10 Manfaat Kacang Arab

10 manfaat kacang arab

Terdapat banyak sekali jenis kacang yang bisa dinikmati di dunia, salah satunya ialah kacang Arab. Kacang Arab ini biasanya sering kita temui sebagi oleh-oleh umroh. Namun saat ini kacang Arab tidak hanya dijual di negara asalnya saja, di Indonesia sudah banyak importir yang menjual kacang ini di pasaran. Selain karna peminatnya yang lumayan banyak, rasa yang lezat serta banyaknya manfaat yang terkandung dalam kacang ini lah yang membuat sebagian orang membelinya.

Mengenal Apa Itu Kacang Arab?

asal usul kacang arab

Nama asli dari kacang ini sebenarnya ialah Chickpeas, namun ia memiliki beberapa nama lain seperti kacang garbanzo, kacang chane atau yang biasa kita sebut dengan kacang Arab. Kacang ini termasuk jenis legum atau polong-polongan yang berasal satu family dengan kacang merah dan kacang tanah.

Chickpeas diperkirakan berasal dari Mesir kuno lalu dibudidayakan di Turki sejak tahun 3500 SM dan di Perancis pada 6970 SM. Namun untuk saat ini, negara penghasil kacang chickpeas terbanyak di dunia ialah India. Kacang Arab juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran makanan seperti salad, sup, hummus, koshari atau makanan ringan lainnya.

Kacang Arab ini juga di bedakan menjadi 2 jenis, yakni Desi dan Kabuli. Desi memiliki ukuran yang lebih kecil, warna yang lebih gelap, dan kulit yang lebih kasar. Sedangkan Kabuli ukuran kacangnya lebih besar dan lebih terang, kulitnya pun lebih halus.

kacang arab

Dipasaran, keduanya di jual dalam bentuk (kering) mentah ataupun yang sudah matang. Namun di Indonesia sendiri Chikpeas kebanyakan dijual mentah. Jika membeli Chickpeas mentah, pastikan kamu harus memasak kacang tersebut, sebab dalam kacang Arab mentah terdapat beberapa kandungan yang berbahaya.

Nutrisi Kacang Arab

Di awal tadi kita sudah menyinggung tentang banyaknya manfaat yang terdapat pada kacang arab, hal itu dikarenakan kacang ini kaya akan kandungan nutrisi. Berikut nutrisi yang terkandung pada 164 gram kacang arab atau setara dengan satu cup :

  • Kalori : 267
  • Karbohidrat : 44.7 gram
  • Gula : 7.8 gram gula
  • Serat : 12.5 gram
  • Kalsium : 80.4 miligram
  • Zat Besi : 4.7 miligram
  • Magnesium : 78.7 miligram
  • Fosfor : 274 miligram
  • Potasium : 474 miligram
  • Vitamin E : 0.6 miligram
  • Zinc : 2.5 miligram
  • Selenium : 6.1 mikrogram
  • Folat : 280 mikrogram
  • Vitamin K : 6.6 mikrogram
  • Beta Karoten : 26.2 mikrogram
  • Kolin : 69.7 miligram
  • Vitamin C : 2.1 miligram

nutrisi kacang arab

Chickpeas juga mengandung mangan dan vitamin B kompleks. Yang mana dapat dijadikan salah satu bahan makanan istimewa dan sehat bagi para vegetarianManfaat Kacang Arab bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Arab

Setelah meninjau kandungan nutrisinya yang berlimpah, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi kacang Arab :

Mengontrol Kadar Gula Darah

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan pada 19 orang, Mengonsumsi 200 gram chickpeas dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 21%. Hal ini dikarenakan terdapat serat dan protein dalam kacang Arab yang dapat mengontrol gula darah. Mengonsumsi asupan serat juga cukup dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, sehingga tubuh dapat mengolahnya secara perlahan. Sehingga kamu tidak akan mengalami lonjakan pada kadar gula.

Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi berbagai mineral seperti yang terkandung dalam kacang arab, membantu tubuh untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan vitamin B, serat, kalium, magnesium, zat besi, dan selenium nya juga dapat mendukung kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Aman untuk Kolesterol

kita semua tahu, meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, kita perlu menjaga kadar trigliserida dan kolesterol agar tetap normal. Salah satu rekomendasi makanan yang aman untuk kolesterol adalah kacang arab. Dalam sebuah studi, 45 orang yang konsumsi 728 gram kacang arab per minggu selama 12 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol hampir 6 mg/dL.

Mencegah Diabetes

Khasiat chickpeas selanjutnya adalah mencegah diabetes. Kacang ini dapat mengontrol gula darah tetap normal sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, kacang arab juga mengandung vitamin B, serat, zinc, dan mineral lainnya untuk mencegah diabetes serta penyakit kronis lainnya.

Bagus untuk Kesehatan Mental

Kacang arab mengandung selenium dan kolin yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan fungsi sistem saraf. Manfaat kolin untuk mengontrol emosi, suasana hati, memori, dan kontrol otot. Sementara selenium berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan cara berpikir. Jadi, chickpeas dapat Anda jadikan cemilan enak, sehat, dan menyenangkan.

Mengontrol Nafsu Makan

Protein dan serat dapat membantu kita untuk mengontrol nafsu makan, karena keduanya dapat membantu meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama. Begitupun dengan protein dan serat yang ada pada kacang Arab. Bahkan kandungan yang lain yang ada di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi harian, meskipun porsi makan berkurang.

Menjaga Berat Badan Ideal

Kacang Arab memiliki kepadatan kalori yang cukup rendah. Ini menunjukan meskipun banyaknya nutrisi yang terkandung dalam chickpeas ia tetap memberikan sedikit kalori untuk tubuh. Sehingga mengonsumsinya setiap hari tidak akan membuat berat badan melonjak pesat.

Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi chickpeas setiap hari dapat menurunkan risiko obesitas hingga 53%. Serta berat badan cenderung lebih stabil jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan chickpeas.

Melancarkan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam Chickpeas ialah serat yang larut dalam air, sehingga hal ini dapat membantu tubuh untuk melancarkan pencernaan. Serat yang mudah larut juga dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus, yang juga mampu mencegah risiko penyakit pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar dan kanker usus besar.

Membantu Mencegah Kanker

Radikal bebas dapat memicu kerusakan sel yang mana nantinya dapat memicu kanker. Maka dari itu, kita disarankan untuk konsumsi makanan yang tinggi antioksidan agar dapat mencegah kerusakan sel. Kacang arab salah satunya, karna ia mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang Arab mengandung kalsium dan besi yang sangat baik untuk tulang. Kandungan inilah yang turut serta berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan tulang. Meskipun mungkin kamu membutuhkan asupan kalsium dan besi dari berbagai sumber lainnya, seperti susu, daging, ataupun ikan, kacang Arab bisa menjadi alternatif lain untuk menunjang kebutuhan nutrisi ketika kamu sedang bosan dengan sumber gizi lainnya.

manfaat kacang arab

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, jika kamu rutin mengonsumsi kacang arab. Dan jika kamu berminat membeli kacang Arab, kamu bisa mendapatkannya di Cairo Food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *