Tips Memilih Freezer untuk Industri Jasa Boga

Dalam industri jasa boga, pemilihan freezer yang tepat sangat penting untuk memudahkan Anda dalam menyimpan serta menjaga kualitas dan keamanan bahan dan produk Anda. Banyaknya freezer yang tersedia di pasaran tentu membuat Anda sulit memutuskan mana yang terbaik. Pada artikel ini, Anda bisa mencari tahu cara memilih freezer untuk industri jasa boga. Ketahui selengkapnya di bawah ini.

Pertimbangkan Ukuran Kulkas atau Freezer Komersial

Dalam industri jasa boga, penting untuk memilih kulkas atau freezer komersial dengan ukuran yang sesuai dengan ruang yang tersedia. Sebagai contoh, jika Anda memiliki ruangan yang terbatas, sebaiknya carilah freezer dengan ukuran yang lebih kecil. Sebaliknya, jika terdapat ruang yang luas untuk penempatan freezer, maka alangkah baiknya untuk memilih freezer komersial yang lebih besar.

Kendati demikian, bukan hanya ruang penyimpanan saja yang harus diperhatikan, karena sebelum membeli kulkas atau freezer komersial, Anda harus memperhatikan kuantitas produk yang akan disimpan. Industri boga dalam skala kecil dan sekiranya belum membutuhkan freezer dengan ruang yang lega, Anda bisa memilih freezer yang lebih kecil untuk menghemat biaya.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Saat mempertimbangkan ukuran lemari es komersial, perhatikan juga orang yang akan menggunakan lemari es tersebut. Kulkas atau freezer komersial terbaik adalah kulkas yang Anda dan tim Anda dapat jangkau dan akses semua produknya dengan nyaman. Jadi, sebelum membeli lemari es komersial, perkirakan jumlah persediaan yang perlu disimpan di dalam freezer.

Nilai Kebutuhan Penyimpanan

Memilih freezer untuk industri jasa boga harus dilakukan dengan baik, misalnya dengan menilai kebutuhan penyimpanan. Jika sebelumnya Anda diharuskan untuk memilih freezer dengan mempertimbangkan beberapa hal, pada poin ini, Anda harus memilih freezer sesuai dengan kebutuhan industri.

Untuk bisnis dengan luas lantai terbatas, sebaiknya manfaatkan ruang vertikal dengan membeli freezer tegak atau stand-alone. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan jumlah stok yang dapat Anda tampilkan atau simpan. Sebaliknya, jika Anda memiliki ruang yang luas, maka Anda memiliki lebih banyak pilihan mengenai ukuran dan jenis freezer yang dapat Anda pilih, misalnya saja lemari es komersial yang berdiri sendiri.

Saat memeriksa fitur lemari es komersial, fokuslah pada jenis pintunya. Jenis pintu yang umum untuk lemari es komersial adalah pintu ayun, pintu setengah, dan pintu tembus. Jika Anda memiliki cukup ruang di restoran Anda, lemari es dan freezer komersial dengan pintu ayun dan setengah pintu mungkin cocok. Namun jika ruang yang tersedia terbatas, lemari es komersial dengan pintu tembus adalah pilihan terbaik. Anda juga perlu mempertimbangkan bahan pintu yang paling cocok untuk Anda.

Dalam kebanyakan kasus, lemari es komersial memiliki pintu padat atau kaca. Jika Anda menginginkan pintu yang hemat energi dan mudah dibersihkan, pintu solid adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Namun jika Anda menginginkan pintu lemari es komersial yang menawarkan visibilitas, pintu kaca adalah pilihan terbaik. Bagian yang menjadi pertimbangan lainnya adalah Anda mungkin membutuhkan penyimpanan ekstra, yang artinya harus membeli freezer dengan ukuran besar yang mungkin Anda perlukan seiring berkembangnya bisnis Anda.

Pilihlah yang Hemat Energi

Saat memulai industri jasa boga, tentunya Anda akan mempertimbangkan segala hal, termasuk pengeluaran biaya untuk tagihan listrik dari kulkas atau freezer komersial yang digunakan. Pada saat harga listrik meningkat, sistem pendingin hemat energi merupakan kebutuhan bagi setiap bisnis. Terlebih, konsumsi energi dari satu freezer ke satu freezer lainnya juga terkadang berubah secara signifikan.

Membeli kulkas atau freezer komersial yang hemat energi dapat membantu Anda menghemat tagihan energi. Menggunakan freezer untuk jangka waktu lama akan lebih aman untuk menggunakan freezer yang hemat energi. Kualitas isolasi merupakan faktor kunci yang menentukan efisiensi energi. Dalam hal ini, membeli freezer yang menggunakan busa poliuretan adalah salah satu alternatif yang tepat.

Poliuretan memiliki kekuatan kompresi yang tinggi dan konduktivitas termal yang rendah menjadikannya isolator yang sangat baik. Saat menyimpan produk apa pun di dalam freezer yang hemat energi, freezer tetap akan menjaga bahan-bahan di dalamnya tetap dingin dalam waktu yang lama, serta dengan lebih sedikit energi.

Kendati demikian, sebagian besar freezer hemat energi memang dibanderol dengan harga yang relatif mahal daripada model biasa. Namun, dengan memilih freezer hemat energi, Anda juga akan menghemat pengeluaran seiring berjalannya waktu, sehingga untuk industri jasa boga, menggunakan freezer hemat energi adalah yang terbaik.

Pencairan Otomatis

Menggunakan freezer untuk menyimpan banyak bahan makanan artinya akan lebih banyak pekerjaan karena es di dalamnya akan menumpuk seiring berjalannya waktu. Penumpukan es di dalam freezer dapat memengaruhi kinerja dan efisiensi freezer Anda. Untuk menghindari skenario seperti itu, Anda sebaiknya membeli lemari es komersial dengan sistem pencairan es otomatis.

Pencairan es otomatis akan mencairkan es apa pun yang ada di dalam freezer komersial. Membeli freezer dengan sistem tersebut juga akan mengurangi pekerjaan Anda, karena Anda tak perlu repot mengeluarkan stok untuk mencairkan es yang terkumpul. Dengan adanya sistem pencairan otomatis, maka tidak akan ada es yang menumpuk di dalamnya. Dengan kata lain, Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan makanan dan minuman, atau bahkan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas, serai, dan lainnya.

Saat ini, menemukan freezer komersial dengan sistem pencairan es otomatis cukup mudah ditemukan, mengingat banyaknya peminat akan sistem ini. Namun, untuk hasil terbaik, pastikan untuk mencari yang termurah dan tetap berkualitas. Sering-seringlah melihat ulasan dari orang-orang yang pernah membelinya agar mendapatkan hasil terbaik, khususnya jika Anda mencarinya secara online.

Penempatan Kompresor

Kompresor adalah bagian dari freezer yang bertugas menjaganya tetap dingin. Pada freezer komersial, kompresor dapat ditemukan di bagian atas atau bawah unit. Freezer komersial yang dipasang di atas biasanya memiliki lebih banyak ruang penyimpanan karena kondensor terletak di atas unit. Dengan kondensor berada di atas, aliran udara kompresor menjadi lebih baik sehingga menghasilkan efisiensi energi yang lebih tinggi.

Sebaliknya, jika Anda memilih freezer komersial yang dipasang di bagian atas, Anda harus banyak membungkuk karena rongga penyimpanannya lebih rendah. Freezer komersial dengan penempatan kompresor di bagian bawah cenderung memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Ini disebabkan karena unit dan peralatan kondensasi terletak di bagian bawah unit. Pilihan lokasi kondensor Anda akan bergantung pada jumlah ruang yang Anda inginkan dan kemudahan akses.

Pertimbangkan Konfigurasi Pintu

Selain jenis pintu freezer, konfigurasi pintu juga harus dipertimbangkan saat memilih freezer untuk industri jasa boga. Secara umum, ada dua pintu freezer yang ditemukan, yaitu dari bahan padat atau kaca. Kedua tipe tersebut memiliki tinggi penuh atau setengah. Untuk menemukan mana yang terbaik, lihatlah bagian kelebihan dan kekurangan kedua tipe pintu tersebut.

Dari indonesia untuk dunia

Sebagai contoh, pintu yang terbuat dari bahan padat atau kokoh memiliki insulasi yang lebih baik daripada berbahan dasar kaca, serta cenderung lebih mudah dibersihkan. Di sisi lain, freezer dengan pintu kaca memungkinkan setiap orang melihat isi freezer dengan mudah, sehingga Anda pun tidak perlu membuka dan menutup unit jika tidak perlu, ini akan memastikan isi freezer tetap dingin. Sementara itu, freezer dengan pintu setengah tinggi biasanya lebih hemat energi, dan freezer dengan pintu setinggi penuh biasanya memakan lebih banyak ruang penyimpanan. Pilihlah yang paling sesuai berdasarkan kebutuhan dan kemudahan bagi Anda.

Teliti Merek Freezer

Meneliti merek freezer yang tepat juga penting untuk industri jasa boga. Hal ini dikarenakan banyak merek freezer yang bisa ditemukan, tetapi belum tentu mereka dapat dipercaya. Agar memastikan kualitas freezer yang sangat baik, pilihlah freezer dengan reputasi luar biasa. Indikasinya adalah Anda harus memeriksa garansi serta riwayat layanannya. Dan carilah kualitas tertinggi untuk harga terbaik. Jika memungkinkan, carilah freezer komersial dengan lambang Energy Star, karena freezer ini 30% lebih hemat energi dibandingkan freezer lainnya.

Pertimbangkan Fungsionalitas

Freezer komersial dengan fungsionalitas secara optimal. Bagian ini penting dalam industri jasa boga terutama jika Anda menginginkan kemudahan staf atau pelanggan dalam menggunakan freezer komersial. Bagi para pelanggan, freezer yang dapat dibuka dan ditutup dengan mudah adalah hal yang diinginkan. Hal ini karena mereka bisa mengakses produk apa pun dengan mudah. Sedangkan bagi Anda dan staf, freezer yang mudah dikemas, dibongkar, dan dibersihkan akan lebih memudahkan. Selain itu, pilih juga control suhu sistem yang mudah diakses dan dioperasikan.

Kesimpulannya adalah sebelum membeli freezer, Anda harus mencari tahu dengan detail apa yang Anda butuhkan. Misalnya, memilih ukuran atau jenis freezer yang tepat untuk ruangan yang tersedia, atau memilih freezer untuk kemudahan dalam penggunaannya dan sesuai budget yang dimiliki. Dengan menentukan pilihan freezer yang tepat, Anda bisa menjalankan industri jasa boga secara maksimal. Cari tahu artikel menarik lainnya mengenai tips dan trik memilih dan merawat air fryer melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *