11 Manfaat Rutin Minum Teh Bagi Kesehatan

11 manfaat teh bagi kamu yang rutin mengonsumsinya

Manfaat teh tidak dapat diragukan lagi. Senyawa aktif dalam teh sangat banyak dan bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat teh sudah banyak diteliti oleh para ilmuan, salah satunya adalah menjaga tubuh agar tetap segar dan bugar. Kafein dalam teh membantu memberikan konsentrasi yang cukup untuk aktivitas sehari-hari. Kafein dalam teh tidak setinggi pada kopi, sehingga tidak membuat jantung kamu menjadi deg-degan.

Selain bermanfaat bagi tubuh, manfaat teh juga baik untuk dijadikan perawatan wajah. Diantaranya untuk melawan jerawat, dan meregenerasi kulit wajah. Untuk melawan jerawat, teh bekerja melawan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk meregenerasi kulit wajah, teh menutrisi kolagen wajah sehingga kulit wajah akan terjaga. Kamu bisa lihat manfaat lainnya pada judul artikel 8 Manfaat Teh Untuk Kulit Wajah: Perawatan Alami.

Teh adalah suatu minuman dengan proses menyeduh daun teh yang berasal dari daun Camellia sinesis. Teh sendiri merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh benua karena aromanya yang dapat melegakan tubuh. Di Jepang, ada beragam teh yang dapat kamu konsumsi, seperti matcha, houjicha, konbucha, koucha dan lainnya. Beragam jenis teh di sana dipengaruhi oleh proses yang berbeda sehingga menghasilkan teh dengan berbagai aroma, warna, dan rasa.

Ternyata teh ada juga yang digolongkan dari warna yang dihasilkan oleh infusinya (seduhan), misalnya saja teh hijau yang hasil seduhannya memiliki warna hijau kekuningan. Lalu teh hitam, yang hasil seduhan tehnya berwarna coklat kehitaman atau merah kecoklatan. Teh putih, hasil seduhannya berwarna cenderung cerah dan kekuningan.

Nah, dari beragam jenis teh yang ada, semua jenis tersebut memiliki manfaat yang hampir sama. Tentunya manfaat teh sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut 11 manfaat teh bagi kamu yang rutin mengonsumsinya!

Menyehatkan Usus dan Pencernaan

Pada pencernaan seringkali terjadi peradangan yang dihasilkan dari bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut dapat masuk melalui makanan yang sudah terkontaminasi radikal bebas, seperti debu, polusi, dan lainnya. Peradangan yang terjadi juga bisa disebabkan karena adanya stres atau tekanan yang menyebabkan suatu infeksi.

11 manfaat teh bagi kamu yang rutin mengonsumsinya menjaga daya tahan tubuh

Manfaat teh bagi pencernaan karena terdapat antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dalam teh bekerja membunuh bakteri penyebab peradangan yang lambat laun dapat sembuh. Meminum teh juga dapat mengurangi stres pada usus (yang biasanya berupa kejang) saat sakit perut. Sifat antiradang pada teh membantu menenangkan kejang tersebut dan perlahan akan menghilang.

Selain itu, sifat antiradang pada teh juga baik untuk sistem pencernaan yang mengalami ketidakseimbangan, seperti diare. Hal ini dikarenakan teh memiliki pengelolaan yang baik dalam meredakan respons stres. Pada saat diare, teh ini dapat dijadikan obat penanganan pertama sebelum pergi ke medis. Caranya gunakan satu kantong teh lalu seduh dengan seperempat air dari ukuran gelas. Pastikan teh memiliki tekstur yang kental. Lalu minumlah saat diare menyerang.

Bagi kamu yang tidak memiliki gejala sakit apapun, teh tentunya baik untuk mengusir bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Zat polifenol di dalamnya akan membuat bakteri cepat mati dan usus mu akan semakin sehat. Bila rutin konsumsi teh, peningkatan kinerja usus akan semakin membaik. Pastikan teh yang kamu konsumsi tidak mengandung banyak gula atau tidak menggunakan gula sama sekali, ya.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, teh memiliki kandungan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, yaitu antioksidan. Daya tahan tubuh sangat mempengaruhi kesehatan manusia. Bila daya tahan tubuh kuat, begitupun kesehatanmu, akan semakin kuat melawan bakteri dan virus yang akan masuk. Sebaliknya bila daya tahan tubuh lemah, kamu akan mudah terserang penyakit.

Bagi kamu yang memiliki aktivitas harian, rasanya perlu untuk mengonsumsi teh setiap hari. Zat antioksidan dalam teh bekerja untuk menangkal segala radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Sehingga kamu akan jauh dari bakteri dan virus dan tubuhmu menjadi lebih sehat. Jika radikal bebas masuk ke dalam tubuh tentu akan merusak sel pertumbuhan tubuh yang akhirnya merusak metabolisme kamu. Untuk itu, dengan mengonsumsi teh membantu menjaga metabolisme tubuh untuk membunuh bakteri dan virus yang masuk.

Menjaga Berat Badan

Manfaat teh selanjutnya adalah untuk menjaga berat badan. Menjaga penampilan dengan berat badan bukan lagi hal yang tabu. Sekarang, sudah banyak orang yang menggunakan obat tertentu untuk tetap menjaga berat badan. Padahal tanpa mengonsumsi obat pun kamu juga bisa menjaga berat badan kamu, yaitu dengan rutin minum teh.

Pada teh (terutama teh hijau dan teh oolong) mengandung senyawa polifenol yang baik untuk membakar lemak dalam tubuh. Senyawa polifenol tersebut berupa flavonoid yang dapat memproduksi enzim lipase untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Pembakaran lemak terjadi saat flavonoid mengalir dalam darah dan bertemu dengan susunan lemak jahat yang juga sedang mengalir menuju organ tubuh tertentu. Pertemuan tersebut akan memproduksi enzim lipase yang akan mengemulsi lemak. Inilah yang menyebabkan berat badan kamu dapat terjaga.

Nah, bagi kamu yang ingin menjaga berat badan, mulai sekarang tak perlu ragu untuk rutin mengonsumsi teh. Konsumsi dua kali sehari tanpa gula akan baik untuk menjaga berat badan. Disarankan untuk meminum teh sebelum beraktivitas dan 30 menit sebelum berolahraga. Hal ini membantu persiapan lemak yang terbakar semakin banyak. Manfaat teh satu ini dapat kamu rasakan setelah 4 minggu mengonsumsinya.

Membantu Kurangi Hipertensi

Apa itu hipertensi? Hipertensi merupakan kondisi kadar tekanan darah tinggi yang mencapai 140 / 90 mmHg atau lebih. Hipertensi terjadi karena adanya penyempitan di pembuluh nadi besar (arteri) akibat darah yang dipompa dari jantung melebihi kapasitas pembuluh nadi besar. Hal inilah menyebabkan nyeri, dan sakit.

Dalam teh terdapat senyawa flavonoid yang ternyata juga baik untuk mengontrol kapasitas pembuluh nadi besar (arteri). Dengan adanya flavonoid, penyempitan dapat berkurang dan pembuluh nadi menjadi memiliki rongga untuk masuknya darah. Bila teh rutin dikonsumsi tentunya ini akan membantu penyempitan terjadi secara terulang. Bila penyempitan tidak kunjung terjadi, secara otomatis tekanan darah akan berkurang. Dilansir melalui alodokter tekanan darah yang normal untuk orang dewasa jika angkanya berada di atas 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Dengan rutinnya konsumsi teh, membantu pencapaian tekanan darah normal. Pastikan tidak selalu sertakan gula untuk membantu menjaga kadar gula darah.

Mencegah Kolesterol dan Penyakit Jantung

Kolesterol dianggap sebagai kumpulan lemak jahat yang terdapat dalam tubuh. Apabila lemak jahat telah mendominasi maka akan merusak sel pertumbuhan dalam tubuh. Sel dalam tubuh dirusak dengan adanya tumpukkan lemak jahat, sehingga sel pertumbuhan terhambat dan terasa keras. Inilah yang menjadikan tubuh terasa sangat nyeri bila digerakkan.

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa pada teh memproduksi enzim lipase dari zat flavonoid. Enzim lipase ini berfungsi untuk menghempas lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Apabila lemak menumpuk, tentunya dapat menyebabkan kolesterol yang akan merusak kesehatan jantung. Apabila kolesterol terjaga maka dapat dipastikan kondisi jantung akan sehat.

Selain itu zat polifenolik dalam teh juga membantu melarutkan lemak-lemak yang akan menjadi tumpukkan kolesterol. Lemak-lemak tersebut dilarutkan saat akan menempel pada bagian organ tubuh, seperti jantung. Dengan begitu kolesterol dalam tubuh mu terjaga dan jantung mu menjadi sehat.

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Rongga mulut adalah bagian tubuh pertama yang mengolah makanan menjadi lunak. Proses ini dinamakan “kunyah” atau kata kerjanya “mengunyah”. Proses mengunyah memungkinkan terjadi bakteri yang menumpuk pada gigi. Bila tak kunjung dibersihkan, maka akan menyebabkan bakteri menumpuk yang memicu bau mulut, plak, karies gigi, dan gigi berlubang.

Daun teh secara alami mengandung florida yang baik untuk menjaga kesehatan gigi. Florida sendiri adalah mineral yang membantu menjaga enamel gigi agar kuat. Sebagian besar produk pasta gigi mengandung florida yang baik untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Flouride atau florida bekerja untuk melawan bakteri perusak gigi dan membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan penyebab bau mulut. Dengan begitu kesehatan rongga mulut dapat terjaga.

Selain itu dalam daun teh terdapat zat polifenol yang baik untuk membunuh bakteri. Zat polifenol menghancurkan pertumbuhan bakteri sehingga rongga mulut terbebas dari bakteri. Zat ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi yang terjadi dalam rongga mulut. Penggunaannya boleh dengan cara berkumur pada saat teh sudah menjelang habis.

Mencegah Osteoporosis

11 manfaat teh bagi kamu yang rutin mengonsumsinya mencegah osteoporosis

Osteoporosis ialah keadaan tulang yang mudah keropos akibat kurangnya kalsium dalam tulang. Penyakit ini banyak diderita oleh lansia, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia dewasa karena kadar kalsium dalam tubuh tidak dapat terpenuhi. Baik usia lanjut atau tidak, tentu kadar kalsium dalam tubuh harus terpenuhi untuk manifestasi kesehatan tulang.

Kalsium merupakan mineral yang paling tinggi dibutuhkan oleh tubuh. Selain berperan dalam pertumbuhan dan pembentukkan tulang, kalsium juga bekerja menyehatkan lapisan pada hati. Mineral ini bekerja untuk mendorong vitamin D dalam tubuh sehingga pertumbuhan tulang menjadi lancar. Kandungan kalsium dalam teh mampu mencukupi kadar kalsium dalam tubuh. Rutin konsumsi 2 kali sehari dapat mencegah keroposnya tulang di hari tua.

Jika kalsium harian terpenuhi maka dapat membangun kekuatan tulang dan juga gigi. Kepadatan tulang akan terjaga dan pembentukan tulang menjadi tidak terhambat. Bagi anak usia 6 sampai 12 tahun, konsumsi teh juga disarankan untuk memenuhi kalsium harian, agar pembentukkan dan pertumbuhan tulang tidak terganggu.

Mencegah Diabetes

Diabetes atau ‘sakit gula’ merupakan suatu kondisi tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit ini dapat menyebabkan sulit sembuhnya luka dan mudah terluka bila terkena tekanan yang kencang. Diabetes terjadi karena pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin yang berperan penting untuk mengubah glukosa menjadi energi. Bila tidak ada hormon insulin dalam tubuh, maka glukosa dalam darah memicu kadar gula yang tinggi.

Polifenol dalam teh berfungsi untuk menghantarkan rangsangan pada pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam kadar yang diperlukan oleh tubuh, lalu hormon insulin akan mengubah glukosa dalam darah menjadi energi dalam tubuh. Hal ini menyebabkan glukosa tidak tertumpuk dan kadar gula darah menjadi normal.

Bila kamu ingin mengonsumsi teh sebagai pencegahan diabetes, pastikan tidak disarankan menggunakan gula, ya. Gula justru dapat memicu kadar glukosa darah menjadi tinggi. Disarankan konsumsi normal selama 2 kali sehari untuk menjaga kadar gula darah. Teh juga dapat dijadikan pengganti air putih pada penderita diabetes.

Meningkatkan Kinerja Otak dan Daya Fokus

Bila kinerja otak meningkat tentunya akan merangsang kekuatan daya fokus. Keduanya ini sangat dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari, misalnya saja saat kamu kerja. Saat kerja dibutuhkan konsentrasi tinggi untuk menghindari kesalahan. Bila kesalahan terjadi, kamu harus mengulangi dan memperbaikinya kembali. Justru saat kerja, kamu harus bisa menghindari kesalahan, karena dapat merugikan waktu kamu sendiri. Betul bukan?

11 manfaat teh bagi kamu yang rutin mengonsumsinya meningkatkan kinerja otak dan daya fokus

Dengan minum teh, kamu akan merasakan sensasi segar dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena teh memiliki kandungan kafein dan juga asam amino berupa L-tanin yang baik untuk meningkatkan kinerja otak. Kafein dalam teh meningkatkan hormon dopamin dalam tubuh sehingga memberikan stimulus (rangsangan) yang cepat masuk ke dalam otak. Otak akan menerima stimulus dengan lebih cepat dan meresponnya dalam memori maupun motorik.

Manfaat teh untuk menjaga daya fokus adalah karena kandungan kafein dan L-tanin dapat juga merangsang daya fokus melalui rangsangan memori dan saraf motorik mata, sehingga konsentrasi kamu terjaga dan tidak mudah terganggu oleh sekitarnya. Kedua kandungan tersebut juga melancarkan aliran darah dalam otak. Dengan begitu kinerja otak akan semakin lancar dan terkendali.

Mengatasi Jerawat dan Kusam

Yap, teh dipercaya mampu mengatasi masalah kulit wajah diantaranya jerawat dan kusam. Sudah banyak beauty influencers dan skincare expert yang membahas manfaat teh bagi kesehatan kulit wajah. Kandungan antioksidan dalam teh membantu melancarkan aliran darah pada wajah dan juga membantu melawan bakteri yang masuk dari luar.

Jerawat adalah kondisi akibat sel kulit mati menumpuk dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Jerawat juga disertai dengan peradangan yang terasa nyeri dan sakit saat kita menggerakkan area wajah. Hampir sama dengan jerawat, kusam juga disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk, namun tidak disebabkan oleh bakteri. Kusam ini mengakibatkan sulitnya pertumbuhan sel baru dalam kulit. Padahal sel baru tersebutlah yang membuat kulit tampak lebih cerah. Pada teh terdapat sifat anti-bakteri yang baik untuk melawan bakteri penyebab jerawat juga berguna sebagai scrub untuk mencerahkan wajah.

Caranya cukup mudah kamu hanya perlu jadikan ampas satu kantong teh sebagai masker. Tuangkan ampas tersebut dalam suatu wadah, beri sedikit air sampai teksturnya mengental. Lalu oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah, kamu bisa jadikan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Gosokkan perlahan selama 10 menit lalu bilaslah sampai bersih.

Setelahnya kamu akan merasakan kulit wajah yang lebih cerah dan jerawat yang mereda. Hal ini dikarenakan antioksidan teh bersifat anti bakteri dan sel kulit mati yang menumpuk telah hilang, sehingga wajah mu akan lebih cerah. Boleh banget dicoba, nih.

Mengurangi Risiko Stroke

Manfaat teh selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko stroke. Stroke merupakan kondisi yang terjadi karena pasokan darah yang masuk ke otak berkurang karena adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Pembuluh darah yang pecah dan tersumbat mengakibatkan sel otak mati dan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Contohnya adalah sulit menerima rangsangan dari luar, diantaranya susahnya menggerakkan tangan, susah berbicara, dan lainnya.

Stroke dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi). Sebelumnya sudah dijelaskan pada manfaat teh mengurangi tekanan darah tinggi, bahwa terdapat senyawa flavonoid yang baik untuk memberikan rongga pada penyempitan pembuluh darah, sehingga risiko stroke akan berkurang. Bila rutin mengonsumsi teh secara rutin tanpa gula akan menurunkan risiko stroke hingga 32%. Wow!

Ternyata manfaat teh cukup banyak juga, ya. Semua manfaat teh ini bisa didapat dari jenis teh hitam, teh putih, teh oolong atau teh hijau. Namun perlu kamu ketahui bahwa pada setiap jenis teh memiliki tingkat antioksidan yang berbeda bergantung proses oksidasinya. Semakin dioksidasi, maka senyawa aktif akan meningkat.

11 manfaat teh bagi kamu yang rutin mengonsumsinya

Demikian informasi mengenai 11 manfaat teh bagi kamu yang rutin mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *