Falafel – Makanan Asli Mesir Dari Zaman Firaun

Falafel Cairo Food
Falafel Cairo Food

Falafel adalah makanan yang tebuat dari adonan Kacang chickpea berbentuk bola yang digoreng dan umumnya dimakan dengan Roti Pita serta saus Tahini. Falafel adalah salah satu makanan vegetarian yang sangat sehat dan sangat disukai oleh banyak orang.

Cara membuat Falafel adalah pertama kali dengan merendam Kacang selama 12 jam dengan air biasa. Kacang tidak boleh direbus karena akan membuat nya hancur pada saat digoreng. Jika sudah direndam kacang bisa ditiriskan dan dihaluskan diblender bersamaan dengan bawang putih, parsley, biji ketumbar dan jintan serta rempah rempah lainnya. Kemudian adonan kacang ini dibentuk seperti bola bola lalu digoreng. Perlu diingat bahwa ketika menghaluskan tidak boleh terlalu halus dan juga tidak boleh terlalu kasar.

Falafel tidak mengandung kolesterol selain dari minyak yang digunakan saat menggoreng. Sebagai alternatif bebas kolesterol, anda bisa membuat falafel dengan cara dipanggang di oven atau digoreng menggunakan minyak biji anggur.

Falafel berasal dari bahasa Coptic, yaitu pha la phel yang artinya “banyak kacang”, karena memang terbuat dari banyak kacang. Umumnya Falafel terbuat dari beberapa jenis kacang seperti kacang koro, chickpeas, Fava bean, Mung Bean, dll. Di Mesir Sendiri Falafel dikenal dengan nama lain, yaitu Ta’miya yang diambil dari kata طعمية‎ yang berarti makanan.

Banyak orang percaya bahwa versi asli falafel pada Zaman Fir’aun adalah terbuat dari kacang Fava atau Koro. Namun seiring dengan waktu, penggunaan bahan dasar kacang Koro bisa digantikan dengan jenis kacang lain seperti Chickpea, Kacang Hijau, Kacang Kedelai, dll.

Falafel umumnya dinikmati dengan saus Tahina dan Roti Pita serta Torshi sebagai sarapan. Di Mesir sendiri biasanya penjual Falafel juga menjual Ful Medammes sebagai pasangannya karena terbuat dari bahan yang sama, yaitu Kacang Fava atau Kacang Koro.

Karena Falafel memang sangat populer dan termasuk makanan penting di banyak negara Arab, membuat Mc Donald di Arab memasukkan Falafel kedalam menunya, yaitu McFalafel.

McFalafel
McFalafel

Banyak sekali ide Cara penyajian Falafel saat ini seperti Menjadikannya Patty untuk Burger, Pizaa, Tacco, Waffle. Untuk bahan campurannya pun sekarang sudah beragam seperti dengan mencampurkan Buah Bit, Bayam, Wortel, dan bahan bahan sehat lainnya.

Bagi sebagian orang yang memiliki alergi terhadap kacang, harap dijadikan perhatian karena bahan utama falafel adalah dari kacang.

Repot bikin Falafel ? Beli saja Falafel yang sudah jadi di Cairo Food.

Summary
Falafel - Makanan Asli Mesir Dari Zaman Firaun
Article Name
Falafel - Makanan Asli Mesir Dari Zaman Firaun
Description
Falafel adalah makanan yang tebuat dari adonan Kacang chickpea berbentuk bola yang digoreng dan umumnya dimakan dengan Roti Pita serta saus Tahini.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Leave a comment