8 Bahan Pengganti Minyak Samin

8 bahan pengganti minyak samin

Minyak Samin atau yang biasa disebut dengan ghee ini sebenarnya sama dengan mentega. Hanya saja minyak Samin telah melewati proses penjernihan sehingga kadar laktosa pada minyak Samin pun jauh lebih sedikit. Selain itu minyak Samin juga tinggi akan kandungan Omega-3, asam butirat, dan asam lemak rantai pendek yang dianggap baik untuk saluran pencernaan serta dapat disimpan dalam waktu yang lama, meskipun hanya berada disuhu ruang. Hal ini yang membuat minyak Samin menjadi lebih sehat, dan banyak disukai.

Untuk mendapatkan minyak Samin, diperlukan beberapa proses seperti pemanasan mentega dan penyaringan minyak. Saat proses pemanasan tersebut, bagian susu yang ada pada mentega nantinya akan menjadi padat dan memisah dengan lemak sehingga hanya meninggalkan minyaknya saja. Minyak yang tertinggal inilah yang kemudian kita saring dan disebut juga dengan minyak Samin.

Namun di Indonesia sendiri, minyak samin justru tidak terbuat dari lemak hewani melainkan nabati. contohnya pada salah satu merk terkenal seperti minyak samin cap onta. Minyak samin tersebut justru dibuat dengan minyak kelapa sawit atau minyak sayur yang memiliki kualitas tinggi. Namun untuk aroma nya sendiri minyak samin cap onta juga memiliki harum yang mirip dengan aroma ghee.

8 bahan pengganti minyak samin bentuk minyak samin

Minyak Samin sebenarnya dapat digunakan untuk masakan apapun, tekstur nya yang lembut juga harum nya yang khas dapat dipadukan dengan aneka tumisan, daging, nasi, roti, kue dan lain-lain. Namun minyak ini lebih banyak digunakan untuk memasak hidangan khas India dan Timur Tengah, seperti nasi kebuli, nasi kabsah, nasi briyani dan masih banyak lagi. Bahkan di India, minyak Samin termasuk jenis produk yang sering digunakan oleh masyarakat setempat ketika mengolah makanan. Tak jarang minyak ini juga dipakai untuk memanggang rempah-rempah disana.

Lantas, apa yang harus kita lakukan jika kita tidak menemukan minyak Samin? Tenang, ada alternatif lain yang dapat kamu gunakan sebagai pengganti minyak Samin pada hidangan mu, yang pastinya juga aman dikonsumsi dan memiliki beberapa kandungan nutrisi. Seperti berikut ini :

Clarified Butter

8 bahan pengganti minyak samin clarified butter

Clarified Butter adalah istilah untuk mentega yang telah dijernihkan atau yang telah diproses. Sebenarnya pemrosesan ini hampir sama dengan proses untuk membuat minyak Samin, hanya saja caranya lebih simple sehingga dapat kamu coba di rumah, untuk persediaan pengganti minyak Samin.

Cara membuat Clarified Butter ini pun cukup mudah, yakni kamu hanya perlu meleleh kan butter diatas api kecil hingga mendidih dan mencair. Ketika mendidih lelehan butter ini akan mengeluarkan busa, busa putih inilah yang disebut dengan ‘padatan susu’, kamu bisa menyaring padatan susu ini hingga menyisakan minyak yang berwarna kuning. Setelah itu, tuang minyak tersebut ke dalam wadah, dan buang ampas yang ada pada minyak tersebut. Clarified Butter pun siap kamu gunakan sebagai pengganti minyak samin.

Margarin

8 bahan pengganti minyak samin margarin

Margarin adalah produk non-dairy yang dapat dijadikan pengganti minyak samin ataupun mentega. Pertama kali pembuatannya margarin terbuat dari lemak hewan, namun saat ini margarin dibuat dengan menggunakan campuran minyak sayur, air, garam, emulsifier. Oleh karena itu margarin dapat dijadikan pengganti minyak samin yang bagus, terutama bagi vegan dan vegetarian.

Minyak Zaitun

8 bahan pengganti minyak samin minyak zaitun

Minyak zaitun atau minyak olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon buah ini berasal dari Mediterania. Ia dapat digunakan menjadi pengganti minyak Samin ketika memasak. Selain karena memiliki wangi harum dan dapat meningkatkan cita rasa pada masakan, minyak Zaitun juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti misalnya kaya akan antioksidan, memiliki sifat anti bakteri, dapat mengurangi risiko kanker, melindungi jantung dan masih banyak lagi.

Minyak Kelapa

8 bahan pengganti minyak samin minyak kelapa

Minyak Kelapa juga bisa menjadi pengganti minyak Samin ketika memasak, terlebih untuk beberapa masakan yang dipanggang, karena ia memiliki wangi yang khas, dan sedikit rasa manis. Namun sayangnya beberapa hidangan mungkin tidak cocok jika harus dimasak menggunakan minyak kelapa, sebab tidak seperti minyak Samin yang memiliki rasa cenderung netral, minyak kelapa dapat memberikan rasa manis pada makanan. Selain itu umur simpan minyak kelapa juga jauh lebih singkat dibandingkan dengan minyak Samin.

Minyak Canola

8 bahan pengganti minyak samin minyak canola

Minyak Canola dapat dijadikan pengganti minyak Samin yang baik, sebab ia dapat digunakan untuk beberapa macam hidangan, baik ditumis, goreng, maupun panggang. Nama Canola dalam minyak ini berasal dari singkatan Canada Oil yang merujuk pada produsen terbesar tempat minyak ini dibuat. Minyak yang berasal dari tumbuhan Brassica Napus ini, memiliki rasa yang netral sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam menu makanan.

Minyak Wijen

8 bahan pengganti minyak samin minyak wijen

Seperti namanya, minyak ini berasal dari ekstrak biji wijen yang dapat digunakan untuk beberapa keperluan memasak. Minyak wijen juga dapat dijadikan pengganti minyak Samin, meskipun rasa dan aroma dari minyak ini cenderung berbeda dari minyak Samin. Karna minyak wijen memiliki rasa dan aroma yang lebih khas. Namun penggunaannya dalam berbagai jenis masakan masih terbilang aman, karena tidak akan merubah rasa hidangan serta dapat digunakan untuk berbagai macam hidangan, baik untuk dressing salad, tumisan dan lain-lain.

Minyak Kedelai

8 bahan pengganti minyak samin minyak kedelai

Minyak kedelai adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak biji kedelai. Biasanya minyak kedelai digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan mayones. Namun minyak ini juga dapat menjadi pengganti minyak Samin yang bagus, karena selain memiliki banyak manfaat, minyak kedelai juga dapat digunakan untuk beberapa jenis olahan makanan dan membuat cita rasa makanan semakin lezat.

Minyak Bunga Matahari

8 bahan pengganti minyak samin minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari mengandung banyak sekali vitamin E dan beberapa kandungan nutrisi baik lainnya, yang mana artinya minyak ini baik untuk digunakan sebagai pengganti minyak Samin. Selain itu aroma dan cita rasa minyak bunga matahari juga tidak terlalu kuat, sehingga minyak ini aman untuk digunakan dalam semua jenis masakan dan tidak akan mengacaukan rasa atau pun aroma masakan tersebut.

Jadi itulah beberapa minyak yang dapat dijadikan alternatif lain untuk menggantikan minyak Samin. Namun perlu kamu ketahui, rasa dan aroma yang dihasilkan dari semua jenis minyak pengganti ini, tidak dapat menggantikan peran minyak Samin secara sempurna, pastinya ada beberapa sedikit perbedaan dalam hal tersebut. Sebab itu sebelum memulai kegiatan memasak mu, alangkah baiknya kamu menyiapkan semua keperluan agar tidak ada satupun yang terlewat.

8 bahan pengganti minyak samin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *