Profil Lengkap Juri MasterChef Indonesia, Season 1 Sampai 8

MasterChef Indonesia adalah kompetisi memasak yang ditayangkan stasiun TV swasta di Indonesia. Sejak rilis tahun 2011, MasterChef Indonesia langsung menjadi acara kuliner favorit dari semua usia. Animo masyarakat Indonesia membuat MasterChef Indonesia selalu mengeluarkan inovasi dan tayangan yang selalu fresh.

Para finalis yang berkompetisi sangat sengit membuat masyarakat ikut merasakan ketegangan yang ada. Hingga saat ini, MasterChef Indonesia sukses menyelesaikan 8 episode yang selalu mendapat rating tinggi dari pemirsa. Faktanya, tidak hanya karena pesertanya yang unik dan menarik, MasterChef Indonesia juga banyak disukai karena para jurinya yang keren dan karismatik.

Nah, untuk itu bagi anda penggemar MasterChef Indonesia, maka wajib tahu daftar juri yang pernah mengisi MasterChef Indonesia dari season 1 hingga season 8.

Chef Rinrin Marinka

Rinrin Marinka yang memiliki nama lengkap Maria Irene Susanto adalah seorang Chef dan koki selebritas Indonesia. Ia dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sejak menjadi juri pada MasterChef Indonesia season 1 hingga season 3.

Saat membintangi MasterChef Indonesia, Chef Marinka menarik perhatian pemirsa karena penilaiannya diujarkan dengan cara yang ramah. Chef Marinka mengatakan bahwa ia jarang sekali marah dan memang kepribadiannya yang cenderung friendly dibandingkan galak. Dia tak memungkiri bila saat peserta melakukan kesalahan terkadang emosi bisa muncul, namun kritik yang disampaikan pasti demi kemajuan para kontestan.

Chef Marinka juga dikenal karena membintangi berbagai acara televisi baik menjadi host, jurutama masak, maupun bintang tamu di stasiun TV dalam dan luar negeri. Beberapa acara televisi yang pernah melibatkan Chef Marinka antara lain Kuis Rejeki Ramadhan Sasa, Selebritas Siang, Selamat Pagi, Cooking in Paradise, Sendok Garpu, Sisi Kota, Dunia Laki-laki, MasterClass, JKT48 School Global TV, dan Junior MasterChef Indonesia.

Ia juga pernah berkolaborasi dengan saluran televisi makanan Singapura bernama Asian Food Channel dengan nama acara televisi Wonderful Indonesia Flavours dan At Home with Marinka. Tak hanya itu, karirnya juga pernah sampai menjadi bintang iklan pada brand bumbu ternama seperti La Rasa, Tepung Bumbu Sasa, dan Kecap Sedaap.

Tampak bahwa karir Chef Marinka selalu berkutat dalam bidang kuliner karena memang kecintaannya memasak sudah dimulai sejak ia SD. Ia menggeluti bidang memasak hingga dewasa dan mengambil jurusan French Cuisine & Patisserie di Le Cordon Bleu, Sydney, Australia. Saat ini ia tengah menikmati kehidupan bahagia rumah tangganya yang dapat dilihat melalui akun instagramnya @rinrinmarinka.

Chef Vindex Tengker

Vindex Tengker adalah koki Indonesia yang pernah menjadi juri dalam MasterChef Indonesia season 1, bersama dengan Chef Juna dan Chef Marinka. Chef Vindex Tengker sudah aktif menjadi koki sejak tahun 1991. Ia pernah bekerja cukup lama di Mallorca, Spanyol dan Los Angeles, Amerika Serikat.

Karirnya dimulai sebagai Chef di Amandari Hotel Ubud Bali di tahun 1990-an dan kemudian bergabung dengan Hotel International Four Season. Saat ini, ia menjabat sebagai koki eksekutif sekaligus President Asosiasi Culinary Professional Indonesia di Jakarta. Karirnya sebagai selebritas sangat sedikit, karena tampaknya ia berfokus pada seni memasak di restoran-restoran ternama. Kegiatan hariannya bisa diikuti melalui akun instagramnya @Chef_vindex_tengker.

Chef Vindex Tengker sudah menerbitkan 2 buku yang berjudul “Cooking Inspiration: Culinary Journey of A Chef Master With 60 Enchanting Recipes” dan “Ngelencer Ke Yogyakarta: Resep Khas dan Unik dari Keraton, Pasar Beringharjo, dan Sekitarnya”.

Chef Juna Rorimpandey

Chef Juna yang memiliki nama lengkap Junior Jhon Rorimpandey dikenal sebagai koki selebritas sejak jadi juri di MasterChef Indonesia. Menjadi juri dalam ajang memasak tersebut dilakukan bersamaan dengan tahun ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai eksekutif Chef di restoran Jack Rabbit, Jakarta pada 2011.

Chef Juna menjadi salah satu juri yang paling lama berada di MasterChef Indonesia. Tercatat ia menjadi juri pada season 1, season 2, season 5, season 6, season 7, hingga season yang paling baru yaitu season 8.

Karakternya sebagai juri dikenal sangat kejam, galak, dan memiliki kata-kata yang pedas ketika memberikan komentar. Ia adalah spesialis makanan Jepang dan Prancis karena ia mempelajarinya setelah lebih dari 12 tahun di luar negeri.

Meskipun sikapnya yang menjengkelkan bagi banyak orang, namun keterampilan masak Chef Juna patut diacungi jempol. Pasalnya ia dikenal mampu menciptakan suasana memasak yang santai dengan teknik khusus hingga menghasilkan makanan yang kelezatannya memikat lidah banyak orang.

Ia pernah membintangi beberapa acara televisi yang berkaitan dengan acara memasak seperti MasterChef Master Class Ramadhan, Hell’s Kitchen Indonesia, Arjuna, dan Ok Chef. Ia memiliki penggemar terutama para wanita karena wajahnya yang dianggap tampan dan berkharisma. Tak heran jika akun instagramnya @Junarorimpandeyofficial sudah memiliki jutaan followers.

Chef Juna sudah membuka restoran pertamanya di tahun 2016 yang dinamakan Correlate yang terletak di lantai lobi gedung menara Rajawali, Kuningan, Jakarta Selatan. Setelah itu ia juga meluncurkan restoran baru seperti Gogo Ramen serta menjadi Chef ambassador dari DailyBox.

Chef Degan Septoadji

Degan Septoadji Supriadi atau lebih dikenal sebagai Chef Degan adalah juri pada acara MasterChef Indonesia season 2 dan season 3 menggantikan Chef Vindex Tengker. Jika anda penggemar Chef Degan, anda dapat memfollow akun instagramnya @deganseptoadji.

Sebagai juri, Chef Degan cukup tegas, namun ramah ketika memberikan masukan bagi para kontestan dalam acara tersebut. Ia pernah berkata bahwa ia tak mau kontestan yang mengikuti kompetisi MasterChef Indonesia hanya memasak demi popularitas, dan bukan karena mencintai dunia kuliner.

Chef Degan mulai belajar memasak sejak kelas 2 SD ketika orang tuanya sibuk bekerja dan ia hanya seorang diri di rumah.  Pengalaman tersebut membuatnya bercita-cita menjadi juru masak atau koki karena menganggap profesi ini sangat santai.

Namun ternyata setelah dewasa, ia menyadari bahwa menjadi Chef tidaklah mudah karena adanya jam kerja yang begitu panjang, ketelitian, dan kerumitan dalam mengolah makanan yang harus sesuai dengan selera setiap orang. Kenyataan tersebut tidak menyurutkan cita-citanya hingga ia berhasil menjadi Chef yang cukup populer, bahkan saat ini telah menggeluti industri kuliner selama lebih dari 30 tahun.

Chef Degan sempat menempuh pendidikan di Berufsbildende Schule Technik II, Jerman. Ia memang dibesarkan di Jerman sehingga kuliner khas Eropa mulai dari Prancis, Jerman, dan Inggris sudah tidak asing baginya. Saat ini Chef Degan memang tidak terlalu sibuk di acara televisi, namun ia tengah mengembangkan karirnya sebagai Chef dan pengusaha, konsultan, dan pengajar di sekolah kuliner.

Chef Degan juga menorehkan sejarah yang membanggakan dalam dunia kuliner Indonesia. Setelah beberapa tahun, ia mempromosikan sajian kuliner Indonesia dengan standar Michelin Star di Eropa. Kemudian pada tahun 2017 ia kembali ke Paris dan menjadi pengajar pertama yang berasal dari Indonesia untuk mengajarkan mahasiswa di Le Cordon Bleu, salah satu sekolah kuliner terbaik di dunia.

Chef Matteo Guerinoni

Matteo Guerinoni adalah seorang mantan pembalap motor sekaligus Chef dan pemilik restoran khas Italia di Jakata dan Bali. Ia mengisi acara MasterChef Indonesia pada season 4 bersama dengan Arnold Poernomo.

Sebelum menjadi juri ia juga sempat menjadi komentator dalam acara MotoGP di stasiun televisi. Karirnya sebagai komentator acara balapan jauh lebih panjang dibandingkan perannya dalam MasterChef Indonesia. Setelah 8 tahun menjadi komentator MotoGP Indonesia, di tahun 2017 ia pindah ke MotoGP Fox Sport Asia dengan profesi yang sama. Sebagai pembalap sekaligus pengamat otomotif, Matteo juga dikenal sebagai penggemar dari pembalap F1 dan memiliki beberapa unit motor Ducati. Anda bisa melihat aktivitasnya terkini melalui akun instagramnya @matteoguerinoni33.

Meskipun karirnya sebagai pembalap lebih populer dibandingkan Chef, namun ia memiliki hobi dalam dunia kuliner. Inilah yang menjadi alasan Chef Matteo didaulat menjadi juri MasterChef Indonesia. Saat ini ia jarang tampil di TV, namun sibuk mengelola usahanya yang terkait perhotelan, kafe, gelato, dan restoran yang tersebar di Jakarta dan Bali. Matteo Guerinoni memiliki spesialis dalam bidang kuliner Italia.

Chef Arnold Poernomo

Arnold Poernomo atau yang lebih dikenal dengan Chef Arnold menjadi terkenal luas sejak ditunjuk sebagai juri dalam MasterChef Indonesia season 3 hingga 8. Chef Arnold lahir dari keluarga pecinta masak yakni dari ibu dan neneknya seorang koki sekaligus pemilik restoran. Latar belakang keluarga berperan penting dalam membawa kesuksesannya hingga sekarang.

Pada awalnya ia menjadi bintang tamu dalam MasterChef Indonesia season ke-2, sehingga ia tidak menyangka dapat bergabung menjadi juri MasterChef Indonesia bahkan menjadi juri tetap sejak season 3. Pasalnya, karirnya dulu dimulai sebagi pencuci piring ketika berada di Australia, hingga bertahun-tahun ia kemudian mempelajari teknik memasak dan menjadi Chef professional.

Motivasi Chef Arnold untuk tampil di televisi adalah karena keinginannya untuk mempromosikan masakan spesial yang ia buat kepada khalayak luas. Tak hanya itu, ia juga membagikan teknik memasak, cara penyimpanan, kebersihan, bahan baku dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses memasak ketika berada dalam Galeri MasterChef Indonesia.

Chef Arnold adalah spesialisasi dari masakan Indonesia dan masakan Western. Ia mengaku bahwa ia menyukai makanan pedas di Indonesia khususnya sambal terasi dan penyetan khas Surabaya.

Saat ini Chef Arnold tidak hanya fokus pada dunia kuliner seperti membuka beberapa restoran, namun ia juga tengah menggeluti profesi baru sebagai Chef youtuber. Bagi anda yang penasaran konten apa saja yang dibagikan oleh Chef dengan wajah khas ini, wajib untuk mengunjungi channel youtubenya Arnold Poernomo dan instagramnya @arnoldpo.

Chef Renatta Moeloek

Setelah Rinrin Marinka, akhirnya MasterChef Indonesia menggaet satu juri wanita lainnya yaitu Chef Renatta Moeloek. Alumni Le Cordon Bleu Culinary Art Paris ini, memiliki nama lengkap Puti Renatta Ratnasari Moeloek. Ia menjadi juri dalam ajang MasterChef Indonesia sejak season 5 hingga season 8 di tahun 2021.

Chef Renatta dikenal memiliki sisi feminim dan maskulin bersamaan membuat citranya sangat disukai publik. Karakteristiknya santai namun tegas, serta memberikan komentar secara blak-blakan. Chef Renatta adalah salah satu Chef paling populer diantara para juri MasterChef lainnya. Tak heran jika followers akun instagramnya @renattamoeloek sudah mencapai 2,4 juta orang.

Saat ini Chef Renatta tengah menjadi ambassador dari salah satu produk rumah tangga, menggeluti bisnis kuliner, serta berkolaborasi dengan Rumadining untuk menyajikan private dinner. Chef yang dikenal tampil cuek dan kasual ini juga dikagumi banyak kawula muda karena kecerdasannya dalam menguasai bahasa Inggris, bahasa Jepang dan bahasa Prancis.

Promo Diskon Cairo Food

Nah, itu dia daftar lengkap semua juri MasterChef Indonesia dari season 1 hingga season 8. Semua juri memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri yang membuat mereka memiliki banyak penggemar di Indonesia. Lalu, siapa juri favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *