Manfaat & Efek Samping Herbal Halba/Kelabat

manfaat dan efek samping herbal halba atau kalabat

Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui apakah halba atau kelabat, padahal biji tanaman ini memiliki banyak manfaat. Namun jangan khawatir anda tidak sendiri, disini akan kami kupas manfaat dan juga efek samping dari Halba, kelabat atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai Fenugreek. Kami menyarankan agar anda mengkonsumsi Halba secara rutin karena untuk pria dapat meningkatkan libido dan untuk wanita dapat memperhalus kulit serta melancarkan ASI.

Biji Halba atau kelabat Fenugreek

Dalam bahasa Indonesia Halba disebut Kelabat, atau Fenugreek dalam bahasa Inggris. Halba memiliki banyak manfaat sebagai herbal maupun bumbu masakan. Halba biasa dipakai sebagai salah satu bahan utama untuk bumbu kari selain ketumbar, jintan, kunyit, jahe, mustard kering, fenugreek, lada hitam, kayumanis, cengkeh, kapulaga, dan cabai kering. Pada artikel selanjutnya kami akan memberikan resep untuk bagimana cara membuat bubuk kari. Tapi kami akan fokus membahas Manfaat dan Efek Halba dalam kesehatan.

Halba pada umumnya untuk kesehatan dikonsumsi dengan cara direbus yang lama hingga warna airnya kuning pekat. Dalam bahasa arab, halba disebut dengan “Hilbeh” (حلبة). Ini cukup terkenal terutama di Mesir karena sudah dipakai dari zaman Firaun atau mesir kuno sekitar 2000 tahun sebelum masehi untuk mengobati luka bakar dan membantu proses persalinan.

Kandungan Gizi Halba

1 sendok makan biji fenugreek mengandung:

  • 35.5 calories
  • 6.4 grams carbohydrates
  • 2.5 grams protein
  • 0.7 gram fat
  • 2.7 grams fiber
  • 3.7 milligrams iron (20 percent DV)
  • 0.1 milligram manganese (7 percent DV)
  • 0.1 milligram copper (6 percent DV)
  • 21 milligrams magnesium (5 percent DV)
  • 32.6 milligrams phosphorus (3 percent DV)
  • 0.1 milligram vitamin B6 (3 percent DV)

kandungan dalam satu sendok kalabat

Manfaat Halba Bagi Kesehatan

Tahukan anda bahwa halba memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti meningkatkan ASI hingga 900% serta obat untuk diabetes dan antivirus yang baik. Selain itu kelabat juga bagus untuk sakit jantung dan darah tinggi. Memang masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan khasiat lainnya, tapi berikut adalah beberapa manfaat halba untuk kesehatan yang sudah diketahui:

Meningkatkan Kadar ASI (Air Susu Ibu) Hingga 900%

ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Namun beberapa wanita mungkin mengalami kesulitan untuk menghasilkan ASI yang cukup. Hal ini membuat banyak obat resep yang biasanya disarankan oleh dokter untuk meningkatkan produksi ASI. Kabar baiknya halba bisa menjadi alternatif alami yang cenderung aman untuk mendorong peningkatan produksi ASI.

Dalam sebuah studi yang dilakukan terhadap ibu menyusui yaitu dengan mengonsumsi teh herbal halba selama 14 hari, telah membuktikan bahwa minuman ini mampu meningkatkan produksi ASI secara signifikan. Volume ASI yang dihasilkan setelah rutin mengonsumsi teh halba meningkat dari 34 ml menjadi 73 ml dan bisa lebih banyak, tergantung dengan kondisi masing-masing ibu hamil.

Mengobati Diabetes

Halba dapat membantu mengatasi gangguan metabolisme termasuk diabetes. Halba mampu memperbaiki gejala diabetes 1 dan 2 seiring dengan peningkatan toleransi karbohidrat bagi penderitanya. Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes tipe 1 yang dianjurkan mengonsumsi 50 gram bubuk biji halba saat makan siang dan makan malam, telah mengalami perubahan kadar gula darah yang lebih baik.

Setelah 10 hari, peserta penelitian mengalami kadar gula darah yang lebih rendah dan penurunan kolesterol total sekaligus kolesterol jahat. Sementara orang yang tidak mengidap diabetes namun mengonsumsi halba, bisa mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 13,4% setelah 4 jam mengonsumsinya.

Manfaat ini didapatkan dari kemampuan halba dalam meningkatkan resistensi insulin. Beberapa ahli kesehatan juga meyakini bahwa penggunaan halba sebagai penurun kadar gula darah didukung oleh kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

Memperbesar Ukuran Payudara

Tanaman herbal halba sudah sejak lama digunakan oleh wanita India untuk memiliki ukuran payudara yang lebih besar. Dalam pengobatan Ayurveda, halba dapat meningkatkan ukuran payudara karena adanya kandungan diosgenin. Senyawa ini dapat meningkatkan pertumbuhan payudara secara sehat.

Lebih lanjut, penggunaan halba sebagai pembesar payudara alami cukup mudah. Anda bisa menggunakan scrub dari bubuk halba dan mengoleskannya lembut pada payudara sembari dipijat. Lakukan hal ini setiap hari selama 15 hingga 20 menit. Untuk hasil yang terbaik, rendam biji halba semalaman untuk dijadikan bubuk scrub keesokan harinya. Pastikan membilas scrub halba tadi setelah sarinya diserap oleh payudara.

Memperhalus Dan Menghilangkan Bercak Atau Noda Pada Kulit

Sifat anti-inflamasi dari tanaman herbal ini dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Biji halba bisa digunakan untuk membuat masker wajah yang dicampur dengan bahan-bahan lain. Masker halba bisa untuk mengencangkan kulit wajah, menghilangkan noda hitam membandel sekaligus mempertahankan tekstur kulit yang lebih halus.

Campurkan bubuk dari biji halba dengan susu murni, lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini ke kulit wajah sampai merata dan biarkan meresap selama 30 menit. Bilas menggunakan air dingin hingga bersih. Masker ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Dengan rutin memanfaatkan biji halba, maka anda akan mendapatkan kulit yang lebih terawat dan bebas dari masalah kulit yang mengganggu.

Meningkatkan Libido Pada Pria

Rempah halba sudah banyak digunakan sebagai suplemen herbal untuk meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Sebuah penelitian memaparkan bahwa halba dapat meningkatkan libido pria hingga 82%. Selain itu, halba juga dapat memulihkan stamina pasca berhubungan seksual dan meningkatkan energi lebih cepat hingga 67%.

Tanaman herbal yang mudah dibudidayakan ini, cenderung aman dikonsumsi secara rutin. Dengan mengonsumsi sekitar 600 mg ekstrak biji halba setiap hari, maka akan memacu libido pria dengan merangsang produksi hormon testosteron. Selain itu, para peneliti juga mempertimbangkan senyawa saponin yang terkandung dalam biji halba ternayata dapat mendorong hormon seks, serta membuat hubungan intim lebih menyenangkan.

Mengobati Hernia, Disfungsi Ereksi Dan Masalah Seksualitas Pria Lainnya

Bukan rahasia lagi bahwa beberapa pria mungkin bisa mengalami gangguan fungsi seksual karena beberapa alasan tertentu. Ini termasuk disfungsi ereksi atau impotensi serta hernia yang merupakan gangguan pada organ yang mencuat melalui jaringan otot. Dalam hal ini halba dapat dijadikan suplemen untuk mengatasi peradangan, pembengkakan, dan masalah seksual pria. Meskipun herbal ini tidak dapat menyembuhkan disfungsi ereksi pada pria secara keseluruhan, namun setidaknya halba dapat memperbaiki gejala ini dengan menambah gairah saat berhubungan seksual.

Menyuburkan Rambut Dan Mencegah Kebotakan

Tak hanya sebagai sumber rempah dan obat herbal, ternyata biji halba bisa diolah menjadi masker rambut untuk mengatasi kebotakan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Apabila ingin menggunakannya, biji halba harus direndam terlebih dahulu selama beberapa jam lalu digiling menjadi bubuk. Biji halba juga bisa membuat rambut terlihat lebih lembut dan berkilau.

Untuk membuat masker rambut yang ditujukan untuk menebalkan rambut, maka gunakan 2 sendok makan bubuk biji halba dan 1 sendok minyak kelapa. Minyak kelapa bisa digantikan dengan minyak zaitun yang mungkin lebih mudah untuk ditemukan. Aplikasikan masker ke rambut secara merata dan diamkan sekitar 10 menit hingga mengering. Lakukan cara ini setiap 2 hari sekali untuk menumbuhkan rambut lebih cepat.

Menambah Nafsu Makan

Halba, jika diolah menjadi teh dan dikonsumsi rutin maka diyakini dapat menambah berat badan. Hal ini dikarenakan teh halba dapat meningkatkan nafsu makan secara alami. Manfaat ini didapatkan dari kemampuan halba untuk mempercepat pembakaran kalori dan menunjang proses metabolisme. Cukup gunakan 1 sendok teh bubuk halba untuk dicampurkan dengan air panas. Bila diperlukan 1 sendok teh madu menjadi pilihan opsional untuk menambah rasa manis. Waktu terbaik untu minum teh halba adalah di pagi hari setelah bangun tidur.

Mengobati Gangguan Pencernaan, Perih Pada Saat Buang Air Kecil (Dysuria) Dan Diare

Jika manfaat lainnya cenderung menggunakan biji halba sebagai bahan utama, kali ini manfaat halba didapatkan dari daun dan bijinya. Daun dan biji halba bisa mengatasi gangguan pencernaan terutama untuk meredakan sembelit, perut kembung, dan diare.

Sebaiknya konsumsi daun dan biji halba setelah direndam semalaman untuk memaksimalkan manfaat ini. Halba juga bisa mengatasi gejala gastrointestinal ringan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B3 yang berperan dalam meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Merangsang Menstruasi Pada Wanita Yang Sudah Memasuki Masa Pubertas

Bagi wanita halba tidak hanya mampu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan produksi ASI. Faktanya halba juga bisa digunakan untuk melancarkan menstruasi sekaligus mengurangi nyeri saat menstruasi. Hal ini dikarenakan halba mempengaruhi kinerja hormon yang berkaitan dengan sistem reproduksi wanita.

Secara khusus, kemampuan halba untuk meredakan nyeri haid terutama saat mengalami haid pertama kali bagi remaja pubertas, dihasilkan dari aktivitas antispasmodik. Ini adalah kemampuan senyawa untuk meredakan ketegangan otot rahim sehingga aliran darah lebih lancar dan nyeri haid bisa diminimalisir.

Mengobati Sembelit Dan Wasir

Mengonsumsi herbal seperti halba dapat membantu mengatasi sembelit dan wasir. Jadikan halba sebagai teh herbal untuk melunakkan feses dan mengurangi gejala wasir karena adanya efek pencahar di dalam teh ini. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengaitkan teh herbal dengan wasir, terutama karena beberapa orang justru mengalami efek samping dari herbal ini. Halba sebaiknya juga tidak dikonsumsi bagi orang yang menderita gangguan pendarahan, penyumbatan usus dan tekanan darah tinggi secara bersamaan.

Mengobati Asma Dan Mengencerkan Batuk Berdahak

Biji fenugreek banyak digunakan untuk mengobati masalah pernapasan. Herbal ini baik untuk batuk dan asma karena baik untuk menghilangkan dahak dan juga untuk mengurangi aksi bakteri yang memicu infeksi. Dalam sebuah penelitian ekstrak biji halba dapat meningkatkan tes fungsi paru-paru dan kualitas hidup pada pasien dengan asma ringan secara signifikan dibandingkan dengan madu dan sirup plasebo.

Satu sendok teh jus jahe segar, dicampur dengan secangkir rebusan fenugreek dan madu secukupnya, bertindak sebagai ekspektoran yang sangat baik dalam mengatasi kasus batuk dan asma. Rebusan halba dapat dibuat dengan mencampur satu sendok makan biji halba dalam secangkir air. Ramuan herbal ini harus diminum dua kali sehari, yakni sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Membunuh Cacing Usus

Pada dasarnya biji herba halba bersifat anti-bakteri sehingga banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan farmasi. Biji halba mengandung minyak beracun sehingga tahan parasit dan mampu membunuh mikroba termasuk cacing pada saluran cerna manusia. Hal ini dikarenakan halba telah terbukti memodulasi bakteri usus dalam beberapa model. Mengonsumsi biji halba dapat mengimbangi efek diet tinggi lemak pada dysbiosis usus dan menentralisir mikrobiota pada usus.

Meningkatkan Atau Mencerahkan Warna Kulit

Kandungan diosgenin dalam halba memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan dan kecantikan. Perlu diketahui, kehadiran vitamin C dalam biji halba juga berperan penting dalam mencerahkan warna kulit dan membuat wajah lebih glowing yang mempesona.

Cukup oleskan pasta dari bubuk halba dan susu  mentah untuk mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Selain itu, bisa juga dengan menggiling biji halba dan dicampurkan dengan aloe vera gel. Gunakan ini sebagai masker selama 10-30 menit. Pastikan untuk selalu membilas dengan air hangat agar menutup kembali pori-pori yang terbuka. Perawatan ini bisa dilakukan 3-4 kali seminggu.

Untuk Pengobatan Rematik Dan Nyeri Otot

Tanaman halba bersifat anti-inflamasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati nyeri dan rematik. Ini populer untuk penyembuhan nyeri sendi karena kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang secara bersama-sama akan bekerja mengobati gejala arthritis. Hal ini didapatkan dari jumlah yang signifikan dari asam linolenat dan linoleat.

Asam linoleat dan linolenat adalah jenis asam lemak tidak jenuh berantai panjang dan tergolong asam lemak esensial. Jenis asam lemak ini sangat penting untuk tubuh, oleh karena itu harus dipenuhi dari makanan setiap hari. Langkah penggunaannya, dengan mengonsumsi sesendok biji halba yang ditumbuk halus dan dikombinasikan bersama air hangat saat perut kosong di pagi hari.

Mengobati Bisul

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa halba bersifat anti-radang yang artinya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kulit. Ini termasuk bisul yang meradang. Untuk mendapatkan manfaat ini, gunakan 1 sendok teh bubuk halba dan  tambahkan 1 sendok teh kunyit ke dalam segelas susu hangat. Minumlah air herbal ini secara rutin saat mengalami bisul.

Konsumsi bubuk biji halba memiliki efek terapeutik. Dianjurkan untuk minum ramuan ini dua sampai tiga kali sehari. Anda juga bisa mengoleskan pasta halba dan susu pada bisul secara langsung untuk menyembuhkannya dengan lebih cepat. Pasta biji halba ini baik digunakan untuk mengobati abses, bisul, dan luka bakar ringan.

Mengobati Penyakit Kanker Hati

Pemanfaatan biji halba sebagai agen anti-bakteri dan anti-kanker sudah sangat umum dilakukan baik sebagai pengobatan tradisional maupun sebagai penelitian klinis. Aktivitas anti-bakteri dari ekstrak biji halba pada enam strain bakteri patologis, cukup efektif berdasarkan uji biokimia konvensional. Ini terutama membunuh penyebab sel kanker payudara MCF-7 dan sel HCAM terhadap kanker hati.

Tak hanya itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas ekstrak biji halba paling efektif untuk membunuh pada Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa. Ini adalah dua bakteri yang sering menginfeksi organ dalam hingga paru-paru, tulang dan jantung.

manfaat kalabat

Efek Samping

Dibalik banyaknya manfaat dari herbal ini, halba juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. Misalnya, bagi beberapa orang konsumsi halba secara berlebihan dapat membuat bau badan dan juga menambah berat badan. Berikut adalah efek samping lainnya dari halba yang sebaiknya anda ketahui.

  • Dilarang keras diminum pada saat kehamilan karena bisa membuat kontraksi atau keguguran. Namun setelah proses bersalin dan lahiran, Meminum Halba sangat dianjurkan agar memperlancar dan memperbanyak ASI. Biasaya suami akan ikut bahagia karena Payudara akan semakin Besar. Anak senang, Suami Bahagia.
  • Halba akan membuat badan anda lebih beraroma keringatnya. Solusinya mudah, anda bisa pakai deodorant pada ketiak dan juga masalah ini tidak akan muncul jika anda mandi sehari minimal 2 kali dan menggunakan parfum.
  • Fenugreek tidak boleh digunakan untuk anak di bawah usia dua tahun.
  • Sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis yang Pro Herbal jika ada penderita diabetes tipe insulin-dependent.
  • Helba sebagai herbal sangat efektif dalam menurunkan kadar gula dan kolesterol, sehingga sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kadar gula dan kolesterol agar terpantau dan tidak drop secara tiba tiba.
  • Kelabat atau Fenugreek juga dapat meningkatkan perdarahan pada penderita dengan gangguan pembekuan darah.
  • Meskipun kasusnya sangat jarang, tapi Hati hati jika anda memiliki alergi terhadap kacang dan Chickpea, maka anda kemungkinaan akan memiliki alergi terhadap fenugreek.
  • Fenugreek dapat menyebabkan perut kembung.
  • Karena memiliki kadar sejenis coumarin, maka Halba dapat memberikan efek obat pada jenis obat anticoagulants(pengental darah) dan antiplatelet.

efek samping kalabat

Jika anda ingin memesan halba yang asli, Cairo Food menyajikan halba/kelabat/fenugreek yang asli, halal dan berkualitas tinggi. Silahkan hubungi kami di 081218222610 atau memesan langsung melalui website resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *