Cara Mengolah Bebek agar Lembut dan Tak Amis

Daging bebek adalah daging yang cukup banyak digemari oleh masyarakat luas. Bebek merupakan sajian istimewa yang biasanya hadir dalam acara tertentu. Daging bebek memiliki tekstur yang empuk jika dimasak dengan benar, serta daging bebek biasanya memiliki rasa yang lebih lezat daripada daging unggas lainnya.

Para penggemar daging bebek umumnya akan memilih membeli bebek yang sudah dimasak daripada mengolahnya sendiri di rumah. Hal ini dikarenakan daging bebek memiliki karakterisitik yang “unik” daripada ayam. Misalnya, daging bebek cenderung liat, basah, dan juga alot. Daging bebek juga cenderung memiliki bau amis yang cukup menyengat. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang jarang mengolah daging bebek sendiri di rumah.

Meski terdapat tantangannya sendiri saat mengolah bebek, tetapi bukan berarti daging bebek sulit untuk dimasak. Karena faktanya, terdapat beberapa cara mengolah bebek agar lembut dan tak amis. Sehingga Anda juga akan merasakan gurih dan lezatnya daging bebek. Berikut adalah cara mengolah bebek agar lembut dan tak amis.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Cara Mengolah Bebek agar Lembut dan Tak Amis

Beli Daging Bebek yang Segar

Sebelum mengolah bebek dan memasaknya hingga empuk dan tidak bau amis, memperhatikan kualitas bebek yang terbaik adalah suatu keharusan. Pasalnya, daging bebek yang tidak dipilih dengan tepat, mungkin akan membuat Anda kesulitan mengolahnya, karena daging bebek cenderung alot. Dalam memilih bebek, alangkah baiknya untuk memilih daging bebek yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Daging bebek dengan kriteria tersebut biasanya bertekstur kenyal dan lezat saat disantap.

Adapun beberapa tips untuk memilih bebek dengan kriteria di atas. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian warna kulit bebek, Anda harus memilih daging bebek dengan kulit berwarna putih. Cara kedua adalah cari daging bebek dengan bagian kaki yang lunak dan mudah ditekuk. Lebih lanjut, pilihlah bebek dengan bagian dada yang cenderung berisi. Selain melihat dari keseluruhan daging bebek, carilah daging yang tidak memiliki bau amis yang menyengat.

Cuci Bersih Daging Bebek

Faktor terpenting lainnya dalam mengolah daging bebek adalah dengan mencucinya hingga bersih. Karena daging bebek yang Anda beli belum tentu terjamin kebersihannya, sehingga Anda harus mencucinya lagi setelah di rumah. Saat membersihkan daging bebek, pastikan juga Anda membersihkan bulunya hingga benar-benar bersih tanpa ada yang tersisa. Hal ini harus dilakukan karena bulu bebek dapat mempengaruhi kelezatan daging.

Buang Bagian Jeroan dan Brutu

Tahap selanjutnya yaitu dengan membuang bagian jeroan dan bagian brutu. Masalah yang sering dihadapi dalam mengolah bebek adalah bau amisnya yang menyengat, dan salah satu sumber bau amis tersebut berasal dari jeroan dan brutu bebek. Itulah sebabnya, penting untuk membuang bagian tersebut agar bebek tidak bau amis.

Potong Daging Bebek dengan Benar

Daging bebek yang sudah dicuci bersih bisa langsung dipotong, namun memotong daging bebek dengan benar juga merupakan kunci agar daging bebek memiliki tekstur yang pas. Perhatikan bahwa akan lebih baik jika daging bebek dipotong dengan ukuran yang relatif sedang, yang artinya tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar.

Terdapat beberapa cara untuk memotong daging bebek dengan benar agar teksturnya pas. Pertama, khusus untuk bebek yang akan dimasak dengan cara digoreng, potonglah menjadi empat bagian dengan ukuran yang sama. Cara ini hanya berlaku untuk bebek yang akan digoreng. Sementara untuk bebek panggang, Anda biasanya harus memanggang daging bebek terlebih dahulu, dan potong daging bebek hanya jika sudah matang dan saat hendak dinikmati.

Lumuri dengan Perasan Jeruk Nipis

Perasan jeruk nipis seringkali digunakan untuk menghilangkan bau amis daging, dan memberikannya aroma yang segar tanpa merubah apa pun dari daging tersebut, termasuk daging bebek. Saat akan mengolah bebek, penting untuk melumuri seluruh bagian dagingnya dengan perasan jeruk nipis. Setelah semua bagian daging bebek telah dilumuri, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu cuci kembali hingga benar-benar bersih. Jeruk nipis memberikan aroma segar yang berguna untuk menyamarkan bau amis dari daging bebek.

Gunakan Daun Pepaya

Daging bebek yang cenderung alot, akan membuat seseorang kesulitan menyantapnya, dan jika hal ini terjadi, Anda mungkin akan kehilangan selera makan lantaran dagingnya yang tidak terkunyah dengan baik. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan daun pepaya. Bahan ini juga merupakan bahan penting untuk membuat berbagai jenis daging menjadi lebih lembut.

Daun pepaya efektif digunakan untuk membuat daging lebih empuk dan lunak. Ini dikarenakan adanya kandungan enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya. Cara menggunakan daun pepaya juga sangat mudah. Anda dapat meremas daun pepaya hingga daunnya mengeluarkan getah. Setelah itu, lumuri daun papaya pada keseluruhan daging bebek, dan diamkan sejenak selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, cuci kembali daging bebek hingga bersih.

Tambahkan Aneka Rempah dan Rebus Daging Bebek

Menggunakan rempah-rempah saat mengolah daging bebek adalah cara lainnya untuk menghilangkan bau amis daging bebek. Ini juga merupakan cara yang cukup efektif untuk membuat daging bebek menjadi lebih empuk. Bumbu dan rempah yang bisa Anda gunakan antara lain bawang putih, jahe, dan kunyit yang sudah dihaluskan. Kemudian tambahkan juga daun jeruk dan serai. Untuk membuat daging bebek menjadi lebih gurih, Anda juga bisa menambahkan garam. Rendam dan rebus daging bebek dalam aneka rempah tersebut selama satu jam.

Selain itu, untuk memaksimalkan tekstur daging bebek yang empuk dan tidak alot, Anda bisa merebus daging bebek selama minimal satu jam. Proses ini akan memastikan daging bebek menjadi lebih empuk. Anda juga bisa merebus daging bebek dengan potongan buah nanas sebagai alternatif lainnya.

Diamkan Daging Bebek Selama Semalaman

Mendiamkan daging bebek yang sudah direbus semalaman bukanlah suatu keharusan. Anda dapat melakukan cara ini hanya jika menginginkan daging bebek goreng yang gurih dan renyah. Cara ini mungkin tidak berlaku bagi bebek yang dimasak dengan cara lain. Namun untuk menghasilkan bebek goreng dengan hasil yang gurih dan renyah, Anda harus membiarkannya selama semalaman.

Masak Enak Jadi Mudah

Simpanlah di dalam kulkas dengan wadah yang tertutup sempurna, sehingga daging bebek akan senantiasa terjaga kesegarannya. Wadah yang memiliki kerapatan sempurna juga tidak akan merusak cita rasa dan tekstur daging bebek itu sendiri. Selain itu, wadah yang tertutup rapat pun akan mencegah aroma daging bebek agar tidak menyatu dengan aroma bahan makanan lainnya yang terdapat di dalam kulkas. Tekstur daging bebek juga tentu akan lebih terjaga karena tidak ada udara yang masuk ke dalam wadah. Sehingga, daging bebek yang akan diolah pun memiliki tekstur yang Anda inginkan.

Jangan Memasak Daging Bebek Terlalu Lama

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, langkah terakhir agar daging bebek terasa empuk dan tidak alot adalah dengan memperhatikan cara memasaknya. Untuk bebek yang akan digoreng, Anda harus menggunakan minyak panas yang banyak dan bersih. Setelah itu, pastikan untuk tidak menggoreng bebek terlalu lama, cukup menggorengnya sampai bagian luar bebek terlihat garing.

Hal ini juga berlaku untuk bebek yang akan dipanggang, jangan memanggangnya terlalu lama. Jika daging bebek dimasak terlalu lama, itu akan membuat daging menjadi alot dan tidak empuk, dan pastinya cara di atas menjadi sia-sia. Anda pun tidak dapat menikmati kelezatan daging bebek jika dagingnya tidak empuk.

Dengan adanya cara mengolah bebek agar lembut dan tak amis ini, Anda tidak akan kesulitan lagi dalam mengolahnya. Daging bebek pun akan terasa lembut serta tidak bau amis, sehingga Anda dapat menyantapnya kapan saja setiap kali Anda menginginkan daging bebek. Berikut adalah resep bebek goreng yang dapat Anda ikuti. Simak cara penting lainnya mengenai cara memilih, membersihkan, dan mengolah kerang yang benar di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *