Curry Powder vs Garam Masala, Apa Bedanya?

Garam masala dan curry powder merupakan jenis bumbu yang sering muncul dalam resep makanan khas India. Keduanya juga diracik dari banyak rempah menghasilkan rasa yang cocok untuk berbagai hidangan. Meski demikian, kedua bumbu ini memiliki perbedaan yang membuatnya unik. Perbedaan utama dari garam masala dan curry powder terletak pada jenis rempah yang digunakan, fungsi dalam masakan serta cara menaburkannya dalam masakan.

Curry Powder

Curry powder atau bubuk kari adalah bumbu yang paling sering menjadi alternatif pengganti garam masala. Curry powder berwujud bubuk yang terbuat dari campuran rempah-rempah dan bumbu dapur sehingga dipercaya memberikan kesan makanan yang lebih sehat dan lezat. Hal ini dikarenakan curry powder tidak mengandung minyak ataupun lemak. Dalam hal ini curry powder akan berperan sebagai penyedap rasa yang tersembunyi, sehingga beragam masakan utama bisa ditambahkan dengan taburan bumbu ini.

Curry powder biasanya menggunakan beberapa rempah utama dan rempah tambahan yang disesuaikan oleh siapa yang membuatnya. Sama seperti garam masala, bubuk kari bisa menggunakan hampir 20 jenis rempah dan bahan dapur. Setiap keluarga menggunakan proporsi dan bahan yang berbeda untuk menciptakan rasa curry powder yang khas.

Variasi resep membuat rasa bubuk ini juga memiliki perbedaan satu sama lain. Ada kari yang memiliki rasa sedikit pedas, sangat pedas, lebih manis, hingga kombinasi dari rasa hangat dan manis. Dari beragam rasa tersebut, ada beberapa bumbu ini wajib digunakan dalam membuat curry powder, diantarnya kunyit, jintan, fenugreek, ketumbar, kapulaga, dan sebagian menggunakan cabai merah. Semua rempah tersebut dipanggang dan digiling bersama-sama dalam proses pembuatannya.

Dikarenakan curry powder menggunakan kunyit maka warnanya menjadi oranye kekuningan. Sementara untuk rasanya, curry powder memiliki rasa yang unik, yakni perpaduan rempah yang gurih dan rempah yang manis. Dalam hal ini rempah gurih dihasilkan dari jintan, kunyit, dan daun salam. Sementara rempah manis biasanya berasal dari kayu manis dan cengkeh. Namun bumbu ini sebenarnya tidak memiliki rasa yang terlalu kuat, sehingga sangat cocok untuk banyak hidangan utama, tidak harus kari.

Curry powder yang banyak menggunakan bahan yang rumit ini, paling sering dikaitkan dengan masakan India. Namun, kini banyak negara dan kebudayaan yang sudah menggunakan curry powder sebagai bagain mendasar dari masakan mereka. Misalnya Thailand, Indonesia, Pakistan, hingga Amerika Latin, Afrika, serta Karibia.

Garam Masala

Garam masala adalah bumbu masakan yang paling umum digunakan dalam masakan India. Bumbu ini asal muasalnya dari India Utara yang berfungsi sebagai bumbu aromatik dalam hidangan tradisional Mughal. Rempah-rempah yang digunakan memiliki rasa dan aroma yang kuat misalnya lada hitam, cengkeh, dan kayu manis.

Sementara untuk rincian rempah yang digunakan memiliki perbedaan tersendiri tergantung daerah penggunaannya. Misalnya garam masala di India Selatan ditambahkan lebih banyak cabai merah sehingga warnanya lebih oranye. Sementara di India Utara garam masala menggunakan lada hitam yang lebih banyak untuk menggantikan cabai merah agar rasanya lebih kuat.

Resep garam masala tidak hanya bersifat kewilayahan, namun diturunkan secara kekeluargaan. Oleh sebab itu, seni mencampurkan rempah-rempah untuk membuat garam masala yang disebut masalchi, adalah kemampuan memasak yang wajib dimiliki orang India. Jarang sekali masyarakat lokal India membeli garam masala siap pakai, karena mereka bisa membuatnya sendiri dan menyimpannya di rumah.

Meski resep yang digunakan berbeda-beda, namun terdapat rempah standar yang kerap digunakan dalam membuat bumbu garam masala antara lain lada hitam, lada putih, cengkeh, daun salam koja, jintan hitam, kayu manis, kapulaga hijau, kapulaga putih, biji pala, adas, ketumbar, dan bunga lawang.

Garam masala berfungsi sebagai bumbu penyedap pada masakah khas India misalnya hidangan kari, panggangan, tikka masala, gravy ayam, dan jenis masakan India lainnya. Bahkan garam masala bisa dicampurkan dalam sup vegetarian serta sajian salad dari kacang-kacangan dan sayuran.

Perbedaan Curry Powder Dan Garam Masala

Dalam rangka memahami lebih lanjut, maka perbedaan curry powder dan garam masala bisa dirincikan sebagai berikut.

Rempah Dasar

Meskipun garam masala dan curry powder sama-sama tergolong jenis bumbu yang menggunakan rempah yang melimpah, namun garam masala cenderung lebih kompleks. Rempah yang digunakan untuk membuat curry powder sekitar 8 jenis yakni ketumbar, jintan, mustard, lada, cabai merah, fenugreek, kunyit dan daun kari. Sementara pembuatan dan persiapan garam masala membutuhkan lebih banyak rempah, yakni ketumbar, jintan, lada hitam, shahjeera, kapulaga, cengkeh, kayu manis, jahe, daun salam, dan terkadang menggunakan garam.

Warna

Dikarenakan bubuk kari menggunakan kunyit sebagai rempah wajib, maka warnanya menjadi oranye kekuningan. Sementara garam masala memiliki warna yang lebih pekat yakni oranye kemerahan atau kecoklatan.

Cara Menggunakannya

Bubuk kari digunakan untuk menambah rasa sekaligus memberikan warna pada hidangan. Oleh sebabnya, curry powder selalu ditambahkan ke masakan pada tahap awal untuk meghindari bau mentah dari rempah yang digunakan. Sementara itu, garam masala adalah bumbu yang ditaburkan menjelang akhir proses memasak. Hal ini dikarenakan garam masala mengandung beberapa bahan yang jika dipanaskan terlalu lama saat proses memasak, justru menghasilkan rasa pahit. Oleh karena itu, garam masala lebih cocok ditaburkan ketika makanan hampir matang atau bahkan ketika makanan telah siap disajikan.

Fungsi

Garam masala dapat digunakan pada lebih banyak hidangan dibandingkan bubuk kari. Bubuk garam masala dapat ditaburkan pada hidangan daging, seafood, sayuran, kacang-kacangan, hingga dessert khas India. Sedangkan curry powder paling umum digunakan untuk memasak hidangan kari. Meski demikian, curry powder juga bisa dijadikan bumbu untuk hidangan utama lainnya, yang lebih umum dipakai di banyak negara, misalnya olahan daging ayam.

Rasa

Garam masala menggunakan bumbu yang kuat seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan dalam beberapa resep bahkan menggunakan pala dan merica. Bahan utama ini memberikan garam masala rasa yang kuat yakni campuran hangat, manis, dan pedas. Sementara bubuk kari terbuat dari rempah-rempah yang lebih lembut dengan komposisi kunyit yang menonjol. Hal ini membuat bubuk kari terasa lebih lembut dibandingkan garam masala.

Persebarannya Di Negara Lain

Curry powder lebih dikenal luas di dunia barat dan biasanya lebih mudah ditemukan jika dibandingkan dengan garam masala. Sebagian besar toko kelontong di negara-negara barat akan menyediakan curry powder dalam rak bumbu mereka. Sementara garam masala lebih sulit ditemukan terutama karena bumbu ini lebih identik dengan masakan India.

Apakah Garam Masala dan Curry Powder Bisa Saling Menggantikan?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, garam masala dan curry powder mengandung rempah-rempah yang cukup mirip, namun tidak sama persis. Perbedaannya terletak pada jumlah masing-masing rempah-rempah yang digunakan. Inilah yang membuat kedua bumbu tersebut memiliki profil rasa yang berbeda. Idealnya, dengan profil rasa yang berbeda, maka keduanya tidak seharusnya saling menggantikan.

Akan tetapi, banyak orang yang tetap menggantikan penggunaan garam masala dengan curry powder, begitu pula sebaliknya. Hal ini dikarenakan kurangnya alternatif yang cocok atau sebagian orang mungkin merasa perbedaan kedua bumbu ini sangatlah tipis. Sementara itu, ada juga yang menggunakan bumbu curry powder dan garam masala secara bersamaan. Hal ini ditujukan untuk melengkapi dan menonjolkan rasa rempah-rempah.

Jika ingin menggunakan keduanya bersamaan, maka harus menggunakan bubuk ini dalam jumlah sedang. Sebagai informasi, untuk menggantikan curry powder dengan rempah yang lebih sederhana dapat dibuat dengan campuran tiga jenis rempah yaitu kunyit, ketumbar, dan jintan. Sementara pengganti terbaik untuk garam masala yang lebih sederhana adalah campuran kapulaga, cengkeh, dan kayu manis.

Dimana Membeli Garam Masala Dan Curry Powder?

Garam masala dan curry powder memiliki keunikan rasa dan warna tersendiri, sehingga sebaiknya bumbu ini tidak saling menggantikan. Jika anda kesulitan untuk membuat garam masala dan curry powder di rumah karena memang rempah yang digunakan sangat banyak, maka anda bisa membeli produk garam masala dan curry powder siap pakai.

Promo Diskon Cairo Food

Bubuk garam masala dan curry powder dapat dibeli secara online dari vendor terpercaya, misalnya melalui Cairo Food. Cairo Food menyediakan berbagai macam bumbu masakan khas dari berbagai negara. Ini termasuk garam masala dan curry powder yang dibuat 100% dari rempah-rempah asli, tanpa kandungan tepung, minyak nabati atau zat adiktif lainnya. Bumbu ini dikemas dalam kemasan zip lock pouches yang praktis untuk digunakan beberapa kali serta siap membuat masakan anda menjadi lebih lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *