Mengenal Apa itu Baharat? - Cairo Food - All Arabian & Indian Food

Mengenal Apa itu Baharat?

cover-baharat

Masakan Timur Tengah terkenal akan cita rasa khas rempahnya yang begitu kuat. Kunci dari kelezatan tiap hidangan tersebut ialah Baharat. Apa itu Baharat?  Dalam bahasa Indonesia Baharat memiliki arti sebagai bumbu yang terbuat dari beberapa campuran rempah dengan resep dan takaran yang telah disesuaikan dengan berbagai hidangan, kemudian rempah tersebut lalu digiling hingga menjadi bubuk yang halus dan siap digunakan,

Umumnya Baharat memiliki rasa yang tidak pedas, hangat, dan wangi yang sangat aromatic sehingga membuat hidangan kita menjadi lebih lezat. Bumbu ini dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan, marinasi ataupun untuk membumbui olahan daging, makanan laut, ataupun sayuran. Untuk bumbu marinasi, kamu cukup menambahkan Baharat seperlunya pada daging ataupun bahan yang sudah dicuci bersih, lalu tambahkan sedikit perasan jeruk lemon, minyak zaitun atau pun garam, demi menambah kesegaran pada hidangan yang hendak kamu buat.

Namun meskipun secara global semua bumbu yang berasal dari Arab dapat disebut Baharat, namun ada beberapa Baharat tertentu yang berasal dari Arab, memiliki cita rasa yang lebih khas seperti :

MACAM-macam baharat

Baharat Seven Spice

Baharat

Seven Spice adalah baharat yang paling umum ditemukan di daerah Timur Tengah, namun biasanya setiap daerah memiliki versi masing-masing dengan rasa dan ciri khas berbeda. Disebut sebagai seven spice atau bumbu tujuh karena rempah ini terbuat dari 7 rempah utama, meskipun ada beberapa ada yang menggunakan campuran rempah lain. Berikut adalah beberapa jenis Baharat seven spice dari beberapa daerah di Timur Tengah :

  • Arabic Seven Spice yang berasal dari Arab
  • Moroccan Seven Spice yang berasal dari Maroko
  • Lebanese Seven Spice yang berasal dari Libanon
  • Egyptian Seven Spice yang berasal dari Mesir

Penggunan ketiganya tidak terbatas karna dapat digunakan pada semua hidangan, baik itu daging, sup, nasi, dan masih banyak lagi.

Baharat Mashawi

sish kebab

Baharat Mashawi adalah bumbu makanan yang digunakan untuk membumbui daging panggang seperti daging kebab atau shawarma. Biasanya bumbu ini digunakan untuk daging kambing, sapi ataupun ayam. Kamu bisa mendapatkan Baharat Mashawi di Cairo Food dengan cita rasa yang otentik dan terpercaya.

Baharat Karim

Baharat Karim adalah bumbu yang pertama kali dikembangkan dan dibuat oleh Cairo Food sebagai bumbu khusus untuk masakan Kambing yang biasanya digunakan untuk campuran nasi seperti nasi mandi, kebuli, biryani atau kabsa, proses masak kambingnya dipisah menggunakan bumbu ini secara khusus. Namun selain kambing Baharat Karim juga bisa digunakan untuk daging lainnya yakni Sapi, Domba atau Ayam.

Baharat Asfar

 

nasi kuning

Baharat Asfar dikembangkan dan dibuat oleh Cairo Food sebagai bumbu yang bisa memberikan warna kuning yang lezat karena memiliki aroma Timur Tengah. Jika diterjemahkan pun Baharat Asfar memiliki arti sebagai Bumbu Kunin. Bumbu ini digunakan untuk Ayam (Goreng dan Panggang), Nasi Kuning serta Tumisan Sayur. Baharat Asfar juga tidak terbatas pada satu menu khusus saja melainkan bisa digunakan pada masakan apapun yang membutuhkan warna kuning alami serta rasa yang bisa dinikmati oleh semua orang.

Baharat Samah

Baharat Samah juga termasuk bumbu yang dikembangkan oleh Cairo Food yang terinspirasi dari suatu desa di Utara Mesir. Sekilas bumbu ini mirip dengan Egyptian Baharat, namun memiliki rasa dan aroma yang berbeda ketika dimasak. Resep bumbu ini diberikan langsung oleh Ibu Samah yang berasal dari Mesir secara eksklusif kepada Cairo Food. Penggunaan Bumbu ini akan memberikan cita rasa Mesir Utara dalam masakan mu.

Baharat Ahmar

Udang Bakar

Jika di terjemahkan Baharat Ahmar memiliki arti Bumbu Merah, yang cocok digunakan untuk hidangan seperti Udang bakar, Ayam Bakar, Aneka tumisan dan lain-lain. Baharat Ahmar ini pertama kali dikembangkan dan dibuat oleh Cairo Food sebagai bumbu yang bisa memberikan warna merah serta rasa yang unik dan panas pada masakan. Karakter Baharat Ahmar adalah bumbu gabungan dari Arab dan Amerika Latin.

Manfaat Kesehatan Baharat

Karna Baharat menggunakan banyak rempah, tentu saja ia memberikan banyak manfaat, karena masing-masing rempah yang terkandung dalam bumbu tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sebagian besar rempah tersebut mengandung antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba dan Vitamin A yang mampu menangkal efek buruk radiasi, virus, serta penyakit lainnya.

Cara Menyimpanan Baharat

Simpan baharat dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan gelap. Atau kamu bisa menyimpannya didalam kulkas ataupun freezer. Karena jika disimpan dengan benar, bumbu tersebut dapat bertahan lebih lama, dengan cita rasa dan aroma yang tidak berubah. Untuk lebih lengkap kamu bisa mengunjungi artikel kami yang khusus membahas bagaimana cara menyimpan rempah dengan benar.

Tempat Membeli Baharat

Jika kamu ingin mencicipi bagaimana nikmatnya menambahkan Baharat dalam tiap masakan mu, kamu tidak perlu repot membuat bumbu ini sendiri dirumah. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Cairo Food. Selain menyediakan bumbu Baharat yang lengkap, Cairo Food juga menyediakan bumbu masakan lain yang dapat membuat hidangan mu lebih nikmat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs web ini menggunakan cookie
Kami menggunakan cookie untuk mempersonalisasi konten dan iklan, untuk menyediakan fitur media sosial dan untuk menganalisis lalu lintas kami. Kami juga membagikan informasi tentang penggunaan Anda atas situs kami dengan mitra media sosial, periklanan, dan analitik kami yang mungkin menggabungkannya dengan informasi lain yang Anda berikan kepada mereka atau yang mereka kumpulkan dari penggunaan Anda atas layanan mereka.