Mengenal Apa Itu Tahini Sauce

Tahini Sauce atau Saus Tahini adalah sejenis saus yang dibuat dari Biji Wijen Putih. Saus tahini terkenal sebagai bahan pendukung bagi banyak makanan Arab. Tahini atau طحينة‎ dalam bahasa arab dari kata طحن yang berarti digiling. Dibuat dengan cara menghaluskan wijen yang sudah disangrai sehingga halus dan kental seperti selai kacang. Rasanya seperti gabungan antara cream, kacang, dan sedikit rasa pahit, tapi tentu sangat unik dan bikin kangen.

Tahini terbaik dibuat dengan 4 faktor, yaitu:

  1. Jenis Wijen, Jenis wijen terbaik adalah yang berasal dari Ethiopia karena lebih banyak minyak dan lebih Gemuk dibandingkan jenis wijen lainnya. Semakin banyak kandungan minyak dalam biji Wijen, maka akan semakin baik Tahini yang dihasilkan.
  2. Teknik Sangrai Wijen, Sama seperti Biji kopi, teknik rosting atau sangrai sangat menentukan hasil dan aroma dari biji kopi itu. Ada banyak teknik dan alat sangrai pada saat ini.
  3. Waktu Sangrai Wijen, Dikarenakan biji wijen ukurannya sangat kecil, maka jika terlalu lama bisa membuat Wijen gosong atau hitam dan membuat Tahini menjadi pahit
  4. Teknik Penggilingan, Setelah Wijen disangrai, maka proses selanjutnya adalah penggilingan hingga menjadi halus dan kental seperti selai. Dahulu Tahini dibuat dengan cara dihaluskan dengan batu, sedangkan sekarang sudah banyak alat pembuat selai.

Dari ke empat faktor tersebut, biasanya Tahini terbaik dihasilkan oleh keluarga pembuat tahini yang sudah berpengalaman dari generasi ke generasi.

Terdapat dua versi Tahini, yaitu Roasted(disangrai) dan Unroasted(tidak disangrai). Hal ini memiliki banyak perbedaan dari sisi warna dan nutrisi. Tahini yang dibuat melalui proses sangrai memiliki kadar lemak lebih banyak dari yang tidak disangrai. Serta Tahini yang dibuat tanpa melalui proses sangrai akan memiliki kandungan kalsium dan protein lebih tinggi dibanding Tahini Unroasted.

Perlu diketahui bahwa Tahini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung calcium, manganese, amino acid methionine, dan omega-3 serta asam lemak omega-6.

Penggunaan Tahini

Umumnya Tahini digunakan sebagai saus untuk Salad, Campuran Hummus, Baba Ghanous, Kue, dan banyak sekali manfaatnya tergantung dari kreativitas penggunanya. Perlu diperhatikan bahwa dengan mencampurkan sesuatu yang asam seperti Perasan Jeruk Nipis dan Cuka akan membuat Tahini semakin kental. Sedangkan untuk membuatnya Encer, anda bisa menambahkan Air Panas.

Untuk pembuatan Kue, anda bisa menggunakan Tahini Sauce seperti layaknya selai kacang. Tahini biasa digunakan sebagai olesan pada dasar loyang ketika membuat baklava. Bahkan ada juga kreasi Kue seperti Cheese cake dengan Tahini.

Keunikan dari Tahini adalah tidak hanya cocok untuk makanan dengan rasa asin saja, tapi juga bisa untuk sesuatu yang manis.

Cara Simpan Tahini Sauce

Cara penyimpanan terbaik adalah dengan menutup rapat dan menyimpannya didalam kulkas jika anda akan menggunakannya dalam waktu yang lama. Sedangkan jika anda akan cepat menghabiskannya, maka bisa disimpan pada suhu ruangan.

Tempat Beli Tahini

Tahini sangat mudah didapat jika anda sedang berada di Timur Tengah baik di supermarket, maupun di toko biasa karena banyak pembuat tahini disana. Sedangkan di Indonesia masih harus import dari Arab. Jika anda ingin membeli produk tahini import, silahkan cara minimarket Arab seperti di daerah Kampung Melayu, Tanah Abang dan Condet. Namun sekarang anda bisa mendapatkan Tahini yang diproduksi lokal tanpa bahan pengawet dan tentunya fresh. Anda bisa membelinya dari link berikut, Beli Tahini. Atau hubungi 081218222610

Jual Tahini Sauce Cairo Food
Jual Tahini Sauce Cairo Food
Summary
Mengenal Apa Itu Tahini Sauce
Article Name
Mengenal Apa Itu Tahini Sauce
Description
Tahini Sauce atau Saus Tahini adalah sejenis saus yang dibuat dari Biji Wijen Putih. Saus tahini terkenal sebagai bahan pendukung bagi banyak makanan Arab
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment