10 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Bibir adalah salah satu anggota tubuh yang berperan besar dalam mempercantik penampilan. Sebagian wanita beranggapan bahwa memiliki bibir merah merona adalah sebuah kewajiban. Pasalnya bibir yang berwarna gelap dan kering sering terlihat kurang segar, tidak menarik, dan membuat seseorang tampak lesu. Oleh sebab itu, warna bibir merah berperan penting dalam menunjang penampilan agar lebih menarik.

Hal inilah yang membuat banyak orang rela mengeluarkan uang lebih untuk melakukan perawatan bibir. Bahkan ada yang melakukan sulam bibir untuk membuat tampilan bibir selalu merah dan merubah bentuknya. Padahal ada alternatif lain untuk memerahkan bibir secara alami yang lebih murah dan sehat. Dengan menggunakan bahan-bahan tertentu dan cara perawatan yang bisa dilakukan sendiri, maka memerahkan bibir dapat dilakukan dengan lebih ramah di kantong.

Menggunakan Bahan Alami

Jika berbicara mengenai cara memerahkan bibir secara alami, maka bahan-bahan berikut ini dapat menjadi referensi untuk dijadikan masker atau scrub pada permukaan bibir.

Madu Murni dan Alami

Madu murni dan alami banyak disukai karena menawarkan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Tak hanya sebagai bahan pengobatan alami, madu juga dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk perawatan dan kecantikan. Oleh karenanya tak heran jika madu juga berkontribusi sebagai bahan yang dapat memerahkan bibir.

Kandungan glukosa dan fruktosa yang terdapat di dalam madu akan merangsang kulit bibir terluar untuk meregenerasi dengan kandungan kolagen baru. Dengan cara seperti ini kulit bibir perlahan-lahan dapat terlihat lebih merah secara alami.

Caranya cukup mudah, tinggal mencampurkan madu dengan gula pasir, kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan. Jika tidak memiliki gula pasir, cukup dengan mengoleskan madu agak tebal pada permukaan bibir dan dibiarkan dalam 20-30 menit. Lakukan proses ini hingga kulit mati terangkat dan bibir terasa lebih halus. Kemudian, bilas menggunakan air bersih dan lakukan tips ini sehari sekali secara rutin.

Minyak Zaitun

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk memerahkan bibir adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai bahan yang kaya akan vitamin E sehingga memiliki manfaat untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Cara menggunakannya dengan mencampurkan 1 sendok teh gula pasir dan beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian tambahkan setengah sendok teh madu ke dalam sebuah mangkok kecil, aduk semua bahan hingga membentuk pasta.

Oleskan campuran tersebut menggunakan jemari ke seluruh permukaan bibir. Proses pengolesan ini juga bisa dibarengi dengan memijat bibir lembut searah jarum jam. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Scrub bibir dari minyak zaitun ini berfungsi untuk mengatasi bibir kering sekaligus meregenerasi kulit bibir agar tampak lebih merah.

Lemon

Cara selanjutnya untuk memerahkan bibir yang gelap secara alami dengan menggunakan lemon. Lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit, termasuk lapisan epidermis bibir. Dalam sebuah penelitian yang termuat di dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin menjelaskan bahwa buah-buahan dari keluarga citrus termasuk buah lemon, dapat berfungsi sebagai penghambat melanin.

Semakin rendah melanin, maka semakin cerah warna bibir. Nah, untuk mendapatkan bibir merah alami, bisa dengan menggosokkan potongan buah lemon pada permukaan bibir secara lembut di malam hari. Ini bisa dibiarkan semalaman hingga mengering. Selanjutnya di pagi hari bilas bibir dengan air dingin.

Terapkan cara tersebut secara rutin setiap malam hari agar hasilnya maksimal. Jika memungkinkan, anda juga dapat mencampurkan lemon dengan 1 sendok teh madu yang dijadikan masker bibir. Kedua campuran bahan ini perlu didiamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas. Anda bisa menggunakan ramuan ini sesering mungkin untuk membuat bibir tampak lebih sehat.

Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya tentu tidak perlu diragukan lagi. Lidah buaya tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan, tanaman ini juga bermanfaat untuk kecantikan salah satunya menjaga kesehatan bibir agar tetap cerah merona. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam aloe vera gel ini memiliki sifat menenangkan, menyembuhkan, dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu memulihkan kelembapan pada bibir yang kering dan pecah-pecah.

Ini sekaligus meregenerasi sel-sel yang akan membantu untuk mendapatkan bibir yang merah merona secara alami. Bibir yang gelap, kering dan pecah-pecah tentu sangat mengganggu penampilan hingga membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Untuk mendapatkan manfaat dari bahan alami ini, cukup mengambil gel lidah buaya dari daun yang segar lalu bisa membuatnya menjadi lip balm.

Alpukat

Alpukat yang kerap dijadikan buah untuk diet dan jus minuman yang segar, ternyata juga memiliki manfaat untuk memerahkan bibir secara alami. Alpukat bermanfaat untuk memerahkan bibir dengan cara melembutkan dan mengembalikan warna alami bibir karena mengandung vitamin A dan vitamin C.

Cara menggunakannya dengan menghaluskan daging alpukat secukupnya lalu oleskan langsung ke bibir. Setelah 15 menit gosoklah bibir sehingga alpukat digunakan sebagai scrub untuk membuang lapisan kulit terluar yang mengganggu penampilan. Kemudian bilas bibir dengan air bersih yang bersuhu hangat.

Minyak Almond

Selain almond utuh yang dikenal kaya akan nutrisi, ternyata ekstrak dari biji ini dapat juga dimanfaatkan sebagai minyak yang sehat. Minyak dari ekstrak biji almond mengandung senyawa yang dapat digunakan untuk merawat bibir. Kandungan emollient di dalam minyak almond dapat digunakan sebagai bahan untuk memerahkan bibir secara alami. Minyak ini dapat menghaluskan kulit bibir, mengatasi bibir yang kusam, dan memerahkan bibir secara alami. Cukup oleskan minyak almond pada bibir sekali sehari, hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, meningkatkan kolagen untuk mengencangkan kerutan di sekitar bibir sekaligus melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Pada akhirnya, kemampuan ini akan menjadikan bibir lebih sehat, kenyal, dan cerah.

Penggunaannya bisa digunakan langsung tanpa tambahan apapun yaitu dengan mengoleskan perasan jeruk nipis ke dalam wadah kecil. Lalu letakkan tisu ke dalam cairan jeruk nipis. Kemudian angkat dan tempelkan tisu tersebut pada permukaan bibir. Setelah tisu mengering pada bibir, maka bersihkan bibir dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari dalam seminggu untuk melihat hasilnya.

Lebih lanjut, jeruk nipis juga bisa dipadukan dengan madu untuk memperkaya manfaat dan mempercepat proses pencerahan warna bibir. Campurkan satu sendok makan madu dan 3 sendok makan jeruk nipis ke dalam wadah kecil lalu aduk secara merata. Setelah itu oleskan pada bibir dan tunggu hingga mengering. Bilas hingga bersih dan lakukan sekali lagi dengan tahapan yang sama.

Buah Delima

Buah delima bisa menjadi alternatif alami untuk memerahkan bibir. Buah delima kaya akan kandungan polifenol yaitu sejenis antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas pada kulit termasuk pada bibir. Selain itu, buah delima akan menutrisi bibir, melembabkan, dan mencerahkan warna bibir.

Cara menggunakannya dengan mencuci bersih satu buah delima, lalu haluskan buah tersebut. Selanjutnya campurkan dengan 1 sendok air mawar atau susu murni. Oleskan campuran ini pada permukaan bibir seraya digosok searah selama 5 menit. Langkah terakhir, cukup membilas bibir dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini sekali sehari sebelum tidur.

Minyak Kelapa

Salah satu manfaat minyak kelapa ternyata dapat melembabkan bibir dan membuang sel kulit mati yang terdapat pada bibir pecah-pecah. Manfaat ini didapatkan dari sifat emollient yang dapat diterapkan pada permukaan bibir. Minyak kelapa pada dasarnya, memiliki efektivitas yang setara dengan minyak zaitun atau minyak almond dalam hal memerahkan bibir.

Untuk menggunakannya, cukup mengoleskan minyak kelapa menggunakan jari tipis-tipis pada permukaan bibir. Pijat permukaan bibir selama 3-5 menit dengan gerakan memutar. Dalam tahap ini, sel kulit mati akan terkelupas sempurna. Lalu, bilas dengan air hangat untuk membuang sisa sel kulit mati dan mengembalikan kelembapan kulit.

Gula Pasir

Gula pasir dikenal sebagai jenis pemanis makanan yang paling banyak digunakan. Selain itu, ternyata gula pasir juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai kombinasi dari berbagai bahan alami untuk memerahkan bibir. Oleh sebabnya rasanya tidak lengkap jika tidak membahas gula pasir secara khusus.

Dalam rangka menghaluskan bibir dengan gula pasir, maka cukup mengaplikasikan sedikit gula pasir pada permukaan bibir, lalu digosok perlahan untuk membuang sel kulit mati. Sementara jika untuk memerahkan bibir, maka perlu mencampurkan gula pasir dengan bahan lain agar hasilnya maksimal. Bahan yang dapat digunakan bisa teh butter, margarin, susu, madu dan lain sebagainya. Lakukan scrub bibir dengan semua bahan ini selama 3-4 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.

Tips Memerahkan Bibir

Selain menggunakan bahan-bahan alami, cara memerahkan bibir harus dibarengi dengan melakukan beberapa hal yang direkomendasikan. Untuk menjaga warna bibir tetap sehat dan cerah, maka harus memahami kondisi yang menyebabkan produksi melanin yang berlebih, sehingga membuat pigmen warna bibir menjadi gelap. Biasanya bibir hitam disebabkan oleh paparan sinar matahari secara berlebih, kurangnya hidrasi, reaksi alergi terhadap produk perawatan gigi dan mulut, dan berbagai faktor gaya hidup.

Minum Air Secara Cukup

Tanpa disadari penyebab utama bibir hitam dan kering adalah kurangnya minum air. Ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, maka tubuh akan melakukan reaksi negatif termasuk kulit yang semakin kusam, kering, dan bibir yang pecah-pecah.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mencukupi asupan air putih minimal 8 gelas per hari. Selain itu, dalam memenuhi kebutuhan air maka sebaiknya mengikuti aturan dan tata cara minum air yang benar. Ketika cairan di dalam tubuh cukup, maka secara alami bibir akan menjadi lembab dan tampak lebih bervolume.

Bersihkan Make Up Sebelum Tidur

Ketika beraktivitas di luar rumah dan pulang di malam hari, terkadang seseorang malas untuk membersihkan make up karena terlalu mengantuk dan lelah. Padahal make up yang dibiarkan semalaman dapat menyebabkan masalah kulit dan iritasi. Oleh sebab itu, pastikan membersihkan make up di wajah termasuk di area bibir sampai bersih sebelum tidur. Sebaiknya gunakan make up remover terlebih dahulu, sebelum membasuh wajah dengan sabun pencuci muka.

Oleskan Lip Balm Dengan Kandungan SPF

Lip balm tidak bisa dipisahkan dari perawatan bibir yang sehat dan sekaligus mempercantik penampilan. Namun lip balm bukanlah produk kecantikan, namun mengarah pada produk perawatan yang wajib untuk merawat bibir. Sebaiknya gunakan lip balm dengan kandungan SPF yang tepat untuk melindungi kulit bibir dari paparan sinar matahari.

Lip balm yang baik mengandung gliseri, minyak mineral, aloe vera, lactic acid dan sorbitol. Semua kandungan ini baik untuk membantu melembabkan kulit. Hindari lip balm yang mengandung zat perasa dan pemanis buatan atau kandungan paraben, karena dapat menimbulkan reaksi alergi dan bagi beberapa orang justru membuat bibir kering.

Tidak Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan organ paru-paru, namun juga mempengaruhi penampilan. Faktanya orang yang sering merokok akan memiliki warna bibir cenderung gelap, tidak segar, dan kering. Hal ini terjadi karena kebiasaan merokok dapat mempercepat kerusakan sel kulit dan menghilangkan kolagen, sehingga akan menimbulkan kerutan dan produksi pigmen berlebihan. Oleh sebab itu, sangat penting unutk meninimalisir atau bahkan berhenti merokok untuk memaksimalkan bibir yang sehat.

Itu dia cara penjelasan lengkap tentang memerahkan bibir secara alami. Pada dasarnya warna bibir tidak harus merah cerah karena warna bibir yang sehat berkisar dari warna merah muda, hingga coklat. Warna ini bervariasi karena dipengaruhi oleh warna kulit juga. Biasanya semakin terang warna kulit, maka warna bibir semakin cerah atau merah muda.

Bibir sehat juga ditandai dengan bibir lembab, tidak pecah-pecah, tidak mengalami sariawan, dan tidak pucat. Oleh sebab itu jika bibir berubah warna dan lebih gelap dari warna asli sebelumnya, maka cara-cara di atas dapat diterapkan.

Apabila sudah menerapkan berbagai cara untuk membuat warna bibir merah secara alami, namun bibir justru menjadi kering dan pecah-pecah maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Hal ini dikarenakan bibir yang selalu kering, menghitam atau berubah warna adalah gejala dari kondisi medis tertentu, seperti masalah pada jantung, sistem pernapasan, kurangnya zat besi, hingga masalah pada liver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *