16 Bumbu untuk Masak Ayam

Setiap masakan harus menggunakan bumbu yang tepat guna menyeimbangkan rasa antara bahan utama itu sendiri serta bumbu yang digunakan, begitu pula dengan ayam. Ayam bisa diolah menjadi apa pun atau melalui proses memasak apa pun. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja pilihan yang cocok sebagai bumbu untuk masak ayam. Apa saja bumbu tersebut? Simak penjelasan berikut.

Bubuk Bawang

Bubuk bawang adalah bumbu sederhana yang bisa digunakan dengan berbagai cara, salah satunya pada bumbu untuk masak ayam. Anda bisa menambahkannya ke olesan atau bahan marinasi, atau menaburkannya di atas daging setelah dimasak untuk memperkaya rasa pada sebuah masakan. Bumbu sederhana yang serbaguna ini juga sangat cocok dipadukan dengan bumbu lainnya seperti garam, merica, bubuk bawang putih, dan masih banyak lagi.

Ada banyak cara untuk menggunakan bubuk bawang dalam memasak dan memanggang. Salah satu cara terbaik untuk menggunakan bumbu ini adalah pada ayam panggang. Rasa ayam panggang ringan dan halus, tetapi ketika Anda menambahkan bubuk bawang ke dalam campuran, maka akan memberikan rasa dan bumbu yang sangat pas.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Ingatlah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, terlalu banyak bubuk bawang dapat membuat makanan terasa pahit atau terlalu kuat. Jika Anda tidak yakin berapa banyak takaran yang tepat untuk resep Anda, mulailah dari jumlah kecil atau sejumput, dan tambahkan sesuai dengan selera Anda.

Bawang Putih Bubuk

Jika Anda sedang mencari bumbu untuk masak ayam namun tidak mengalahkan rasa ayam Anda, bawang putih bubuk adalah pilihan yang tepat. Rasanya cukup untuk membuat ayam Anda terasa gurih, tetapi jangan gunakan terlalu banyak agar tidak mengalahkan kelezatan daging itu sendiri.

Anda bisa menggunakan bawang putih bubuk sendiri atau dikombinasikan dengan bumbu lain seperti garam, merica, dan paprika. Bagian terbaik tentang menggunakan bawang putih bubuk adalah tidak ada batasan berapa banyak yang bisa Anda tambahkan, Anda bisa menaburkan sebanyak yang Anda mau tanpa khawatir berlebihan.

Bawang putih bubuk berpasangan dengan baik dengan paprika dan lada karena keduanya saling melengkapi dengan baik sementara keduanya memiliki rasa yang cukup kuat untuk saling bersaing tanpa tersesat di hadapan satu sama lain. Ini akan memberi ayam Anda rasa yang ekstra tanpa membuatnya kewalahan karena terlalu banyak rasa yang bersaing sekaligus.

Bubuk Mustard

Bubuk mustard merupakan tambahan yang bagus pada bumbu untuk masak ayam karena bubuk ini memiliki rasa yang kuat yang menembus bumbu lainnya. Ini juga membantu membuat daging menjadi kecokelatan. Anda juga bisa memadukan bubuk mustard dengan garam dan merica dengan takaran sebanyak 1 sendok teh untuk setiap bumbu jika Anda menginginkan rasa yang lebih kompleks.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk ayam panggang yang seperti ayam goreng, pertimbangkan untuk menambahkan 2 sendok makan tepung maizena sebagai pengganti garam. Ini akan memberi hidangan ayam Anda lapisan renyah di atasnya sekaligus menjaga bagian dalamnya tetap empuk dan juicy.

Rosemary

Rosemary merupakan herba yang sangat cocok untuk membumbui hidangan ayam Anda. Sebagai bagian dari salah satu keluarga mint, rosemary memiliki rasa yang cukup kompleks, di antaranya seperti lemon, pinus, pedas, astringen, resin, dan kayu, dan tentu saja – mint.

Anda bisa menggunakan rosemary dengan menaburkannya pada daging sebelum memasaknya, atau mencampurnya dengan mentega cair atau minyak zaitun. Gunakan rosemary sesuai yang Anda inginkan, atau gunakan beberapa sendok teh untuk menakarnya. Jika Anda menggunakan rosemary segar, pastikan Anda memotongnya sebelum menambahkannya ke piring Anda.

Rosemary tak hanya cocok sebagai bumbu untuk masak ayam, tetapi juga sangat sempurna jika digunakan untuk salad, semur, sup, babi, ikan, unggas, dan steak. Herba ini sangat cocok dipadukan dengan thyme, sage, dan bawang putih (baik yang dipanggang maupun yang mentah).

Thyme

Thyme menjadi pilihan bumbu untuk masak ayam yang bagus karena memiliki rasa yang ringan dan lembut yang berpadu serasi dengan kualitas daging ayam. Ini juga memiliki sifat membumi yang halus yang dapat Anda gunakan untuk menonjolkan kualitas gurih pada makanan lain tanpa membuatnya terlalu kuat. Selain untuk bumbu, thyme juga bisa digunakan sebagai hiasan untuk sayuran kukus atau kentang tumbuk, menambahkannya ke saus tomat untuk menambah rasa. Untuk melengkapi semua ini, thyme berpasangan sangat baik dengan banyak bumbu dan rempah lainnya.

Basil

Basil atau kemangi adalah pilihan yang tepat pada bumbu untuk masak ayam. Basil akan menambahkan rasa segar pada hidangan ayam, terutama untuk ayam panggang, karena bumbu ini akan berpadu dengan kelezatan mentega dari ayam panggang. Ini juga cocok dengan bumbu tambahan seperti thyme, rosemary, dan oregano.

Untuk membumbui ayam, sebaiknya gunakan sekitar 1 sendok makan kemangi cincang segar per pon ayam. Jika menggunakan kemangi kering sebagai gantinya, gunakan 1 sendok teh per pon ayam. Herba segar lainnya seperti peterseli, ketumbar, oregano, thyme, dan rosemary adalah tambahan yang bagus, namun jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih eksotis, coba tambahkan beberapa paprika chipotle atau bahkan bubuk kari.

Biji Adas

Bumbu untuk masak ayam yang cocok selanjutnya adalah biji adas. Biji adas menawarkan rasa yang halus, sehingga akan sangat sesuai dengan ayam. Selain itu, biji adas juga mudah digunakan dalam berbagai hidangan. Biji adas ini juga berpasangan sempurna dengan bumbu lain seperti paprika atau garam dan merica.

Cara terbaik untuk menambahkan rasa biji adas adalah dengan menggilingnya dalam penggiling rempah atau penggiling kopi sampai menjadi bubuk halus. Namun, jika Anda tidak memiliki salah satu perangkat ini, hancurkan saja di antara jari-jari Anda sampai pecah menjadi potongan-potongan kecil.

Gunakan sekitar ½ sendok teh per pon ayam atau sekitar 1/8 ons. Jika Anda membuat hidangan ini hanya untuk diri sendiri atau dua orang, maka satu sendok teh sudah cukup. Tetapi jika Anda memasak lebih dari itu, lanjutkan dan gunakan setengah sendok teh utuh per pon.

Sage

Sage adalah herba serbaguna yang cocok dipadukan dengan bumbu lainnya, sehingga Anda dapat memadukannya dengan profil rasa dan hidangan favorit Anda. Untuk membumbui hidangan ayam Anda, cukup taburkan sage kering di atas permukaan daging. Sage berpadu dengan herba lain seperti rosemary dan thyme, serta lada dan garam (walaupun menggunakan terlalu banyak garam akan membuat makanan Anda terlalu asin). Sage juga memiliki rasa yang enak jika dipadukan dengan rasa jeruk seperti lemon atau kulit jeruk.

Untuk menggunakan sage sebagai bumbu untuk masak ayam, jumlah yang disarankan adalah sekitar 1 sendok teh per pon daging, namun Anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Anda juga bisa menambahkan daun sage segar atau peterseli cincang segar jika diinginkan.

Garam dan Merica

Anda bisa membumbui hidangan ayam dengan bumbu yang sudah pasti tersedia di dapur Anda, yaitu garam dan merica. Sebagai bumbu untuk masak ayam, taburkan garam dan merica di atas ayam sebelum dimasak atau mencampurkannya ke dalam adonan sebelum Anda memanggangnya. Disarankan untuk menggunakan garam dan merica sebanyak ½ sendok teh masing-masing untuk setiap pon ayam yang akan dimasak.

Kecap

Kecap juga merupakan bumbu yang sangat bagus untuk olahan ayam, misalnya untuk ayam bakar atau ayam panggang. Jika Anda menggunakannya sebagai bumbu untuk masak ayam bakar atau panggang, tuangkan sedikit kecap di atas ayam masih di dalam oven. Ini memberikan rasa manis yang enak yang cocok dengan kecap asin. Bumbu ini cocok dipadukan dengan segala jenis marinasi atau glasir yang mengandung bahan seperti madu atau gula merah.

Untuk menambahkan rasa, Anda bisa mengasinkan ayam Anda terlebih dahulu dalam campuran kecap, bawang putih bubuk, dan akar jahe, dan selalu pastikan Anda memberinya waktu untuk membiarkan seluruh bumbu tersebut menyerap sempurna ke dalam daging ayam.

Minyak Zaitun

Jika Anda sedang mencari cara untuk menonjolkan memperkuat rasa daging ayam Anda, minyak zaitun adalah cara sempurna untuk melakukannya. Minyak zaitun tidak hanya enak untuk membumbui ayam, tetapi juga cukup mudah digunakan dan cocok dipadukan dengan apa saja.

Oregano

Oregano dikenal sebagai herba yang digunakan untuk pizza dan saus pasta. Oregano memiliki rasa bersahaja dengan sedikit rasa mint, sehingga akan cocok dipadukan dengan rempah-rempah hangat seperti paprika dan kayu manis. Ini juga bagus untuk memanggang sayuran dan daging lainnya, bahkan herba ini bisa digunakan dalam resep bakso atau daging babi. Untuk menggunakannya, mulailah dengan sekitar ¼ sendok teh oregano untuk setiap pon ayam.

Ketumbar

Ramuan ini memiliki rasa kayu segar yang berpadu serasi dengan bumbu untuk masak ayam panggang yang kaya rasa. Apakah Anda menyajikannya untuk makan malam atau menyisihkannya untuk sisa makanan, bumbu ini akan membuat hidangan apa pun terasa lebih beraroma dan lezat.

Untuk menggunakan bumbu ini pada hidangan ayam panggang Anda, cukup taburkan sedikit di atasnya sebelum dipanggang — panas dari oven akan membantu melepaskan rasanya ke dalam daging dan membuatnya lebih beraroma dari sebelumnya. Ketumbar akan memberikan rasa tambahan serta kelembutan karena semua kelembapan dikemas ke dalam setiap bagian sebelum dimasukkan ke dalam oven.

Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam bahan marinasi jika ingin rasa daun ketumbar yang lebih kuat. Cukup campurkan ¼ cangkir ketumbar cincang dengan ½ cangkir minyak zaitun, ½ sendok teh garam, 1 sendok makan jus lemon, ¼ sendok teh lada hitam, dan 2 siung bawang putih cincang halus. Aduk hingga tercampur rata, lalu tambahkan ke potongan ayam Anda saat diasinkan sebelum dimasak.

Mentega Cair

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Mentega cair itu sederhana, tetapi benar-benar menambah lapisan rasa ekstra yang tidak ada duanya. Anda dapat menggunakan mentega cair sebagai pengganti minyak atau lemak lain pada ayam panggang Anda, atau Anda bahkan dapat menuangkannya di atasnya jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih lembut. Mentega benar-benar akan memberikan rasa ekstra hanya dengan sedikit sentuhan. Jika Anda juga mencari sesuatu yang sedikit lebih rumit, cobalah untuk memasangkan mentega cair dengan jus lemon atau saus pedas, atau keduanya.

Cuka Balsamik

Anda bisa mencoba cuka balsamik sebagai tambahan pada bumbu untuk masak ayam yang berbeda. Cuka balsamik memiliki rasa yang sedikit manis dan sedikit asam, yang merupakan kombinasi sempurna untuk membuat ayam terasa lebih berani, tetapi tidak terlalu berat. Ini juga memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah daripada cuka lainnya, sehingga tidak akan mengalahkan rasa ayam itu sendiri.

Italian Seasoning

Italia seasoning sangat bagus untuk menambah rasa pada ayam, terutama ayam panggang Anda tanpa mengalahkan rasa daging itu sendiri. Italian seasoning merupakan bumbu yang terbuat dari campuran oregano, basil, thyme, bubuk bawang putih dan serpihan lada untuk perpaduan sempurna yang akan membuat mulut Anda berair setiap kali Anda menggigitnya. Cocok menjadi pilihan bumbu untuk masak ayam yang memberikan sensasi berbeda. Untuk bumbu pilihan lainnya dapat melalui link berikut.

Itulah daftar pilihan terbaik bumbu untuk masak ayam. Ingatlah selalu bahwa setiap bumbu memiliki karakteristiknya sendiri dalam melezatkan hidangan. Selain itu, selalu gunakan bumbu dengan takaran yang sesuai agar tidak menghilangkan rasa dari hidangan utama Anda. Cari tahu artikel menarik lainnya mengenai bumbu untuk sayur dan kunjungi website official Cairo Food untuk artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *