8 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) - Cairo Food

8 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO)

8 manfaat virgin coconut oil (vco)

Beberapa waktu belakangan kata Virgin Coconut Oil sempat populer di kalangan masyarakat, belum lagi rumor bahwa minyak ini ternyata memiliki segudang manfaat baik dalam dunia kesehatan, maupun kecantikan. Namun diantara kita mungkin saja ada yang belum mengetahui apa itu Virgin Coconut Oil serta manfaatnya, dan kenapa ia bisa menjadi begitu populer? Mari kita kupas secara mendetail!

Dalam bahasa inggris, ‘Virgin’ dapat diartikan sebagai murni, sedangkan Coconut Oil sudah jelas artinya minyak kelapa. Jadi, secara harfiah, virgin coconut oil adalah minyak kelapa murni. Lantas, apa bedanya dengan minyak kelapa biasa?

Perbedaan yang paling signifikan antara minyak kelapa biasa dengan virgin coconut oil terletak pada proses pembuatan serta bahan-bahan yang digunakan. Dalam pembuatan minyak kelapa biasa, melalui proses pemanasan yakni di masak sampai santan memisah dan menghasilkan minyak. Sementara itu, pembutan virgin coconut oil menggunakan daging kelapa yang masih segar tanpa proses pemanasan sama sekali, seperti fermentasi fermentasi, enzimatis, pengasaman dan pancingan. Hal ini dikarenakan untuk senantiasa menjaga kandungan zat-zat yang berkhasiat dalam kelapa tersebut supaya tidak rusak dan hilang. Ini pula yang menyebabkan virgin coconut oil memiliki khasiat yang lebih banyak dibanding minyak kelapa biasa.

Selain itu proses pembuatan virgin coconut oil tidak menggunakan bahan-bahan kimia sehingga jauh lebih alami. Tentu saja ini akan menyebabkan virgin coconut oil menjadi lebih sehat dibanding minyak kelapa biasa. Nah, Jika VCO diklaim lebih sehat dibanding dengan minyak kelapa biasa, maka apa sajakah manfaatnya untuk kesehatan?

Mengandung Asam Lemak Sehat

Sebagian besar lemak makanan dikategorikan sebagai trigliserida rantai panjang (LCT), sedangkan minyak kelapa mengandung beberapa trigliserida rantai menengah (MCT), yang merupakan rantai asam lemak yang lebih pendek. Tubuh menggunakannya sebagai sumber energi cepat atau mengubahnya menjadi keton. Sedangkan minyak VCO dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah dan dapat membantu mengubah kolesterol LDL (jahat) menjadi bentuk yang tidak terlalu berbahaya.

Dengan meningkatkan HDL, banyak ahli percaya bahwa minyak VCO dapat meningkatkan kesehatan jantung dibandingkan dengan minyak lainnya yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Banyak rumor yang mengatakan, bahwa terlalu banyak mengonsumsi santan dapat meningkatkan efek buruk bagi kesehatan jantung. Tetapi mengapa tidak dengan minyak VCO? Padahal keduanya sama-sama berasal dari tumbuhan yang sama, yakni kelapa. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal ini tentu dipengaruhi oleh proses pengolahan kelapa itu sendiri. Sebab lemak yang ada pada kelapa ataupun santan dapat berubah menjadi lemak jahat jika terkena suhu panas.

Karena hal itu lah, orang-orang yang sadar akan kesehatan, tentu akan memilih minyak VCO. Selain dapat meningkatkan HDL atau kolestrol baik yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung, penelitian pada tahun 1981juga mencatat bahwa penduduk Tokelau, sebuah rantai pulau di Pasifik Selatan, memperoleh lebih dari 60% kalori mereka dari kelapa. Para peneliti tersebut melaporkan bahwa tidak hanya kesehatan yang membaik secara keseluruhan tetapi juga tingkat penyakit jantung yang sangat rendah.

Membantu Menurunkan Barat Badan

Obesitas adalah salah satu kondisi kesehatan yang banyak dijumpai di beberapa Negara. Manfaat lain dari minyak VCO ialah mampu membantu pengidap obesitas untuk menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam minyak VCO dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang.
Penelitian juga mencatat bahwa VCO (Virgin Coconut Oil) dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar selama 24 jam sebanyak 5%.

Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu manfaat minyak VCO adalah dapat mengurangi rasa lapar. Ini mungkin terkait dengan cara tubuh kamu memetabolisme lemak. Proses metabolisme lemak yang disebut keton ini dapat mengurangi nafsu makan seseorang yang dapat membantu penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Membantu Mengurangi Lemak Perut yang Berbahaya

Manfaat minyak VCO dapat membantu memangkas lemak perut, atau lemak viscera yang bersarang di rongga perut. Sebuah riset yang dilakukan pada 40 wanita dengan perut yang berlemak mengungkapkan, Setelah 12 minggu mengonsumsi minyak VCO sebanyak dua sendok makan setiap hari, Indeksi Massa Tubuh (BMI) mereka mengalami penurunan, begitu juga dengan lingkar pinggang. Penelitian lain yang dilakukan ISRN Pharmacology mengungkapkan minyak VCO terbukti bisa mengurangi lemak perut hingga 1% ketika dikonsumsi setiap hari selama empat minggu.

Memiliki Efek Antimikroba yang Membunuh Virus

Saat tubuh kamu mencerna asam laurat yang ada pada minyak VCO, ia akan membentuk zat yang disebut monolaurin. Asam laurat dan monolaurin ini dapat membunuh patogen berbahaya, seperti bakteri, virus, dan jamur. Penelitian tabung reaksi menunjukan bahwa zat ini dapat membantu membunuh bakteri Staphylococcus aureus, yang menyebabkan infeksi Staph, dan jamur Candida albicans, sumber umum infeksi jamur pada manusia.

Dapat Mengurangi Epilepsi

Dalam artikel kami yang membahas tentang Diet Keto, disebutkan bahwa diet tersebut dapat mengurangi gejala kejang dari anak penderita Epilepsi. Kebanyakan para pelaku diet tersebut diimbangi dengan penggunaan minyak VCO karna dianggap mampu mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak yang menyebabkan peningkatan konsentrasi keton (metabolisme lemak) dalam darah. Sehingga hal ini sangat membantu mengurangi gejala kejang bahkan oleh mereka yang tidak berhasil mengurangi kejang tersebut dengan berbagai jenis obat.

Dapat Melindungi Kulit, Rambut, dan Gigi

Selain dalam dunia kesehatan, minyak VCO juga dapat memberikan manfaat dalam segi kecantikan, seperti misalnya, Studi menunjukkan bahwa minyak VCO dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim serta dapat melindungi rambut dari kerusakan. Bahkan studi lain juga menunjukkan bahwa minyak VCO dapat bekerja sebagai tabir surya yang mampu menghalangi sekitar 20% sinar ultraviolet (UV) matahari.

Menggunakan minyak VCO seperti obat kumur juga dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya di mulut sekaligus meningkatkan kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk menunjang hal ini.

manfaat virgin coconut oil

Nah itu dia beberapa manfaat minyak VCO yang bisa kamu dapatkan saat kamu mengonsumsinya secara rutin! Jangan lupa untuk terus terbiasa menerapkan pola hidup sehat, serta makanan-makanan yang begizi seimbang agar kesehatanmu selalu terjaga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs web ini menggunakan cookie
Kami menggunakan cookie untuk mempersonalisasi konten dan iklan, untuk menyediakan fitur media sosial dan untuk menganalisis lalu lintas kami. Kami juga membagikan informasi tentang penggunaan Anda atas situs kami dengan mitra media sosial, periklanan, dan analitik kami yang mungkin menggabungkannya dengan informasi lain yang Anda berikan kepada mereka atau yang mereka kumpulkan dari penggunaan Anda atas layanan mereka.