Serba Serbi Guacamole, Saus Khas Meksiko

Alpukat merupakan buah favorit banyak orang yang dapat dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari dimakan langsung, hingga diolah dalam berbagai resep, seperti pada guacamole. Singkatnya, guacamole adalah bumbu, saus, atau olesan dengan tekstur kental yang menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya. Penyajian yang paling umum adalah menyantap guacamole dengan keripik dan taco. Sebenarnya, apa itu guacamole? Simak serba serbi guacamole di bawah ini.

Apa itu Guacamole?

Guacamole merupakan sajian khas berupa saus, olesan, atau salad bertekstur kental yang terbuat dari alpukat yang dihaluskan dan air jeruk nipis, kemudian dibumbui dengan garam dan daun ketumbar. Kata “guacamole” berasal dari Nahuatl (sekelompok bahasa yang digunakan oleh suku Aztec) yaitu ‘āhuacamōlli’, yang secara harfiah berarti “saus alpukat atau campuran alpukat”. Sejak tahun 1980-an penyebutan guacamole dipersingkat di Amerika, menjadi “guac”.

Guacamole terbuat dari campuran bahan yaitu alpukat, air jeruk nipis, daun ketumbar, tomat, garam, dan bawang, dan pertama kali dikembangkan di Meksiko, sehingga guacamole sering dikaitkan dengan makanan Meksiko. Bahan dari guacamole, misalnya alpukat, memberikan warna hijau pada keseluruhan guacamole, sementara tomat dan bawang berperan dalam memberikan rasa yang khas.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat guacamole selain alpukat termasuk bawang putih (segar atau bubuk), ketumbar segar, perasan jeruk nipis, sentuhan panas seperti jalapeno, dan bawang merah. Dari keseluruhan bahan-bahan tersebut, alpukat biasanya paling banyak digunakan dibanding bahan lainnya, itu sebabnya guacamole berwarna hijau.

Mengingat bahan utama guacamole – yaitu alpukat, guacamole memberikan rasa yang seperti mentega, creamy, dan sedikit rasa pedas (tergantung pada jalapeno atau merica yang digunakan). Selain itu, jenis alpukat juga menjadi faktor penentu terhadap rasa guacamole. Biasanya, alpukat matang akan memberikan rasa mentega yang khas dan lembut, serta rasa manis yang ringan, sementara alpukat yang belum matang akan memberikan rasa yang pahit.

Pembuatan guacamole sebenarnya dapat disesuaikan dengan preferensi individu. Misalnya, jika Anda pencinta kuliner pedas, tambahkan jalapeno ekstra, dan jika tidak, jangan tambahkan jalapeno. Anda bisa menggunakan merica sebagai gantinya. Jika membuat guacamole sendiri di rumah, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara di lemari es. Paparan oksigen yang terlalu lama akan memberi guacamole berubah warna, yaitu berubah menjadi kecoklatan.

Olesan berbahan dasar alpukat ini sangat populer di Super Bowl Sunday dan Cinco de Mayo. Paling sering guacamole dihidangkan sebagai saus untuk keripik, taburan taco, atau disantap dengan berbagai makanan lezat lainnya. Saus kental ini juga telah menjadi bagian dari masakan internasional sebagai bumbu, saus, dan salad.

Selain itu, karena guacamole berbahan dasar alpukat, maka guacamole juga sangat sehat, yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit, rambut, dan bahkan jantung. Alpukat juga berpotensi dalam penurunan berat badan, pencegahan kanker, serta mendukung sistem kekebalan dan pencernaan yang lebih kuat.

Sejarah Guacamole

Sejarah mengenai guacamole diperkirakan terjadi pada tahun 1500-an di mana Kekaisaran Aztec di Amerika Tengah dari Meksiko menciptakan olesan hijau cantik, yang populer menggunakan bahan yang sama yang kita nikmati hari ini, yaitu alpukat. Konon, saat itu alpukat merupakan buah favorit di daerah tersebut, dan suku Aztec menyukai “ahuaca-mulli” yang diterjemahkan menjadi campuran alpukat atau saus alpukat.

Suku Aztec menyukai guacamole, dan sajian tersebut dipercaya sebagai sebagai afrodisiak alami. Alpukat sebagai bahan utama guacamole juga mengandung lebih banyak lemak tak jenuh tunggal dan protein alami daripada buah-buahan lainnya, sehingga sangat penting untuk kesehatan mereka. Bahkan buat alpukat terdiri dari hamper 20 vitamin dan mineral. Ini membuatnya mampu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit terkait jantung, misalnya dengan mengontrol kadar kolestrol sebagian orang. Sehingga, guacamole tidak hanya disukai kara rasanya yang enak saja, tetapi juga karena guacamole baik bagi tubuh.

Di sisi lain, orang Spanyol juga menyukai suguhan tersebut, namun tidak dapat mengucapkan namanya dengan benar. Pada akhirnya, kata “guacamole” yang lebih umum digunakan saat ini kemungkinan besar berasal dari bahasa di Meksiko Tengah yang disebut Nahuatl yang diucapkan waka’mole dan huaka’mole. Kata guacamole kemudian dipersingkat menjadi “guac”, dan nama tersebut menjadi populer di tahun 1980-an.

Pada saat itu, orang Spanyol menyukai guacamole dan ingin membawanya pulang untuk diperkenalkan di wilayah mereka. Namun sayangnya, alpukat tidak tumbuh di Spanyol. Karena alasan tersebut, mereka memodifikasi saus kental ini di rumah, dengan menambahkan bahan mereka sendiri, seperti bawang bombay, daun ketumbar, dan air jeruk nipis, namun mereka mengalami kegagalan. Meski demikian, guacamole tetap diingat sebagai sajian yang lezat dan sehat, hingga akhirnya guac mendapatkan popularitas di akhir tahun 1900-an, dan dikenal sebagai makanan Meksiko yang populer di Amerika.

Di tahun 1940-an, resep guacamole akhirnya diterbitkan dan dikenal lebih luas. Lalu berlanjut pada tahun 1960-an, kampanye pemasaran dan periklanan secara tidak akurat mencoba mengasosiasikan alpukat dengan Kepulauan Pasifik. Di tahun 1970-an, para penduduk di Amerika Serikat mulai menyajikan guacamole dengan makanan Spanyol dan Mediterania. Saat ini penjualan guacamole terus meningkat, karena sangat sehat dan enak.

Saat ini, guacamole telah menjadi sajian internasional yang banyak disantap dengan berbagai jenis makanan selain hidangan Spanyol dan Mediterania. Guac juga menjadi hidangan penting pada dua waktu tertentu dalam setahun, yaitu Cinco de Mayo dan Super Bowl Sunday. Pada perayaan tersebut, guacamole dibuat berlimpah dan dinikmati oleh jutaan orang di Amerika Serikat dan sekitarnya. Pesta perayaan ini menjadi sesuatu yang unik, yang hanya terdapat dari kelezatan guacamole.

Cara Menikmati Guacamole

Guacamole menjadi suguhan yang nikmat dan menjadi cara terbaik untuk menikmati alpukat bagi para penggemarnya. Pada dasarnya, guac sangat serbaguna untuk ditambahkan ke beberapa hidangan, guacamole juga sederhaa merupakan saus kental yang sehat dan dipenuhi oleh sejumlah nutrisi, sehingga guacamole dapat ditambahkan ke dalam diet harian Anda.

Cara menikmati guacamole adalah dengan menjadikannya cocolan untuk keripik, dan taco. Guacamole juga bisa dijadikan sebagai olesan roti atau sebagai topping. Ini paling baik disajikan dengan nacho dan tortilla, dan bahkan bisa disantap sebagai salad. Namun sebagian besar orang menganggap bahwa guacamole – yang berbahan dasar alpukat ini terlalu berlemak, sehingga rasanya akan sulit untuk dikonsumsi tanpa roti atau sayuran.

Burger dan Pizza

Bumbu, saus, olesan, cocolan, dan bahkan salad, guacamole merangkap segala hal dalam satu sajian. Meski guacamole paling banyak disantap sebagai cocolan keripik atau taco, namun Anda bisa mengeksplor sajian khas yang lembut ini untuk menikmati burger atau pizza. Anda mungkin akan terkesan dengan rasanya yang lezat, terutama bagi Anda penggemar berat alpukat.

Beragam jenis burger baik itu beef burger, cheese burger, maupun burger vegetarian bisa dinikmati dengan guacamole. Selain itu, cobalah untuk mengolesi sedikit guacamole di atas potongan pizza favorit Anda, namun disarankan untuk pizza dengan topping yang ringan. Anda juga dapat menggunakan ini sebagai satu-satunya taburan pizza Anda dengan tambahan keju, bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, dan oregano kering.

Isian untuk Telur Deviled

Telur deviled mengacu pada telur rebus yang telah dikupas dan dibelah menjadi dua bagian, lalu di bagian atasnya terdapat isian pasta yang secara umum terbuat dari kuning telur, mayones, dan mustard. Anda mungkin tidak percaya, namun telur dan alpukat adalah kombinasi yang menggiurkan.

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan guac dengan telur deviled. Pertama, siapkan telur deviled, dan gunakan sesendok penuh guacamole untuk menghias telur. Cara lainnya adalah dengan melewati isian telur deviled konvensional, yaitu mayones dan mustard, kemudian gabungkan kuning telur dengan guac dan gunakan sebagai isian. Anda bisa menggunakan bubuk lada seperti cabai rawit, bubuk cabai, atau paprika dengan sejumput bubuk kunyit dan bawang putih untuk membumbui isinya. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan krim asam atau krim keju untuk meningkatkan konsistensi.

Tambahkan ke dalam Salad

Rasa guacamole yang lezat dan creamy ini bisa disantap sebagai salad. Guacamole dapat memberikan rasa alpukat yang lezat bahkan untuk resep salad dasar. Anda bisa langsung menambahkan sesendok guac ke dalam salad sayuran. Jangan ragu untuk mengeksplor lebih jauh, dengan menambahkannya pada salad ayam, salad telur, dan bahkan salad mie yang dimasak. Anda juga bisa mencampurkan guacamole dengan minyak zaitun, krim, dan menambahkan lebih banyak bumbu untuk membuat saus salad yang sempurna dan lembut.

Pasta atau Spaghetti

Bagi para pencinta mie, pasta, dan spaghetti, penggunaan guacamole yang satu ini menjadi yang paling lezat. Guacamole menambahkan sentuhan creamy yang enak, yang bisa Anda campurkan dengan makaron, pasta, atau spaghetti yang sudah dimasak. Untuk menambah rasa, Anda juga bisa menambahkan jalapeno, bacon, atau ham. Ini menjadi santapan yang tak hanya lezat, tetapi juga sehat.

Sushi

Anda pasti pernah menemukan sushi yang berisi alpukat di dalamnya. Dan hal tersebut menjadi bukti bahwa guacamole yang berbahan utama alpukat ini juga cocok disantap dengan sushi. Keseluruhan rasa dari sushi akan berpadu sempurna dengan guacamole. Cobalah tambahkan sesendok guacamole, atau jadikan guacamole sebagai saus ocolan untuk sushi seperti kecap pada umumnya.

Sayuran Segar

Jika guacamole cocok untuk salad, tentunya guac juga cocok dijadikan bahan celupan untuk sayuran segar. Anda bisa menggunakan saus ini untuk menikmati sayuran segar seperti wortel, mentimun, seledri, dan paprika, atau sayuran apa pun. Ini termasuk brokoli kukus, kacang hijau, kembang kol, dan lain sebagainya. Selain itu, rasa guacamole yang khas juga dapat menjadi pendamping yang sangat baik dengan irisan kentang panggang atau ubi panggang. Perpaduan sayuran segar dan guacamole akan menjadi sesuatu yang sangat sehat.

Manfaat Kesehatan Guacamole

Guacamole terbuat dari alpukat sebagai bahan utamanya. Alpukat merupakan buah yang mengandung nutrisi penting yang baik bagi tubuh. Misalnya, alpukat kaya akan kandungan vitamin C dan E yang dikenal berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi saraf. Vitamin ini juga bermanfaat untuk otot, ligamen, tendon, dan pembuluh darah. Alpukat juga merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal, yang dapat mengurangi kolesterol jahat dan melindungi kesehatan jantung Anda.

Lemak sehat tersebut juga berkontribusi terhadap struktur dan fungsi otak, serta membran sel lain di seluruh tubuh. Selain itu, karena lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan mengandung karbohidrat, menyantap guacamole akan membuat Anda lebih cepat kenyang. Guacamole juga mengandung sekitar 2 gram serat dalam satu porsi.

Menyantap alpukat juga berarti kadar gula Anda akan lebih terjaga, karena lemak sehat yang terdapat dalam alpukat membantu mengontrol respons glikemik tubuh. Alpukat juga mengandung sekitar 20 vitamin dan mineral yang berbeda, dan buah ini merupakan sumber folat yang baik, vitamin B yang penting untuk kesehatan sel dan DNA, dan vitamin K, yang merupakan kunci untuk kesehatan tulang, jantung, dan otak.

Di samping manfaat kesehatan yang beragam, terdapat suatu pantangan dalam mengonsumsi guacamole. Alpukat bisa tinggi kalori, dengan rata-rata alpukat mengandung lebih dari 300 kalori. Jika Anda sedang dalam diet, atau sedang mempertahankan berat badan, pilih roti gandum saat menggunakan sebagai olesan, dan kerupuk dan keripik gandum saat digunakan sebagai saus, dan makan secukupnya.

Aturan Umum Konsumsi Guacamole

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Ukuran porsi standar untuk guacamole adalah sekitar dua sendok makan, yang mengandung 45 kalori. Tetapi meskipun ukuran porsinya kecil, guacamole memiliki keunggulan dibandingkan krim asam dan saus berbahan dasar mayones. Dalam hal ini, karena alpukat mengandung banyak serat yang membuat kenyang lebih cepat, Anda mungkin akan menyantap guacamole lebih sedikit dari yang ditentukan.

Membuat Guacamole dengan Cara yang Paling Sehat

Untuk membuat guac yang sehat di rumah, lewati tambahan yang tidak sehat seperti mayones, dan tambahkan kacang atau sayuran favorit Anda, seperti paprika merah dan hijau. Guacamole buatan sendiri biasanya merupakan jenis yang paling sehat, karena Anda dapat mengatur sendiri seluruh bahan-bahannya.

Sementara guacamole yang dibeli di toko mungkin menggunakan gula, perasa buatan, dan natrium dalam jumlah besar sebagai tambahannya. Itu sebabnya akan paling baik jika membuat guacamole sendiri di rumah. Anda bisa menjadikannya sebuah camilan, atau mencelupkan sayuran seperti paprika atau wortel sebagai santapan yang lebih sehat.

Saus kental dengan alpukat sebagai bahan utamanya ini menjadi cara yang tepat untuk memberikan sentuhan berbeda pada hidangan favorit Anda. Guacamole memiliki rasa mentega dengan tekstur yang halus. Ini juga memberikan segudang manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Itulah serba-serbi guacamole, sebagai saus khas Meksiko, dengan segala keunikan dan manfaatnya. Apakah Anda salah satu penggemar berat buah alpukat? Begini cara memilih buah alpukat yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *