8 Hidangan Sapi dan Bumbunya

Daging sapi adalah jenis daging merah yang paling banyak dikonsumsi dan begitu terkenal di seluruh dunia. Rasanya yang lezat membuat daging sapi dapat diolah ke dalam resep apa pun. Sebagai pencinta daging sapi, Anda bisa mengolah daging sapi menjadi santapan yang begitu lezat. Cari tahu hidangan sapi dan bumbunya di sini. Karena artikel ini akan membantu Anda dalam membuat hidangan daging sapi dan bumbunya.

Rendang

Siapa yang tak mengenal rendang? Hidangan khas Minangkabau yang begitu populer hingga mancanegara, dan bahkan pada tahun 2011 silam, hidangan ini menjadi hidangan terlezat yang menduduki peringkat pertama pada survey yang dilakukan oleh CNN dalam daftar The World’s 50 Best Foods. Tak berhenti di situ, di tahun 2018, rendang juga ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

Ini adalah hidangan berbahan dasar potongan daging sapi yang dimasak dengan rempah dan santan. Rendang akan dimasak dengan santan dan rempah berupa bumbu yang telah dihaluskan seperti cabai (lado), bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, serai, dan sebagainya. Rendang melibatkan proses memasak yang cukup lama, yang biasanya selama empat jam.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Proses memasak yang lama dan dimasak dengan suhu rendah akan membuat daging menyerap santan dan rempah, dan hanya menyisakan potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Itulah sebabnya memasak rendang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena ia harus diaduk terus menerus, hingga santan terserap oleh daging dan menjadi kering.

Makanan khas Minangkabau ini telah ada sejak bertahun-tahun lamanya, dan menjadi tradisi yang disajikan dalam berbagai upacara adat atau perhelatan istimewa. Rendang memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan kaya akan rempah, yang dapat bertahan hingga berminggu-minggu dalam suhu ruangan. Rendang memiliki beragam variasi yang tak hanya berupa daging sapi saja, tetapi ada pula rendang ayam, rendang telur, rendang hati, rendang ikan, hingga rendang teri.

Rendang menjadi hidangan istimewa yang selalu ada di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini tak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di negara Asia Tenggara lainnya seperti Brunei, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Kenikmatan rendang akan semakin lengkap jika disajikan dengan nasi putih hangat.

Bumbu Rendang

Rendang pada dasarnya adalah makanan khas yang sarat akan rempah, dan itulah yang membuatnya sangat lezat. Menyiapkan rempah untuk membuat rendang akan cukup memakan waktu, untuk itu, Anda bisa menggunakan Bumbu Rendang Cairo Food agar lebih mudah dalam membuat rendang. Bumbu Rendang Cairo Food ini bisa digunakan untuk membumbui daging sebelum dimasak dengan santan kelapa.

Bumbu Rendang Cairo Food begitu praktis yang terdiri dari campuran rempah-rempah berkualitas tanpa MSG, tanpa pengawet, tanpa filler berbahaya, dan pastinya. Bumbu ini akan menghasilkan hidangan rendang Anda memiliki rasa yang kaya, sedikit pedas, dan juga sangat aromatik. Dengan demikian, Anda bisa membuat hidangan rendang kapan pun karena sudah tersedia Bumbu Rendang Cairo Food yang sangat praktis.

Empal Gentong

Hidangan sapi dan bumbunya selain rendang adalah empal gentong. Ini merupakan hidangan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat yang mirip dengan gulai. Konon, nama empal gentong sendiri berasal dari bahan baku dan alat memasaknya. “Empal” adalah bahan utama dari hidangan ini, yang terdiri dari daging sapi, usus, dan babat. Sementara “gentong” mengacu pada alat masak yaitu periuk yang terbuat dari tanah liat.

Empal gentong menggunakan kuah santan sama seperti rendang, sehingga hasil akhirnya menjadi hidangan berkuah dengan potongan daging sapi atau bagian sapi lainnya. Makanan khas Cirebon ini dimasak dengan periuk tanah liat, dan menggunakan kayu bakar dari pohon mangga, yang konon akan membuat aroma empal gentong menjadi lebih menggugah selera.

Sama seperti rendang, proses memasak empal gentong juga memakan waktu yang sangat lama, bahkan ini dimasak setidaknya lima jam. Proses memasak yang lama tersebut memungkinkan daging menjadi matang dan empuk, serta dengan bumbunya yang meresap sempurna agar menjadikan cita rasanya menjadi semakin lezat.

Meski saat ini empal gentong dibuat dengan daging sapi, namun awalnya justru terbuat dari daging kerbau, karena saat itu masyarakat Cirebon banyak menganut agama Hindu, dan daging sapi dianggap sakral oleh agama Hindu. Saat ini, empal gentong terdiri dari dua jenis, yaitu empal gentong kuah asam dan empal gentong kuah santan. Empal gentong kuah asam memiliki cita rasa yang segar, sementara empal gentong kuah santan cenderung lebih creamy, namun keduanya sama-sama menawarkan rasa yang lezat.

Empal gentong bisa disajikan dengan irisan daun kucai atau daun bawang, serta dengan taburan bawang goreng agar menjadi lebih lezat. Untuk menambahkan sensasi pedas, hidangan khas Cirebon ini bisa ditambahkan dengan cabai bubuk atau sambal bajak. Empal gentong bisa dijadikan lauk pendamping nasi putih hangat, atau cocok dimakan bersama ketupat atau lontong.

Bumbu Empal Gentong

Cairo Food menyediakan Bumbu Empal Gentong yang begitu praktis, yang diracik dari berbagai rempah-rempah untuk membuat empal gentong. Bumbu Empal Gentong Cairo Food akan menjadikan hidangan empal gentong Anda lebih kaya rasa, yang berasal dari rempah, serta memiliki aroma rempah yang khas.

Rawon

Rawon merupakan masakan khas yang berasal dari Ponorogo yang berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam. Hidangan khas Ponorogo ini menjadi sup terenak di dunia di antara Ramen Jepang dan hidangan sup lainnya dari negara-negara lainnya berdasarkan survey dari Taste Atlas pada 10 Best Rated Soups in the World.

Ciri khas hidangan ini adalah kuahnya yang berwarna hitam. Kuah rawon berwarna hitam tersebut dikarenakan rawon menggunakan bumbu khas yang disebut kluwek atau buah kepayang. Selain kluwek, rawon juga menggunakan berbagai rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, kemiri, kunyit, ketumbar, lengkuas (laos), dan minyak nabati.

Daging yang digunakan untuk membuat rawon adalah potongan kecil daging sapi, terutama bagian sanding lamur. Proses memasaknya melibatkan menghaluskan rempah dan bumbu, kemudian ditumis hingga harum. Kuah dari rawon menggunakan rebusan kaldu yang akan memperkaya rasa rawon. Hidangan sup hitam ini di luar negeri disebut dengan “black soup.”

Hidangan ini paling pas disantap dengan nasi putih hangat, dan dilengkapi dengan telur asin, tauge berekor pendek, irisan daun bawang, kerupuk udang, dan tak lupa dengan sambal. Di daerah Pasuruan, rawon dikonsumsi dengan mendol (perkedel tempe), dan disajikan dengan cara tradisional, yaitu di atas daun pisang

Bumbu Rawon

Hidangan khas Ponorogo, Jawa Timur ini dapat dengan mudah dibuat dengan adanya Bumbu Rawon dari Cairo Food. Bumbu Rawon Cairo Food ini dibuat dengan rempah pilihan dan berkualitas, yang pastinya aman digunakan karena tidak menggunakan MSG, pengawet, dan tanpa filler berbahaya, sehingga Anda bisa menggunakannya setiap kali akan membuat rawon. Bumbu Rawon Cairo Food akan menjadikan kuah rawon memiliki rasa yang gurih dan kaya akan rempah, serta dengan aroma rempah yang khas.

Sate Padang

Sate padang adalah merupakan varian sate yang berasal dari daerah Padang. Hidangan ini menggunakan irisan daging dan lidah sapi, atau bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti jeroan, jantung, tetelan, dan juga usus. Sate padang memiliki ciri khas yang unik, dengan tekstur yang kental dan umumnya berwarna merah, kecokelatan, atau kuning.

Kuah sate padang dibuat dengan campuran rempah yakni bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, sereh, dan menggunakan tepung beras agar menghasilkan kuah yang kental. Bumbu-bumbu tersebut dimasak dengan kaldu sapi, sehingga menghasilkan kuah yang gurih dan cenderung pedas. Kunyit dan sereh akan membuat aroma sate padang lebih menggugah selera.

Sate padang biasanya mengacu pada sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu sate padang, sate padang panjang dan sate pariaman. Ketiga varian sate tersebut dibedakan berdasarkan kuahnya tergantung dengan bumbu yang digunakan. Sate Padang Panjang memiliki kuah yang cenderung kuning karena kunyit yang dominan.

Sate Padang Pariaman menggunakan cabai yang banyak, sehingga warna kuahnya cenderung merah. Sedangkan sate Padang Kota memiliki warna kuah yang berwarna kecokelatan karena merupakan peralihan antara kedua daerah tersebut. Meski demikian, sate padang merupakan sajian lezat yang biasanya dimakan dengan potongan ketupat, dan disajikan dengan taburan bawang goreng.

Bumbu Sate Padang

Untuk membuat sate padang yang lezat, Anda bisa menggunakan Bumbu Sate Padang Cairo Food yang terbuat dari campuran rempah-rempah yang bisa digunakan langsung untuk membuat sate padang. Bumbu Sate Padang ini bisa digunakan untuk membumbui daging sebelum sate dibakar. Hasilnya, sate padang akan terasa begitu lezat, serta dengan sentuhan pedas dan gurih.

Steak

Hidangan sapi dan bumbunya yang satu ini sangatlah populer di seluruh dunia, dan juga sangat terkenal di Indonesia. Steak adalah jenis makanan yang umumnya menggunakan daging merah, terutama daging sapi segar. Namun, beberapa steak juga menggunakan daging putih seperti ayam atau ikan, dan bahkan di Indonesia juga cukup populer membuat steak dengan menggunakan tempe.

Steak menggunakan potongan daging yang diiris tegak lurus dengan serat otot, menghasilkan potongan daging yang empuk dan berair yang dapat dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api. Potongan steak paling populer antara lain ribeye, sirloin, dan lainnya, yang berasal dari daging sapi. Namun, steak ham, tuna, dan salmon juga merupakan hidangan yang populer.

Bumbu Steak

Untuk membuat steak, Anda bisa menggunakan Bumbu Ultimate Steak Rub Cairo Food. Bumbu ini sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai hidangan steak, seperti steak daging sapi, steak ayam, dan steak ikan. Hasil akhirnya adalah rasa steak yang lezat seperti steak ala restoran. Anda bisa melengkapi sajian steak Anda dengan saus barbeque, dan dihidangkan dengan sayuran atau kentang goreng.

Daging Sapi Panggang

Daging sapi adalah daging yang bisa disantap dengan banyak metode memasak, salah satunya adalah dipanggang. Daging panggang adalah daging yang dipanggang dengan bara atau oven, yang membuat seluruh permukaan daging memiliki tingkat kematangan yang menyeluruh. Proses pemanggangan daging tersebut akan menciptakan permukaan luar daging yang kasar dan garing, dan dengan bagian dalam yang lembut dan juicy.

Hidangan daging sapi panggang memiliki rasa gurih yang khas, terutama jika sebelum dipanggang, daging dimarinasi dengan bumbu tertentu. Daging sapi panggang ini bisa disantap kapan pun, dan dijadikan sebagai menu utama dari suatu hidangan, atau dijadikan sebagai isian dari sandwich dengan tambahan selada, tomat, keju, dan berbagai macam saus.

Bumbu Daging Sapi Panggang

Cairo Food menyediakan bumbu untuk setiap hidangan sapi, misalnya daging sapi panggang. Hidangan sapi panggang dapat dibumbui dengan Bumbu Coffee Rub Spice Mix yang terdiri dari rempah-rempah khas yang dibuat khusus untuk daging panggang. Bumbu Coffee Rub Spice Mix Cairo Food bisa digunakan untuk memarinasi daging, dan balurkan bumbu ini ke seluruh permukaan daging sebelum dipanggang. Biarkan sejenak agar bumbu meresap sempurna.

Bumbu Coffee Rub Spice Mix akan memberikan profil rasa yang menarik dan sangat menggugah selera. Dengan sentuhan rasa gurih, pedas, manis, dan dengan aroma kopi yang khas akan membuat hidangan daging sapi panggang Anda menjadi lebih istimewa. Bumbu ini memiliki keunggulan lainnya yang tak hanya cocok untuk hidangan sapi panggang, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat steak, atau daging panggang lainnya seperti ayam atau ikan panggang.

Burrito

Burrito adalah salah satu hidangan Tex-Mex yang merupakan perpaduan hidangan dari masakan Texas dan Meksiko. Burrito merupakan hidangan yang tampak seperti sandwich dengan isian yang begitu sederhana namun tetap lezat. Biasanya, burrito menggunakan berbagai macam daging, seperti daging sapi atau daging ayam.

Di sisi lain, hidangan burrito yang sedikit lebih rumit menyertakan bahan lainnya, seperti kacang, keju, kacang pinto atau kacang hitam, sayuran seperti selada, dan bahkan saus seperti saus salsa, guacamole, dan krim asam. Isian hidangan burrito bisa sangat bervariasi, namun pada dasarnya, hidangan ini selalu dibungkus dengan tortilla yang berbentuk silinder.

Ini merupakan hidangan yang sangat popular di Amerika Serikat, terutama karena hidangan ini adalah bagian dari hidangan Tex-Mex. Burrito paling terkenal di wilayah Amerika Serikat dan Meksiko Utara, sementara bagian Meksiko lainnya seperti Meksiko Selatan, burrito hanya dapat ditemukan di daerah turis karena targetnya adalah orang Amerika yang sangat menyukai burrito.

Bumbu Burrito

Bumbu Tex Mex Cairo Food adalah bumbu serbaguna yang terbuat dari campuran rempah-rempah dan bahan-bahan yang digunakan dalam masakan Tex-Mex. Anda bisa membuat hidangan burrito dengan menggunakan Bumbu Tex Mex dari Cairo Food, karena ini secara eksklusif diperuntukkan bagi hidangan Tex-Mex, seperti burrito, enchilada, fajita, taco, atau hidangan lainnya yang muncul sebagai hidangan Tex-Mex.

Secara keseluruhan, Bumbu Tex Mex Cairo Food juga bisa membumbui hiangan daging, ikan, ayam, sayuran, atau bahan lainnya. Dengan bumbu ini, setiap hidangan yang Anda buat memiliki rasa yang kaya, pedas, sedikit sentuhan manis, dan terasa seperti masakan Tex-Mex yang lezat.

Hamburger

Selain burrito yang menyerupai sandwich, terdapat pula hidangan hamburger yang umumnya terbuat dari daging giling, terutama daging sapi. Hamburger merupakan hidangan yang sangat mendunia, dan bahkan sangat dikenal di Indonesia. Dalam pengertian yang paling umum, hamburger ini memiliki dua komponen, yaitu patty daging sapi yang dimasak dan roti.

Sebagian besar daging biasanya dipanggang atau dimasak dalam wajan panas, menciptakan rasa daging yang berasap dan juga juicy. Hidangan dengan daging sapi ini hampir selalu dibuat dari daging giling empuk, dan dibentuk menjadi bundar karena menyesuaikan roti hamburger. Roti hamburger biasanya terdapat biji wijen agar lebih menarik.

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Sajian khas ini tak hanya berupa daging dan roti, tetapi juga disertai dengan berbagai bahan seperti irisan tomat, bawang bombay, acar, atau selada, dan berbagai saus seperti mayones, saus tomat, atau salsa. Ini juga bisa disajikan dengan lembaran keju, yang umumnya disebut dengan cheese burger. Hamburger memiliki banyak jenisnya di seluruh dunia, dan biasanya dijual di restoran cepat saji.

Bumbu Hamburger

Anda bisa membuat sajian hamburger dengan cita rasa khas, yaitu dengan menggunakan Bumbu Hamburger dari Cairo Food. Bumbu ini terbuat dari campuran rempah-rempah yang akan menciptakan rasa yang begitu khas, gurih, pedas, dan aromatik pada daging hamburger. Bumbu Hamburger ini dapat digunakan ke dalam daging cincang sebelum dibentuk menjadi patty hamburger.

Bumbu Hamburger Cairo Food akan meresap sempurna ke dalam daging, dan memberikan rasa yang begitu khas. Selain itu, Bumbu Hamburger ini juga tak hanya bisa digunakan untuk hidangan hamburger saja, tetapi juga hidangan cepat saji lainnya termasuk hotdog dan sandwich atau roti isi. Keunggulan lainnya yang diperoleh dari Bumbu Hamburger Cairo Food adalah bumbu ini begitu praktis dan mudah digunakan.

Daging sapi begitu istimewa, dan dapat diolah ke dalam berbagai resep. Di Indonesia sendiri, daging sapi banyak ditemukan dalam resep yang berbeda di setiap daerah, mulai dari hidangan berkuah, sate, hingga daging rendang. Ini membuktikan bahwa daging sapi juga sangat populer dengan rasanya yang lezat. Cari tahu hidangan daging lainnya seperti hidangan kambing dan bumbunya dengan klik tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *