8 Macam Hidangan Domba dan Bumbunya

Daging domba merupakan jenis daging yang cukup sering diolah ke dalam berbagai resep di seluruh dunia meskipun tidak sepopuler daging kambing atau daging sapi. Meski demikian, daging domba tetap memberikan rasa yang unik yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Di bawah ini adalah daftar macam hidangan domba dan bumbunya untuk melengkapi menu makanan Anda.

Rogan Josh

Rogan Josh adalah hidangan kari klasik yang biasa ditemukan di menu restoran India yang merupakan hidangan khas Khasmir. Rogan, atau roghan mengacu pada hidangan daging berkuah dengan kuah berwarna merah. Pada dasarnya, rogan josh adalah hidangan kari daging yang umumnya menggunakan daging domba atau kambing.

Hidangan khas Khasmir ini dibuat dengan membumbui daging dengan banyak rempah aromatik, yang terdiri dari cengkeh, daun salam, jahe, kapulaga, kayu manis, dan beberapa versi juga menambahkan bawang atau yogurt. Meski demikian, setiap keluarga atau restoran memiliki versinya sendiri. Pembuatannya melibatkan teknik perebusan dan kemudian dimasak lambat dengan dampokhtak.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Rempah-rempah yang digunakan membuat rogan josh memiliki warna merah pekat yang umumnya berasal dari penggunaan akar Alkanna tinctoria (ratan jot) dan dari cabai Kashmir yang dikeringkan dan dibuang bijinya (lal mirch) dalam jumlah banyak. Cabai Kashmir memiliki rasa yang serupa dengan paprika, namun lebih lembut daripada cabai kering biasa. Resep tradisional rogan josh juga menggunakan saffron. Ini adalah hidangan yang mengutamakan aroma daripada rasa pedas.

Rogan josh tak hanya menggunakan daging domba atau kambing, tetapi juga bisa menggunakan daging sapi dan ayam. Variasi dari daging sapi itu sendiri akan lebih disukai jika menggunakan sandung lamur. Meski terdiri dari beberapa resep yang berbeda, tetapi rasa dari hidangan klasik ini sungguh luar biasa, yang begitu aromatik berkat penggunaan rempah dan rasa yang hangat. Hidangan berkuah dan aromatik ini sangat disukai di seluruh dunia, yang bisa dinikmati dengan nasi, atau dengan roti naan dan roti chapati.

Bumbu Rogan Josh

Rogan Josh dapat dibuat dengan mudah menggunakan Bumbu Rogan Josh Cairo Food. Ini adalah campuran rempah-rempah yang secara khusus dibuat untuk membumbui hidangan Khasmir tersebut. Dengan adanya, bumbu rogan josh, hidangan Anda akan menjadi sesuatu yang lezat dengan rasa yang kaya, aromatik, dan juga sedikit pedas.

Gyro

Hidangan domba yang satu ini mengacu pada makanan jalanan khas Yunani yang dibungkus dengan roti pita. Secara tradisional, gyro dimasak di atas rotisserie vertikal, dan menggunakan beragam jenis daging. Secara klasik, ini menggunakan daging domba atau daging sapi, atau perpaduan antara daging domba dan sapi, tetapi juga umum menggunakan daging ayam atau babi.

Makanan jalanan ini disukai di seluruhh dunia, yang mirip dengan doner kebab khas turki. Daging yang digunakan akan dibumbui dengan rempah-rempah Yunani seperti bawang putih, jintan, garam, dan oregano. rempah yang digunakan membuat daging tersebut menyatu dengan roti pita yang digunakan sebagai pembungkus bersama dengan kentang goreng, sayuran, lemon, dan tzatziki.

Bumbu Gyro

Di Cairo Food, terdapat bumbu yang bisa digunakan untuk membuat hidangan gyros, yang akan membuat hidangan menjadi lebih lezat dan terasa seperti masakan khas Mediterania. Bumbu Gyros Cairo Food juga tak hanya cocok untuk membuat hidangan gyros, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat kebab dan souvlaki. Sehingga, dalam satu jenis bumbu, Anda bisa menggunakannya pada berbagai hidangan.

Rotisserie

Rotisserie mengacu pada suatu teknik memasak, yaitu merupakan teknik yang digunakan untuk memanggang daging dengan menggunakan tiang atau batang panjang yang berputar dengan kecepatan konstan, sehingga akan membuat daging matang dengan suhu yang tepat dan merata di setiap bagiannya.

Anda bisa menggunakan teknik ini untuk beragam jenis daging utuh, seperti ayam, kalkun, atau potongan daging domba seperti kaki domba, dan domba utuh. Daging yang diputar dengan kecepatan konstan yang lambat dan lama memungkinkan lemak dalam daging meleleh perlahan. Saat daging berputar di atas rotisserie, daging terus diolesi dengan lemak leleh, yang mencegah daging mengering. Selain itu, karena metode memasak ini membuat daginnya cukup dekat dengan sumber panas, maka akan menciptakan kerak renyah di bagian permukaan.

Daging domba yang dimasak di atas rotisserie akan menempatkan daging langsung di atas sumber panas, yang memungkinkan daging matang dengan sempurna. Metode memasak ini juga bisa menggunakan potongan kecil daging domba atau potongan daging yang lebih besar, yang bisa disesuaikan pada ukuran alat tersebut.

Bumbu Rotisserie

Karena metode memasak dengan rotisserie adalah suatu teknik memanggang daging, maka penting untuk menggunakan bumbu yang tepat. Anda dapat menggunakan Bumbu Rotisserie Cairo Food yang akan memberikan rasa yang khas ketika daging dipanggang dengan metode rotisserie. Bumbu Rotisserie Cairo Food ini juga akan memberikan rasa yang lezat, gurih, pedas, dan juga aromatic seperti daging panggang khas rotisserie.

Bumbu rotisserie ini bisa digunakan dengan cara membalurkan bumbu pada permukaan daging yang dipanggang. dengan adanya Bumbu Rotisserie Cairo Food, rasa bumbu akan meresap hingga ke dalam daging, dan memberikan lapisan dengan rasa yang lezat ketika daging diputar dan dipanggang perlahan. Terlebih lagi, Bumbu Rotisserie Cairo Food juga bisa digunakan untuk setiap jenis daging panggang, seperti ayam panggang, daging panggang, hingga ikan panggang. Dengan begitu, Anda bisa membuat segala jenis hidangan daging hanya dengan satu jenis bumbu.

Nihari

Nihari berasal dari Bahasa Arab yaitu “Nahar” yang berarti “pagi” atau waktu di antara malam hari menjelang pagi saat matahari akan terbit (Fajr). Ini adalah hidangan nasional yang sangat populer di Pakistan dan juga dimakan di kalangan komunitas Muslim di India. Makanan ini dibuat khusus untuk dinikmati di waktu sebelum matahari terbit dan tepat setelah sholat subuh. Namun saat ini, nihari banyak dimakan saat musim dingin atau saat hujan.

Nihari adalah hidangan berupa potongan betis dari berbagai jenis daging termasuk daging domba, sapi, dan juga kambing. Selain potongan betis, nihari juga wajib menggunakan tulang, karena tulang merupakan kunci yang akan membuat rasa rebusan nihari menjadi lebih nikmat. Hidangan khas india ini biasanya dimasak semalaman di berbagai bejana atau kadang-kadang bahkan dikubur seluruhnya di bawah tanah yang dimasak sebagai Shab Deg (dimasak semalaman) yang menghasilkan potongan daging yang sangat empuk termasuk sumsum tulang yang beraroma. Proses pembuatan nihari akan memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 6 hingga 8 jam.

Rebusan daging ini menggunakan banyak bumbu yang membuatnya semakin nikmat, mulai dari bubuk garam masala (bumbu utuh), yoghurt tawar, pasta jahe, pasta bawang putih, garam, bubuk cabai merah, daun salam, kayu manis dan bubuk kunyit. Ini juga menggunakan tambahan lainnya seperti adas manis, kapulaga, garam hitam, dan pala. Agar tampilannya lebih menarik, nihari bisa dihias dengan bawang goreng, cabai hijau, daun ketumbar, serta irisan jahe.

Beragam rempah dan bumbu yang digunakan membuat nihari memiliki rasa yang begitu lezat, yang cenderung pedas dengan tekstur daging yang empuk. Rebusan daging ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh yang dimakan selagi hangat. Namun, beberapa orang seringkali menyantap nihari sebagai hidangan sarapan bersama roti khameeri oleh banyak orang di seluruh kota. Ini juga bisa dimakan untuk menu makan siang dengan phulka.

Bumbu Nihari

Nihari dimasak dengan waktu yang cukup lama. Agar lebih menghemat waktu, Anda bisa menggunakan Bumbu Nihari Cairo Food untuk memudahkan Anda dalam membuatnya. Bumbu Nihari Cairo Food terdiri dari campuran rempah-rempah yang dapat membumbui hidangan nihari khas India dan Pakistan. Bumbu ini akan menghasilkan kuah kental dengan cita rasa yang kaya, sedikit pedas, dan aroma yang harum.

Haneeth

Hidangan domba dan bumbunya yang satu ini dinamakan haneeth, yang merupakan hidangan tradisional Yaman dengan beras basmati sebagai bahan utamanya, potongan daging domba panggang, dan juga beragam rempah-rempah. Haneeth dalam bahasa Arab berarti “daging yang dimasak dengan rempah-rempah”. Meski berasal dari yaman, haneeth juga terkenal di beberapa negara Arab termasuk Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman, dan Qatar.

Kombinasi rempah yang digunakan bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi, tetapi beberapa orang menggunakan bawang putih, jalapenos, kaldu sapi, paprika, dan lain sebagainya. Hidangan khas Yaman ini akan dimasak lambat selama kurang lebih tiga jam. Haneeth biasanya disajikan untuk melengkapi berbagai macam masakan khas Timur Tengah, dan umum disajikan pada acara tertentu seperti pernikahan dan pertemuan sebagai hidangan utama.

Bumbu Haneeth

Masakan khas Yaman tersebut bisa dibuat dengan mudah karena adanya Bumbu Haneeth Cairo Food. Bumbu Haneeth ini terdiri dari campuran rempah-rempah berkualitas yang bisa digunakan langsung pada hidangan tersebut. Campuran bumbu dari Cairo Food ini digunakan dengan cara merendam daging di dalam bumbu sebelum dimasak hingga bumbu meresap sempurna.

Setelah itu, daging domba bisa dipanggang di dalam oven atau panggangan tradisional yang disebut juga dengan tandoor secara perlahan. Proses memanggang yang lambat dengan bumbu yang sudah terserap ke dalam daging akan menghasilkan daging yang lembut, beraroma, dan kaya akan rempah-rempah.

Kibbeh

Hidangan domba dan bumbunya ini merupakan sejenis camilan yang berbentuk menyerupai bola yang berasal dari Timur Tengah dan dianggap sebagai hidangan nasional Lebanon. Kibbeh merupakan bentuk kata Arab kubbah atau “bola”, yang terbuat dari kombinasi dari gandum bulgur, dengan daging domba atau sapi sebagai isinya. Selain daging domba dan sapi, ini juga bisa menggunakan daging sapi tanpa lemak, daging ikan, hingga daging unta cincang.

Kibbeh bisa dikonsumsi mentah, atau dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Meski secara tradisional ini terdiri dari daging, tetapi kibbeh juga bisa dibuat dalam versi vegetarian yang diisi dengan berbagai macam sayuran seperti kentang, labu, dan tomat. Hidangan nasional Lebanon ini menggunakan bumbu yang beragam, yang umumnya menggunakan bawang cincang dan Baharat atau Arabic seven spices.

Untuk kibbeh mentah, biasanya disebut dengan kibbeh nayyeh, yaitu camilan yang menggabungkan bulgur dan daging dengan rempah-rempah dan bawang bombay yang dihaluskan. Campuran tersebut akan dimasukkan ke dalam roti pipih tradisional. Terlepas dari apa pun jenisnya, kibbeh secara tradisional disajikan dengan daun mint dan disiram dengan minyak zaitun. Ini bisa dinikmati dengan hummus, khyar bi laban (salad yogurt-mentimun), roti pita, dan labneh (yogurt Yunani), menghasilkan rasa yang lezat, yang bisa disantap sebagai camilan saat bersantai, atau pada perayaan tertentu.

Bumbu Kibbeh

Anda dapat membuat kibbeh dengan bumbu yang sudah tersedia di Cairo Food, yang begitu praktis. Bumbu Kibbeh Cairo Food terbuat dari campuran rempah-rempah yang bisa ditambahkan langsung pada daging domba atau sapi dengan tambahan bulgur. Hanya dengan satu bumbu, Anda bisa membuat beragam jenis kibbeh yang ada, mulai dari kibbeh nayeh (kibbeh mentah), kibbeh maqloubah (kibbeh panggang terbalik), hingga kibbeh bi sanieh (kibbeh goreng).

Khoresh

Khoresh atau Khoresht adalah istilah umum Iran untuk hidangan rebusan dalam masakan Iran, masakan Afghanistan, masakan Tajik dan juga masakan Kurdi. Nama khoresh sendiri berasal dari kata kerja khordan “makan” dan secara harfiah bermakna “makan”, meski bisa digunakan dalam pengertian kuliner untuk menunjukkan makanan yang dimasak menjadi rebusan.

Hidangan domba dan bumbunya ini tampak seperti semur yang disajikan dengan polo (nasi). Ini bisa dibuat dengan berbagai jenis daging termasuk daging domba yang akan memberikan rasa lezat. Selain dengan daging, khoresh juga tersedia dalam versi vegetarian dengan menggunakan kacang polong, terong, dan tomat. Masakan Iran yang satu ini banyak menggunakan kunyit agar tercipta rasa masakan yang khas dan harum. Di Iran, terdapat banyak jenis khoresh yang terbuat dari bahan yang berbeda, dan yang paling populer dalam masakan Iran adalah gheimeh, ghormeh sabzi, dan fesenjan.

Bumbu Advieh Khoresh

Khoresh adalah hidangan dengan daging domba yang lezat yang bisa Anda santap kapan pun, dan akan lebih mudah jika dibuat dengan Bumbu Advieh Khoresh ala Cairo Food. Bumbu Advieh Khoresh Cairo food akan membuat sajian Anda terasa lebih nikmat dan menggugah selera. Ini juga berperan dalam memberikan rasa yang kaya rempah, serta aroma yang harum.

Bumbu advieh khoresh memiliki rasa yang khas, dengan memadukan rasa yang kompleks yaitu manis, pedas, dan harum. Anda bisa menggunakannya dengan menambahkan langsung ke dalam tumisan, atau disangrai sebelum digunakan. Keunggulan dari bumbu advieh khoresh ini adalah dapat membumbui hidangan lainnya termasuk gulai, kari, dan semur.

Seekh Kebab

Dari indonesia untuk dunia

Macam hidangan domba dan bumbunya yang terakhir disebut dengan seekh kebab. Ini adalah hidangan yang lezat yang terbuat dari daging cincang terutama daging domba. Untuk meningkatkan rasa, seekh kebab juga terkadang menambahkan lemak ekstra. Daging cincang akan diletakkan di atas tusuk sate dan dipanggang di atas bara panas, atau terkadang dimasak dalam oven tandoor.

Rempah dan bumbu yang digunakan termasuk bawang adalah bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai bubuk, garam masala, daun mint, jahe, ketumbar, jus lemon, yogurt, dan garam masala. Rempah yang digunakan untuk membuat seekh kebab dapat dimodifikasi sesuai dengan preferensi pribadi. Secara tradisional, seekh kabab disajikan panas dengan salad, bawang, kentang goreng, chutney, mint, raita, atau roti naan dan paratha di sampingnya. Hidangan ini dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai hidangan utama dalam menu masakan India dan Pakistan.

Bumbu Seekh Kebab

Jika Anda sangat menyukai jenis kebab yang satu ini, di Cairo Food menyediakan bumbu praktis untuk melengkapi hidangan favorit anda. Bumbu Seekh Kebab Cairo Food digunakan untuk memarinasi daging dan memberikan cita rasa khas pada Seekh Kebab. Ini akan menjadi bumbu praktis yang akan memudahkan Anda.

Rekomendasi hidangan domba dan bumbunya ini akan memudahkan Anda dalam mengolah daging domba ke dalam berbagai resep. Selain itu, dengan adanya bumbu khas Cairo Food, tentu akan membuat Anda tak kesulitan dalam membuatnya. Lebih dari itu, bumbu di atas juga dapat digunakan untuk lebih dari satu jenis hidangan. Kunjungi official website Cairo Food untuk melihat ratusan koleksi bumbu dan rempah yang tersedia. Selain daging domba, daging kambing juga bisa dibuat ke dalam berbagai resep. Cari tahu selengkapnya melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *