9 Rempah untuk Atasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan gejala yang sering dialami oleh setiap orang. Meski terdengar sepele, mengalami perut kembung akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Perut kembung biasanya ditandai dengan pembengkakan yang tidak normal, atau peningkatan diameter di area perut karena adanya kelebihan gas di saluran pencernaan, terutama lambung dan usus. Namun faktanya, terdapat rempah yang disebut karminatif yang membantu meredakan gas dan mencegah kembung. Di bawah ini adalah rempah untuk atasi perut kembung. Selain mudah didapatkan, rempah di bawah ini juga memberikan manfaat yang lebih luas.

Jahe

Rempah untuk atasi perut kembung adalah jahe. Ini merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan secara luas di banyak negara. Dikenal sebagai tanaman obat, jahe banyak dijadikan bahan baku pengobatan tradisional. Manfaat jahe terhadap kesehatan yang paling populer adalah sebagai pereda mual, dan apa pun yang terkait.

Manfaat lainnya dari jahe sebagai tanaman obat adalah untuk mengobati perut kembung yang berlebihan secara efektif, serta dapat menyembuhkan banyak masalah usus lainnya seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), perut kembung dan mulas. Hal ini dikarenakan jahe mengandung senyawa minyak yang disebut terpenoid zingiberene. Ini merupakan senyawa yang memiliki sifat pro-motilitas, yang membantu mengeluarkan kelebihan gas dari usus. Untuk mendapatkan manfaatnya, minum secangkir teh jahe setelah makan untuk mengatasi perut kembung.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah yang banyak digunakan pada hidangan manis seperti roti, kue, dan bahkan minuman. Rempah ini sering ditemukan dalam bentuk bubuk dan batang. Selain sebagai bumbu, kayu manis juga merupakan rempah yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk perut kembung.

Kayu manis mengandung komponen minyak organik seperti fenil propanoid, monoterpen dan cinnamaldehyde, yang efektif dalam mengatasi perut kembung, dengan cara melepaskan gas yang terperangkap dari perut. Anda dapat mengonsumsi kayu manis dengan menjadikannya minuman yang terbuat dari kayu manis bubuk atau ekstrak kulit kayu manis dan mencampurnya dengan air putih hangat. Minuman ini akan mengaktifkan otot usus dan sekresi pencernaan serta mencegah kelebihan gas, yang berdampak pada perut kembung.

Jintan

Jintan atau yang disebut juga dengan cumin dalam bahasa Inggris adalah rempah yang efektif untuk mengatasi perut kembung. Bumbu masakan sekaligus obat alami ini mengandung minyak atsiri yang memiliki kandungan seperti cuminaldehyde, cymene dan senyawa terpenoid dikemas dengan fitur anti kembung yang efektif dalam memberikan kelegaan dari gas dan kram perut.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada jintan juga membuatnya efektif dalam menenangkan perut yang teriritasi dan meningkatkan pencernaan. Karena ini juga merupakan bagian dari bumbu masakan, untuk memperoleh manfaat dari jintan bisa dengan menjadikanya sebagai bumbu, atau diminum dengan segelas air untuk membantu meningkatkan fungsi kelenjar ludah dan asam lambung untuk meningkatkan pencernaan.

Ketumbar

Ketumbar adalah rempah lainnya untuk atasi perut kembung. Ketumbar banyak digunakan sebagai bumbu di negara-negara Asia dan Timur Tengah. Di Indonesia, ketumbar paling sering dipasangkan dengan ayam goreng, dendeng, dan juga sup. Ketumbar termasuk salah satu dari banyaknya bumbu serbaguna, yang juga dapat digunakan sebagai bumbu dari minuman.

Selain digunakan dalam dunia kuliner, bumbu yang satu ini juga memberikan manfaat yang luas terhadap kesehatan, termasuk untuk mengatasi perut kembung atau menghilangkan kelebihan gas dari usus. Anda bisa mencampurkan daun ketumbar cincang atau satu sendok teh biji ketumbar dengan buttermilk dan letakkan dalam lemari es selama 30 menit dan konsumsi minuman dingin untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, sakit perut, dan perut kembung.

Adas

Adas adalah rempah yang biasa digunakan pada hidangan seperti sup atau salad untuk menambah rasa. Hidangan lainnya seperti ikan dan ayam juga dapat dibumbui dengan adas. Ini telah lama digunakan sebagai bumbu dapur sekaligus sebagai obat alami yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Biji adas kebanyakan dimakan setelah makan dan menjadi penyegar mulut yang baik. Adas juga berpotensi untuk mengatasi perut kembung yang tentunya membuat seseorang merasa tak nyaman.

Rempah ini memiliki sifat antimikroba dan emetik yang ampuh dalam mengatasi masalah terkait, misalnya meredakan mual, meningkatkan proses pencernaan, dan membantu menghilangkan makanan yang tidak tercerna, gas yang terperangkap dari tubuh. Minyak esensial yang terdapat pada adas juga berpotensi merangsang sekresi cairan pencernaan dan lambung, mengurangi radang lambung dan usus, dan membantu memfasilitasi pemecahan dan penyerapan partikel makanan oleh lambung, usus, dan sel-sel lain di dalam tubuh, sekaligus menggagalkan kelebihan gas di saluran pencernaan dan mengatasi perut kembung.

Beberapa komponen minyak atsiri pada adas juga mengandung sifat antibakteri dan juga bertindak sebagai disinfektan. Sementara asam amino seperti histidine berperan sebagai obat alami yang membantu pencernaan dan mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan, sehingga dapat menjadi obat alami yang efektif dalam menyembuhkan diare. Pada dasarnya, adas merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat luas, terlebih dalam hal pencernaan.

Lada Hitam

Sebagai bumbu serbaguna, lada hitam memiliki banyak manfaat dalam segala aspek, yang termasuk manfaat sebagai bumbu dan pengobatan. Lada hitam identik dengan rasa yang pedas dan hangat, yang cocok untuk dipadukan dengan hidangan apa pun, mulai dari hidangan gurih seperti semur, steak, atau salad, serta hidangan manis seperti kue.

Lada hitam mengandung senyawa beraroma yang disebut piperine, yang mana senyawa tersebut merupakan komponen penting dari lada hitam yang berkhasiat dalam segala hal. Senyawa tersebut juga telah terbukti meningkatkan pencernaan dalam berbagai cara. Pertama, piperine merangsang pelepasan enzim pencernaan tubuh Anda, yang bertanggung jawab untuk memecah makanan yang kita makan. Selain itu, lada hitam juga membantu tubuh Anda menyerap nutrisi dengan lebih mudah, dan dapat membantu meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan.

Manfaat lainnya dari lada ialah membantu mengatasi perut kembung dan mencerna makanan karena efeknya dalam merangsang produksi asam klorida, yang dihasilkan secara alami oleh perut untuk pencernaan protein dan komponen makanan lainnya. Ini tentunya akan sangat membantu bagi individu yang menghasilkan lebih sedikit asam klorida.

Individu dengan kondisi tersebut akan merasakan beberapa dampak terkait yaitu perut kembung, mulas, serta gangguan pencernaan. Namun, lada hitam mampu mengatasi masalah tersebut. Ia juga diketahui dapat mengurangi pembentukan gas usus dan merupakan solusi alami untuk masalah perut kembung. Sehingga, jangan ragu untuk menggunakan lada hitam dalam kehidupan sehari-hari. Karena selain memberikan rasa yang lezat, ia juga menawarkan manfaat kesehatan yang beragam.

Lada Putih

Lada putih merupakan varietas lainnya dari lada yang berasal dari buah beri yang dipetik setelah matang. Lada putih diperoleh dengan cara merendam buah beri yang diambil dari tanaman lada untuk difermentasi. Kemudian, lapian terluarnya dihilangkan agar hanya menyisakan biji bagian dalam yang berwarna terang.

Hampir serupa dengan lada hitam, varietas lada yang satu ini memiliki rasa pedas yang lebih ringan daripada lada hitam, dan paling cocok dipadukan pada masakan Asia, terutama masakanan Vietnam dan Cina. Ketika digunakan sebagai bumbu masakan, lada putih akan memberikan rasa pedas yang aromatik pada hidangan.

Dalam hal ini, lada putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, melainkan juga sebagai obat alami yang berguna untuk memerangi gas dan sembelit. Hal ini dikarenakan tindakan anti-spasmodik lada putih mampu menenangkan usus, mengembalikan kekencangan otot-otot usus besar yang kendur dan membantu meringankan sembelit.

Lebih lanjut, lada putih juga berpotensi dalam meningkatkan nafsu makan. Efek termogeniknya membantu membakar kalori, dan merupakan obat rempah yang sangat berharga untuk mengoptimalkan sistem pencernaan. Dengan sedikit rasa pedas yang khas, lada putih cocok digunakan dalam sup bening dan kental, sayuran tumis atau panggang untuk mengatasi masalah kesehatan terkait perut kembung. Ini memiliki efek termogenik (membantu membakar kalori) dan

Asafoetida

Asafoetida adalah resin dari bagian bawah tanah tanaman Ferula asafoetida. Tanaman ini memiliki bau menyengat yang tidak sedap, yang disebut dengan “stinking gum” dalam bahasa Inggris. Tanaman ini berasal dari Afganistan Barat dan Iran Timur. Jenis tanaman ini paling banyak digunakan di India, baik sebagai bumbu masakan maupun sebagai komponen dari banyak pengobatan tradisional.

Dalam pengobatan herbal tradisional India, asafoetida digunakan untuk kondisi paru-paru serta gangguan pencernaan. Tanaman ini mengandung senyawa yang mencegah penggumpalan darah serta mengontrol tekanan darah. Manfaatnya bahkan lebih luas lagi, salah satu manfaat yang paling umum dari asafoetida ialah mampu mencegah gangguan pencernaan dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Kemampuannya dalam mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan adalah dengan meningkatkan aktivitas enzim pencernaan. Selain itu, manfaat terkait lainnya dari asadoetida adalah mengurangi kelebihan gas pada perut yang menyebabkan perut kembung. Menurut National Library of Medicine, asafoetida juga memiliki aktivitas antijamur dan antiradang serta dapat digunakan untuk menurunkan gula darah.

Kapulaga

Kapulaga merupakan bumbu aromatik yang merupakan bagian dari keluarga jahe. Dengan aromanya yang harum, kapulaga banyak digunakan pada hidangan seperti makanan yang dipanggang, kari, atau bahkan untuk menambah bumbu pada teh chai. Keserbagunaannya sebagai bumbu membuat kapulaga populer di banyak negara termasuk Guatemala, Malaysia, dan Tanzania. Selain digunakan sebagai penyedap, kapulaga juga digunakan sebagai obat yang mengatasi sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Seperti jahe, kapulaga dapat membantu Anda mengurangi gas setelah makan dan gangguan pencernaan. Kapulaga mengandung minyak atsiri yaitu menthone yang membantu meringankan masalah pencernaan seperti perut kembung, keasaman, sakit perut, dan gangguan pencernaan. Hakikatnya, kapulaga adalah bumbu dengan stimulan pencernaan dan karminatif yang baik.

Perut kembung adalah gangguan umum di mana terdapat penumpukan zat di saluran pencernaan. Hal ini tentunya akan membuat seseorang tidak nyaman. Namun, gangguan perut kembung bukanlah masalah besar, karena terdapat banyak rempah yang ampuh untuk mengatasi perut kembung. Dengan adanya rempah-rempah di atas, Anda tak perlu lagi merasa tidak nyaman saat mengalami perut kembung. Ingin mengatasi stres secara alami dengan kayu manis? Cari tahu selengkapnya melalui tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *