Apa Itu Cajun Yang Mendadak Heboh Karena BTS

apa itu cajun yang mendadak heboh karena bts meal

Ledakan pesanan menu terjadi di berbagai gerai McDonals’s di Indonesia sejak Rabu, 9 Juni 2021. Ribuan antrian para driver ojek online (ojol) dan Drive Thru memenuhi setiap gerai McD di seluruh Indonesia hingga menimbulkan kerumunan, demi berlomba membeli menu spesial McD, bertajuk BTS Meal. Menu edisi spesial ini dibuat sebagai bentuk perayaan ulang tahun BTS, boyband paling populer di dunia saat ini pada 12 Juni 2021. Perusahaan cepat saji asal Amerika di Indonesia, McDonald’s Indonesia resmi bekerja sama dengan BTS dengan meluncurkan produk baru pada 9 Juni 2021, yang disebut BTS Meal.

BTS Meal dan Beragam Kehebohannya

Grup BTS yang dipimpin oleh leader RM bersama dengan Jung Kook, Jin, V, Jimin, J-Hope dan Suga ini memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia. Sejauh ini BTS telah memenangkan 430 penghargaan dan telah masuk nominasi penghargaan musik sebanyak 608, termasuk penghargaan musik tingkat internasional seperti Billboard Music Awards di Amerika Serikat. Jumlah penggemar BTS, yang dinamakan ARMY disebut-sebut sebagai anggota penggemar K-Pop terbanyak sepanjang sejarah musik korea. Maka tak heran jika apapun yang berkaitan dengan BTS memiliki daya tarik tersendiri bagi para ARMY, termasuk kehebohan BTS Meal.

Membludaknya pemesanan melalui ojol dari para ARMY menunjukkan antusiasme mereka untuk mendapatkan satu paket menu edisi terbatas ini. Gerai McD bahkan banyak yang menerapkan mode close-open sementara, untuk menangguhkan pesanan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan antrian dan memberi jeda bagi para karyawan yang bekerja non-stop sejak produk ini diluncurkan. Ternyata kehebohan tidak hanya terjadi di gerai McD. Banyak yang mengambil kesempatan dengan menjual kembali kotak atau bekas kemasan BTS Meal di situs online dengan harga fantastis, bahkan berkali-kali lipat dibandingkan harga asli paket BTS Meal.

apa itu cajun yang mendadak heboh karena bts meal

Dibalik kehebohan tersebut, isian kolaborasi BTS Meal juga menuai perhatian sendiri, karena paket menu ini diyakini sebagai menu favorit member BTS. BTS Meal dikemas dengan kotak dan gelas minuman berdesain khusus dengan logo dan warna ungu yang identik dengan BTS. Satu set menu BTS Meal terdiri dari nugget ayam, soda, kentang goreng dan dua saus spesial, sweet chili dan saus Cajun. Diantara dua saus tersebut, saus sweet chili mungkin sudah biasa ditemui, namun saus Cajun adalah saus kesukaan BTS yang memiliki cita rasa berbeda dengan saus di menu McD lainnya. Hal ini menjadikan alasan BTS Meal sangat istimewa dan layak dicoba.

Ditambah lagi saus Cajun tersebut tidak dijual terpisah dan hanya didapatkan jika membeli paketan BTS Meal seharga 51 ribu ini. Inilah alasan lain, mengapa saus Cajun pun hangat diperbicangkan pada berbagai kanal berita. Bahkan berdasarkan situs resmi McDonald’s, paket menu ini dipilih langsung oleh BTS yang terinspirasi oleh McDonald’s Korea Selatan yang menyajikan saus Cajun kesukaan para membernya.

Apa Itu Saus Cajun?

Saus Cajun dikenal juga dengan bumbu Cajun atau Cajun Spices yang merupakan bumbu rempah khas dari Lousiana, Amerika Serikat. Saus ini juga erat kaitannya dengan makanan Cajun dengan rasa pedas yang intens. Makanan Cajun adalah gaya memasak yang dikembangkan oleh suku Cajun-Acadiana, penduduk asli Prancis. Suku ini bermigrasi ke Kanada di awal abad ke-17 dan tinggal menetap di wilayah Provinsi Maritim. Akan tetapi suku Acadiana kemudian dideportasi pada abad ke-18 menuju Lousiana, negara bagian di Selatan Amerika. Saat ini masyarakat Acadiana banyak yang menjadi penduduk Amerika, Jerman, Prancis, dan Italia—yang cara hidup mereka dipengaruhi oleh budaya Cajun-Acadiana yang sederhana.

apa itu cajun yang mendadak heboh karena bts asal usul saus cajun

Sementara itu, makanan Cajun pun lahir sebagai kombinasi dari teknik memasak Afrika Barat, Prancis, Spanyol dan masakan Asli masyarakat Acadiana yang tersebar di beberapa benua. Teknik memasak gabungan ini dikembangkan oleh kelompok masyarakat imigran yang tinggal di luar negeri, sehingga harus berdaptasi dengan perubahan geografis tempat tinggalnya. Alhasil pengaruh budaya makanan menjadikan masakan Cajun pun memiliki sekumpulan rasa yang mencolok seperti yang dikenal sekarang.

Masakan Cajun merujuk pada “masakan pedesaan” yang sederhana karena dibuat dengan bahan-bahan yang seadanya yang tersedia di rumah, sehingga rasanya bervariasi. Sebelumnya masyarakat Acadiana hidup nomaden, dan sempat menetap di selatan Amerika yang mengawali para petani untuk menyesuaikan masakan dengan bahan-bahan yang ada. Secara tradisional, masakan Cajun dapat berupa tiga panci besar yang berisi nasi kukus, sosis atau hidangan laut (seafood), beragam sayuran, dan saus Cajun yang pedas.

apa itu cajun yang mendadak heboh karena bts menikmati saus cajun di rumah

Saus Cajun dibuat dengan rempah-rempah yang mencakup rasa yang digunakan dalam makanan Cajun, yang banyak digunakan oleh orang pedesaan Louisiana. Layaknya saus rempah-rempah tradisional, saus Cajun juga tidak memiliki resep dan takaran bumbu yang pasti. Meski demikian, saus Cajun pada akhirnya akan menonjolkan rasa rempah-rempah dasar yang kuat seperti oregano, thyme, bawang bombay, bawang putih dan cabai.

Saus yang didominasi oleh warna kuning-oranye ini, sebagian besar dibuat dengan minyak kedelai, air, cuka, gula, bawang bombay, pengental nabati, madu, perisa alami, penyedap rasa, lada putih, bawang merah, paprika, kuning telur dan pasta mustard. Bahan-bahan dasarnya yang sangat beragam membuat saus ini banyak dimodifikasi hingga menghasilkan resep baru dengan rasa yang tidak kalah lezat. Saus ini cocok dijadikan campuran memasakan makanan panggang, serta sebagai saus cocol pada cemilan, seperti nugget ayam dan kentang goreng pada isiian paket BTS Meal.

Menikmati Saus Cajun di Rumah

Di Indonensia saus Cajun tidak begitu dikenal masyarakat sehingga sulit ditemui dalam masakan Indonesia. Oleh sebabnya membuat saus Cajun sendiri ataupun membeli produk jadi bisa menjadi cara alternatif. Saus Cajun biasanya dapat diperoleh dari bumbu Cajun yang dijual dipasaran dalam bentuk kering atau bubuk yang dibungkus dalam kemasan siap pakai. Saus Cajun dapat dibuat juga dari bumbu Cajun yang bisa dibeli melalui online store, salah satunya di Cairo Food. Dalam bumbu saus Cajun ini sudah mengandung bawang putih, bawang bombay, paprika, garam putih, lada hitam, cabai merah, oregano, thyme, cumin, daun laurel, dan beras putih.

apa itu cajun yang mendadak heboh karena bts apa itu saus cajun

Masyarakat Amerika Selatan umumnya menggunakan saus Cajun untuk lobster air tawar, namun bumbu Cajun sebenarnya dapat dikombinasikan dengan beragam makanan lain yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Makanan Cajun juga kentara dengan rasa pedas dan harus dibumbui dengan baik. Bahan-bahan dasarnya sangat mudah ditemui di Indonesia, dan akan lebih baik jika menggunakan bumbu bubuk karena efisiensi penggunaan dan rasanya yang lebih mudah dipadukan. Beberapa bumbu dan bahan dasar yang digunakan dalam resep membuat saus Cajun adalah paprika bubuk, bawang putih bubuk, bawang bombay bubuk, cayenne, oregano kering, thyme, lada hitam, daun bawang dan cabai. Bahan-bahan ini adalah bahan-bahan yang selalu ada pada dapur umum masyarakat Acadiana hingga sekarang, serta mudah ditemukan di Indonesia.

Beberapa orang mengatakan bahwa saus Cajun terasa asam dan sedikit pedas dengan aroma bawang yang kentara, namun sebagian lagi mengatakan bahwa saus ini didominasi rasa asin dan pedas dengan rempah-rempah yang kuat. Nah, jika anda penasaran dengan rasa saus Cajun ini atau anda penggemar BTS yang ingin mencoba menikmati saus Cajun sepuasnya di rumah, dapat mencoba meraciknya sendiri dengan berbagai bumbu bubuk yang mudah dibeli pada toko grosir maupun secara online. Cairo Food menyediakan aneka bumbu dan rempah dengan aroma yang menggoda, yang sudah diracik dengan kualitas terbaik sehingga pasti akan memenuhi kebutuhan anda untuk mencoba resep saus Cajun yang fenomenal ini.

Review dan Kritik Saus Cajun BTS Meal: Worth Buying?

Kehebohan dari paket kolaborasi McDonalds dan BTS, yang disebut BTS Meal ternyata menarik perhatian banyak orang. Tidak hanya ARMY, banyak pesohor dari kalangan selebritas dan youtuber yang juga penasaran dengan menu spesial ini, terutama saus Cajun-nya yang banyak diperbincangkan. Para public figure yang sudah mencoba menu BTS Meal juga banyak memberikan komentar dan review untuk makanan ini.

Pertama, terdapat youtuber spesialis konten makanan, Kent & Grat yang membagikan review-nya terkait menu BTS Meal. Pada video bertanggal 11 Juni 2021 tersebut, Grat mengatakan bahwa saus Cajun pada menu ini lebih mirip seperti saus Big Mac namun dengan rasa yang lebih pedas. Dengan kata lain rasanya kurang mirip dengan saus Cajun yang pernah ia coba. Sementara ada pula Ria Ricis yang mengatakan bahwa saus spesial ini kurang cocok dengan lidahnya, dan memilih membeli saus McD yang original.

Youtuber Jessica Jane juga tidak ketinggalan untuk mereview paket menu BTS Meal ini. Jessica mengomentari packagingnya yang sangat unik dan cukup berdedikasi, namun ketika membuka kemasan saus Jessica mengatakan bahwa ia tidak terlalu menyukai aroma dari saus Cajun tersebut. Setelah mencoba rasanya, Jessica menemukan rasa campuran mayonaise, mustard dan tambahan bubuk paprika. Penyanyi sekaligus youtuber lainnya, Armand Maulana juga memberikan komentar yang sama atas aroma saus Cajun, namun Armand mengatakan bahwa ia cukup suka dengan rasa sausnya dan menganggapnya enak.

Sebagai catatan, saus Cajun asli sebenarnya identik dengan rasa rempah-rempah yang kaya khususnya oregano, thyme, bawang bombay, bawang putih dan cabai. Oleh sebabnya jika anda ingin mencoba saus Cajun atau beragam jenis makanan Cajun, dapat mencoba beberapa restoran di Jakarta yang sudah banyak direkomendasikan. Restoran pertama yang wajib didatangi adalah Cajun on Wheels, yang terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat. Restoran ini menyajikan menu saus Cajun, Cajun Rice Pilaf, dan Cajun Fries yang sangat layak dicoba dengan harga mulai 30 ribuan. Menu ini adalah menu a la carte sehingga perlu mengkombinasikannya dengan menu lain, yang dapat dipilih sendiri seperti udang, kepiting, lobster dan aneka menu sayuran yang disajikan dengan harga mulai dari 200 ribuan.

Sementara apabila anda ingin mencoba menu seafood lengkap dengan saus Cajun yang lezat, dapat mengunjungi restoran The Holy Crab di wilayah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Paket kepiting dan seafood Cajun yang tersedia adalah Original Cajun Crab dan Butter Cajun Crab, dengan harga mulai dari 390 ribuan. Anda juga bisa membeli saus Cajun saja dengan rasa original Cajun dan butter Cajun yang dijual mulai harga 45 ribuan untuk ukuran 250 ml. Semua produk The Holy Crab dapat dibeli secara langsung, maupun menggunakan jasa pesan antar.

Menu BTS Meal yang viral dan menyajikan saus Cajun, mungkin bagi beberapa orang sangat lezat, namun sebagian lagi tidak terlalu menyukai rasanya. Hal ini sangat lumrah, mengingat persoalan rasa bersifat personal dan subjektif. Setiap orang punya preferensi masing-masing tentang rasa favorit dan selera terhadap makanan tertentu.

Bagaimana, sudahkah anda mencoba paket BTS Meal dengan saus spesial ini?

apa itu cajun yang mendadak heboh karena bts meal
apa itu cajun yang mendadak heboh karena bts meal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *