8 Macam Hidangan Kambing dan Bumbunya

Terdapat begitu banyak hidangan kambing di seluruh dunia, sebab daging kambing merupakan salah satu daging yang banyak diminati. Daging kambing bisa diolah menjadi ragam masakan, mulai dari makanan berkuah, hidangan nasi, sup, hingga sejenis sate. Daging kambing juga menawarkan rasa yang lezat, dan apabila diolah dengan benar, maka dapat menciptakan sajian dengan rasa yang luar biasa.

Olahan dengan daging kambing begitu beragam, dan bagi para pencinta daging kambing, Anda tak perlu bingung untuk mengolah daging kambing, karena disini adalah daftar hidangan daging kambing dan bumbunya yang bisa dimasak setiap hari agar menciptakan sajian lezat untuk disantap bersama keluarga.

Nasi Kabsah

Nasi kabsah adalah nama untuk hidangan nasi khas Timur Tengah, terutama Arab Saudi, berupa nasi dan daging (bisa dibuat dari daging kambing), atau yang juga dikenal dengan istilah makbus. Kabsah berasal dari bahasa Arab, yaitu “kabsa” yang secara harfiah berarti “tekan”. Ini mengacu pada sebuah teknik memasak, yaitu semua bahan dimasak atau ditekan dalam satu panci.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Nasi kabsah biasanya menggunakan beras bulir panjang khususnya beras basmati, dan dimasak dengan rempah dan bumbu seperti daun salam, kapulaga, kayu manis, saffron, pala, dan lainnya. Rempah-rempah tersebut membuat nasi kabsah memiliki rasa yang kaya akan rempah, tetapi ada pula sentuhan cabai dan tomat, sehingga rasanya asam dan gurih, namun tidak pedas.

Hidangan khas Arab Saudi ini seringkali disajikan dengan saus berbumbu, dan bisa juga ditambahkan sayuran sebagai hiasan. Nasi ini dianggap sebagai hidangan nasional, dan populer di negara-negara Arab seperti Saudi Arabia, Bahrain, Kuwait, Qatar, Oman, Uni Emirat Arab, Yaman, dan bahkan Indonesia. Nasi kabsah cukup terkenal di Indonesia karena dibawa oleh bangsa Arab yang menetap di Indonesia.

Bumbu Nasi Kabsah

Bumbu Nasi Kabsah bisa ditemukan dengan mudah di Cairo Food, yang terdiri dari campuran rempah-rempah yang tepat digunakan untuk membuat kabsah. Anda bisa membuat nasi kabsah dengan daging kambing, tetapi bisa juga dengan daging ayam atau domba. Terlepas dari apa pun jenis daging yang digunakan, bumbu kabsah Cairo Food bisa membumbui hidangan khas Arab Saudi tersebut dengan optimal.

Biryani Hyderabadi

Nasi biryani adalah hidangan nasi yang sangat populer di India, yang biasanya terdiri dari hidangan nasi dan daging, lalu dimasak dengan beragam bumbu. Biryani sangat umum disajikan dengan chutney dahi dan mirchi ka salan. Biryani juga seringkali disajikan dengan ragam jenis sayuran termasuk bawang, wortel, mentimun, dan irisan lemon.

Di antara popularitas biryani, terdapat satu jenis biryani yang menggunakan daging kambing, yaitu Hyderabadi biryani atau dikenal sebagai Hyderabadi dum biryani. Ini adalah jenis biryani yang berasal dari Hyderabad, India, dengan menggabungkan unsur masakan Hyderabad dan Mughlai. Jenis biryani ini menjadi hidangan utama dalam masakan Hyderabad, dan begitu populer sehingga biryani hyderabadi begitu identik dengan kota Hyderabad.

Biryani hyderabadi merupakan hidangan nasi terutama menggunakan beras basmati, dan juga daging khususnya daging kambing. Hidangan khas kota Hyderabad ini dianggap istimewa karena cara memasaknya yang unik. Proses pembuatan biryani hyderabadi adalah dengan memasaknya perlahan-lahan di atas Dum. Ini juga dimasak dengan rempah-rempah yang terdiri dari cengkeh, kapulaga, dan sebagainya.

Proses merendam daging atau sayuran dalam yogurt dan rempah-rempah juga menjadikan biryani hyderabadi begitu unik. Biryani hyderabadi yang lezat adalah memastikan rempah-rempah meresap sempurna ke dalam nasi agar rasa dan aromanya lebih nikmat. Selain cara memasaknya yang unik, biryani hyderabadi juga memiliki aroma rempah yang khas, yang merupakan aroma dominan dari masakan khas India Selatan. Untuk alasan tersebut, tak heran jika biryani hyderabadi digemari dan dianggap identik dengan kota Hyderabad.

Bumbu Biryani Hyderabadi

Biryani hyderabadi bisa dibuat dengan mudah dengan menggunakan bumbu yang tersedia di Cairo Food. Bumbu Biryani Hyderabadi mengandung rempah asli untuk memperkuat cita rasa, termasuk bawang putih, biji kelabat, beras putih, biji pala, biji ketumbar, cabai merah, cengkeh, cumin, daun mint, daun laurel, kapulaga putih, kapulaga hijau, kunyit, kayu manis, jahe putih, dan lada hitam.

Dengan komposisi bumbu yang begitu lengkap, Anda bisa membuat sajian biryani hyderabadi sendiri di rumah. Terlebih lagi, bumbu yang terdapat di Cairo Food sangat praktis, tanpa pengawet, tanpa MSG, dan pastinya halal, sehingga Anda tak perlu khawatir saat menggunakannya. Sajikan biryani hyderabadi dengan daging pilihan Anda, atau sajikan ala vegetarian dengan ragam jenis sayuran seperti kacang polong, kacang mete, kembang kol, kentang, dan wortel yang diklaim dapat terasa seperti daging.

Nasi Mandi

Nasi mandi adalah sajian yang berasal dari Hadhramaut, Yaman, yang berupa hidangan berbahan dasar nasi dan daging. Ini banyak dikonsumsi di beberapa daerah di Jazirah Arab, yang sangat populer, bahkan nasi mandi juga dianggap sebagai makanan pokok di beberapa tempat di Jazirah Arab. Beras yang digunakan pada nasi mandi adalah beras basmati, dan bisa dibuat dengan daging kambing.

Hidangan kambing khas Yaman ini dimasak dengan campuran bumbu lezat, yang terdiri dari beberapa rempah pokok seperti cengkeh, jahe bubuk, kunyit bubuk, garam, jintan, kapulaga, ketumbar, kayu manis, lada hitam, dan lada chipotle bubuk. Meski secara umum tidak ada aturan umum terkait penggunaan bumbu, namun bumbu tersebut sangat penting untuk membuat nasi mandi khas Yaman.

Secara umum, nasi mandi bisa dibuat dengan beberapa jenis daging, seperti daging kambing, domba, ayam, dan bahkan unta. Selain itu, nasi mandi juga bisa dibuat dengan campuran bumbu lainnya selain bumbu pokok. Dengan demikian, nasi mandi memiliki rasa yang bervariasi tergantung resep yang digunakan. Namun, secara umum, nasi Mandi adalah kombinasi rasa asin, pedas, dan tajam, dengan dagingnya memberikan rasa yang lezat.

Bumbu Nasi Mandi

Untuk membuat nasi mandi, Anda tak perlu repot menyiapkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan, karena Cairo Food memiliki solusinya, yaitu dengan menggunakan Bumbu Nasi Mandi Cairo Food. Ini adalah campuran rempah-rempah untuk membuat nasi mandi khas Yaman. Dengan menggunakan Bumbu Mandi Cairo Food, Anda bisa membuat nasi mandi kapan pun Anda inginkan. Sajikan nasi mandi dengan hummus, salad, dan saus yogurt sebagai pelengkap.

Tongseng

Hidangan daging kambing dan bumbunya yang satu ini adalah makanan khas daerah Klaten, Magelang, Solo, dan Yogyakarta yang mirip dengan gulai. Masakan khas Jawa ini sarat dengan bumbu dan rempah yang eksotis, sehingga menambah cita rasa masakan tersebut. Ini merupakan hidangan kambing yang dimasak dengan kecap manis, santan, kol, dan tomat.

Tongseng seringkali terlihat mirip dengan gulai, namun kuah tongseng cenderung berwarna gelap karena sentuhan kecap manis. Warung makan yang menjual tongseng biasanya juga menjual sate kambing, jadi saat membuat tongseng, daging dari sate kambing dilepaskan untuk ditambahkan ke dalamnya. Meski ini adalah hidangan dengan daging kambing, tetapi daging kambing bisa digantikan dengan daging sapi atau bahkan ayam untuk alternatif. Tongseng tak hanya terdiri dari daging kambing saja, tetapi juga kerap kali terdapat jeroan dan tulang agar menciptakan rasa yang lebih kaya.

Secara tradisional, tongseng dimasak di atas tungku arang yang memberikan cita rasa berasap yang khas. Keistimewaan ini diyakini terinspirasi oleh masakan Arab dan India, dan umumnya dikaitkan dengan Surakarta, terutama dengan Solo. Tongseng telah menjadi makanan populer yang dijual di seluruh pulau Jawa, mulai dari warung, rumah makan pinggir jalan, hingga restoran mewah.

Bumbu Tongseng

Tongseng bisa dibuat dengan mudah karena adanya Bumbu Tongseng Cairo Food. Ini menyediakan rempah-rempah yang dibutuhkan dalam pembuatan tongseng. Bumbu Tongseng Cairo Food ini juga akan menjadikan kuah tongseng menjadi lebih kental dan gurih. Jadi, gunakan bumbu tersebut kapan pun Anda ingin membuat tongseng.

Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng kambing adalah salah satu varian nasi goreng yang sangat terkenal. Ini adalah varian nasi goreng yang dibuat dengan menggoreng nasi terutama nasi sisa dengan margarin, mentega, atau minyak goreng. Nasi goreng biasanya menggunakan tambahan bumbu untuk melengkapinya. Yang paling umum adalah bawang merah bawang putih, bubuk terasi (pasta udang), cabai rawit, daun bawang, pasta jahe, kecap manis, gula, kunyit, dan pala. Ini juga umum menggunakan bahan lain sebagai penyedap rasa seperti kaldu bubuk, lada hitam, dan bahkan saus ikan.

Nasi goreng kambing biasanya disajikan dengan daging kambing sebagai pelengkap. Ini juga biasanya disajikan dengan cara yang serupa dengan nasi goreng biasa, yaitu dengan taburan bawang goreng, kerupuk, acar, dan juga irisan tomat. Ini menjadikan nasi goreng kambing begitu istimewa dan digemari masyarakat.

Bumbu Nasi Goreng Kambing

Pada dasarnya, nasi goreng kambing adalah sajian istimewa yang tak boleh dilewatkan. Untuk membuatnya, terdapat Bumbu Nasi Goreng Kambing dari Cairo Food yang akan memudahkan Anda dalam membuat hidangan favorit ini. Bumbu Nasi Goreng Kambing ini terdiri dari campuran rempah-rempah asli dan berkualitas, yang akan memberikan cita rasa khas dan aroma yang menggugah selera pada nasi goreng kambing.

Shish Kebab Kambing

Shish adalah jenis kebab paling terkenal yang terdiri dari potongan daging ditusuk sate yang dipanggang di atas api. Ini adalah hidangan khas Timur Tengah, yang bisa disajikan dengan nasi putih, salad, dan saus tahini. Dalam bahasa Indonesia, shish kebab memiliki makna yaitu “sate”, dan ini memang tampak seperti sate, hanya saja biasanya shish kebab mengkombinasikan antara daging dan sayuran dalam satu tusuk sate, meski ada pula shish kebab dengan daging dan sayuran yang terpisah.

Shish kebab biasanya dibuat dengan membumbui daging dengan rempah dan berbagai bumbu lainnya, seperti allspice, kayu manis, jus lemon, minyak zaitun, susu, dan yogurt. Daging pada shish kebab dimasak dengan cara dipanggang. Ini populer di beberapa negara, misalnya di Turki. Shish kebab asli Turki umumnya dibuat dengan daging dan sayuran yang terpisah. Kombinasi antara daging dan sayuran pada shish kebab memang menjadi penemuan modern agar shish kebab terlihat lebih menarik secara visual bagi pelanggan.

Bumbu Shish Kebab Kambing

Cairo Food menyediakan Bumbu Shish Kebab yang terdiri dari campuran rempah-rempah untuk memarinasi daging sekaligus memberikan cita rasa yang lebih lezat pada shish kebab. Ini menjadi bumbu yang praktis karena Anda hanya perlu menggunakan satu bumbu kemasan yang terbuat dari campuran rempah-rempah. Bumbu Shish Kebab ini akan memberikan cita rasa khas ala makanan Timur Tengah.

Uyghur

Uyghur mengacu pada makanan orang Uyghur, terutama di wilayah otonom Xinjiang, juga biasa disebut sebagai Uyghuristan atau Turkistan Timur. Makanan khas mereka mendapat pengaruh dari berbagai budaya, termasuk Asia Tengah, Tiongkok, dan Turki. Biasanya, orang Uyghur menyantap makanan dengan daging seperti daging kambing atau sapi, serta hidangan nasi atau kebab.

Alih-alih menyantap makanan dengan peralatan makan seperti sendok, sumpit, atau garpu, orang Uyghur seringkali menyantap hidangan secara tradisional, yaitu dengan tangan kosong. Selain itu, makanan Uyghur biasanya halal, karena memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam. Masakan khas mereka seringkali menggunakan bumbu khas seperti biji jintan, garam, lada hitam, dan paprika bubuk.

Bumbu Uyghur

Di Cairo Food, Anda bisa membuat makanan tradisional Uyghur kapan pun, karena bumbu Uyghur Cairo Food menggunakan rempah-rempah asli dan berkualitas agar masakan yang dibuat menjadi lebih lezat. Gunakan bumbu Uyghur Cairo Food terutama untuk sate domba atau kambing. Bumbu ini akan menambahkan cita rasa khas dengan sentuhan pedas, hangat, dan aromatik.

Nihari

Hidangan kambing dan bumbunya yang terakhir adalah kuliner khas Pakistan dan India. Kata ‘Nihari’ berasal dari kata Arab “Nahar” yang berarti “pagi”, yang mengacu pada hidangan yang awalnya hanya dikonsumsi oleh Nawab di Kekaisaran Mughal, dan dikonsumsi sebagai bagian dari sarapan setelah sholat subuh. Seiring waktu, nihari banyak digemari oleh masyarakat dan tentara Mughal, dan disantap karena khasiatnya dalam menambah stamina, serta untuk melewati musim dingin di Delhi.

Secara tradisional, nihari adalah kuliner yang mengandalkan potongan betis, dan biasanya menggunakan berbagai macam daging, termasuk daging kambing, sapi, dan domba. Terlepas dari daging apa pun yang digunakan, nihari harus menggunakan tulang agar menciptakan rasa rebusan yang lezat. Sebaliknya, jika dibuat tanpa tulang, maka nihari tidak menjadi santapan yang istimewa.

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Proses pembuatan nihari memakan waktu yang cukup lama, yaitu selama 6 hingga 8 jam di dalam pot besar. Dulunya, ini diperuntukkan bagi pekerja yang terlibat dalam pembangunan benteng dan istana Mughal, dan dibagikan secara gratis. Kemudian, sisa nihari seringkali ditambahkan ke pot besar untuk hari berikutnya.

Nihari adalah salah satu hidangan yang benar-benar lezat dengan ciri khas bumbu yang kuat, dan dipadukan dengan daging yang empuk. Ini akan dihias dengan jahe dan ketumbar. Secara umum, nihari disajikan dengan roti khameeri. Pada dasarnya, nihari menjadi sajian yang banyak disukai semua orang karena rasanya yang lezat.

Bumbu Nihari

Anda bisa menyantap nihari kapan pun Anda mau, sebab Cairo Food menyediakan bumbu Nihari yang begitu praktis untuk Anda gunakan. Bumbu Nihari Cairo Food terdiri dari campuran rempah-rempah yang akan membuat hidangan nihari Anda lebih kaya rasa, beraroma, dan sedikit sentuhan pedas. Dengan begitu, Anda tak perlu bingung untuk mengolah daging kambing Anda di rumah.

Daging kambing memang menjadi santapan favorit banyak orang yang dapat diolah menjadi sejumlah resep. Daftar hidangan kambing dan bumbunya di atas dapat menjadi inspirasi untuk mengolah daging kambing kapan pun. Selain itu, bumbu untuk hidangan kambing dari Cairo Food akan menjadikan masakan Anda lebih istimewa dan lebih berwarna. Dengan banyaknya olahan daging kambing, tak heran jika daging ini disukai di seluruh dunia. Selain bumbu, dapatkan pula berbagai resep tersebut dengan mengunjungi official website Cairo Food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *