Mengenal Ciri Khas Makanan Timur Tengah - Cairo Food

Mengenal Ciri Khas Makanan Timur Tengah

Seperti kita ketahui bahwa Wilayah Timur Tengah sangatlah luas dan memiliki beberapa negara, bahasa, budaya dan kebiasaan yang berbeda. Namun dari perbedaan tersebut, terdapat beberapa persamaan yang mendasar khususnya pada Makanan mereka. Perbedaan dan persamaan pada makanan Timur Tengah terbentuk dari ketersedian bahan baku pada suatu wilayah.

Negara negara berikut adalah termasuk bagian dari Timur Tengah, yaitu Algeria, Bahrain, Mesir , Iraq, Iran, Jordan, Kuwait, Lebanon, Libya, Mauritania, Maroko, Oman, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Syria, Tunisia, Turki, Emirate, dan Yaman.

mengenal ciri khas makanan timur tengah ciri khas bahan baku makanan timur tengah
mengenal ciri khas makanan timur tengah ciri khas bahan baku makanan timur tengah

Ciri Khas Bahan Baku Makanan Timur Tengah

  • Kacang Kacangan tertentu seperti Buncis, Lentil, Pistachio, dan sebagainya menjadi dominasi utama pada Makanan Arab. Banyak makanan yang menggunakan Lentil seperti Sup. Sedangkan untuk Kacang Pistachio sendiri umum digunakan sebagai snack atau sebagai bahan pembuat Kue khas Arab seperti Baklava.
  • Zaitun menjadi buah penting yang disukai semua orang Arab. Buahnya biasanya dijadikan sejenis acar atau asinan. Sedangkan minyaknya dimanfaatkan untuk menjadi minyak Zaitun.
  • Kebab atau daging yang ditusuk dan dipanggang sangat populer di Arab seperti Shawarma, Kufta, Kebab, dan sebagainya. Umumnya makanan Arab menyukai daging Ayam, Kambing dan Sapi.
  • Yogurt dan Keju, menjadi makanan yang sangat disukai bahkan digunakan dalam banyak resep. Umumnya banyak orang Arab yang sarapan dengan Keju.
  • Babi dan alkohol dilarang di banyak negara Arab karena alasan hukum Agama Islam. Anda bisa masuk penjara atau didenda jika ketahuan oleh pemerintah.
  • Rempah-rempah seperti jintan, kapulaga dan bawang putih sangatlah kental ada hampir disetiap resep makanan. Ketiga Rempah tersebut adalah wajib dan hampir pasti digunakan disemua masakan.
  • Roti Pita merupakan makanan pokok yang digunakan sehari hari, umumnya untuk sandwich. Bahkan di negara seperti Mesir, Pemerintah melakukan subsidi yang sangat besar untuk Roti Pita ini. Hampir di setiap kelurahan terdapat pabrik Roti.
  • Tahini, merupakan bahan yang sering digunakan dan diolah menjadi pasta/saus seperti hummus ataupun baba ghanous. Saus Tahini dibuat dari Wijen Putih dan diolah sehingga menjadi semacam saus. Tahini juga biasa digunakan sebagai makanan pembuka dan dikonsumsi menggunakan Roti Pita.
  • Kopi dan Teh yang kental selalu dikonsumsi. Pada umumnya di daerah lain menyukai Teh dan Kopi yang encer atau tidak kental, namun berbeda di Wilayah Arab, mereka menyukai Teh dan Kopi yang kental dengan waktu seduh yang lebih lama serta pemakaian Daun Teh maupun Bubuk Kopi yang lebih banyak sehingga menghasilkan minuman yang kental dan sangat pekat.

Fakta Menarik Mengenai Makanan Timur Tengah

McFalafel
McFalafel

Banyak sekali fakta menarik mengenai Makanan Timur Tengah seperti berikut,

  • Menurut sejarah, Roti pita dianggap sebagai salah satu roti tertua di dunia.
  • Restoran asal Amerika seperti KFC dan McDonald’s menyajikan dan menyesuaikan menu mereka di Arab, seperti nasi Biryani hingga falafel. McDonald’s menyebutkan dengan McFalafel.
  • Terong adalah sayuran yang paling banyak dikonsumsi di Timur Tengah.
  • Bangsa Mesir kuno menggunakan ramuan fenugreek sebagai cairan pembalseman. Hari ini, fenugreek digunakan dalam masakan dan teh.
  • Kacang fava/koro pernah dikutuk karena dianggap mengandung jiwa orang mati.
  • Saffron adalah ramuan paling mahal di dunia, harganya bisa mencapai ratusan juta per kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *