Mengenal Aromaterapi Beserta Manfaatnya

mengenal aromaterapi beserta manfaatnya

Aromaterapi adalah metode pemanfaatan minyak alami yang diekstrak dari tumbuhan herbal, akar, buah, dan pepohonan yang tumbuh di seluruh dunia. Biasanya tumbuh-tumbuhan yang dijadikan aroma terapi memiliki aroma yang harum dan enak. Aroma ini dibuat dengan tujuan meningkatkan kesehatan secara fisik maupun psikis. Karena menurut sejumlah penelitian, beberapa jenis minyak esensial terbukti memiliki efek positif untuk meningkatkan kondisi fisik dan emosional seseorang.

Minyak aromaterapi biasanya digunakan sebagai minyak pijat (massage), inhalasi dan produk kecantikan dan parfum. Aromaterapi juga bermanfaat untuk penyembuhan secara holistik, menenangkan sentuhan penyembuhan dengan sifat terapeutik dan memberikan kenyamanan emosional dalam mengembalikan keseimbangan badan.

mengenal aromaterapi beserta manfaatnya

Karena menggunakan bahan-bahan alami, maka pengobatan aromaterapi digolongkan dalam terapi herbal, yaitu terapi yang menggunakan tanaman herbal sebagai sarana pengobatannya. Aromaterapi digolongkan dalam terapi komplementer, yaitu terapi yang dilakukan untuk terapi konvensional.

Aromaterapi telah digunakan selama ribuan tahun oleh masyarakat kuno asli Amerika, Indian, Mesir dan Cina. Bahkan pengobatan tradisional Cina sudah menggunakan herbal dan minyak dari tanaman ini dalam praktik Ayurveda (pengobatan tradisional Hindu).

Definisi Aroma Terapi

mengenal aromaterapi beserta manfaatnya definisi aromaterapi

Menurut beberapa sumber, aromaterapi memiliki banyak definisi yang berbeda. Yakni :

Menurut Koensoemardiyah (2009)

Aromaterapi adalah minyak alami yang diambil dari tanaman aromatik yang dapat digunakan sebagai minyak pijat (massage), inhalasi, produk untuk mandi dan parfum.

Menurut Sharma (2009)

Aromaterapi adalah pengobatan tradisional yang memanfaatkan wangi-wangian. Istilah aromaterapi merujuk pada penggunaan minyak esensial dalam penyembuhan holistik untuk memperbaiki kesehatan dan kenyamanan emosional dan dalam mengembalikan keseimbangan badan.

Menurut Craig Hospital (2013)

Aromaterapi adalah terapi atau pengobatan dengan menggunakan bau-bauan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, bunga, pohon yang berbau harum dan enak. Aromaterapi digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, sering digabungkan untuk menenangkan sentuhan penyembuhan dengan sifat terapeutik.

Menurut Primadiati (2002)

Aromaterapi adalah salah satu teknik pengobatan atau perawatan menggunakan bau-bauan yang menggunakan minyak esensial. Aromaterapi dikenal sebagai suatu tindakan perawatan alami untuk menyembuhkan penyakit secara menyeluruh.

Jenis-Jenis Aromaterapi

mengenal aromaterapi beserta manfaatnya jenis jenis aromaterapi

Berikut beberapa tumbuhan yang dapat dijadikan minyak aromaterapi :

  • Peppermint
  • Lavender
  • Tea tree
  • Orange
  • Lime
  • Mawar
  • Chamomile
  • Hibiscus
  • Bergamot
  • Melati
  • Rosemary
  • Kayu Manis
  • Geranium
  • Gardenia
  • Cengkeh
  • Cendana

manfaat aroma terapi jenis aroma terapi

Namun jenis-jenis aromaterapi ini tidak terbatas oleh beberapa item yang telah disebutkan diatas. Karena semua jenis tumbuhan, bunga dan rempah dapat dijadikan aromaterapi yang memberikan keharum khas serta berbagai macam manfaat lainnya.

Manfaat Aromaterapi

Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat aromaterapi yang pertama ialah dapat meningkatkan kualitas tidur. Karena kandungan minyak atsirinya turut membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Jenis minyak aromaterapi yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidur, yaitu minyak lavender. Manfaat aromaterapi lavender bagus jika digunakan satu jam sebelum kamu tidur.

Merelaksasi Tubuh

Aroma minyak aromaterapi, seperti lavender dan chamomila diketahui bisa meringankan stres dan kecemasan. Adapun hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing menemukan bahwa pasien yang mendapatkan aromaterapi mengalami peningkatan signifikan terhadap suasana hatinya.

Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri yang terasa di kepala dan biasanya dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Misalnya kurang tidur, kacamata dengan resep salah, stres, suara bising, atau penutup kepala yang ketat. Aromaterapi bisa meringankan gejala sakit kepala tersebut. Beberapa jenis aromaterapi yang dipercaya dapat mengobati sakit kepala, diantaranya ada minyak aromaterapi peppermint, eucalyptus, cendana, dan rosemary.

Meredakan Mual

Minyak aromaterapi berbahan jahe, kunyit, daun mint, lemon, dan lain-lain, dapat membantu mengatasi penyakit asam lambung, mual, hingga nyeri PMS. Menurut Journal of Basic Physiology and Pharmacology tahun 2015 Minyak esensial kunyit dan jahe sudah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional di negara-negara Asia.

Meningkatkan Libido

Manfaat aromaterapi berikutnya ialah bisa meningkatkan libido. Kegunaan ini jarang sekali diketahui banyak orang. Selain itu, aromaterapi juga bisa meningkatkan keseimbangan hormon, kekuatan feminine, dan kesehatan seksual. Jenis aromaterapi yang bermanfaat meningkatkan kualitas libido, antara lain minyak sandalwood, rosemary, clary sage, geranium, ylang ylang, dan neroli.

Memperlancar Pencernaan

Manfaat aromaterapi bagi pencernaan ialah dapat meringankan sembelit, gangguan pencernaan, kembung, hingga mempercepat metabolisme tubuh sehingga lebih cepat dicerna. Salah satu jenis aromaterapi yang baik untuk pencernaan, antara lain minya yang dihasilkan dari ekstrak lemon.

Atasi Insomnia

Menggunakan aromaterapi sebelum tidur dapat mengatasi insomnia. Kamu bisa meneteskan varian minyak aromaterapi ke dalam alat diffuser. Beberapa aromaterapi terbaik untuk mengatasi gangguan insomnia termasuk lavender, chamomile, melati, benzoin, neroli, mawar, kayu cendana, dan minyak esensial ylang-ylang.

Mengatasi Nyeri Gigi

Cengkeh tak hanya dikenal sebagai rempah-rempah. Minyak atsiri dari cengkeh juga diyakini memiliki khasiat aromaterapi sebagai analgesik topikal yang berguna untuk meredakan nyeri pada masalah gigi. Selain itu, minyak aromaterapi cengkeh sering dikenal sebagai anti spasmodik, antiemetic yang mencegah mual serta muntah. serta mencegah timbulnya gas di usus.

manfaat aromaterapi

Jadi itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan mengenai aromaterapi. Dan perlu kamu ketahui bahwa setiap jenis aromaterapi baik yang berasal dari rempah, tumbuhan, buah, dan bunga memiliki manfaatnya masing-masing. Kamu bisa menggunakan berbagai varian wangi minyak aromaterapi untuk beberapa kondisi kesehatan mu, baik digunakan dalam difusser, lilin, tanaman asli, maupun sebagai pengharum ruangan. Aroma apakah yang menjadi favoritmu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *