9 Rekomendasi Sup Khas Turki

Selama berabad-abad, sup menjadi budaya penting dalam segala jenis masakan tradisional Turki, dan bahkan lebih penting daripada masakan dunia lainnya. Ketika mengunjungi Turki, anda akan dengan mudah menemukan restoran atau tempat makan lainnya yang hanya menyajikan sup tradisional Turki. Sup Turki biasa disajikan sebelum menyantap hidangan utama, bahkan tak sedikit sup di Turki dapat membuat anda kenyang.

Hal yang tidak mungkin ketika ada sebuah restoran atau tempat makan di Turki yang tidak menyajikan sup pada menunya. Di Turki, banyak restoran yang cukup sukses hanya dengan menyajikan sup yang mungkin dalam menunya berisi lebih dari sepuluh jenis sup.

Secara historis, orang Turki banyak mengembangkan jenis sup yang kaya rasa, terutama karena terbuat dari bahan dasar air atau kaldu agar memastikan bahwa sup menjadi awal yang sehat untuk sebuah makanan. Dalam catatan sejarah tepatnya pada zaman Ottoman, kebanyakan orang Turki yang hidup dengan pendapatan rendah akan menyantap sup yang sehat dan bergizi hampir setiap malam, bahkan tak jarang pula pada pagi hari untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Berdasarkan sejarah tersebut kita tahu bahwa selama berabad-abad, sup telah dan bahkan terus menjadi sumber makanan bergizi namun tetap ekonomis, sehingga dapat dikonsumsi oleh setiap orang. Hingga saat ini, sup tradisional Turki bebas dikreasikan dan divariasikan karena telah menjadi bagian penting masakan Turki selama ratusan tahun.

Varietas Sup Turki

Sup Turki memiliki nilai gizi yang tinggi lantaran banyak diolah dan dibumbui dengan kaldu. Nilai gizi tersebut juga sebanding dengan kelezatan yang akan dirasakan saat mengonsumsi sup. Mengonsumsi sup sebelum menyantap hidangan utama akan ‘melembutkan’ perut dan juga karena sifatnya yang cair, sup sangat baik untuk sistem pencernaan yang sehat. Karena kandungan gizinya yang tinggi, sup Turki banyak dikonsumsi pada saat sarapan terutama pada musim dingin sebelum melakukan berbagai aktivitas.

Variasi dan kekayaan sup yang dapat ditemukan dalam masakan tradisional Turki sangatlah banyak. Berdasarkan bahan utamanya, sup Turki terdiri atas sup yang terbuat dari tepung dan biji-bijian, daging dan jeroan, kacang-kacangan kering, ayam dan daging unggas, yogurt dan susu, serta sup sayur.

Selain digolongkan berdasarkan bahan utamanya, sup tradisional Turki juga berbeda-beda menyesuaikan musim di sana. Misalnya pada saat musim panas, maka akan menghadirkan sup dingin, begitu pula sebaliknya. Sup yang bervariasi selama transisi musim, maka terciptalah budaya sup musiman.

Sup Turki disiapkan dengan menuangkan mentega cair dan campuran mint di atas sup sebelum dihidangkan. Sup tradisional Turki juga sering dibumbui dengan minyak, lemon, saus tomat, paprika merah, dan terkadang roti kering (basi). Selain itu, untuk menciptakan rasa yang lebih kuat, maka terkadang ditambahkan cuka dan bawang putih. Lalu, dalam ‘saus’ sup populer, yaitu kuning telur yang telah dicampur dengan yogurt atau susu, jus lemon juga kerap ditambahkan pada sup.

Dalam acara tertentu misalnya pada saat liburan atau untuk disajikan kepada tamu, sup Turki disajikan secara khusus. Sup tersebut ialah sup pernikahan (düğün çorbası), sup Toyga (Toğga çorbası) dan sup dataran tinggi (yayla çorbası). Hal tersebut juga berlaku dalam tradisi umum untuk membawa sup yang disajikan secara khusus dalam kunjungan ke rumah pasien atau mengunjungi anggota keluarga atau teman yang tidak berkecukupan.

Rekomendasi Sup Turki

Sup Lentil Merah (Mercimek Çorbası)

Sup Lentil Merah atau sup miju-miju merah merupakan sup khas Turki yang paling populer. Anda bisa menemukan menu sup ini di hampir seluruh restoran di Turki. Sup lentil merah menggunakan bahan yang sedikit serta biaya yang murah, sehingga sup ini mudah disajikan. Sup miju-miju merah disajikan bersama perasan lemon dan dapat dinikmati dengan potongan roti panggang di atasnya.

Sup lentil merah telah diyakini menjadi hidangan penyembuhan, memperkuat kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit, berkat adanya beragam sayuran yang digunakan seperti kentang, wortel, dan bawang bombay. Kacang lentil merah juga tinggi akan zat besi sehingga membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak. Terlebih jika sup ini menggunakan kaldu tulang, maka akan menjadi sumber penyembuhan bagi tubuh dan jiwa.

Sup Tarhana (Tarhana Çorbası)

Sup Tarhana telah ada dalam masakan Turki selama berabad-abad. Sup ini merupakan salah satu jenis sup yang disukai banyak orang, meski rasanya bervariasi. Karena tarhana memiliki tekstur lembut dan terbuat dari bahan alami, sehingga sup tarhana menjadi salah satu makanan yang diperkenalkan pertama kali dalam nutrisi bayi.

Sup Tarhana terbuat dari sayuran dan campuran rempah-rempah. Rempah-rempah tersebut dicampurkan ke dalam yogurt yang kemudian dikeringkan dan dihancurkan hingga menjadi bubuk. Bahan alami yang digunakan untuk membuat sup Tarhana kaya akan vitamin dan mineral, dan masing-masing bahan memiliki nilai gizi yang tinggi. Maka tak heran jika sup ini menjadi sumber nutrisi yang diperkenalkan pertama kali pada bayi.

Sup Tarhana sangat cocok dikonsumsi saat musim dingin. Sup tarhana memiliki daya simpan yang lama, dan waktu terbaik untuk melakukan fermentasi dan pengeringan adonan sup tersebut adalah pada saat musim panas atau awal musim gugur. Ini telah menjadi budaya tradisional yang dilakukan sebagian besar di Anatolia.

Sup Ezogelin (Ezogelin Çorbası)

Sup Ezogelin terbuat dari bawang merah, bulgur, lentil, mint, nasi, dan tomat. Sup ini termasuk sup yang umum dibuat di rumah, dan banyak ditemukan di menu hampir di setiap restoran. Sup Ezogelin adalah salah satu sup Turki yang paling tradisional. Sup Ezogelin sering dianggap sama dengan sup lentil, namun keduanya sangat berbeda, baik dari segi rasa maupun persiapannya.

Perbedaan sup ezogelin dan sup lentil merah terletak pada bahan-bahannya. Jika bahan yang digunakan untuk membuat sup lentil merah dicampurkan, berbeda dengan sup ezogelin yang semua bahannya dihaluskan. Ezogelin berbentuk butiran sup yang dikonsumsi dengan cara memeras jeruk nipis di atasnya.

Sup Dataran Tinggi (Yayla Çorbası)

Sup dataran tinggi termasuk dalam lima sup Turki terbaik yang sering dimasak setiap hari di rumah. Sup ini memiliki rasa klasik dari hidangan tradisional Turki. Sup ini menjadi favorit bagi orang-orang yang menyukai sedikit rasa asam pada sup, dan telah menjadi salah satu kebutuhan musim dingin.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menambahkan nasi ke dalam sup yang terbuat dari yogurt. Terakhir, daun mint kering dipadukan dengan campuran minyak panas, sehingga menghasilkan rasa sup yang sangat lezat. Berkat kandungan nutrisi dari yogurt dan telur di dalamnya, sup ini banyak diminati baik anak-anak, hingga orang tua. Sup dataran tinggi juga dikenal sebagai sup favorit ibu.

Sup Ayranaşı Dingin (Soğuk Ayranaşı Çorbası)

Soğuk ayranaşı çorbası (sup ayranaşı dingin) adalah andalan meja musim panas Turki dan dapat dinikmati dingin atau suam-suam kuku atau pada keadaan yang tidak dalam kondisi panas maupun dingin, melainkan di antara keduanya. Sup ayranaşı dingin menjadi makanan utama yang memuaskan, enak, praktis, dan bergizi berkat bulgur dan buncisnya. Sup ini juga cocok untuk orang yang sedang menjalani diet karena kandungan kalorinya yang rendah namun tetap memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Tak hanya itu, kandungan seratnya pun tinggi sehingga dapat memberikan efek menenangkan pada saraf.

Sup Babat (İşkembe Çorbası)

Persiapan sup babat sudah ada sejak Istana Ottoman dan masakan rakyat dan terus populer hingga saat ini. Sup ini disiapkan secara khusus selama Pesta Pengorbanan (Turki: Kurban bayramı, Idul Adha) pada saat setiap bagian dari hewan kurban dikonsumsi. Sup babat memiliki banyak khasiat terutama bagi penyembuhan, karena sup ini mudah dicerna sekaligus membuat rileks sistem pencernaan. Sup babat menjadi opsi hidangan pertama untuk orang yang ingin memperkuat imunitas tubuh. Selain itu, kandungan bawang putih dan lemon pada sup ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Sup ini menjadi semakin populer karena banyak dikonsumsi setelah meminum alkohol dalam jumlah banyak. Bahkan bisa dikatakan bahwa sup babat menjadi ritual wajib dan menjadi pereda pengar setelah mabuk. Namun faktanya, ada banyak orang yang tidak menyukai sup babat sebab baunya yang unik dan rasanya yang berat, maka dari itu, banyak yang lebih menyukai sup babat buatan sendiri dan dikonsumsi di rumah daripada di restoran.

Sup Tomat (Domates Çorbası)

Tomat mungkin merupakan bentuk buah yang paling lezat, serta buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Meskipun ada banyak teknik dan resep memasak yang berbeda untuk menyiapkan sup tomat, bahan utamanya terletak pada rasa tomat yang digunakan. Saat dimasak dengan tomat segar di musimnya, akan menambah cita rasa pada sup yang nikmat.

Dari mana pun anda berasal, tampaknya tidak mungkin untuk menolak sup dengan tampilan, aroma, dan rasa yang memikat dari sup tomat yang lezat dengan taburan keju cheddar serta beberapa potong roti kering. Potongan roti kering pada sup tomat akan menambah rasa kenyang anda.

Sup Ayam dan Bihun (Şehriyeli Tavuklu Çorbası)

Şehriyeli tavuklu çorbası (sup mie ayam Turki) sering disebut ‘sup sakit’, yaitu sup penangkal populer untuk kasus flu dan pilek. Kaldu ayam dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan banyak penyakit selama bulan-bulan musim dingin. Sup mie ayam dimasak di hampir setiap rumah pada hari-hari musim dingin, karena rasanya yang lezat dan bergizi.

Selain itu, pada musim dingin orang-orang rentang terkena flu dan pilek, hingga dibuatlah sup ini khususnya pada musim dingin. Sup ayam dan bihun umum ditemukan di menu harian esnaf lokantaları (restoran tukang) selama musim dingin. Sup ayam adalah salah satu sup Turki paling populer terutama di musim dingin sebab adanya kaldu ayam dalam sup tersebut.

Sup Hijau Collard (Lahana Çorbası)

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Lahana çorbası (sup kubis hitam atau sawi hijau) adalah hidangan tradisional Turki yang terkenal di wilayah Laut Hitam utara. Sup ini sering dimasak di setiap rumah yang tersebar di sepanjang pantai Laut Hitam. Berkat rasa yang dihasilkan sangatlah lezat, popularitas sup ini kemudian menyebar ke seluruh negeri, dan tak lagi hanya ditemukan di Laut Hitam utara.

Sup hijau collard adalah salah satu hidangan yang wajib anda coba. Penyajiannya pun masih dengan cara tradisional yaitu dihidangkan bersama roti jagung. Sup ini juga dinilai bergizi sebagai makanan utama lantaran konsistensi dan bahannya yang beragam. Sup hijau collard kaya akan vitamin C dan dipercaya sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya sup hijau collard banyak digemari pada saat musim dingin untuk perlindungan dari berbagai penyakit.

Ketika mengunjungi Turki, anda akan dengan mudah menemukan sup dalam setiap menu restoran atau tempat makan di sana. Hal ini disebabkan karena sup telah menjadi budaya penting terutama pada semua masakan tradisional Turki. Sup yang ditawarkan pun sangat bervariasi, dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama jika sup tersebut menggunakan kaldu.

Itulah beberapa rekomendasi sup khas Turki yang tak hanya lezat, tetapi juga baik bagi tubuh yang dapat Anda cicipi. Bagaimana? Cukup menarik untuk diketahui, bukan? Anda dapat membaca artikel mengenai Turki lainnya yaitu tentang 15 destinasi bulan madu di Turki dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *