antosianin nantinya mendukung sifat kemopreventif pada raspberry, terutama menonaktifkan pertumbuhan sel kanker, seperti kanker mulut. Antosianin juga telah diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker serviks.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Apa itu kardiovaskular? Kardiovaskular mengarah pada suatu sistem yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan pembuluh darah, juga tekanan darah. Fungsi sistem kardiovaskular antara lain sebagai alat transportasi, mengangkut bahan-bahan yang dibutuhkan sel seperti oksigen, glukosa, dan lain-lain, serta membawa bahan sisa seperti Karbon Dioksida tubuh ke urea untuk dibuang. Kardiovaskular menjadi inti dalam pengatur atau regulasi, yang berperan dalam meyampaikan hormon dan oksigen ke organ target, agar fungsi tiap organ bekerja dengan baik. Bila sistem kardio rusak maka memungkinkan organ lainnya juga akan mengalami disfungsi.

Raspberry kaya serat, selain bagus untuk pencernaan juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Alasan lain raspberry bagus untuk jantung adalah karena kandungan antosianin. Buah berjenis beri adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung antosianin terbaik pada kulit maupun daging buahnya. Mengonsumsi antosianin per hari memainkan peran penting dalam mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. Antosianin banyak ditemui pada obat-obatan penderita nyeri jantung, sehingga memang antosianin lah yang penting untuk kesehatan jantung. Telah dinyatakan dalam studi, bahwa antosianin mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita pasca menopause. Selanjutnya senyawa ini mengandung polifenol bioaktif lain yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Antosianin dalam buah raspberry juga memiliki berbagai efek lain pada pembuluh darah dan trombosit yang menghasilkan jantung yang sehat, dengan menghasilkan trombosit yang normal dan sehat. Asupan ekstrak raspberry juga membantu menstabilkan tekanan darah agar tekanan yang berada dekat dengan jantung menjadi berongga dan kadar darah yang dibawa tetap lancar. Senyawa penting raspberry untuk jantung bukan hanya diketahui baru-baru ini, tetapi sejak dahulu juga sudah digunakan tabib untuk mencegah dan mengobati penyakit.

Sehubungan dengan itu, buah raspberry juga ditemukan dapat memperlebar arteri, yang membantu aliran darah lancar dan mencegah penumpukan plak di dalam saluran darah. Antosianin dalam raspberry membantu menghambat pembentukan gumpalan darah jika terjangkit stroke. Buah beri juga mengandung asam salisilat yang memiliki sifat kardioprotektif mirip dengan aspirin, untuk pengobatan jantung.

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan menjaga kesehatan mata

Selain itu, kandungan vitamin C adalah senyawa lain dalam raspberry yang dikenal dapat mencegah penyakit jantung dengan cara mencegah pembentukan plak dalam jantung. Plak bisa dimungkinkan terjadi pada jantung karena banyaknya partikel dari luar yang dibawa darah. Dengan vitamin C raspberry nantinya akan bekerja mengurangi plak pada jantung perlahan-lahan dan kesehatan jantung mu terjaga.

Menjaga Kesehatan Mata

Era milenial saat ini dalam menjalani kegiatan sehari-hari membutuhkan gadget. Gadget menjadi sangat penting dalam membantu aktifitas kerja. Namun apabila terlalu sering menatap gadget maka akan terpapar sinar biru yang dapat membuat matamu kering. Jika mata kering maka dimungkinkan sekali terjadi kemerahan dan gatal. Kandungan vitamin C raspberry yang tinggi dapat melindungi mata dari kerusakan, termasuk kemerahan dan gatal akibat sinar biru. Selain itu juga terdapat vitamin A yang membantu menjaga kelembapan area mata. Antioksidan yang terdapat dalam raspberry, dikenal sebagai zeaxanthin, yang juga berperan pelindung dalam kesehatan mata dari sinar UV atau ultraviolet.

Antioksidan zeaxanthin buah raspberry dapat menyaring sinar biru yang berbahaya untuk mata. Selain itu, antioksidan tersebut juga memainkan peran dalam melindungi mata dari masalah seperti degenerasi makula dini. Degenerasi makula sendiri merupakan hilang penglihatan di bagian tengah bidang pandan terkait usia. Biasanya menyebabkan masalah penglihatan pada orang tua.

Membantu Tingkatkan Daya Ingat

Daya ingat juga dapat dibantu oleh kandungan fitonutrien dari buah raspberry. Telah banyak yang mengetahui bahwa buah raspberry kaya akan senyawa fitonurien yang telah terbukti meningkatkan dan mempertahankan fungsi memori. Polifenol dalam raspberry diketahui meningkatkan penurunan kognitif terkait usia. Selain itu, vitamin C dan E yang ada di dalamnya juga dapat membantu melindungi kemampuan seseorang untuk berpikir dan mengingat informasi seiring bertambahnya usia.

Polifenol ini bekerja dalam darah yang dialirkan melalui otak. Nantinya persebaran polifenol dalam otak memicu daya respon otak yang meningkat, sehingga kecepatan daya tangkap mu meningkat. Peningkatan ini biasanya terjadi pada memori dan motorik. Pada motorik maka rangsangan dari luar biasanya berupa perintah untuk melakukan sesuatu. Ini tentunya bagus dalam menjaga konsentrasi.

Memperlambat Penuaan (Anti-Aging)

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan pohon raspberry

Buah-buahan seperti raspberry yang dikemas dengan antioksidan sangat cocok untuk kesehatan kulit. Raspberry mencegah efek sinar UV matahari, yang dapat merusak lapisan kulit. Buah raspberry merupakan buah yang kaya serat dan vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan K. Vitamin A efektif dalam mencegah, memperlambat penuaan. Serta vitamin C meregenerasi sel-sel kulit yang rusak akibat proses penuaan seperti kulit kering, bersisik, kerusakan akibat cahaya matahari, dan kerutan. Ini juga membantu mencegah kemerahan jika kulit kamu sensitif. Kehadiran vitamin C dalam raspberry juga menjadikannya makanan yang ideal untuk mencegah kanker kulit.

Kandungan keton dalam buah raspberry juga berperan penting menjaga kesehatan kulit. Keton di dalam buahnya ditemukan memiliki potensi penggunaan dalam industri kosmetik. Ini karena tiliroside, senyawa dalam raspberry yang ditemukan menghambat produksi melanin yang menyebabkan wajah belang pada tingkat lapisan kulit utama. Oleh karena itu, tiliroside bisa menjadi agen pemutih kulit yang potensial untuk digunakan dalam produk kosmetik. Faktanya, tabir surya tertentu yang mengandung minyak raspberry sebagai salah satu bahannya, terbukti meningkatkan kesehatan kulit dengan menawarkan aktivitas antioksidan dan pelindung UV yang lebih baik.

Ellagitannin dalam buah raspberry menawarkan perlindungan terhadap penuaan dini, mengingat efek antioksidan yang berperan menjaga kolagen. Buah raspberry ini juga termasuk ke dalam jenis makanan yang mengandung kolagen. Nantinya zat ellagitanin akan menjaga kelembaban untuk membantu tingkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Terdapat penelitian dari USU tentang manfaat buah raspberry dalam sebuah produk krim pelembab dimana yang difokuskan adalah penggunaan sari buahnya. Sari buah raspberry ini berperan aktif sebagai bahan aktif krim pelembab untuk mengurangi melanin penyebab belang yang berasal dari sinar UV matahari. Telah ditemukan bahwa jumlah sari buah raspberry dalam kadar 8% dapat memiliki kemampuan yang paling tinggi dalam mengurangi penguapan air dari kulit. Sehingga nantinya kelembaban kulit akan terjaga dan terhindar dari penuaan dini seperti keriput.

Meredakan Peradangan

Telah banyak informasi yang menerangkan bahwa buah rasberi memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk meredakan peradangan. Misalnya pada raspberry berwarna hitam, memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup tinggi, terlebih lagi yang paling banyak pada akar tanaman. Diketahui sifat anti-inflamasi raspberry hitam begitu efektif sehingga buahnya digunakan sebagai bahan untuk mengembangkan berbagai produk farmasi.

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan pencegah kanker

Sifat anti-inflamasi raspberry dapat dikaitkan dengan adanya antosianin, sejenis flavonoid yang melindungi bagian berair dari sel tubuh kita dan melawan peradangan. Buah raspberry mengurangi berbagai mediator inflamasi yang terkait dengan kondisi peradangan yang terjadi, baik peradangan pada sistem pencernaan maupun pada sel-sel kardiovaskular. Sifat anti-peradangan yang dimiliki buah raspberry dapat membantu mengurangi gejala radang sendi. Buah raspberry ini dipercaya mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk menyebabkan peradangan dan rasa nyeri. Ini menjadi pilihan yang baik untuk meredakan nyeri sendi.

Penanganan peradangan, sebenarnya berguna untuk memperbaiki sel, selama mengonsumsi buah raspberry dalam waktu tertentu. Bukan ketika terjadi rasa nyeri, lalu kamu mengonsumsi buah raspberry untuk memulihkannya. Jadi ini tidak dapat dijadikan obat instan untuk peradangan serius seperti nyeri sendi, infeksi usus, atau peradangan lain dalam tubuh. Perlu waktu dalam mengonsumsi raspberry untuk penyembuhannya.

Meningkatkan Kesehatan Jaringan dan Pembuluh Darah

Seperti yang kita ketahui bahwa buah raspberry kaya akan vitamin C, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin C ini terkenal baik untuk menyembuhkan luka dan membentuk jaringan parut. Vitamin C juga diperlukan untuk membentuk protein penting berupa kolagen yang diperlukan untuk produksi pembuluh darah dan kesehatan kulit. Protein ini digunakan untuk mensintesis jaringan ikat yang berperan penting untuk pembentukan kulit, tulang, dan tulang rawan. Selain membantu produksi pembuluh darah, kolagen juga membantu memperkuat dinding-dinding pembuluh darah agar kuat melawan radikal bebas.

Buah raspberry juga mengandung zat besi. Mineral yang memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah ini nantinya akan membawa oksigen ke otot yang membantu mempertahankan energi. Itulah sebabnya atlet dengan kadar zat besi rendah mengalami kelelahan dan kelemahan. Tak cuma atlet, para Ibu hamil juga perlu mengonsumsi buah yang mengandung zat besi agar tidak mudah lelah dan lesu. Tentunya sel darah merah yang terbentuk menjadi penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

ketahuilah 10 manfaat buah raspberry untuk kesehatan

Walaupun buah raspberry termasuk kuno, yang telah digunakan sejak zaman prasejarah di Prancis, tetapi raspberry tentu memiliki kualitas cukup tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Demikian informasi mengenai 10 manfaat buah raspberry. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *