11 Manfaat Lemon Tea Dan Madu Untuk Kesehatan

Lemon tea adalah minuman yang rendah kalori sehingga sering dikenal sebagai minuman yang baik untuk menurunkan berat badan. Tentu saja lemon tea yang dimaksud bukanlah lemon tea dalam kemasan yang mengandung banyak gula. Kadar gula berlebih dalam lemon tea kemasan akan menutupi manfaat dari segelas lemon tea alami. Sebaliknya, dengan menambahkan beberapa sendok madu sebagai campuran lemon tea dapat menjadi minuman yang lebih lengkap nutrisi. Madu sudah dikenal sebagai bahan alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh, begitu pula dengan kandungan vitamin C pada lemon tea akan mempromosikan manfaat yang sama. Berikut manfaat lain dari campuran lemon tea dan madu bagi kesehatan.

Melancarkan Pencernaan

Campuran lemon tea dan madu dapat memperlancar sistem pencernaan dan mengurangi kembung, sembelit, serta lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap nutrisi makanan. Hal ini dikarenakan serat lemon dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan sehingga akan meningkatkaan fungsi pencernaan dan membantu menghilangkan racun di dalam tubuh. Begitu pula madu murni dapat memperkuat usus dan mempersiapkan sistem pencernaan agar terhindar dari sembelit. Minumlah lemon tea dicampur dengan madu dalam keadaan hangat 30 menit sebelum makan untuk merasakan manfaat ini.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa lemon tea pada dasarnya mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan ini akan membantu tubuh terlindungi dari infeksi penyebab penyakit. Begitu pula dengan madu yang sudah dikenal dengan antioksidan flavonoid dan polifenol yang bersifat anti-bakteri, anti-radang, dan anti-jamur. Dikarenakan manfaatnya ini, madu juga dikenal sebagai alternatif pengganti gula yang lebih sehat. Kombinasi dari lemon tea dan madu juga baik dikonsumsi saat berpuasa agar sistem imun tetap terjaga meski asupan makanan dan minuman yang berkurang.

Menurunkan Berat Badan

Meskipun rasanya yang manis tidak membuat madu menjadi bahan alami yang dapat meningkatkan berat badan. Hal ini dikarenakan madu bebas dari lemak, kolesterol, dan sodium yang menjadikannya bahan alami yang dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam takaran tertentu. Memadukan lemon tea dan madu kemudian menjadi kombinasi yang sempurna untuk mempercepat penurunan berat badan.

Lemon tea mengandung serat yang dapat menekan nafsu makan sehingga membuat frekuensi makan berkurang. Tak hanya itu, segelas lemon tea dan madu dengan air hangat yang dikonsumsi saat perut kosong akan mempercepat metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak akan lebih efektif.

Menjaga Kesehatan Kulit

Lemon memiliki kandungan oil control yang bisa membersihkan tubuh dari produksi minyak yang berlebihan. Kandungan vitamin C pada lemon ini mampu mencerahkan kulit dan mencegah munculnya keriput dan tanda-tanda penuaan pada kulit. Begitu pula dengan mencampurkan madu pada lemon tea akan meningkatkan kelembapan kulit wajah. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa humektan di dalam madu yang akan merawat kulit kering. Dengan kata lain lemon tea dapat mengatasi masalah kulit berminyak, sementara madu berfokus pada kulit kering. Oleh sebabnya dua bahan ini kerap dijadikan minuman maupun masker wajah untuk menjaga kesehatan kulit.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasa terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki. Infeksi saluran kemih akan teratasi dengan meminum antibiotik dari resep dokter. Namun siapa yang menyangka bahwa terdapat obat alami yang dapat mencegah infeksi saluran kemih yaitu lemon tea hangat dengan tambahan madu. Pada dasarnya madu adalah salah satu antibiotik alami yang berkhasiat untuk kesehatan.

Kedua jenis bahan ini akan bekerja untuk membunuh kuman penyebab infeksi, memperlancar buang air kecil, serta menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan tubuh. Mengonsumsi lemon tea dan madu setiap pagi ketika mengalami infeksi saluran air kencing, maka anda akan merasakan perubahan penyembuhan drastis.

Mencegah Batuk Dan Radang Tenggorokan

Lemon tea dan madu baik dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari maupun dijadikan minuman herbal ketika berpuasa. Dalam beberapa kasus, puasa ataupun aktivitas yang terlalu berat membuat seseorang terkena sakit tenggorokan. Meskipun jarang sekali sakit tenggorokan menyebabkan komplikasi yang serius, namun jelas kondisi ini tidak membuat nyaman. Sebagai langkah pencegahan, lemon tea dan madu dapat dikonsumsi setiap hari.

Sementara jika anda sudah terlanjur menderita radang tenggorokan, maka minum lemon tea hangat dan campuran madu dapat meredakan batuk maupun radang tenggorokan. Ramuan ini juga dikenal efektif untuk menjaga kelembapan serta menghalangi pembentukan lendir berlebihan di saluran pernapasan yang kerap menyebabkan batuk. Dikarenakan manfaatnya yang memang sudah terbukti, lemon tea dan madu sebagai minuman yang baik bagi tenggorokan banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Bahkan ini telah lama digunakan sebagai obat herbal dari pengobatan tradisional India Ayurveda.

Meningkatkan Energi

Saat aktivitas terlalu banyak beberapa orang akhirnya mengalami kurang tidur sehingga sering mengantuk dan kelelahan di siang hari. Hal ini menyebabkan produktivitas sehari-hari menurun. Kabar baiknya lemon tea dan madu dapat meningkatkan energi dan memulihkan stamina setelah berpuasa, kurang tidur, maupun keadaan pasca sakit.

Kandungan elektrolit dan senyawa penting di dalam lemon tea dan madu akan memberikan tubuh energi yang lebih maksimal. Secara khusus madu dikenal dengan kandungan glukosa dan fruktosa alami yang berkhasiat untuk mempercepat proses pemulihan tubuh termasuk pada kondisi yang telah disebutkan sebelumnya. Minum lemon tea dan madu sebaiknya dilakukan ketika pagi hari atau sore hari untuk mengembalikan energi yang hilang.

Mengontrol Kadar Asam di Tubuh

Kadar asam di tubuh biasanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti mual, muntah, linglung, sakit kepala, dan sebagainya. Rasa asam yang diberikan dari lemon juga tidak meningkatkan asam di tubuh, sehingga sebenarnya tidak memperburuk kondisi tersebut. Asam yang dihasilkan dari lemon bisa bertindak sebagai alkalin di tubuh. Senyawa ini membuat kadar asam menjadi lebih seimbang sehingga tidak menyebabkan naiknya asam lambung, gangguan kesehatan kronis, serta membuat kadar asam dalam tubuh seimbang. Begitu pula dengan madu yang sudah terkenal dapat meredakan gejala penyakit asam lambung. Jika mengalami kondisi ini, anda bisa meminum lemon tea dan madu sebelum makan dan sebelum tidur hingga gejala kadar asam berlebihan di tubuh berkurang.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada komposisi lemon, teh, dan madu pada dasarnya berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Antioksidan tersebut mencegah masuknya zat-zat berbahaya yang menjadi permulaan kerusakan sel-sel di dalam tubuh sehingga menyebabkan kanker. Selain sebagai langkah pencegahan, lemon tea dan madu juga bermanfaat bagi penyembuhan terhadap penderita kanker.

Manfaat ini termasuk mengurangi efek samping akibat kemoterapi dan radioterapi dengan meningkatkan antibody tubuh, menghambat pertumbuhan sel kanker serta menghambat metastase yaitu penyebaran sel kanker. Untuk penderita kanker mengonsumsi lemon tea dan madu bisa dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali sehari namun dengan takaran madu cukup dengan satu sendok makan saja.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Membahas kembali kandungan antioksidan pada lemon tea dan madu memang tidak bisa dipungkiri dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan minuman tersebut akan menekan terjadinya stres oksidatif yang mungkin beresiko merusak peredaran darah ke jantung. Secara khusus madu diyakini akan membantu pembesaran arteri di jantung, sehingga melancarkan sekaligus meningkatkan aliran darah ke jantung. Lebih lanjut madu juga sudah terbukti dapat mencegah pembentukan gumpalan darah yang sering dikaitkan dengan penyebab penyakit jantung dan stroke.

Mendetoksifikasi Tubuh

Dikarenakan lemon tea dan madu adalah bahan alami dengan nutrisi yang tinggi maka menawarkan sifat anti racun untuk tubuh. Lemon tea dan madu mampu membersihkan tubuh dari racun-racun penyebab penyakit sehingga selain mencegah infeksi juga mampu meminimalisir komplikasi penyakit dan gangguan kesehatan tubuh yang lebih parah. Ini juga termasuk manfaat dari lemon tea dan madu yang bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit flu.

Flu biasa terjadi ketika sistem imun menjadi lemah. Selain dibarengi dengan istirahat dan mengurangi aktivitas fisik yang dibutuhkan, mencoba ramuan lemon tea hangat dengan tambahan madu akan mendetoksifikasi tubuh. Sehingga tubuh yang sedang flu sekalipun akan merasa jauh lebih baik. Untuk mendetoksifikasi tubuh minumlah lemon tea dicampur dengan madu asli sebanyak tiga kali sehari.

Membuat Lemon Tea Madu

Minuman lemon tea madu bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan resep sederhana. Lemon tea madu bisa diminum rutin untuk menjadi minuman penyegar tubuh maupun sebagai ramuan ajaib untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini antara lain satu buah lemon yang diperas airnya, satu buah teh kantong, tiga sendok makan madu, dan satu gelas air mineral berukuran besar sekitar 500 ml.

Pertama-tama perlu memanaskan air hingga mendidih, kemudian masukkan perasan air jeruk lemon, teh kantung, dan madu. Aduk hingga merata lalu angkat air untuk dituangkan ke gelas saji. Untuk menambah kesan estetik pada minuman ini dapat menaruh irisan buah lemon di tepi gelas lalu nikmati ketika masih hangat. Minumlah lemon tea madu sebanyak 1-3 kali sehari untuk memberikan manfaat terhadap kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *