7 Cara Menyimpan Rempah Yang Benar!

7 Cara Menyimpan Rempah Yang Benar

Rempah adalah salah satu bahan penting yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin membuat masakan enak dan bercitarasa. Namun, tahukah kamu? Jika kamu tidak tahu bagaimana cara menyimpan rempah dengan baik dan benar, hal itu akan membuat kualitas rempah-rempah milik mu menurun atau bahkan kehilangan cita rasa aslinya.

Lantas bagaimanakah cara menyimpan rempah yang tepat agar masih dapat kamu gunakan meskipun kamu sudah menyimpannya cukup lama? Berikut, kami akan berikan tips-tips yang dapat kamu lakukan dirumah tentang cara menyimpan rempah dengan baik, yang harus kamu tahu!

 

1. Cuci Rempah BasAH Sebelum Disimpan

Ilustrasi Mencuci

Jika kamu membeli rempah basah utuh seperti kunyit, jahe, kencur, lengkuas, dan lain sebagainya yang umumnya kotor dengan tanah atau debu. Kamu harus memastikan untuk mencuci rempah tersebut  dengan air dingin mengalir tanpa menggunakan sabun, sebelum memasukkannya ke dalam wadah penyimpanan.

Setelah dicuci bersih, kamu bisa menunggu sebentar hingga sisa air cucian hilang. Jika rempah sudah bersih dari air, kamu bisa mulai meletakkannya ke dalam wadah penyimpanan yang sudah bersih.

2. Menghilangkan PARASIT pada rempah kering

Tahukah kamu? terdapat banyak sekali parasit seperti serangga kecil, kutu ataupun telurnya didalam rempah-rempah. Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu dapat menghilangkan segala macam parasit yang hinggap dalam rempah dengan cara menyimpan rempah-rempah mu di dalam freezer selama 5 hari. Dengan begitu segala jenis parasit yang terdapat dalam rempah kering mu akan hilang.

3. Sangrai Rempah sebelum di simpan

Ilustrasi Rempah Kering

Setelah kamu menyimpan rempah kering seperti merica, ketumbar, dan kemiri di dalam freezer selama 5 hari, kamu bisa lanjut dengan menyangrainya terlebih dahulu. Kamu bisa sangrai rempah-rempah tersebut di atas api kecil untuk menghilangkan kadar air pada rempah. Metode ini berguna agar kualitas rempah tetap terjaga dengan baik meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama. Selain air dalam rempah tersebut keluar, Menyangrai rempah dapat membuat minyaknya keluar, hal ini akan membuat rasa dan aroma rempah lebih keluar, dan tahan lama.

Setelah itu kamu dapat menyimpannya dalam kemasan vakum. Namun kami menyarankan kamu untuk menyimpannya dalam kemasan vacum berbahan Alumunium Foil atau biasa disebut Mylar Bag karna memiliki kelebihan antara lain : tahan panas, hampir kedap udara, tidak mengubah rasa, memiliki daya simpan yang lama, tahan air, dan tidak berbahaya.

4. Hindari Sinar Matahari/Panas

Ilustrasi Jendela Yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Rempah akan bertahan lebih lama jika kamu menyimpannya di dalam tempat yang sejuk, maka dari itu kamu bisa menyimpan rempah mu dalam wadah yang tertutup rapat dan meletakannya pada bagian dapur yang tidak terjangkau panas ataupun sinar matahari. Jika perlu kamu dapat memberi pendingin ruangan untuk tetap menjaga kualitas rempah mu agar dapat bertahan lebih lama. Sebab rempah yang terkena sinar matahari atau panas akan membuat kesegaran dan kualiatasnya menurun.

5. Hindari Menyimpan di Tempat Lembap

Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa kulkas adalah lingkungan yang ideal untuk menyimpan rempah-rempah karena gelap dan dingin. Sayangnya, kelembapan yang dihasilkan lemari es dapat mengubah cita rasa dari berbagai rempah atau membuat rempah-rempah yang kita simpan menjadi tumbuh jamur atau bakteri.

Karena itu, kami tidak menganjurkan kamu untuk menyimpan rempah-rempah di dalam kulkas kecuali jika disegel dengan vakum.

6. Menyimpannya dalam jar kecil

Ilustrasi jar berisi rempah

Jika kamu membeli banyak rempah dalam bentuk yang sudah di haluskan atau bubuk, maka rasanya cara ini cocok untuk mu. Kamu bisa memanfaatkan jar atau toples kecil seperti toples bekas selai untuk menyimpan rempah bubuk mu. Pastikan kamu menutupnya dengan rapat, agar tidak ada bakteri ataupun serangga yang dapat masuk kedalam. Kamu juga bisa menambahkan tulisan nama bumbu pada tiap jar sesuai kreativitas mu.

7. Beli lah rempAh sesuai kebutuhan mu

Yang terakhir, usahakan untuk membeli rempah sesuai kebutuhan mu. Jangan terlalu sedikit, ataupun terlalu banyak dan berlebihan, karna dengan membatasi pembelian termasuk ke dalam cara yang paling efektif untuk menghindari rempah yang kehilangan kualitas karna disimpan terlalu lama. Jika kamu membutuhkannya lagi kamu dapat membeli secara langsung agar rempah yang kamu gunakan selalu segar.

Jadi itulah sedikit tips yang bisa kami bagikan untuk kamu yang bingung bagaimana cara menyimpan rempah yang baik agar tetap enak saat digunakan, semoga tips ini bermanfaat untuk mu ya!

Related Posts

Leave a comment