Mengenal Andaliman, Rempah Khas Batak - Cairo Food

Mengenal Andaliman, Rempah Khas Batak

mengenal andaliman rempah khas batak

Pernahkah kamu mendengar kata Andaliman? Mungkin untuk sebagian orang terutama yang berasal dari daerah Sumatra Utara nama Andaliman sudah tidak asing lagi, tetapi faktanya masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Andaliman, atau bahkan beberapa baru mendengar nama tersebut detik ini. Tapi tidak perlu khawatir, karena kami akan berusaha untuk memberikan informasi lengkap seputar Andaliman, seperti berikut ini :

Apa Itu Andaliman?

Andaliman adalah rempah yang sering digunakan pada masakan-masakan khas Batak, seperti Arsik, Nanimura, dan Mie Gomak. Sehingga rempah ini sering dijuluki sebagai rempah khas Batak atau Merica Batak. Namun secara geografis tanaman ini diduga berasal dari daerah Cina dan Himalaya.

mengenal andaliman rempah khas batak bentuk andaliman

Dalam bahasa asing Andaliman dikenal dengan nama Sichuan pepper, Szechwan pepper, Chinese pepper, Japanese pepper, Sprice pepper, Chinese prickly-ash, Fagara, Sansho, dan Nepal Pepper. Namun dalam bahasa latin ia memiliki nama Zanthoxylum Acanthopodium.

Tetapi meskipun di negara lain Andaliman sering disebut dengan nama Sichuan Pepper, faktanya Andaliman berbeda dengan Lada Sichuan. Baik dari segi rasa, warna dan aroma. Pada Andaliman wangi rempah tersebut lebih menyerupai wangi bunga mawar, sedangkan aroma Sichuan Pepper lebih mirip dengan aroma jeruk.

Habitat Asal & Sebaran

Andaliman adalah tanaman rempah liar yang tumbuh di wilayah Kabupaten Toba Samosir dan Tapanuli Utara pada ketinggian 1.200 hingga 1.500 mdpl. Rempah ini merupakan tumbuhan yang termasuk dalam famili Rutaceae (keluarga jeruk-jerukan). Berbentuk bulat kecil dan mirip seperti merica. Sebab itulah tumbuhan ini seringkali dijuluki merica batak.

Aroma yang dihasilkan buah ini cukup unik serta memberikan cita rasa pedas, getir, dan hangat berkat kandungan senyawa aromatik hydroxy-alpha-sanshool didalamnya.

Secara morfologi Andaliman memiliki batang dan daun yang ditumbuhi duri. Daun yang muda berwarna hijau di bagian atas dan agak kemerahan di bagian bawah. Buahnya tumbuh kecil-kecil secara bergerombol. Buah yang muda berwarna hijau dan akan berubah menjadi merah ketika matang. Jika digigit, buah ini akan terasa getir dan pedas.

Selain dikenal di Indonesia, khususnya di daerah Sumatera Utara. Jenis Andaliman lain juga populer di kawasan Asia Timur dan Asia Selatan, seperti China, Jepang, Korea yang kemudian dikenal dengan nama Sichuan Pepper.

Jenis Andaliman

mengenal andaliman rempah khas batak jenis andaliman

Selain Zanthoxylum acanthopodium, terdapat pula beberapa jenis lain yang masih berkerabat dengan Andaliman dan umumnya juga digunakan sebagai bumbu masakan, antara lain:

  • Zanthoxylum fagara (Afrika Subsahara, Amerika Selatan)
  • Zanthoxylum simulans (Taiwan)
  • Zanthoxylum armatum (Nepal)
  • Zanthoxylum rhesta (India)
  • Zanthoxylum piperitum (Jepang)
  • Zanthoxylum acanthopodium, Zanthoxylum nitidum, Zanthoxylum rhetsa, Zanthoxylum avicennae (Indonesia)

Budidaya

Proses pembudidayaan Andaliman sebenarnya tergolong sulit, terutama dalam proses pembibitan. Selain itu, tanaman ini hanya dapat tumbuh optimal di daerah pegunungan dengan suhu yang sejuk. Oleh sebab itu, para pelaku budidaya biasanya menggunakan bibit yang tumbuh alami di bawah tanaman induk. Yang nantinya bibit-bibit tersebut akan ditanam ulang di lahan dengan jarak tanam tertentu.

Namun yang menyenangkan adalah tumbuhan Andaliman tergolong sebagai tanaman liar, sehingga tidak memerlukan perawatan ekstra dan sebaiknya dibiarkan tumbuh alami. Karena pemberian pupuk kimia maupun organik justru menjadikan umur tanaman lebih singkat.

Usia yang cocok untuk memanen tumbuhan ini ialah ketika pohon berumur 1,5 tahun. Bila tanaman tumbuh dengan baik dan bunga tidak terganggu oleh kondisi cuaca, maka pada satu batang dapat menghasilkan 5 kg hingga 7 kg. Andaliman juga dapat terus berproduksi hingga umur 10 sampai 15 tahun.

Kandungan dan Manfaat Andaliman

mengenal andaliman rempah khas batak kandungan dan manfaat andaliman

Disamping bermanfaat untuk bumbu masakan berbagai kuliner, Andaliman juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Hal ini dikarenakan, dalam rempah tersebut terdapat kandungan nutrisi baik seperti zat antioksidan dan antimikroba. Bahkan rempah ini terdapat minyak atsiri yang mengandung senyawa geraniol, linalool dan limonen. Beberapa manfaatnya untuk kesehatan antara lain :

  • Mengatasi anemia
  • Mengatasi osteoporosis
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menghambat perkembangan bakteri (Eschericia coli, Salmonella typhimurium, Bacillus cereus, Staphylococcus aureus dan Pseudomonas fluorescens)

Tak hanya untuk kesehatan, dalam sektor pertanian dan perkebunan, Andaliman juga dapat digunakan sebagai insektisida yang dapat menghambat pertumbuhan hama bubuk jagung dari serangga Sitophilus zeamais.

Sedangkan dalam beberapa olahan, masyarakat Batak biasanya menggunakan Andaliman untuk memasak berbagai jenis kuliner, seperti

  • Sambal na tinombur
  • Sambal Andaliman
  • Arsik (ikan mas bumbu kuning)
  • Saksang (gulai babi)
  • Dengke Mas na Niura
  • Sambal Tuktuk
  • Mi Gomak, dan lain-lain.

Tempat Membeli Andaliman

Bagi kamu yang ingin coba menggunakan Andaliman dalam berbagai resep masakan mu, kamu bisa membeli rempah ini di Cairo Food. Yakni vendor makanan yang menyediakan berbagai macam rempah dan bumbu masakan dari berbagai dunia yang sudah di percaya oleh beberapa supplier besar sejak tahun 2013.

Jadi itulah, beberapa informasi yang dapat kami berikan seputar Andaliman, yakni rempah yang sering dijuluki dengan nama rempah khas Batak. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Mengenal andaliman rempah khas batak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *