8 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

8 manfaat cuka apel untuk kesehatan

Cuka adalah larutan yang mengandung campuran asam asetat dan air. Asam asetat ini dihasilkan dari fermentasi etanol yang dilakukan oleh bakteri asam asetat. Namun ada juga cuka yang terbuat dari sari buah, yakni cuka apel.

Proses pembuatan cuka apel ini terbilang cukup sederhana, sehingga membuat kandungan nutrisi nya tetap terjaga, yakni apel diperas hingga seluruh air yang terkandung didalam buah tersebut keluar, setelah itu diberikan tambahan seperti ragi dan bakteri baik untuk memulai proses fermentasi. Proses fermentasi tersebut dimaksudkan untuk merubah gula dari air perasan apel berubah menjadi alkohol. Yang nantinya alkohol tersebut akan dicampurkan kembali dengan bakteri acetobacter dan merubah nya menjadi cuka apel.

8 manfaat cuka apel untuk kesehatan cuka apel

Namun perlu diketahui bahwa cuka apel berbeda dengan sari apel, karena cuka apel sudah melalui tahapan proses fermentasi seperti yang di jelaskan di atas. Sementara sari apel tidak melalui proses tersebut atau bisa dibilang mirip seperti jus buah.

Cuka apel ini bisa digunakan sebagai dressing salad, bumbu marinasi, pengawet makanan, dan masih banyak lagi. Selain itu cuka Apel juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh dan berguna bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Cuka Apel

Manfaat yang banyak di dalam cuka apel dikarenakan kandungan nutrisi-nya yang berlimpah, seperti dalam 100 g cuka apel, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut :

  • Kalori (kcal) 21
  • Jumlah Lemak 0 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Lemak trans 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 5 mg
  • Kalium 73 mg
  • Jumlah Karbohidrat 0,9 g
  • Serat pangan 0 g
  • Gula 0,4 g
  • Protein 0 g
  • Vitamin A 0 IU
  • Vitamin C 0 mg
  • Kalsium 7 mg
  • Zat besi 0,2 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 5 mg

Catatan : Angka kebutuhan gizi ini berdasarkan pada nilai harian rata-rata 2.000 kalori, kebutuhan pada setiap orang mungkin saja berbeda.

8 manfaat cuka apel untuk kesehatan kandungan nutrisi cuka apel

Manfaat Cuka Apel

Setelah melihat kandungan gizi nya, maka tak heran jika cuka apel memiliki banyak sekali manfaat. Berikut manfaat cuka Apel untuk kesehatan :

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan asam yang terdapat di dalam cuka apel mampu membasmi bakteri jahat di dalam tubuh dan membuat sistem pencernaan kembali normal. Hal ini dikarenakan kandungan cuka apel seperti asam asetat, isobutriat, asam laktat dan propionat mampu merangsang cairan pencernaan untuk membantu mempercepat proses pengolahan makanan dalam tubuh. Maka, apabila kamu memiliki gangguan pada pencernaan, mengkonsumsi cuka apel dapat membantu kamu mengatasi masalah tersebut, misalnya seperti masalah kembung, gas berlebih dalam perut atau bahkan rasa mulas.

Membantu untuk Menurunkan Berat Badan

8 manfaat cuka apel untuk kesehatan mencegah osteoporosis

Mengkonsumsi cuka apel dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga menjaga kita untuk tidak makan secara berlebihan. Hal ini tentu saja dapat membantu kita untuk menurunkan berat padat, terutama pada penderita obesitas. Kamu bisa memulainya dengan mengkonsumsi cuka apel sebagai campuran makanan mu, seperti pada dressing salad, jus buah, roti, atau pun hanya dengan segelas air.

Mengurangi Kolesterol di Dalam Tubuh

Kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya terlalu tinggi ia dapat menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Hal ini dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah di jantung dan memiliki efek yang sangat berbahaya. Rutin mengkonsumsi cuka apel mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

Hal ini dibuktikan oleh dr. James Brown dari Aston University di Inggris pada penelitiannya terhadap 40 orang relawan, yang mana ke 40 orang ini diberikan cuka apel secara rutin dalam beberapa hari. Dan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kadar kolesterol total pada masing-masing relawan mengalami penurunan yang signifikan dalam darah.

Menurunkan Tekanan Darah

8 manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh

Di dalam cuka apel terdapat kandungan potasium yang diketahui dapat membantu keseimbangan kadar sodium tubuh serta menjaga tekanan darah optimal. Yang mana hal tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan HDL, atau kolesterol ‘baik’ dan dapat mengendalikan trigliserida.

Menyembuhkan Luka dan Menghindari Bakteri

Cuka apel memiliki kandungan anti bakteri yang sangat ampuh untuk membantu proses penyembuhan luka, dan mengurangi rasa gatal yang biasanya timbul saat luka mulai sembuh. Kamu bisa campur kan cuka apel ke dalam air hangat dan gunakan air tersebut untuk membersihkan luka.

Menurunkan Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi cuka apel secara rutin tidaklah berbahaya, hal ini karena cuka apel tidak mengandung gula yang berbahaya untuk tubuh. Justru kandungan cuka apel dapat mengurangi kadar gula darah yang terlalu tinggi seperti yang di jelaskan pada penelitian di Arizona State University oleh Dr Carol Johnston.

8 manfaat cuka apel untuk kesehatan menurunkan berat badan

 

Penelitian tersebut menunjukkan manfaat cuka apel pada orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2 dan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi apple vinegar secara rutin, membuat mereka merasa kenyang lebih lama serta mengurangi glikemia postprandial di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi dua sendok makan cuka apel dengan segelas air sebelum tidur, juga dapat menurunkan kadar gula darah rata-rata 4 sampai 6 persen di pagi hari.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana ketika tulang menjadi lemah dan rapuh. Penyakit ini biasanya banyak dialami oleh mereka yang telah lanjut usia. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mencoba untuk konsumsi cuka apel secara rutin, karena cuka apel dapat membantu penyerapan nutrisi kalsium yang dikenal sebagai mineral penting untuk mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang.

Melawan Kerusakan Radikal Bebas

Radikal bebas mampu menyebabkan kerusakan sel, protein, dan DNA, serta mengganggu keseimbangan dalam tubuh. Hal ini dikarena-kan radikal bebas menyerang berbagai molekul dalam tubuh, seperti lipid, asam nukleat, dan protein.

Kita tidak bisa menghindari radikal bebas secara keseluruhan. Yang dapat kita lakukan hanyalah meminimalkan paparan dan mengurangi efek sampingnya bagi kesehatan, yakni dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan atau minuman yang mengandung antioksidan. Di dalam cuka apel juga ditemukan kandungan antioksidan, seperti yang terdapat didalam berbagai macam buah dan sayuran. Sehingga mengkonsumsi nya secara rutin dapat membantu mengurangi radikal bebas di dalam tubuh.

8 manfaat cuka apel untuk kesehatan

Jadi itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika rutin mengkonsumsi cuka apel. Namun perlu di perhatikan, bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan khusus, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi cuka apel. Karena meskipun memiliki banyak manfaat, cuka apel bisa saja memberikan efek samping jika tidak digunakan secara tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *