10 Manfaat Teh Jati Cina Untuk Kesehatan

10 manfaat teh jati cina yang harus kamu ketahui

Teh jati cina atau jenis jati Tiongkok biasa digunakan sebagai pengobatan herbal. Teh ini cukup banyak ditemukan di pasaran Indonesia. Memiliki manfaat yang banyak membuatnya semakin dikenal banyak orang.

Sejatinya, semua jenis teh memang dikenal memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut didapat karena pada teh memiliki senyawa tertentu yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa ada banyak manfaat dari teh chamomile dan teh oolong bagi kesehatan.

Pohon jati cina memiliki nama latin Cassia angustifolia Vahl dengan memiliki daun memanjang dan bunga berwarna kuning. Pohon ini sudah lumayan banyak tersebar di Indonesia. Teh jati cina juga dikenal sebagai teh senna atau daun senna yang banyak dikonsumsi sebagai obat diet. Sebab dianggap memiliki keberhasilan sebesar 70%. Wah tinggi juga, ya. Dan ternyata teh jati cina menjadi salah satu resep jamu untuk menurunkan berat badan.

10 manfaat teh jati cina yang harus kamu ketahui menjaga daya tahan tubuh

Berikut akan dijelaskan lebih lengkap mengenai 10 manfaat teh jati cina yang harus kamu ketahui.

Mengurangi Berat Badan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa teh jati cina banyak digunakan sebagai obat diet. Dalam daun teh ini memiliki zat glikosida antrakinon yang berupa obat pencahar tubuh. Pencahar sendiri merupakan cara paling ampuh untuk mengeluarkan  feses tubuh dengan sangat signifikan itulah yang menyebabkan perut terasa mulas untuk segera BAB (Buang Air Besar).

Mengonsumsi teh ini dalam kurun waktu tertentu dapat membuat BAB menjadi lebih lancar. Lancarnya BAB dapat menyebabkan lemak akan teremulsi dalam campuran feses sehingga lemak tidak mengendap dalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa daun ini bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Lemak tidak akan tertimbun dan tidak menyebabkan berat badan bertambah.

Namun kamu juga harus sering mengonsumsi makanan agar tidak membuatmu lemas dan tak bertenaga. Sehingga aktivitas kamu tidak terganggu walau pembakaran lemak di tubuh terjadi.

Mengatasi Sembelit

Siapa yang tidak pernah merasakan sembelit? Sakit yang cukup hebat membuat kamu tidak nyaman, dan sulit menjalankan kegiatan sehari-hari, juga susahnya buang air besar menyebabkan tubuh lemas. Sembelit disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kurangnya makan makanan berserat, kurang minum air putih, dan bisa juga karena kurangnya aktivitas fisik.

Hampir sama dengan manfaat sebelumnya, bahwa dalam daun jati cina terdapat glikosida antrakinon yang mampu melunakkan penyumbatan pada usus besar. Sehingga usus besar menjadi lebih lancar dan tidak sembelit kembali. Teh jati cina berperan cukup penting bagi kamu yang ingin meredakan sembelit.

Mengobati Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan sebenarnya cukup kompleks, mulai dari sakit perut akibat bakteri ataupun infeksi lambung. Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri dalam pencernaan tentu menghambat proses kerja untuk mencerna makanan sehingga menyebabkan perut menjadi sakit.

Salah satu obat herbal yang bisa kamu minum untuk atasi hal tersebut ialah dengan teh jati cina ini. Teh ini banyak dipercaya dapat membersihkan bakteri dalam pencernaan penyebab sakit perut ataupun infeksi lambung. Bila kamu sudah merasa sakit pada perut disarankan untuk membeli daun teh cina ini segera guna meredakan sakit perut agar kamu dapat menjalankan aktivitas dengan lancar.

10 manfaat teh jati cina yang harus kamu ketahui mencegah bau mulut

Selain itu, pada teh ini juga membantu redakan perut kembung, karena teh jati cina mengandung sejenis asam yang dapat membantu usus lebih tenang dan mendorong gas tertimbun untuk keluar. Sehingga perut akan terbebaskan dari rasa kembung.

Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan suatu kondisi dimana sel kulit mati tertumpuk yang menyebabkan sebum mengendap dalam pori. Pengendapan sebum dapat menyebabkan bakteri penyebab jerawat tumbuh dan mengalami peradangan. Semakin banyak bakteri tumbuh maka peradangan semakin lebar.

Teh jati cina mengandung aseton dan etanol yang bersifat anti-bakteri untuk membasmi mikroorganisme (seperti bakteri) penyebab jerawat. Untuk penggunaannya di kulit wajah, kamu bisa seduh teh jati cina dalam air yang sedikit, untuk menghasilkan larutan kental. Lalu air tersebut, bisa kamu totolkan pada jerawat yang meradang. Ulangi beberapa kali bila air yang ditotolkan sudah kering.

Produksi sebum berlebih juga dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat. Apabila kamu mengonsumsi teh ini, produksi minyak berlebih dalam tubuh juga akan distabilkan. Artinya, kamu akan terbebas dari kilang minyak wajah, dan juga kamu akan merasakan kulit lebih sehat karena kelembapan kulit mu terjaga, sehingga jerawat jarang muncul ke permukaan.

Mengobati Penyakit Kulit

Beberapa sakit kulit disebabkan oleh bakteri yang merusak jaringan kulit, contohnya eksim. Eksim seringkali terasa gatal dan meradang kemerahan seperti bersisik. Hal tersebut dikarenakan bakteri sudah mulai merusak sel-sel kulit. Bakteri yang kerap menginfeksi adalah Staphylococcus dan Streptococcus.

Kandungan etanol pada teh ini dapat mematikan bakteri pada eksim tersebut. Caranya cukup mudah, kamu bisa konsumsi teh ini, atau untuk membantunya lebih cepat, kamu juga dapat menggunakannya pada kulit. Cukup buat seduhan teh dengan air yang sedikit sehingga menghasilkan tekstur kental. Lalu kamu olesi bagian eksim dengan teh ini. Lakukan 3 kali sehari untuk mempercepat bakteri hilang dalam kulit.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh sangat penting untuk menjalankan metabolisme tubuh. Daya tahan tubuh juga berfungsi untuk melawan segala bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Pada teh jati cina mengandung flavonoid (berupa antioksidan) yang baik untuk menjaga tubuh. Flavonoid ini bekerja untuk melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh sehingga virus dan bakteri tidak mudah masuk dan tubuhmu akan tetap sehat.

Mencegah Bau Mulut

Bau mulut dapat terjadi karena adanya bakteri yang bersarang dalam gusi, lidah, dan gigi akibat beberapa sisa-sisa makanan yang masih menempel. Bila bakteri tak kunjung dibersihkan maka dapat menyebabkan bau yang tak sedap pada mulut.

10 manfaat teh jati cina yang harus kamu ketahui teh jati cina

Tidak perlu khawatir, teh jati cina ini dapat membantu atasi masalah bau mulut. Sifat anti-bakteri teh ini akan membunuh bakteri pada gusi, lidah, atau gigi. Caranya mudah, cukup kumur-kumur dengan teh ini. Ulangi dua sampai tiga kali. Lakukan di pagi dan malam hari. Bila rutin, bau mulut kamu tidak datang kembali.

Menyehatkan Usus Besar

Usus besar ialah usus yang menyimpan feses dalam tubuh. Bila feses terus-menerus tidak dikeluarkan, justru akan membuat usus besar terserang infeksi.

Dengan teh jati cina, usus besar dapat dengan lancar mengeluarkan feses yang akhirnya tidak menjadi timbunan bakteri bagi usus besar. Sifat anti-bakteri berupa etanol dalam teh ini juga dapat membersihkan sempurna bakteri dalam dinding-dinding usus. Sehingga usus dapat menjadi lebih bersih dan sehat. Untuk menyehatkan usus besar agar tidak mudah terserang infeksi, kamu hanya perlu konsumsi teh 2 hari sekali ya.

Mengobati Wasir (Hemoroid)

Wasir atau hemoroid merupakan suatu kondisi pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum). Biasanya penyakit ini di beberapa orang disertai dengan pendarahan. Penyebab wasir ialah seringnya mengedan terlalu kencang sehingga pembuluh nadi rektum membesar.

Mengedan terlalu kencang itu bisa dikarenakan feses yang mengeras. Feses mengeras membuatnya sulit untuk keluar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada teh jati cina mampu melumatkan feses dan mudah untuk keluar. Sehingga kamu tidak perlu mengedan terlalu kencang yang dapat menyebabkan wasir. Bila dalam kurun waktu tertentu, kamu sudah tidak mengedan dengan kencang maka akan memperbaiki pembuluh nadi pada rektum sehingga tidak timbul keluar (mengecil).

Mengobati Cacingan

Cacingan bisa disebabkan karena masuknya telur cacing melalui mulut dan hidup dalam pencernaan. Cacingan dapat ditandai dengan gangguan pencernaan, terasa gatal di bagian anus, seringnya mual, dan lemas.

Bila merasakan gejala tersebut, sebaiknya opsi herbal yang dapat kamu konsumsi adalah teh jati cina. Teh ini mengandung naftalena yang baik untuk membunuh cacing. Kandungan naftalena ini banyak terdapat pada produk pembasmi cacing tubuh ataupun pada cacing tanah. Rasanya kamu tidak perlu ragu lagi bila mengonsumsi teh jati cina untuk mematikan cacing dalam tubuhmu. Minumlah seduhan teh jati cina 2 hari sekali untuk membunuh cacing dalam tubuh dan keluar melalu rektum saat BAB.

10 manfaat teh jati cina yang harus kamu ketahui

Tampaknya, mulai dari sekarang kamu harus menyediakan teh jati cina di rumahmu. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit dalam tubuhmu. Demikian informasi mengenai 10 manfaat teh jati cina yang harus kamu ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *