19 Bumbu yang Wajib Tersedia di Rumah

Bumbu menjadi kunci dalam kelezatan suatu masakan, yang dapat menciptakan rasa makanan yang semarak, seperti pedas, gurih, atau manis, serta memperkaya rasa dari masakan yang dibuat. Bumbu dan rempah memiliki jumlah yang tak terbatas yang dapat disesuaikan fungsinya pada sebuah hidangan. Dari banyaknya bumbu yang tersedia, terdapat beberapa yang harus tersedia di dapur rumah Anda. Salah satu faktor pentingnya adalah bahwa bumbu memiliki kegunaan yang beragam pada banyak hidangan. Berikut adalah bumbu penting yang wajib tersedia di dapur.

Garam

Di antara banyaknya bumbu untuk masakan, garam adalah salah satu bumbu paling berguna yang pastinyaakan Anda butuhkan pada banyak masakan. Garam tak hanya dapat menjadikan masakan terasa asin, bahkan garam memiliki kegunaan yang lebih luas. Butiran yang tampak seperti gula ini dapat meningkatkan rasa lain, mengeluarkan rasa alami pada masakan seperti pada daging, menciptakan rasa gurih, sebagai penyeimbang rasa manis, bahkan dapat menyamarkan rasa pahit.

Lebih lanjut, garam bisa digunakan sebagai bahan pengawet, dijadikan brining (air asin untuk merendam makanan), meningkatkan rasa pada kopi, bahan utama sebagai bumbu steak, dan masih banyak lagi. Selain dari fungsinya yang beragam, bahan dapur integral ini juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Jangan ragu untuk menambahkan garam pada masakan yang Anda buat. Tambahkan untuk membumbui sayuran panggang, membumbui olahan telur, ikan, daging, ayam, atau hidangan gurih, atau hidangan apa pun yang jumlahnya tak terbatas. Akan tetapi, garam mengandung kadar natrium yang dapat berpengaruh buruk bagi Anda, maka dari itu, penggunaannya harus selalu diperhatikan, dan pastikan untuk menggunakan garam dalam batas wajar.

Lada Hitam

Lada hitam adalah bumbu terpenting kedua setelah garam yang harus selalu tersedia setiap saat. Lada hitam merupakan tanaman tropis yang digunakan di banyak hidangan pada beberapa negara. Lada hitam memiliki rasa pedas yang kompleks, yang terasa seperti jeruk atau pinus, dengan nada pedas yang menciptakan sensasi yang unik pada lidah. Lada hitam paling baik digunakan saat sudah digiling, karena piperin yang terkandung dalam lada mudah menguap.

Jika Anda memasak di rumah, Anda akan sering menggunakan lada hitam, untuk hampir setiap hidangan gurih. Ini merupakan pasangan garam terbaik dalam membumbui steak. Lada hitam juga dapat memperkaya rasa pada seluruh hidangan, memberikan nada pedas yang gurih, dan bahkan dapat mengubah rasa makanan menjadi lebih nikmat. Anda dapat menggunakan lada pada hidangan apa pun, termasuk membumbui lauk atau hidangan utama, hingga makanan pencuci mulut.

Bawang Putih

Bawang putih – baik itu bentuk segar atau pun bubuk adalah kunci dalam membuat hidangan gurih terasa lebih nikmat. Ini merupakan bumbu yang digunakan sehari-hari. Anda dapat membuat nasi goreng, tumisan, membumbui saus, hingga menambah aroma, akan membangkitkan selera bagi siapa pun yang menciumnya.

Di Indonesia sendiri, bawang putih merupakan komponen penting dalam bumbu dasar. Tanpa kehadiran bawang putih, maka suatu hidangan akan terasa hambar. Bumbu yang berguna dalam menambah rasa pada hidangan ini juga telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Dari sini, kita tahu bahwa bawang putih merupakan bumbu yang wajib tersedia di dapur, yang tak hanya berguna sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga dari sisi pengobatan.

Kunyit

Keberadaan kunyit di dapur Anda juga tak kalah penting. Bumbu dapur yang kerap dimanfaatkan sebagai pewarna alami ini, merupakan bumbu yang berasal dari tanaman Curcuma Longa. Kunyit adalah salah satu rempah yang banyak digunakan di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan baunya yang khas, ini kerap digunakan untuk menambah aroma sedap pada masakan, bahkan menyamarkan bau menyengat dari daging.

Tanaman yang termasuk dalam keluarga jahe ini memiliki rasa yang cerah, sedikit pedas dan pahit, namun juga lembut. Sebagai pewarna makanan, kunyit paling sering hadir dalam masakan seperti gulai, kari, atau opor. Kegunaan lain pada kunyit adalah ia dapat ditambahkan pada hidangan berupa ayam, sup, hingga nasi.

Jintan

Jintan adalah bumbu dapur dengan nada bersahaja, aromatik, dan sedikit pedas. Jintan termasuk dalam bumbu yang serbaguna dan merupakan bahan penting dalam banyak campuran rempah-rempah, seperti bubuk kari dan bubuk cabai. Bumbu yang memberikan sensasi panas, pedas, dan sedikit pahit ini banyak digunakan di seluruh dunia.

Umumnya, jintan terdapat pada hidangan Indonesia seperti soto, gulai, rawon, tongseng, rendang, laksa, atau masakan pedas lainnya seperti kari India dan saus cabai Meksiko. Sensasi pedas yang dihasilkan membuat tubuh terasa hangat, bukan membakar lidah. Selain itu, jintan biasanya tersedia dalam bentuk utuh dan giling. Aroma jintan akan lebih keluar ketika dipanggang baik dalam bentuk utuh ataupun digiling tepat sebelum digunakan. Namun, jintan yang sudah digiling juga berguna untuk memasak sehari-hari.

Daun salam

Daun salam adalah bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai bumbu tunggal atau menjadi campuran untuk bumbu masakan lainnya. Sebagai bumbu tunggal, daun salam berguna untuk membuat bubur, nasi uduk, atau nasi liwet, Ini juga berguna sebagai bahan marinasi daging. Daun salam berperan penting dalam masakan berkuah, seperti kaldu, tumisan, sayur, sup, rebusan daging, kentang, atau panna cotta.

Bumbu yang menghadirkan aroma bunga yang segar dan pedas ini juga merupakan salah satu bahan pokok masakan Prancis. Selain itu, masakan Indonesia seperti rendang atau sambal juga dapat terasa lebih lezat jika menggunakan daun salam. Meski memiliki banyak kegunaan dalam masakan, namun daun salam biasanya tidak terasa enak saat dimakan langsung.

Oregano

Oregano adalah herba aromatik dengan rasa pedas yang efektif dalam membumbui berbagai macam masakan, mulai dari Italia hingga Meksiko. Oregano adalah salah satu herba langka yang tersedia dalam bentuk bubuk dan segar. Oregano bubuk biasanya digunakan untuk membumbui sup, pasta, atau saus. Di sisi lain, oregano segar sangat umum ditemukan di atas seloyang pizza. jadi bahan yang dikeringkan ini merupakan tambahan yang bagus untuk dapur mana pun.

Herba aromatik ini adalah bahkan pokok dalam masakan Italia. Untuk membuat hidangan dengan sedikit gaya Italia, Anda juga bisa menambahkannya di atas roti. Ini cocok dengan herba lain seperti thyme, basil, peterseli, dan bawang putih. Beberapa merekomendasikan bahwa oregano adalah bumbu yang tepat dalam hidangan berbahan dasar tomat seperti saus marinara atau pizza, karena rasanya akan lebih menonjol. Pastikan untuk menjadikan oregano sebagai bahan yang tersedia di dapur Anda.

Rosemary

Rosemary adalah herba dengan kegunaan yang beragam yang bisa Anda gunakan pada banyak hidangan. Herba yang termasuk dalam keluarga mint ini memiliki rasa pedas yang kuat dan aroma jeruk, lavender, dan pinus yang dalam. Rosemary kering sangat cocok untuk membumbui hidangan seafood, sayuran, unggas, daging kambing, hingga kentang atau umbi-umbian, atau makanan panggang. Rosemary dapat menjadi penyeimbang rasa masakan, memperkaya cita rasa, atau menghadirkan rasa yang begitu kompleks dan cukup tajam, serta menambah aroma khas yang kuat.

Thyme

Herba dengan rasa yang cenderung ringan ini merupakan bumbu yang banyak digunakan pada masakan Mediterania, Afrika, Inggris, Eropa, dan lainnya. Thyme adalah herba yang beraroma serupa dengan lavender atau rosemary. Dengan perpaduan aroma dari bunga, kayu, dan rumput ini menjadikan thyme sebagai herba yang cocok untuk banyak hidangan. Gunakan thyme pada hidangan sayur, unggas, makanan laut, dan ikan, yang akan membuat masakan tersebut menjadi kaya rasa, dengan aroma herba yang segar.

Pala

Pala adalah bumbu serbaguna yang hadir dengan rasa manis dan pedas, yang umum digunakan dalam masakan Timur Tengah. Pala juga memiliki aroma yang kuat, sehingga salah satu dari kegunaan pala adalah untuk menghilangkan bau amis. Dengan kegunaannya yang beragam, pala dapat digunakan mulai dari makanan utama seperti kari, sup, daging, gulai, soto Betawi, hingga makanan penutup. Lebih dari itu, pala juga dapat digunakan pada hidangan manis seperti kue, pudding, bahkan dijadikan campuran dalam minuman seperti sirup pala. Ini akan menjadikan suatu hidangan memiliki rasa yang kaya dan dengan aroma kuat yang menggugah selera.

Cabe Rawit

Penggemar kuliner pedas pasti setuju bahwa tanpa kehadiran cabe rawit, maka rasa masakan tak akan terasa lezat. Cabe rawit sangat berguna dalam masakan pedas, juga digunakan sebagai bahan pembuatan sambal, serta dapat digunakan sebagai pewarna alami. Tumbuhan yang termasuk dalam anggota genus Capsicum ini dapat membuat lidah seperti terbakar jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, cabe rawit juga memiliki kegunaan yang lebih luas, misalnya dipadukan dengan bahan manis seperti madu dan sirup maple yang dapat mengimbangi kombinasi rasa pedas dan manis dengan sempurna.

Bubuk Cabai

Selain cabe rawit, bubuk cabai juga menawarkan kegunaan yang beragam. Campuran rempah-rempah ini, biasanya terdiri dari berbagai cabai bubuk, bubuk bawang putih, paprika, oregano, dan bawang merah merupakan campuran serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai macam hidangan yang mengandung rempah-rempah. Anda dapat menggunakannya sebagai bumbu sayuran panggang untuk memberikan rasa pedas, atau campurkan ke dalam saus, dan sup untuk sensasi pedas dan hangat.

Jika Anda menyukai sedikit bumbu dalam makanan Anda, menyediakan cabai bubuk atau cabai kering utuh adalah cara yang tepat. Dengan sensasi yang sedikit panas, bubuk cabai berguna untuk banyak hidangan, seperti guacamole pedas, atau hanya ditaburkan ke hidangan pasta atau sayuran.

Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah penting yang membuat hidangan manis terasa semakin lezat. Biasanya, rempah ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari batang, gulungan, hingga bubuk. Rempah yang biasa disebut cinnamon dalam bahasa Inggris merupakan pilihan yang tepat untuk membuat hidangan memiliki aroma khas yang manis dan segar.

Kayu manis hadir pada sejumlah hidangan seperti roti, makanan penutup, kue kering, aneka kue lainnya, hingga ditambahkan ke dalam minuman. Rempah yang menawarkan aroma yang kuat ini juga dapat digunakan sebagai bumbu pada masakan gurih jika dikombinasikan dengan rempah lainnya seperti biji pala, cengkeh, dan bunga lawang. Hidangan gurih yang dibumbui kayu manis antara lain termasuk semur, gulai, nasi kebuli, nasi biryani, hingga plov.

Kapulaga

Rasa kapulaga itu kompleks, dengan perpaduan aroma jeruk dan mint, serta rasa pedas yang khas. Kapulaga adalah bumbu yang banyak ditemukan sebagai bahan utama dari chai masala. Hidangan popular di Indonesia yang menggunakan kapulaga yakni kari, gulai dan opor. Peran kapulaga pada masakan adalah sebagai penyedap rasa, memperkuat aroma, hingga menghilangkan bau tak sedap, ini dikarenakan kapulaga memiliki aroma yang kuat dan manis, dengan sentuhan mint dan lemon.

Cengkeh

Rempah dengan rasa yang kuat ini hadir untuk membumbui hidangan gurih, makanan penutup, dan minuman. Cengkeh juga bisa digunakan sebagai bumbu dari daging dengan bau menyengat seperti kambing. Karena memiliki aroma serta rasa yang kuat, cengkeh dimaksudkan untuk digunakan dalam jumlah sedang. Tetapi jika digunakan dengan benar, dan dengan bahan yang pedas, cengkeh dapat menambah kehangatan dan rasa manis yang luar biasa pada hidangan apa pun.

Bubuk Kari

Campuran rempah-rempah yang populer dan berwarna-warni ini biasanya terdiri dari kunyit, ketumbar, jintan, dan fenugreek. Bubuk kari berwarna kuning yang cukup menonjol sebab adanya kunyit sebagai bagian dari campuran bubuk kari. Meski namanya merujuk pada suatu hidangan, yaitu kari, namun bubuk kari tidak secara khusus dibuat sebagai bumbu kari. Bubuk kari berguna untuk membumbui hidangan gurih, sebagai bumbu untuk memasak daging kambing atau domba, dengan menciptakan profil rasa yang luar biasa.

Allspice

Allspice adalah bumbu yang hangat dan harum, yang rasanya seperti perpaduan dari kayu manis, pala, dan cengkeh. Meski memiliki makna “semua bumbu”, namun sesungguhnya allspice adalah bumbu yang terbuat dari satu buah berry kering dan digiling. Bumbu aromatik ini biasanya digunakan dalam hidangan manis dan gurih, dan sering ditambahkan ke bumbu jerk Jamaika.

Fenugreek

Fenugreek adalah biji pipih berwarna kuning kecokelatan dari tanaman Mediterania dalam keluarga kacang polong. Ini memiliki rasa yang cenderung pahit, yang digunakan sebagai bumbu gulai dan kari. Meski fenugreek menawarkan rasa yang sedikit pahit, namun secara ajaib, rempah ini dapat mengubah hidangan hambar menjadi hidangan yang menggiurkan.

Dari indonesia untuk dunia

Fenugreek sangat populer pada masakan India, Afrika Utara, dan Timur Tengah, yang digunakan sebagai bumbu kari, sayuran, dan sup. Fenugreek juga dapat digunakan untuk membuat chutney dan dalam campuran bumbu Maroko – ras el hanout. Dalam menggunakannya, biji fenugreek biasanya dipanggang untuk mengurangi rasa pahitnya.

Sumac

Sumac adalah bumbu dengan rasa asam seperti kombinasi dari jeruk nipis dan lemon yang berasal dari semak sumac, yang banyak digunakan dalam masakan Timur Tengah dan Mediterania. Ini adalah salah satu bumbu unik yang ada di dapur Anda untuk menambah variasi. Sumac cocok dengan hidangan ikan, ayam, atau domba. Anda juga dapat menggunakannya untuk menambahkan nada cerah pada hidangan biji-bijian atau kacang-kacangan seperti tabbouleh, salad bulgur, hummus, atau falafel. Sumac juga merupakan bahan utama dalam campuran bumbu za’atar.

Bumbu merupakan cara yang paling sederhana sekaligus yang terpenting untuk menambah kelezatan pada hidangan Anda. Dapur yang lengkap akan bumbu serbaguna membantu Anda dalam menyiapkan masakan dengan lebih cepat dan tentunya membuat masakan terasa semakin lezat.

Jika Anda kesulitan mencari bumbu-bumbu di atas di sekitar Anda, Cairo Food akan menjadi solusi bagi Anda, karena menyediakan bumbu terlengkap yang akan menjadikan hidangan terasa istimewa. Bumbu-bumbu yang tersedia di Cairo Food juga sangat praktis, dan Anda tak perlu khawatir akan tambahan pengawet, karena bumbu Cairo Food bebas bahan pengawet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *