Ini Dia Makanan Favorit Obama, Mantan Presiden USA

7 Makanan Favorit Obama Mantan Presiden USA
7 Makanan Favorit Obama Mantan Presiden USA

Siapa yang tak kenal dengan Obama? Barack Hussein Obama atau yang sering kita kenal sebagai Obama, merupakan mantan presiden ke-44 Amerika Serikat yang lahir di Honolulu. Selama menjabat menjadi presiden di Amerika Serikat, Obama memiliki beberapa makanan favoritnya di ‘gedung putih’. Lalu, diketahui juga bahwa Obama sempat tinggal di Jakarta pada tahun 1967 hingga 1971 silam, tepatnya di daerah Menteng Dalam, Jakarta Pusat. Ternyata selama tinggal di Indonesia, Obama memiliki beberapa makanan favorit yang “melokal”. Hal tersebut diungkapkan pada saat ia berpidato ketika “pulang kampung” ke Indonesia.

Sate dan Bakso

Tak dapat dipungkiri bahwa sate dan bakso menjadi makanan “lokal” favorit Obama. Pasalnya, banyak orang asli Indonesia yang juga menjadikan kedua makanan ini masuk daftar favoritnya. Sate telah menjadi kuliner asli Indonesia yang Go International. Sate khas Indonesia ini bahkan menduduki peringkat ke 14 dari 50 makanan terlezat di dunia, berdasarkan survei World’s 50 Most Delicious Foods.

Daging yang dipotong kecil-kecil ini ditusuk dengan tusukan sate yang dijajarkan lalu dibakar, kemudian dilumuri dengan bumbu kacang dan kecap, serta tak luput dengan taburan bawang goreng renyah di atasnya, dan biasa dihidangkan dengan lontong. Dari penjelasan ini saja sudah terbayang akan kelezatan sate. Maka tak heran bahwa kuliner khas Indonesia ini go international dan menjadi salah satu makanan favorit mantan presiden Amerika Serikat.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Sedangkan bakso merupakan hidangan yang terbuat dari perpaduan daging sapi giling yang dicampur dengan tepung tapioka. Campuran daging sapi giling dan tepung tapioka ini biasa disajikan dengan tambahan mie atau bihun sebagai pelengkap dengan kuah bening. Lalu tak lupa dengan campuran seledri dan bawang goreng, serta sambal. Perpaduan antara daging sapi dan kuah bakso yang hangat ditambah dengan sambal, membuat hidangan ini terasa sangat nikmat, terlebih dimakan pada saat cuaca yang dingin. Tak heran jika bakso menjadi santapan favorit mantan presiden Amerika Serikat ini.

Dalam pidatonya di tahun 2010, saat Obama berkunjung ke Indonesia, ia menyebutkan kepada pengunjung yang menghadiri pidatonya bahwa dua kuliner lezat ini menjadi makanan yang ia cari saat ke Indonesia. Bahkan Obama sempat menirukan suara dari pedagang sate dan bakso yang memanggil pembeli dalam pidato tersebut.

Nasi Goreng

Nasi Goreng Spesial
Nasi Goreng Spesial

Menu makanan yang satu ini juga kerap kali menjadi makanan yang dicari Obama saat tiba di Jogjakarta. Jelas saja, karena hidangan sederhana tetapi istimewa yang terbuat dari nasi yang diaduk dalam mentega atau minyak goreng, lalu ditambahkan beberapa rempah seperti irisan bawang merah, bawang putih, lada, dan lainnya, ditambah dengan kecap manis, serta disajikan dengan topping telur, ayam, dan kerupuk, menjadikan makanan ini terasa begitu lezat dan istimewa. Nasi goreng termasuk makanan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, mulai dari pedagang kaki lima pinggir jalan, hingga restoran papan atas. Nasi goreng juga disebutkan menjadi menu istimewa bagi Obama semasa ia kecil di Indonesia.

”Obama langsung memesan masakan khas Indonesia seperti bakmi, sate dan nasi goreng,” ujar General Manager Hotel Tentrem Mey Nurnaningsih, Kamis (29/6/2017).

Pizza

Selain makanan lokal khas Indonesia, mantan presiden Amerika Serikat, Obama, juga memiliki beberapa makanan favorit lainnya, seperti pizza khas Italia. Selama menjabat menjadi presiden di Amerika Serikat, Obama sering menyantap makanan tersebut di Chicago. Italian Fiesta Pizzeria di Hyde Park, Chicago, menjadi restoran pizza langganan bagi Obama.

Seperti yang kita ketahui, makanan khas Italia ini cukup populer di Indonesia. Hidangan yang terbuat dari roti yang berdiameter sekitar 30cm dengan bentuk bulat pipih ini dipanggang dalam oven. Pizza identik dengan siraman saus tomat dan topping keju mozzarella yang dipadukan dengan irisan pepperoni, bacon, ham, serta paprika dan berbagai sayuran sebagai penambah kelezatan dari hidangan khas Italia.

Hidangan ini mampu menarik perhatian masyarakat luas bahkan hingga ke belahan dunia termasuk Indonesia, karena rasa dari perpaduan antara irisan pepperoni, saus tomat, serta keju mozarella sangat lezat, jadi wajar saja jika Obama pun menjadikan pizza sebagai makanan favoritnya.

Makanan Meksiko

Untuk menu makanan Meksiko, makanan favorit Obama adalah tortilla soup, guacamole, dan taco. Singkatnya, tortilla soup merupakan sup tomat yang dihidangkan dengan keripik tortilla yang terbuat dari perpaduan citarasa gurih dari ayam dan tomat segar dalam balutan Italian seasoning, serta rasa gurih kuahnya yang berasal dari kaldu ayam, susu full cream, dan krim kental.

Hidangan khas Meksiko selanjutnya yang menjadi favorit Obama yaitu guacamole. Guacamole atau saus alpukat Meksiko merupakan saus khas Meksiko yang terbuat dari alpukat lalu ditambah dengan campuran garam dan lemon. Guacamole disajikan dengan keripik yang juga khas Meksiko, yaitu keripik tortilla. Kombinasi dari rasa alpukat yang gurih, berpadu dengan keripik tortilla yang renyah, tak heran bahwa makanan ini juga menjadi favorit Obama.

Guacamole
Guacamole

Nah, selain kedua makan khas tersebut, taco juga merupakan favorit Obama. Taco terbuat dari isian daging cincang, saus, serta sayuran segar yang dibalut dengan kulit tortilla jagung yang lembut. Anda juga dapat membuat taco di rumah dengan membeli bumbu taco di sini.

Dari ketiga makanan khas Meksiko di atas, dapat disimpulkan bahwa mantan presiden Amerika Serikat ini sangat menyukai makanan khas Meksiko, terutama makanan berbahan dasar taco. Bahkan saking sukanya dengan makanan Meksiko, ia sampai mendirikan restoran makanan Meksiko Perpustakaan Kepresidenan dalam Obama Presidential Center di Chicago.

Salmon dan Brokoli

Selain hidangan khas dari berbagai negara, makanan sehat seperti salmon dan brokoli pun menjadi makanan favorit Obama. Menu ini biasa dihidangkan untuk makan malam Obama, yang diyakini dapat menjaga kesehatannya dari kepadatan jadwal yang ia miliki. Bahkan salmon dan brokoli menjadi menu sehat untuk diet yang dijalani Obama saat masih menjabat menjadi presiden.

Salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan daging berwarna merah, yang paling bernutrisi dan sangat populer di dunia. Salmon mengandung tinggi protein seperti lemak omega 3 yang menjadi salah satu protein penting untuk kehidupan sehari-hari. Kandungan omega 3 yang terdapat pada salmon bermanfaat bagi kesehatan otak, jantung, dan lainnya.

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Selain itu, salmon memiliki banyak kandungan mineral seperti selenium, kalium, serta vitamin B-12. Salmon juga diyakini baik untuk kesehatan mata, kesehatan tulang, serta menurunkan dan mempertahankan berat badan agar tetap ideal. Salmon biasanya dimakan mentah agar kandungan proteinnya tidak hilang. Karena tingginya sumber protein serta banyaknya manfaat dari salmon, menjadikan ikan ini dijual mahal, yaitu sekitar Rp. 300.000 perkilo.

Sedangkan brokoli merupakan sayuran yang dimanfaatkan bunganya. Brokoli kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Brokoli juga mengandung banyak vitamin C serta serat makanan yang banyak. Sayuran ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Brokoli dapat dimakan mentah, dikukus, atau direbus, namun cara terbaik untuk mengonsumsi sayuran ini adalah dengan cara dikukus, agar nutrisi di dalamnya tidak banyak yang hilang.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat pada menu makan malam Obama, tak heran jika salmon dan brokoli merupakan hidangan yang wajib disajikan saat makan malam serta menjadi menu diet agar kesehatan dari mantan presiden Amerika Serikat tersebut tetap terjaga.

Itu dia beberapa deretan makanan favorit Obama, sang mantan presiden Amerika Serikat. Mulai dari masakan lokal khas Indonesia, seperti sate, bakso, dan nasi goreng, hingga makanan khas Italia dan Meksiko. Dari penjelasan di atas, apakah makanan favorit Obama juga menjadi makanan favorit anda? Atau anda belum mencicipi berbagai hidangan lezat tersebut?

 

Infografis 7 Makanan Favorit Obama Mantan Presiden USA
Infografis 7 Makanan Favorit Obama Mantan Presiden USA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *