11 Rempah untuk Membangkitkan Libido

Penurunan libido atau gairah seks akan mempengaruhi kehidupan seksual seseorang, dan ini adalah hal yang umum terjadi. Beberapa faktor yang menyebabkan penurunan libido adalah terkait masalah psikologis, seperti stress, kelelahan, atau perubahan hormon. Namun, ini bisa diatasi dengan mengonsumsi rempah untuk membangkitkan libido. Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Cengkeh

Rempah untuk membangkitkan libido yang pertama adalah cengkeh, yang merupakan rempah asli Indonesia. Cengkeh adalah tanaman yang dijadikan bumbu masakan sekaligus pengobatan yang berasal dari pohon Myrtaceae. Ini secara historis telah digunakan di beberapa negara termasuk Cina, Eropa, dan India, dan seringkali hadir sebagai salah satu komponen dari campuran bumbu seperti garam masala.

Cengkeh memiliki rasa yang sedikit manis dan menghangatkan, serta memiliki berbagai manfaat mulai dari meningkatkan energi, mengatasi stress dan kecemasan, hingga meningkatkan aliran darah dan suhu tubuh. Ini juga menjadi salah satu bahan dari pasta gigi yang dapat melawan kuman karena sifat antibakterinya.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Pada pria, cengkeh mampu meningkatkan kadar testosteron yang penting untuk gairah seks pria dan wanita. Rempah dari kuncup bunga kering ini juga membantu meningkatkan rangsangan saraf yang menghasilkan gairah, dan meningkatkan kinerja seksual. Manfaat cengkeh jauh lebih luas, yang dapat menjadi antiseptik dan anestesi ringan karena adanya kandungan eugenol.

Ginseng Merah Korea

Ginseng merah Korea, juga sering disebut sebagai ginseng Asia, ginseng panax, atau ginseng Cina, merupakan ramuan kuno yang telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu khasiatnya yang paling terkenal dan diteliti adalah ginseng ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena ginseng merah Korea memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Meski demikian, ginseng merah Korea juga banyak digunakan untuk membangkitkan gairah seks baik pada pria maupun wanita.

Bahan aktif utama Ginseng Korea adalah Ginsenosides yang membantu meningkatkan aliran darah. Oleh karena itu, meningkatkan fungsi ereksi dan ejakulasi dini. Ini juga menjadi obat herbal untuk mengatasi stress dan depresi, yang merupakan penyebab utama dari disfungsi ereksi. Selain itu, ekstrak ginseng merah Korea dapat membantu meningkatkan gairah seksual pada pria serta meningkatkan fungsi seksual pada wanita menopause.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu tanaman yang digunakan dalam praktik pengobatan Ayurveda dan digunakan sebagai bumbu masakan. Ini berasal dari genus Allium, yang digunakan pada sejumlah hidangan di seluruh dunia. Bawang putih dikenal dengan aroma dan rasanya yang kuat, yang dapat menjadi penyebab bau mulut jika dimakan langsung, tetapi saat ditambahkan ke dalam masakan, bawang putih meningkatkan rasa masakan dengan sempurna.

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang tinggi, yang merupakan senyawa yang paling banyak berkontribusi terhadap gangguan kesehatan, termasuk dalam membangkitkan libido. Bawang putih akan membantu meningkatkan aliran darah ke organ seksual, yang akan menjadikannya obat alami yang meningkatkan kinerja seksual.

Selain untuk membangkitkan libido, bawang putih juga sangat berguna bagi pria karena kemampuannya dalam meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan produksi sperma. Ini juga meningkatkan sirkulasi dan menghangatkan tubuh yang dapat membantu menciptakan ereksi yang lebih kuat. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi bawang putih dalam jumlah besar agar tidak mengakibatkan masalah kesehatan.

Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman dari keluarga kacang polong (Fabaceae) dari Mediterania. Fenugreek banyak digunakan dalam masakan Afrika Utara, India, dan Timur Tengah karena rasanya yang lezat. Chutney adalah salah satu saus yang menggunakan fenugreek. Biji fenugreek menawarkan rasa yang hangat dan menggugah selera, maka tak heran jika fenugreek digunakan secara luas.

Selain potensinya dalam kuliner, fenugreek juga memiliki khasiat pengobatan, misalnya dengan membangkitkan libido. Sebuah penelitian dalam Phytotherapy Research bahwa ekstrak biji fenugreek dapat meningkatkan hasrat dan gairah seksual. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa fenugreek mampu meningkatkan aliran darah pada wanita.

Fenugreek juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, dan telah digunakan oleh wanita selama beberapa dekade karena kemampuannya dalam meningkatkan produksi ASI. Biji fenugreek diyakini dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular yang penting untuk kesehatan seksual pria, dan senyawa “saponin” yang ada di dalamnya memicu hormon seks pria termasuk testosteron untuk meningkatkan performa. Karena ia dapat meningkatkan kesehatan jantung, maka fenugreek menjadi rempah yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Adas

Adas merupakan rempah untuk membangkitkan libido lainnya yang memiliki rasa seperti licorice. Sebagai salah satu bumbu masakan, adas paling cocok dipadukan dengan makanan laut, dan olahan daging. Tak hanya itu, adas juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti mineral, serat, dan juga vitamin.

Orang Mesir kuno menggunakan adas untuk meningkatkan libido wanita, dan ini adalah rempah yang memiliki efek estrogenik. Efek tersebut juga membuatnya mampu meredakan kram menstruasi. Pada wanita, adas juga berpotensi dalam meningkatkan produksi laktasi. Adas merupakan rempah yang berguna untuk meningkatkan kepuasan seksual bagi wanita pascamenopause dan mengurangi gejala menopause pada wanita. Adas juga mengurangi gejala andropause pada pria, sehingga menjadi rempah yang memiliki khasiat yang sama pada pria dan wanita.

Saffron

Saffron dikenal sebagai rempah termahal di dunia karena proses panennya yang sulit. Ini memiliki tekstur yang begitu halus dan lembut, yang hadir pada masakan India, Iran, dan Maroko. Saffron berasal dari bunga crocus sativus, yang dijual sebagai benang merah dan bubuk. Karena harganya yang mahal, saffron diberi julukan “emas merah”.

Meskipun saffron sangat mahal, tetapi sedikit saffron bisa bermanfaat. Ini dikenal sebagai rempah tradisional yang dapat membangkitkan libido. Saffron mengandung senyawa yang disebut crocin, yang berpotensi dalam memberikan efek afrodisiak. Bahkan, saffron juga efektif digunakan sebagai obat untuk mengatasi impotensi pada pria.

“Emas merah” ini jelas dapat meningkatkan gairah seks dan fungsi seksual. Bagi wanita, saffron membantu dengan pelumasan vagina dan dapat bertindak untuk mengurangi gejala menstruasi. Manfaat saffron ini juga didukung oleh kandungan antioksidan dan mengandung sejumlah mineral seperti kalium, magnesium, seng, dan selenium, yang berperan dalam meningkatkan suasana hati serta meningkatkan hasrat seksual.

Kapulaga

Kapulaga merupakan rempah yang berasal dari keluarga Zingiberaceae, dan menjadi tanaman asli Asia Selatan dan Indonesia. Rempah ini memiliki kegunaan yang luas, yang kegunaan kulinernya paling sering ditemukan pada chai masala. Ini juga berkhasiat bagi kesehatan, dan banyak hadir dalam bentuk jamu di Indonesia.

Kapulaga hadir sebagai salah satu rempah dalam pengobatan Ayurveda. Salah satu manfaatnya adalah untuk membangkitkan libido. Hal ini dikarenakan kapulaga mengandung cineol tingkat tinggi, yang meningkatkan aliran darah ke daerah seksual pria dan wanita, dan membantu dalam ereksi bagi pria. Selain itu, kapulaga berpotensi dalam meningkatkan stamina, dan menghilangkan rasa lelah. Kapulaga juga mampu mengatasi stress, dan bahkan memiliki sifat detoksifikasi yang bermanfaat dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

Kayu Manis

Kulit kayu manis adalah bumbu penghangat yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai afrodisiak. Ini adalah vasodilator dan tonik yang (energi pria) yang telah dikenal untuk mempercantik kulit dan meningkatkan kesehatan kulit untuk penggunaan jangka panjang. Kulit kayu manis telah digunakan untuk mengobati dismenore, disfungsi ereksi, kelelahan, menstruasi tidak teratur, sakit pinggang dan sirkulasi yang buruk.

Untuk orang yang berurusan dengan salah satu masalah yang disebutkan di atas, kulit kayu manis adalah tambahan yang bagus untuk lemari bumbu Anda. Tambahkan campuran cokelat panas dan teh, makanan penutup, dan makanan sarapan seperti pancake atau roti panggang Prancis untuk memulai hari Anda dengan seimbang.

Pala

Pala adalah rempah asli Indonesia yang ditemukan di Maluku, tepatnya di Banda Neira. Pala merupakan rempah penting dalam sejumlah masakan, yang dapat meningkatkan rasa lezat pada hidangan apa pun di dunia. Pala menawarkan rasa yang manis sekaligus kuat, dan dengan aroma yang juga kuat.

Rempah ini telah menjadi rempah yang sangat populer dalam membangkitkan libido dalam budaya India. Di Afrika, banyak orang menyebut pala sebagai “Viagra untuk wanita”. Para peneliti di Universitas Muslim Aligarh di Aligarh, India menguji pala sebagai afrodisiak menggunakan penelitian pada hewan dan menemukan bahwa hal itu memang meningkatkan gairah seksual.

Selain itu, pala juga membantu menenangkan pikiran saat berhubungan seks dan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Dengan meniru efek hormon serotonin, ini membantu membangkitkan gairah seksual dan meningkatkan hasrat.

Jahe

Jahe adalah nama tanaman yang berasal dari Asia Tenggara pada klasifikasi Zingiber. Ini menjadi rempah penting dalam segala aspek karena kemampuannya yang luas. Sebagai bumbu masakan, jahe memberikan rasa manis, pedas, dan hangat yang enak. Sementara khasiat pengobatan yang paling populer dari jahe adalah untuk mengatasi mual dan masalah pencernaan, serta telah menjadi solusi alami untuk batuk dan pilek.

Manfaat lainnya dari rempah ini adalah untuk membangkitkan libido, yang bahkan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah terkait seperti mengobati amenore, menstruasi tertunda, hingga mengatasi motilitas sperma rendah. Ini juga memiliki antioksidan yang kuat, yang membantu meningkatkan kadar testosteron.

cek ratusan koleksi lainnya

Khasiatnya masih lebih luas daripada yang diduga. Jahe memiliki sifat antijamur dan stimulan sistem peredaran darah, yang sangat bagus untuk membantu aliran darah ke panggul saat tubuh bersiap untuk berhubungan seks. Stimulan peredaran darah dari jahe juga membantu meningkatkan kekuatan dan hasrat seksual pada pria. Dalam hal ini, jahe menjadi rempah afrodisiak yang kuat.

Rosemary

Rempah untuk membangkitkan libido yang terakhir adalah rosemary, yang merupakan rempah dari keluarga mint, yang berasal dari Mediterania. Rempah ini memiliki karakteristik daun yang kaku dan menyerupai daun. Dalam dunia kuliner, rosemary paling cocok pada hidangan domba, tetapi bisa juga dicampurkan dengan minyak zaitun untuk olesan roti.

Di luar manfaat kulinernya, rosemary menjadi ramuan dengan banyak manfaat untuk sistem reproduksi wanita. Ini digunakan sebagai pengobatan alami untuk meredakan kram menstruasi, menstruasi tertunda dan amenore. Kemungkinannya yang tidak terbatas juga membuat rosemary bermanfaat untuk gairah seks. Di luar khasiat penyembuhan ini, rosemary dinilai sebagai antidepresan, antioksidan, emmenagogik, dan tonik untuk energi tubuh.

Rempah-rempah memang dikenal memiliki manfaat kesehatan yang luas, termasuk dalam membangkitkan libido. Rempah-rempah di atas mudah ditemukan karena sebagian besar banyak terdapat pada sejumlah hidangan. Meski libido dapat ditingkatkan dengan rempah, Anda tetap harus menghindari hal-hal yang menjadi penyebab penurunan libido, dan dapatkan rempah-rempah tersebut di Cairo Food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *