8 Manfaat Teh Untuk Kulit Wajah: Luar Biasa

8 manfaat teh untuk kulit wajah perawatan alami

Manfaat teh sudah ada sejak zaman nenek moyang sebagai perawatan herbal suatu penyakit. Beberapa penyakit seperti flu dan pilek, dapat diredakan dengan penggunaan daun teh ini. Tahukah kamu manfaat teh juga bisa untuk kulit wajah?

Manfaat teh untuk wajah banyak diperhatikan oleh beberapa beauty influencer ataupun para skincare expert. Pasalnya, teh ternyata memiliki manfaat yang terbilang cukup banyak bagi kesehatan kulit wajah.

Penggunaan produk skincare yang berlebihan juga tidak baik untuk wajah karena dapat menyebabkan iritasi atau bahkan rentan terhadap suatu zat. Zat pada produk skincare merupakan bahan kimia yang perlu kamu perhatikan. Apabila kamu alergi pada suatu zat tertentu, maka hati-hati lah dalam pemilihan skincare. Kamu harus menyesuaikan dengan kondisi kulit, ya.

Banyak kasus terjadi pada beberapa orang yang mengalami kerusakan wajah akibat penggunaan skincare. Hal ini biasanya terjadi karena banyaknya zat aktif dan bahan kimia yang masuk ke wajah sehingga respon kulit menjadi ‘shock‘ dan tidak dapat beradaptasi dengan baik.

Seiring berjalannya waktu, produk perawatan wajah menawarkan bahan alami dalam produksinya. Contohnya menggunakan kandungan ekstrak teh. Namun produk tersebut tetap menggunakan campuran yang mengandung kimiawi, seperti larutan butelene glycol, alkohol, pengawet dan lainnya. Apakah kamu sudah pikirkan itu sebelumnya?

8 manfaat teh untuk kulit wajah perawatan alami teh mencegah penuaan

Maka teh dapat menjadi solusi untuk memberikan manfaat sebagai perawatan wajah alami kamu. Tak salah bila kamu ingin mencobanya bukan? Berikut 8 manfaat teh untuk wajah yang harus kamu ketahui!

Mengempiskan Jerawat

Manfaat teh yang pertama ialah baik untuk mengempiskan jerawat. Munculnya jerawat terkadang mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang. Jerawat yang timbul juga perlu diobati untuk mencegah terjadinya infeksi.

Jerawat sendiri merupakan keadaan akibat sel kulit mati menumpuk, atau bisa jadi karena adanya perubahan hormon. Pada wanita seringkali sebelum menstruasi terjadi perubahan hormon yang mengakibatkan jerawat timbul di wajah. Namun untuk kasus perubahan hormon, biasanya jerawat akan membaik dengan sendirinya. Walau ada di beberapa orang yang susah sekali untuk hilang dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Solusi membantu mengempeskan jerawat, ialah dengan penggunaan teh. Bila kamu meminum teh jangan langsung cepat untuk membuang ampasnya. Kamu bisa gunakan ampas tersebut sebagai masker wajah yang berjerawat. Caranya cukup mudah hanya dengan menggunakan ampas dicampur dengan sedikit air hangat, lalu oleskan pada wajah diamkan selama 10 sampai 20 menit. Cara ini terbilang cukup aman untuk mengempiskan jerawat. Kamu bisa menggunakannya 1 minggu 3 kali.

Opsi cara lain penggunaan teh, kamu bisa gunakan air seduhan teh untuk dicampur dengan produk masker organik. Menarik bukan?

Meredakan Bekas Jerawat

Manfaat teh baik untuk pemulihan bekas jerawat. Bekas jerawat juga terkadang terasa mengganggu untuk kamu yang menginginkan wajah bersih dan sehat. Bekas jerawat adalah efek dari timbulnya peradangan pada jerawat di dalam lapisan kulit. Semakin dalam letak lapisan kulit yang meradang akibat jerawat, maka bekas jerawat pun semakin membutuhkan waktu yang lama untuk hilang.

8 manfaat teh untuk kulit wajah perawatan alami teh sebagai skin care

Manfaat teh untuk wajah sudah banyak yang mengetahuinya. Pada bekas jerawat, kamu dapat menggunakan ampas teh untuk memudarkannya. Hal ini disebabkan karena sifat anti-inflamasi di dalamnya. Cukup dengan menempelkan ampas teh pada bagian bekas jerawat kamu. Lalu diamkan sampai ampas itu mengering, kemudian bilas. Kamu akan mendapatkan hasil yang sempurna setelah rutin 1-3 minggu pemakaian.

Mengurangi Kerutan atau Penuaan Dini

Siapa yang merasa sudah memiliki garis halus di usia muda? Wah, hal itu perlu diperhatikan ya. Pasalnya, itu disebabkan karena kekurangan kelembapan pada kulit.

Selain memang karena faktor usia, kerutan dan garis halus juga bisa disebabkan karena kurangnya vitamin E pada wajah. Vitamin E merupakan nutrisi terbaik untuk mengencangkan kulit. Kulit kencang tentu akan membuat kamu terlihat lebih muda.

Manfaat teh untuk kurangi kerutan atau penuaan dini, disebabkan karena kandungan vitamin E nya. Walau kandungannya tidak terlalu tinggi, namun bila kamu rutin menggunakannya akan mendapat hasil yang maksimal.

Salah satu caranya adalah dengan menjadikan air seduhan teh, untuk cuci wajah. Opsi lain kamu bisa gunakan handuk, lalu celupkan ke dalam air seduhan teh. Usap dan tepuk-tepuk handuk tersebut pada wajah sekitar 10-15 menit. Setelah 15 menit kamu bisa membilas wajah kamu. Rutinkan penggunaan setiap malam untuk hasil yang optimal.

Mencerahkan Kulit

Wajah cerah, bersih dan sehat menjadi impian semua orang. Dengan wajah yang cerah, tentu kamu akan tampil dengan percaya diri.

Manfaat teh sebagai kandungan pencerah wajah, sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, kamu perlu memperhatikan jenis teh yang kamu gunakan. Sebaiknya, gunakan teh hijau untuk memaksimalkan cerahnya kulit wajahmu. Sebab, teh hijau mengandung vitamin C yang cukup untuk mencerahkan wajahmu. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang baik dalam mencerahkan kulit wajah. Antioksidan bekerja pada sel kulit untuk melancarkan pertumbuhan sel baru yang lebih baik.

Kamu bisa gunakan ampas teh hijau sebagai masker harian kamu. Masker tersebut selain mencerahkan juga membantu mengatasi kulit kering pada wajah. Mulai sekarang, yuk siapkan teh hijau di rumah.

Melawan Radikal Bebas

Kulit wajah seringkali terpapar oleh radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi. Tahukah kamu bahwa radikal bebas yang masuk ke dalam kulit wajah dapat menyebabkan beberapa masalah kulit, yaitu jerawat, komedo, ataupun bruntus. Hal ini disebabkan karena banyaknya kotoran yang tersimpan dalam pori wajah lalu menumpuk dan menyebabkan bakteri di dalamnya. Bakteri tersebutlah yang menyebabkan peradangan penyebab jerawat ataupun bruntus di kulit wajah.

Dalam melawan radikal bebas yang ada di luar, teh memiliki kandungan polifenol yang baik untuk melawan radikal bebas. Polifenol dianggap antioksidan yang memiliki kekuatan lebih dari vitamin C dan vitamin E.

Polifenol dalam kulit wajah bekerja untuk melawan bakteri yang masuk di dalam permukaan kulit, dengan cara menstimulasi kolagen kulit untuk tetap terjaga. Kolagen kulit berfungsi untuk menangkal segala radikal bebas yang masuk ke dalam kulit wajah. Manfaat teh ternyata tidak main-main bukan?

Kamu bisa gunakan seduhan teh sebagai perawatan melawan radikal bebas. Caranya cukup mudah hanya dengan menyeduh teh dengan air hangat dalam mangkuk cukup besar lalu rendam wajah selama kurang lebih 10 sampai 30 detik. Ulangi kembali untuk hasil yang maksimal.

Mengurangi Mata Panda dan Kantong Mata

8 manfaat teh untuk kulit wajah perawatan alami manfaat teh

Manfaat teh selanjutnya adalah untuk mengurangi mata panda dan kantung mata. Mata panda seringkali terjadi akibat paparan sinar biru pada layar komputer ataupun layar handphone kamu. Sinar biru membuat mata cepat lelah dan memproduksi pigmen gelap.

Selain karena paparan sinar biru, mata panda juga bisa terjadi akibat terlalu sering terpapar sinar UV dari matahari. Kulit pada area mata merupakan kulit yang paling sensitif, sehingga bila paparan sinar UV mengenai kulit area mata kamu akan terjadi penggelapan yang cukup signifikan. Namun, ada juga yang memang sudah gen bawaan sejak lahir. Begitupun dengan masalah kantung mata. Kantung mata juga bisa terjadi karena gen atau lelahnya mata akibat terlalu sering terpapar sinar biru, bahkan kurangnya tidur.

Masalah mata panda dan kantung mata juga dapat membuat kamu merasa tidak percaya diri. Solusi alami untuk menghilangkan mata panda dan kantung mata, kamu bisa gunakan ampas teh.

Cukup gunakan ampas teh lalu oleskan pada area mata, seperti pada kelopak mata ataupun kantung mata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Kandungan anti-inflamasi yang bersifat menenangkan, dapat mengurangi kantung mata kamu yang sedang lelah. Selain itu kandungan antioksidan, polifenol, juga vitamin C dapat membantu mencerahkan mata panda kamu sehingga tampak lebih sehat dan cerah. Manfaat daun teh pada perawatan menghilangkan mata panda, bisa kamu rasakan setelah penggunaan selama 3 – 4 minggu.

Meregenerasi kulit

Tahukah kamu bahwa regenerasi kulit adalah suatu kondisi dimana kulit akan memproses pembelahan sel untuk menggantikan sel yang sudah rusak pada wajah menjadi sel yang baru. Sel baru inilah, yang membuat kulit kamu tampak lebih sehat.

Regenerasi kulit pada umumnya 14 sampai 28 hari bergantung siklus hormon pada setiap tubuh manusia. Manfaat teh, baik untuk menjaga proses regenerasi kulit kamu tetap stabil, dengan memberikan antioksidan tinggi pada kulit, sehingga pembelahan sel tidak terhambat dan dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Caranya, kamu bisa gunakan air seduhan daun teh untuk dijadikan pencuci wajah. Opsi lain kamu dapat gunakan seduhan daun teh sebagai toner wajah kamu. Cukup mudah bukan?

Melembabkan Kulit Wajah

Baik kulit kering maupun kulit berminyak membutuhkan pelembab yang cukup untuk mengikat sel yang ada di kulit wajah agar tetap stabil.

Pada daun teh terdapat kalium dan vitamin yang baik untuk melembabkan kulit wajah. Dilansir melalui situs fimela.com, produk skincare banyak yang menggunakan kalium sebagai bahan pelembap untuk produk kecantikan.

Kalium dalam daun teh bermanfaat sebagai zat pelembab untuk menahan kelebihan kadar minyak wajah. Kamu bisa gunakan daun teh sebagai toner atau masker dengan menggunakan ampas teh. Bila kulitmu kering disarankan penggunaannya setiap malam, namun untuk kulit berminyak disarankan penggunaannya 1 minggu 3 kali, ya.

8 manfaat teh untuk kulit wajah perawatan alami

Demikian informasi mengenai 8 manfaat teh yang dapat dijadikan perawatan alami wajahmu. Kamu bisa manfaatkan teh sebagai perawatan wajah tambahan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *