9 Hidangan dari Kurma

Saat berbuka puasa, seringkali kita menyajikan kurma untuk dimakan langsung. Buah asli Arab Saudi, Iran, dan Irak ini memiliki rasa manis yang begitu lezat, yang dapat menambah energi terutama setelah seharian berpuasa. Buah kurma tak hanya dapat dimakan langsung saja, ia dapat diolah ke dalam berbagai resep termasuk resep manis dan gurih. Apa saja hidangan dari kurma? Berikut penjelasannya.

Kue Puding Kurma

Hidangan dari kurma yang pertama adalah kue puding kurma. Seperti yang kita ketahui, ini adalah makanan penutup berupa kue yang berisi puding. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut, yang mirip dengan tekstur kue yang sedikit padat tetapi juga lembut saat dipotong. Puding biasanya dijadikan sebagai bahan adonan atau sebagai topping.

Umumnya, hidangan kue puding ini menggunakan puding instan agar lebih praktis dan juga dapat dihidangkan dengan cepat. Kombinasi kue dan pudding ini menghasilkan rasa yang begitu lezat, yang cocok dijadikan makanan penutup. Kue puding bisa dibuat dengan aneka rasa, mulai dari rasa vanilla, coklat, hingga kurma.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Kue puding kurma menawarkan rasa yang manis dan lezat, yang sangat cocok untuk dijadikan menu pencuci mulut. Meskipun rasa dari kue puding kurma terasa lezat, menambahkan suguhan lainnya akan melengkapi hidangan pencuci mulut ini. Kue puding kurma bisa disajikan bersama es krim, buah-buahan, atau kombinasi keduanya.

Pisang Goreng Kurma

Pisang goreng adalah sajian menarik yang dapat dijadikan camilan dengan rasa yang begitu lezat. Camilan ini tak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di Malaysia dan Singapura. Seperti namanya, pisang goreng adalah camilan yang terbuat dari buah pisang yang digoreng. Pisang akan dikupas dan dipotong sesuai keinginan, dan dibaluri dengan adonan kental yang terbuat dari campuran tepung, gula, dan sedikit garam. Pisang akan digoreng hingga berwarna coklat keemasan.

Bahan utama dari pisang goreng adalah buah pisang, tetapi tak menutup kemungkinan untuk membuat variasi yang berbeda, misalnya dengan kurma. Pisang goreng kurma adalah camilan yang terbuat dari pisang yang telah dipipihkan, kemudian ditambahkan kurma di dalamnya. Pisang goreng kurma dengan tepung akan terasa renyah dan memiliki rasa manis yang berasal dari pisang dan kurma.

Camilan ini sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa, dan bisa dijadikan sebagai makanan pendamping teh atau kopi. Untuk menambah rasa dan memperindah tampilannya, pisang goreng kurma bisa diberi tambahan topping sesuai selera, misalnya dengan parutan keju, susu kental manis, atau selai coklat dan stroberi.

Fudgy Brownies kurma

Fudgy brownies adalah brownies dengan tekstur yang lengket, lembut, namun tetap padat. Fudgy brownies menggunakan rasio mentega dan coklat yang lebih banyak daripada cakey brownies. Coklat yang digunakan adalah berupa dark chocolate atau chocolate chips agar hasil akhirnya memiliki tekstur yang sedikit lembab di dalamnya.

Meski fudgy brownies ini memiliki tekstur yang lembut dan lembab di bagian dalam, namun bagian luarnya memiliki tekstur yang padat, sehingga ketika digigit, fudgy brownies menghasilkan tekstur yang padat namun lembut dengan coklat yang sedikit meleleh di dalamnya. Ini adalah sajian kue yang dapat divariasikan dengan kurma.

Kurma merupakan buah yang memiliki rasa manis, sehingga akan sangat cocok dipadukan dengan fudgy brownies. Rasa manis dari kurma juga akan melengkapi sajian ini, dan bahkan Anda bisa membuatnya tanpa gula karena kurma adalah pemanis alami. Anda bisa membuat hidangan ini dengan menambahkan topping di atasnya, baik itu keju parut, kacang almond, atau oreo.

Muffin Kurma

Muffin memiliki ukuran kecil untuk satu kali makan, yang mirip dengan cupcake, namun muffin umumnya dikonsumsi untuk sarapan. Ini adalah kue panggang dengan isian yang beragam, yang memiliki tekstur yang lebih padat daripada kue, namun memiliki tekstur yang juga lembut. Bahan utama dari muffin adalah tepung terigu, dan ditambahkan dengan bahan lainnya seperti baking powder dan baking soda.

Muffin diletakkan di dalam cetakan berukuran mini, dan kemudian dipanggang. Jenis kue yang satu ini bisa dibuat dengan beragam variasi. Variasi yang banyak ditemukan bisa berupa isian manis dan gurih. Isian manis dari muffin bisa berupa selai, cokelat, almond, atau buah-buahan seperti kurma. Di sisi lain, isian gurih untuk muffin bisa menggunakan daging, keju, hingga sayuran.

Isiannya yang beragam membuat muffin cocok untuk dikonsumsi saat sarapan, dan dikonsumsi selagi hangat. Ciri yang paling umum dari muffin ialah kue ini cukup sederhana, yang jarang menyertakan hiasan, dekorasi, atau lapisan apa pun seperti halnya cupcake. Namun, muffin adalah sesuatu yang lezat yang bisa dibuat dengan kurma sebagai isian yang manis.

Kurma Keju

Hidangan dari kurma yang satu ini merupakan hidangan gurih dengan kurma yang sempat populer beberapa tahun yang lalu. Kurma keju adalah sajian berupa kurma dengan isian keju di tengahnya. Hidangan ini memiliki rasa yang lezat, dengan perpaduan rasa keju yang asin dan gurih, serta degan rasa manis dari kurma.

Keju yang digunakan untuk kurma keju sangatlah beragam, yang bisa dipilih sesuai preferensi individu. Di antara yang paling popular adalah keju krim atau cream cheese, keju ricotta, keju bleu, dan bahkan keju kambing atau goat cheese. Ini adalah sajian yang unik dan menarik terutama bagi para penggemar keju atau bagi orang yang tidak terlalu suka manis.

Smoothie Kurma

Kurma tak hanya bisa diolah dengan berbagai makanan saja, tetapi juga minuman. Salah satu minuman dengan kurma adalah smoothie. Smoothie merupakan minuman yang secara tradisional terdiri dari tiga bahan utama, yaitu “bahan dasar smoothie” yang berupa cairan seperti susu, yogurt, es krim, dan diblender dengan buah atau sayuran. Buah untuk membuat smoothie termasuk pisang, stroberi, dan juga kurma.

Smoothie berbeda dengan jus yang biasanya hanya menggunakan ekstraksi cairan dari buah, smoothie umumnya mengandung buah atau sayuran secara keseluruhan. Smoothie kurma adalah minuman yang sehat yang memiliki rasa manis alami tanpa tambahan gula. Ini bisa diminum saat sarapan yang lezat dan sehat, atau bisa dijadikan camilan sore hari.

Smoothie juga bisa ditambah dengan topping dan hiasan agar lebih menarik secara estetika. Topping atau hiasannya bisa berupa irisan buah, atau daun mint segar. Minuman ini memiliki konsistensi yang kental, yang paling enak disajikan saat dingin. Anda juga bisa menikmati segelas smoothie kurma dengan tambahan es krim atau Greek yogurt.

Infused Water Kurma

Infused water, atau air detoksifikasi adalah minuman yang memiliki banyak manfaat. Ini adalah minuman yang terbuat dari air, dan dicampur dengan berbagai buah seperti kurma, dan herbal. Biasanya, infused water dilakukan dengan merendam buah kurma selama kurang lebih 8 jam agar sari buahnya menyatu dengan air, untuk kemudian diminum. Namun, infused water tidak bisa dilakukan selama lebih dari 12 jam, karena alih-alih membuat minuman yang menyehatkan, cara tersebut justru akan memulai proses fermentasi dan menghasilkan alkohol.

Infused water kurma sudah memiliki rasa yang manis alami, namun jika Anda ingin menambahkan pemanis, gunakan pemanis alami seperti madu sebanyak satu sendok teh, dan jangan gunakan gula agar Anda bisa mendapatkan manfaat alami dari kurma. Namun, ingatlah madu yang digunakan mungkin akan mempengaruhi rasa dari infused water kurma.

Infused water dengan kurma perlu dilakukan dengan waktu yang sedikit lebih lama agar gula alami dan kurma terurai. Infused water kurma ini banyak dikaitkan dengan bulan puasa Ramadhan. Selama bulan suci ini, umat Islam biasanya berbuka puasa setelah hari yang panjang dengan kurma, karena buah ini membantu meningkatkan kadar glukosa darah. Sehingga, minuman ini sangat cocok sebagai penambah energi.

Minuman ini meskipun sederhana, tetapi juga akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan juga menyegarkan, serta memberikan manfaat yang luas bagi pria dan wanita. Dengan demikian, infused water kurma bisa diminum kapan saja, baik itu menjadi minuman yang menyegarkan untuk diet, atau dikonsumsi ke dalam rutinitas harian agar mendapatkan manfaat secara menyeluruh.

Susu Kurma

Susu dengan kurma adalah kombinasi yang sangat populer karena dianggap sebagai minuman bergizi untuk dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari. Kombinasi kurma dan susu sangatlah lezat, karena keduanya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Susu kurma memberikan manfaat terutama untuk kesehatan otot dan kepadatan tulang.

Kurma dan susu menawarkan kandungan protein dan kalsium ekstra, yang sangat baik untuk otot dan tulang. Ini juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Pada dasarnya, kurma kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan protein yang mirip dengan susu. Di antara manfaatnya adalah untuk mengatasi insomnia, dan juga untuk menurunkan berat badan.

Secara alami, susu kurma memiliki rasa yang manis tanpa tambahan pemanis ataupun gula, karena kurma memang memiliki rasa yang manis. Anda juga bisa membuat susu kurma dengan tambahan rempah aromatik lainnya seperti kayu manis bubuk atau kapulaga bubuk agar menjadi minuman yang lebih lezat dengan manfaat ekstra. Perasa lainnya juga bisa ditambahkan seperti air mawar atau kunyit.

Minuman lezat dan sehat ini umumnya tidak memiliki efek samping selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Sebaliknya, susu kurma terbukti meningkatkan kadar hemoglobin dan berfungsi sebagai penambah energi. Anda bisa mengkonsumsi kombinasi susu dan kurma saat sarapan dengan perut kosong untuk mendapatkan manfaatnya.

Sirup Kurma

cek ratusan koleksi lainnya

Hidangan dari kurma yang terakhir adalah berupa minuman, yaitu sirup kurma. Sirup kurma adalah pemanis alami yang dibuat hanya dengan 2 bahan, yaitu kurma dan air. Kurma kaya akan zat besi, magnesium, potasium, dan mineral lainnya, sehingga sirup kurma akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Ini adalah pemanis alternatif tanpa tambahan gula dan dengan manfaat yang beragam. Sirup kurma juga menjadi pilihan yang lebih sehat dibandingkan gula pasir yang memiliki sedikit nilai gizi dan memiliki risiko. Biasanya, minuman ini banyak ditemukan di Timur Tengah di mana kurma banyak tersedia, sejak berabad-abad yang lalu. Meski memiliki manfaat yang beragam, sirup kurma belum tentu rendah kalori.

Hidangan ini merupakan minuman yang alami, sehat, dan lezat yang dibuat dengan kurma. Anda bisa menggunakan sirup kurma untuk segala macam kebutuhan, baik itu digunakan di atas pancake, es krim, makanan penutup, atau yang lainnya. Sayangnya, sirup kurma kurang dikenal meski ia menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan gula.

Kurma merupakan buah yang manis yang menawarkan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain itu, rasanya yang manis juga membuatnya cocok untuk menggantikan gula. Kurma begitu serbaguna, dan Anda bisa mengolahnya ke dalam berbagai hidangan untuk berbuka puasa maupun untuk dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari. Cari tahu ide olahan buah lainnya seperti ide olahan stroberi di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *