13 Rekomendasi Sup khas Mediterania

Sup khas Mediterania adalah sup yang mengandung kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran hijau gelap, rempah-rempah, dan banyak sayuran. Tema umum lainnya adalah kaldu dibumbui dengan minyak zaitun extra virgin dan rempah-rempah, bukan krim kental ataupun mentega. Bahan-bahan yang digunakan tentu saja jauh lebih sehat, dan jauh lebih ringan. Beberapa sup kental Mediterania tidak menggunakan krim kental, tetapi dikentalkan dengan saus telur-lemon.

Salah satu alasan mengapa sup Mediterania begitu menenangkan dan ringan adalah karena mengandung banyak minyak zaitun extra virgin. Daging juga kerap ditambahkan ke dalam sup Mediterania, tetapi seperti resep Mediterania lainnya, daging dimasukkan dalam jumlah kecil. Berikut adalah rekomendasi sup Mediterania yang bisa Anda cicipi, karena selain lezat, supnya juga menawarkan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Sup Avgolemono

Sup ayam adalah salah satu hidangan nostalgia yang dikenal sebagai obat rumahan untuk menghibur orang sakit atau meredakan hawa dingin di udara. Itu juga salah satu makanan universal yang setiap budaya, dan setiap rumah tangga di berbagai belahan dunia, yang memiliki beberapa versi – dengan mie atau tidak.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Avgolemono, dilafalkan ah-vgo-le-mono mengacu pada saus Yunani yang lezat yang merupakan asal-usul dari nama sup ayam ini. Saus Avgolemono adalah saus halus dan harum yang terbuat dari telur, banyak lemon, dan kaldu hangat. Para koki Yunani umumnya menggunakan saus avoglemono untuk menambah atau mebumbui beberapa hidangan, mulai dari sup Avgolemono, hingga ayam panggang, sayuran, dan bahkan dolmades (daun anggur). Saus Avgolemono memang membuat perbedaan pada suatu hidangan, yang akan memberi kekayaan cita rasa dan aroma lemon yang cerah.

Sup Lentil Mediterania

Sup miju-miju atau lentil (palsu dalam bahasa Yunani) adalah makanan pokok Mediterania. Meski ini merupakan sajian sup, namun Anda bisa memakannya sepanjang tahun, baik pada musim dingin, maupun hari-hari di musim panas. Anda tidak akan mudah menemukannya di restoran dan bar karena sebagian besar merupakan masakan rumahan. Sup lentil Mediterania ini juga memiliki berbagai versi yang berbeda menurut musim, bahan lokal, dan preferensi pribadi serta variasi lezat di seluruh Mediterania.

Lentil adalah bagian dari keluarga kacang-kacangan dan memegang peran penting dalam cara makan Mediterania. Ini adalah makanan berserat tinggi, protein, dan antioksidan dan secara nutrisi merupakan pilihan tepat bagi mereka yang suka menggabungkan kesehatan dan rasa. Resep ini membutuhkan wortel, seledri, dan tomat yang diimbangi dengan bumbu dan rempah yang tepat.

Anda bisa membuat sup ini dengan versi Anda sendiri menggunakan sayuran favorit Anda, bahkan sup ini juga bisa dibuat dalam versi dasar tanpa sayuran. Beberapa bahan lainnya seperti bawang bombay, bawang putih, daun salam, dan pasta tomat (atau passata) bisa digunakan sebagai bumbu pada sup lentil Mediterania, yang akan menjadikan hidangan ini sempurna.

Sajikan sup lentil Mediterania Anda dengan cuka anggur merah dengan takaran tidak lebih dari satu sendok makan atau kurang, dan Anda akan meningkatkan penyerapan mineral, mengimbangi asam fitat, dan menghasilkan rasa yang menarik. Menambahkan satu sendok makan cuka anggur merah membuat sup ini menjadi lebih kaya rasa dan membuat sup miju-miju Mediterania Anda begitu unik. Namun satu hal yang pasti, jangan lewatkan cuka, karena ini merupakan tambahan yang sangat dianjurkan.

Sup Krim Jamur dan Nasi

Hidangan sup yang satu ini sangat kompleks, beraroma sensasional, kaya dan lembut, serta memberikan sentuhan pedesaan dalam mangkuk. Itu sarat dengan jamur umami karamel dan nasi krim yang kenyal dan pedas dalam kaldu mewah aromatik dengan ditambahkan sejumlah herba seperti dill, thyme, dan oregano yang ringan. Bagian terbaik dari sup krim jamur dan nasi ini adalah semuanya dimasak dalam satu panci, bersamaan dengan nasi tanpa sup “krim” apa pun.

Sup Tomat dan Cabai Merah Mediterania

Sesuai dengan namanya, sup ini memiliki warna merah yang berasal dari tomat dan cabai merah. Sup ini termasuk salah satu menu diet ala Mediterania dengan menggabungkan bahan-bahan sederhana dan kandungan gizi yang tinggi, dan tentunya menawarkan rasa yang lezat.

Sup yang menjadi menu diet ini terbuat dari minyak zaitun extra virgin, paprika merah organik, bawang putih, bawang bombay, serpihan cabai merah, garam laut, lada hitam, kaldu sayur atau air sebagai kuah, dan ditambahkan basil segar yang diiris tipis untuk mempercantik hidangan ini. Meski terdiri dari bahan-bahan sederhana, namun sup tomat dan cabai merah ini kaya akan antioksidan dan polifenol, maka tak heran jika ini merupakan jenis sup yang dimakan dalam menu diet harian.

Sup Krim Tomat dengan Tortellini

Jika Anda penggemar duo celup klasik dari keju panggang panggang dan sup tomat, Anda pasti ingin mencoba kombinasi yang satu ini. Ini merupakan sajian pasta berisi keju yang mengapung di dasar tomat yang bersahaja memberi Anda mashup yang lembut dan lezat tanpa remah-remah. Sup tomat tortellini yang ramah keluarga ini populer di kalangan anak-anak, tetapi orang dewasa juga akan menyukainya, baik karena rasanya maupun waktu masak aktif kurang dari 30 menit.

Sup Krim Kacang Putih

Sup krim kacang putih adalah salah satu jenis sup khas Mediterania yang sangat kaya rasa dengan tekstur lembut. Sup krim ini tidak seperti namanya, ia tidak menggunakan krim apa pun. Dasar dari sup krim ini berasal dari kacang putih yang diblender dan rasa lezatnya berasal dari bumbu yang digunakan termasuk bawang putih aromatik, herba, dan minyak zaitun.

Sup krim kacang putih ini adalah santapan Musim Gugur yang hangat dan menenangkan. Meskipun mudah dibuat, tetapi sup ini menawarkan rasa yang luar biasa, dengan banyak bawang putih, herba, dan sedikit cabai. Berbagai herba aromatik yang digunakan biasanya berupa thyme atau rosemary. Teksturnya creamy dan lembut, tetapi tidak perlu menambahkan krim apa pun. Tekstur creamy tersebut diperoleh dengan mencampurkan sepertiga bahan dari sup yang sudah dimasak dan mengaduknya kembali ke dalam panci.

Sup Kembang Kol dengan Smoked Gouda

Sup kembang kol dengan gouda panggang akan menambahkan nada rasa kompleks yang enak. Anda bisa mencampurkan hanya sekitar setengah dari kembang kol panggang agar supnya tetap bertekstur, tetapi untuk membuat sup ini benar-benar halus, Anda harus mencampurkan semua kembang kol ke dalam kaldu.

Alih-alih cheddar yang lebih tradisional, sup kembang kol dan keju ini menggunakan gouda, keju yang meleleh halus dengan rasa bakar dan tekstur lembut. Sup ini terbuat dari bawang bombay, bawang putih, mustard, garam, lada putih, daun salam minyak zaitun extra virgin, kembang kol, seledri, kaldu ayam, prosciutto, dan tentu saja – keju gouda.

Sup Minestrone Zaitun

Sup minestrone zaitun ini sarat dengan sayuran, kacang-kacangan, dan pasta dalam kaldu tomat. Beberapa bahan yang ditambahkan mencakup bawang, bayam, kacang hijau, seledri, tomat, wortel, dan zucchini. Resep ini membutuhkan berbagai sayuran yang dimasak dalam kaldu yang gurih. Bawang, wortel, seledri dan zucchini ditumis, lalu tomat, kaldu sayuran, pasta, dan kacang dimasukkan ke dalam campuran. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan sayuran lain yang tersedia pada musim di wilayah Anda, atau gunakan apa pun yang dimiliki. Pilihan sayuran bagus lainnya adalah kentang russet, labu butternut, ubi jalar, daun bawang, atau kubis.

Sup Bawang Ayam dengan Anggur Putih

Sup merupakan sajian yang sempurna untuk disantap pada hari yang dingin. Anggur putih, daun bawang, dan ayam semuanya, menjadikan hidangan yang akan membuat siapa pun ketagihan. Setiap resep diet mediterania yang mengandung anggur, minyak zaitun, dan daun bawang atau bawang merah pasti lezat. Sejumput pala membuat kuah ini terasa unik. Ini adalah jenis sup yang akan menghangatkan Anda pada hari yang dingin. Dada ayam pada sup ini membutuhkan sedikit lemak, maka dari itu, tambahkan ½ cangkir minyak zaitun extra virgin.

Sup Kacang Putih Tuscan dengan Sosis dan Kale

Sup kacang putih tuscan dengan sosis dan kale ini akan membuat Anda merasa seperti sedang makan di restoran kecil di Italia. Ini adalah sup hangat yang sempurna untuk hari musim dingin. Kebanyakan sup kacang penuh nutrisi dan yang satu ini tidak terkecuali. Kangkung dan kacang memberikan sumber serat yang baik, kale memberikan vitamin A, K dan C, kacang dan sosis juga merupakan salah satu sumber protein, serta lemak sehat yang berasal dari minyak zaitun extra virgin.

Untuk mendapatkan sosis yang jauh lebih sehat, gunakan sosis yang tidak diawetkan dari hewan yang diberi makan rumput. Ini adalah resep yang tepat bagi seseorang yang ingin memulai Diet Mediterania, karena masih memiliki kandungan daging di dalamnya, tetapi juga dikemas dengan banyak sayuran, kacang-kacangan, dan rempah-rempah yang sehat.

Sup Orzo Ayam Lemon

Sup orzo ayam lemon merupakan sup khas Mediterania lainnya yang tak kalah lezat. Aroma serta setiap gigitan semangkuk sup ini menawarkan nilai gizi yang baik bagi tubuh. Ringan, cerah, dan dikemas dengan sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. Dengan menggunakan sejumlah bahan yang bergizi, kalori sup orzo ayam lemon tetap rendah tanpa mengorbankan cita rasa yang semarak.

Bahan-bahannya terdiri dari orzo, yaitu pasta berukuran kecil dan cepat masak yang terlihat mirip dengan butiran beras, dada ayam, kaldu ayam, bawang, seledri, wortel, kemangi, tepung serbaguna, bayam, jus lemon, dan adas segar. Semangkuk sup dengan berbagai isian yang sempurna ini tak hanya lezat, namun juga memberikan sejumlah nutrisi yang baik, dan akan membantu menghangatkan tubuh Anda.

Sup Zucchini Bebas Susu

Sup zucchini ini adalah makanan mudah yang siap disajikan di meja Anda dalam waktu kurang dari 30 menit. Itu dibuat hanya dengan sayuran, tanpa krim atau mentega yang digunakan, yang berarti juga merupakan makanan vegan alami, bebas gluten dan bebas susu. Sup zucchini ini juga sempurna untuk persiapan makan.

Sup ini terbuat dari zucchini, bawang, minyak zaitun, daun basil segar, garam laut dan lada. Kentang juga bisa ditambahkan pada sup zucchini. Sup zucchini ini dapat didinginkan dalam wadah kedap udara hingga empat hari. Itu juga membeku dengan baik. Di musim panas, Anda juga bisa menikmatinya dalam keadaan dingin.

Tambahkan resep sup zucchini ini ke menu Anda jika Anda mencari cara untuk menggunakan zucchini dalam suatu sajian makan yang sehat. Menu ini juga menjadi alternatif bagi Anda apabila ingin membuat masakan yang tidak membutuhkan banyak bahan. Sup zucchini bebas produk susu ini jelas salah satunya mengandung kadar kalori yang rendah tetapi kaya nutrisi.

cek ratusan koleksi lainnya

Sup sederhana dengan zucchini dan kentang ini dapat disajikan sendiri atau dengan roti gulung atau jenis roti lainnya (Focaccia akan bekerja dengan baik dengan sup zucchini ini dan begitu juga dengan Breadsticks Buatan Rumah). Anda juga bisa memercikkan sedikit minyak zaitun di atasnya, menambahkan lada hitam, dan menyajikannya dengan crouton.

Sup Labu Squash Butternut Panggang

Sup ini adalah makanan pokok cuaca dingin dengan aroma yang sangat lezat serta tekstur lembut sehingga membuat siapa pun akan menyukai sup ini. Anda bisa membuat sup ini dengan menambahkan beberapa bumbu seperti bawang putih, allspice, cabai rawit, jahe, garam, merica, dan pala.

Memanggang labu butternut sampai menjadi karamel dan empuk adalah kuncinya di sini, maka Anda bisa mendapatkan sajian sup yang sempurna. Ada begitu banyak topping lezat yang bisa dipasangkan dengan sup ini, mulai dari topping panggang seperti pepitas, shawarma, sriracha, atau melengkapi sup ini dengan bacon.

Menyantap makanan lezat merupakan keinginan setiap orang, namun yang tak kalah penting dari rasa, adalah kandungan nutrisi yang ditawarkan pada suatu sajian, salah satunya seperti sup khas Mediterania. Supnya tak hanya lezat, tetapi juga bergizi sehingga seringkali ditambahkan pada menu diet harian. Itulah rekomendasi sup khas Mediterania yang lezat dan bergizi. Apakah Anda juga ingin menambahkannya ke dalam menu diet Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *