8 Manfaat Teh Chamomile yang Tidak Perlu Diragukan!

8 manfaat teh chamomile yang tidak perlu diragukan

Teh chamomile merupakan salah satu jenis teh yang berasal dari bunga chamomile atau kamomil. Terkenal dengan aroma yang khas, membuat teh satu ini banyak yang mencarinya.

Pada teh chamomile terdapat 3 kalori untuk berat 10 ons. Kalori ini terbilang cukup rendah bagi tubuhmu. Kamu tidak perlu merasa takut akan gendut bila meminum teh ini. Dilansir melalui fatsecret Indonesia, dalam 10 ons chamomile juga mendapat energi 12 Kj, Kalium 26 mg, dan 0,57 Karbo. Sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.

Chamomile atau sering disebut juga kamomil (Matricaria recutita) adalah bunga yang banyak tumbuh di wilayah Asia dengan memiliki 4 musim. Persebaran bunga ini sudah meluas sampai ke Amerika Utara dan Australia. Tinggi bunga ini tercatat dapat mencapai tinggi sampai 60 cm. Keren! Ternyata, chamomile ini merupakan tanaman yang terbilang liar, karena banyak terdapat di pinggir jalan, dan ladang. Namun, karena memiliki manfaat yang beragam, sudah banyak orang yang membuat lahan budidaya untuk keperluan ekonomi.

Bunga chamomile dapat dijadikan teh untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaatnya. Teh chamomile terkenal karena telah menjadi teh herbal yang banyak dikonsumsi. Pasalnya, rasanya yang nikmat dan aromanya yang khas juga harum, dikagumi oleh banyak orang. Tak heran, bila cukup banyak orang yang membelinya. Bahkan tak segan untuk mengoleksinya di rumah.

8 manfaat teh chamomile yang tidak perlu diragukan teh berkhasiat

Manfaat teh chamomile bagi tubuh tidak dapat diragukan, beberapa senyawa penting seperti flavonoid baik untuk menenangkan tubuh. Lantas apa saja manfaat lainnya dari teh chamomile ini? Silakan disimak.

Meredakan Asam Lambung

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa teh chamomile memiliki kemampuan anti-inflamasi dan anti-mikroba. Penyakit asam lambung disebabkan karena adanya peradangan atau inflamasi akibat asam lambung bergerak mundur pada kerongkongan. Untuk itu dengan bantuan teh chamomile membantu mengurangi dan menghilangkan peradangan disebut.

Alasan ramuan teh herbal chamomile dapat mengurangi asam lambung lainnya ialah karena memiliki antasida alami dalam bunganya. Antasida sendiri merupakan suatu obat meredakan sakit maag atau asam lambung. Bila kamu sudah merasa sakit karena asam lambungmu naik, rasanya perlu untuk segera meminum teh chamomile ini untuk meredakan rasa sakitnya.

Menurunkan Gula Darah

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menurunkan gula darah salah satu obat herbal pilihan ialah teh chamomile ini. Pada teh ini mengandung unsur yang dapat meningkatkan hormon dopamin dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kadar insulin dalam darah sehingga standar gula darah menjadi menurun. Hormon dopamin ini memang menjadi salah satu hormon untuk menjaga kestabilan gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa bila rutin mengonsumsi (dalam waktu tertentu) teh chamomile pada pasien yang memiliki kadar gula tinggi cukup tinggi, dapat menurunkan kadar gula 20%, lebih tinggi dari orang yang meminum air putih saja. Namun tetap perlu diperhatikan, apabila kamu mengonsumsi obat-obatan dan ingin meminum teh chamomile ini, disarankan untuk tanya lebih lanjut pada dokter.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sangat perlu diperhatikan karena jantung merupakan organ vital dalam tubuh. Bila jantung tak sehat, maka beberapa fungsi organ lain perlahan-lahan akan menjadi rusak juga. Pasalnya jantung dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh, guna memberikan senyawa aktif pertumbuhan tubuh. Bila fungsi jantung rusak, maka sistem organ lain dipastikan tidak berfungsi baik.

Solusi untuk menjaga kesehatan jantung kamu ialah teh chamomile. Antioksidan dalam teh ini cenderung dapat menjaga kesehatan jantung. Antioksidan tersebut berupa flavonoid yang termasuk zat efektif menurunkan tekanan darah, juga trigliserida penyebab kolesterol dan dapat merusak jantung.

8 manfaat teh chamomile yang tidak perlu diragukan teh chamomile

Antioksidan pada teh ini juga dapat mengendurkan tekanan pembuluh darah besar yang ada di jantung. Sehingga jantung dengan sangat mudah menerima oksigen, sehingga lambat laun dapat membaik dan semakin lancar.

Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur dapat dipicu oleh beberapa faktor, misalnya stress berkepanjangan. Teh chamomile banyak digunakan sebagai terapi pada orang yang mengalami kesulitan tidur. Sebab pada teh ini tidak mengandung kafein. Kafein sendiri merupakan suatu kandungan untuk meningkatkan kewaspadaan pada seseorang sehingga akan selalu merasa segar.

Pada teh chamomile telah diperkirakan memiliki flavonoid berupa apigenin yang dapat mengikat reseptor di otak untuk membuat seseorang mengantuk. Belum lagi ditambah dengan aromanya yang memiliki efek relaksasi sempurna, dirasa cocok bagi kamu yang mengalami gangguan tidur. Mulai Sekarang kamu bisa minum teh ini untuk meningkatkan kualitas tidur kamu agar hari esok menjadi lebih fresh.

Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan seringkali terjadi peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh ataupun penyebab lainnya seperti masuknya bakteri dalam tubuh. Meminum teh chamomile dapat mengurangi masalah pencernaan karena efek ‘antispasmodik’, yaitu sakit yang biasa terjadi pada perut atau usus karena adanya kejang, yang bisa disebabkan karena stres atau bakteri.

Karena efek teh chamomile dapat menenangkan, tentunya sangat bermaanfat bagi sistem pencernaan yang mengalami stres, akibat bentuk ketidakseimbangan pencernaan, seperti diare atau refluks. Nah, teh chamomile ini baik untuk mengelola respons stres karena sifatnya melembutkan dan meredakan peradangan. Bila rutin konsumsi teh ini maka kamu akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti ini.

Mengatasi Jerawat

Apa bisa teh chamomile mengatasi jerawat? Tentu bisa, nih. Pada chamomile terdapat antioksidan yang bagus untuk menjaga kestabilan kulit wajah apabila terserang radikal bebas seperti paparan sinar matahari, debu, dan polusi lainnya. Dalam melawan jerawat, antioksidan ini berfungsi untuk membunuh segala bakteri penyebab jerawat yang masuk ke dalam wajah.

Kamu bisa gunakan teh chamomile dengan cara berikut. Cukup seduh teh chamomile dalam wadah mangkuk, lalu hasil seduhan chamomile tersebut dekatkan pada wajah . Opsi lain kamu dapat menyeduh teh chamomile, celupkan handuk bersih pada air tersebut. Kemudian tepuk wajah dengan handuk perlahan-lahan. Usap sesekali untuk mendapat efek yang maksimal. Mudah bukan? Kamu bisa gunakan resep ini 2 kali sehari agar kulit mu bersih dari jerawat.

Meredakan Flu

8 manfaat teh chamomile yang tidak perlu diragukan teh herbal

Karena teh chamomile bersifat ‘calming‘ atau sebagai pereda, secara alami dapat menyeimbangkan kadar panas dan menenangkan peran saluran pernapasan. Flu dianggap sebagai suatu kondisi karena masuknya virus dalam sistem pernapasan dan terjadi infeksi di dalamnya. Infeksi tersebutlah yang menyebabkan terjadinya peradangan.

Teh chamomile ini sangat dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit dari radang flu yang terjadi pada saluran pernapasan, dan dapat mencegah flu menjadi kompleks. Caranya hampir mirip dengan mengatasi jerawat, cukup seduh teh chamomile dalam wadah cukup besar, lalu hirup lah uapnya sampai masuk ke dalam paru-paru dan menenangkan flu kamu.

Mengurangi Nyeri Haid

Beberapa penelitian telah mengaitkan teh chamomile dengan mengurangi nyeri haid atau menstruasi. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi teh ini selama sebulan bisa mengurangi rasa sakit akibat nyeri haid. Hal ini disebabkan karena chamomile memiliki sifat anti radang.

Selain itu, sifat antispasmodik dalam teh ini baik untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Sifat ini bekerja dalam melancarkan pendarahan pada uterus yang mengalir dari rahim, sehingga proses keluarnya darah melewati vagina tidak terasa sulit dan tidak menyebabkan nyeri.

8 manfaat teh chamomile yang tidak perlu diragukan

Apakah kalian sudah tahu manfaat teh chamomile ini? Ternyata cukup banyak, ya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *