Makanan Khas India

curry_thumb

Makanan Khas India – Bisa dikatakan makanan yang berasal dari India memiliki ciri dan karakter yang hampir sama dengan makanan dari timur tengah. Ciri yang menjadikan kedua makan yang berbeda wilayah tersebut sama adalah rasanya yang sama-sama kuat. Serta penggunaan rempah-rempah dan kaldu atau kari masakan yang membuatnya memiliki kesamaan. Makanan dari negara tempat film bollywood ini mulai diminati dan di gemari oleh masyarakat kita. Rasanya yang tidak terlalu asing di lidah membuatnya mudah di terima, berikut ini makanan khas dari India yang wajib kamu ketahui:

Makanan khas India

Butter Chicken

Makanan khas dari India yang satu ini merupakan kare ayam di buat dengan berbagai macam rempah-rempah pilihan. Menu yang satu ini dapat dengan mudah anda temukan pada restoran yang menyajikan masakan India. Pastinya akan terdapat makanan yang satu ini, sekilas kuliner ini sangat mirip dengan kari Jepang namun lebih kaya akan rempah-rempah. Perpaduan antara kapulaga, merica, cengkeh dan pala pastinya akan membuat lidahmu bergoyang. Selain itu butter chicken dapat membuat badan anda hangat karena kandungan rempah-rempah yang ada pada masakan ini.

Kathi Roll

Kathi roll sebenarnya merupakan salah satu makanan atau jajanan kaki lima lebih tepatnya pada negara tersebut. Kuliner ini konsep pembuatannya sekilas mirip dengan kebab yang merupakan makanan dari Turki. Hanya saja yang membuat berbeda adalah kathi roll di bungkus dengan paratha atau roti tradisional India. Kathi roll sendiri diisi dengan daging ayam, bawang bombay, cabe serta beberapa campuran bahan lainnya. Rasanya yang enak dan mudah di terima terutama masyarakat kita, membuat makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan yang laris manis.

Samosa

Makanan khas dari negeri India atau samosa ini sebenarnya merupakan snack atau camilan seperti pastel jika di Indonesia. Terbuat dari adonan tepung yang menjadi kulit dari kudapan yang satu ini dan di bentuk segitiga. Nantinya untuk isian dari makanan yang satu ini diisi dengan daging ayam atau sapi dengan aneka sayuran. Sayuran yang di gunakan untuk makanan yang satu ini seperti kentang, bawang bombay, bawang putih. Yang nantinya di padukan dengan beberapa bumbu seperti lada bubuk, merica, dan kari. Sebenarnya makanan yang satu ini diperkenalkan ke India melalui para pedagang yang berasal dari timur tengah.

Chole Bhature

Makanan dari India selanjutnya adalah chole bhature yang terbuat dari bahan dasar kacang tentu nya kacang yang di gunakan merupakan jenis kacang yang ada pada negara tersebut. Yang nantinya akan di rendam dan di fermentasi lalu di campurkan dengan yoghurt. Makanan ini jika di lihat sekilas memiliki bentuk yang menggelembung seperti bantal pada rotinya. Sedangkan pada bagian yang menjadi perhatian utama dari makanan yang satu ini adalah bumbu atau cocolan yang nantinya di makan bersama roti. Sudah kebayangkan bagaimana lezatnya makanan yang satu ini.

Tikka Masala

Tikka Masala usahakan jangan menambah huruf “H” pada nama akhir dari nama ini. Sehingga nantinya mengubah konotasi nama menjadi tikka yang bermasalah hahah. Makanan khas India yang satu ini merupakan kari daging ayam yang memiliki cita rasa dan aroma yang kuat seperti masakan India pada umumnya. Makan ini sudah sangat di kenal rasa dan kenikmatannya. Bisa di katakana makanan India ini adalah opor ayam dari India hanya saja memiliki cita rasa rempah-rempah yang kuat namun tetap enak.

Aloo Gobi

Aloo Gobi adalah makanan berupa sayuran yang dibuat dari Kentang(aloo) dan kembang kol(gobi) serta rempah india. Umumnya berwarna kuning yang disebabkan dari penggunaan kunyit. Banyak variasi dari Aloo Gobi, tapi biasanya naanya tetap sama.

Vindaloo

Vindaloo adalah sebuah masakan kari khas India yang berasal dari Goa, daerah sekitar Konkan. Vindaloo sering dikenal sebagai sebuah hidangan yang pedas dengan penambahan cuka, kentang, dan cabai.

Chana Dal

Chana Dal adalah sejenis kari yang dibuat dari kacang chickpea jenis coklat yang telah dibelah dan dikuliti.

Kari

Kari atau yang dikenal di Indonesia sebagai kare adalah nama untuk berbagai jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai cita rasa tajam.

Rogan Josh

Rogan Josh adalah sejenis Kari daging yang terkanal di Iran dan Kashmir. Umumnya dimasak dengan kambing atau domba dengan aroma yang wangi dan kental.

Nasi Biryani

Siapa yang tidak kenal nasi biryani, makanan ini adalah salah satu makanan favorit di India dan Arab. Dimasak dengan bumbu Nasi Biryani dan Beras Basmati.

Raita

Raita adalah sejenis saus yang dibuat dari Yogurt dan sayuran.

Ayam Tandoori

Ayam Tandoori secara tradisional dimasak dalam oven bawah tanah (yang disebut tandoor di India) dengan suhu tinggi. Ayam tandoori berwarna merah dan dimasak dengan bumbu tandoori.

Sambar

Sambar adalah sup sayuran atau sup krim dengan bahan utama kacang lentil, dimasak dengan kaldu asam, yang berasal dari India Selatan.

Itulah beberapa makanan dari negeri hindustan yang wajib kamu ketahui karena rasanya yang enak. Anda dapat mencari beberapa makanan khas india pada restoran khusus yang menyediakan masakan khas negeri tersebut. Semoga beberapa jenis makanan yang telah di berikan di atas bermanfaat.

Related Posts

Leave a comment